Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik yang Harus Dibayar?
1. Lewat Aplikasi PLN Mobile
2. Lewat Website PLN
3. Lewat SMS
4. Lewat Call Center
5. Lewat Email
Cara Bayar Listrik Lewat HP dengan JULO Kredit Digital
1. Bayar Token Listrik
2. Bayar Tagihan Listrik

2 Cara Bayar Listrik Lewat HP dengan Mudah

cara bayar listrik lewat hp

Seperti apa sih cara bayar listrik lewat HP? Di zaman yang serba mudah ini, asalkan kita memiliki gadget, maka semua hal bisa dilakukan secara cepat. Kalau dulunya membeli barang harus pergi ke toko, kini kamu cukup membelinya di marketplace dan menunggu barang sampai. 

Tak hanya itu, kini gadget juga memudahkanmu melakukan transaksi bulanan, salah satunya membayar listrik. Jika dulu kamu harus antre atau datang ke PLN untuk membayar listrik, kini kamu bisa bayar listrik lewat HP.

Kemudahan ini tentu membawa banyak manfaat, apalagi untuk kamu yang punya mobilitas tinggi dan tidak punya waktu banyak. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu bagaimana cara bayar listrik lewat HP, terutama para orang tua yang masih beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Nah, agar membayar listrik jadi aktivitas yang mudah, yuk simak beberapa cara melihat tagihan listrik hingga pembayarannya lewat HP berikut ini!

Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik yang Harus Dibayar?

Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik yang Harus Dibayar

Ada beberapa cara yang bisa dipakai saat hendak mengecek tagihan listrik lewat HP, mulai dari aplikasi hingga memakai website. Berikut penjelasannya!

1. Lewat Aplikasi PLN Mobile

Lewat Aplikasi PLN Mobile

Salah satu cara cek tagihan listrik lewat HP adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Jika sudah download, buatlah akun terlebih dahulu dengan klik fitur ‘Daftar’. Isi nama lengkap, nomor meter atau ID Pelanggan, lokasi rumah, nomor ponsel, email, hingga password. Lalu, login ke aplikasi dan pilih fitur ‘Informasi’ dan klik ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’. Jika sudah, aplikasi akan menampilkan tagihan listrik rumahmu.

2. Lewat Website PLN

Lewat Website PLN

Selain aplikasi, JULOvers juga bisa mengecek tagihan melalui website PLN. Caranya, buka website PLN di https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik. Kemudian, pilih ‘Daftar Akun’ di bagian pojok kanan bawah pada website jika kamu belum terdaftar. Setelah itu, isi kolom dengan data diri, seperti nama, email, ID pelanggan, nomor HP, password, hingga kode captcha, dan terakhir klik ‘Daftar’.

Baca Juga: Besaran Denda Telat Bayar Listrik serta Akibatnya

Jika sudah, kamu akan mendapatkan email berisi kode verifikasi, lalu masukkan kode tersebut. Kemudian, lakukan login dan sistem akan menampilkan informasi tagihan listrik yang harus kamu bayar.

3. Lewat SMS

Lewat SMS

Cara ketiga yang bisa dijajal adalah memakai SMS untuk cek tagihan listrik pascabayar. Caranya pun mudah, cukup kirim pesan ke 8123 dengan format ‘REK (nomor ID Pelanggan)’, atau contohnya ‘REK 8990809898’. Jika sudah, tunggu hingga mendapat balasan dari PLN berisi rincian tagihan.bayar tagihan online Julo

4. Lewat Call Center

Lewat Call Center

JULOvers juga bisa mengecek tagihan listrik lewat Call Center, lho. Caranya cukup dengan menelepon nomor 123. Jika sudah, ikuti perintah yang muncul dari sambungan telepon. Biasanya kamu akan diminta menyebutkan nomor ID Pelanggan PLN, baru setelah itu pihak PLN akan menyebutkan tagihan listrik bulanan.

5. Lewat Email

Lewat Email

Terakhir, kamu bisa melihat tagihan listrik lewat email. Caranya, kamu harus terdaftar terlebih dahulu di e-billing PLN. Dengan terdaftar e-billing kamu akan mendapatkan email tagihan. Untuk mendaftar, kamu bisa bertanya di media sosial resmi PLN atau kirim email ke pln123@pln.co.id.

Cara Bayar Listrik Lewat HP dengan JULO Kredit Digital

Cara Bayar Listrik Lewat HP dengan JULO Kredit Digital

Nah, setelah mengetahui tagihan listrik lewat HP, kamu juga bisa sekalian membayar tagihan tersebut. Salah satu cara bayar listrik lewat HP yang paling mudah adalah dengan aplikasi JULO Kredit Digital, tepatnya menggunakan fitur JULO Paylater. 

Melalui aplikasi ini, kamu tak perlu repot-repot pergi ke PLN atau agen. Cukup duduk di rumah dan listrik pun bisa terbayar dengan mudah. Selain itu, ada beberapa kemudahan yang bisa didapat dengan membayar listrik lewat JULO Paylater ini. 

Di antaranya ialah kamu bisa membayar tagihan listrik pascabayar maupun token listrik walaupun sedang tidak punya dana. Prosesnya pun cepat karena hanya butuh nomor ID pelanggan, lho

Tak kalah menarik, suku bunga yang diberikan terbilang rendah karena hanya 0,1% per hari. Jadi, kamu tak perlu bingung soal biaya tagihan listrik. Nah, bagi yang belum tahu fitur mudah dari JULO ini, yuk, simak ulasan berikut!

1. Bayar Token Listrik

Bayar Token Listrik

Berikut ini cara bayar listrik lewat HP yang bisa kamu ikuti saat akan memakai JULO Paylater. Pertama, klik fitur ‘Listrik PLN’ yang ada di JULO. Kemudian, klik ‘Token’ dan masukkan ID pelanggan PLN milikmu. Jika sudah, pilihlah nominal dan tenor atau jangka waktu pembayaran paylater.

Baca Juga: Cara Masukin Token Listrik PLN Tanpa Ribet

Lalu, konfirmasi bayar listrik online dengan memasukkan PIN dan tanda tangan. Nah, gimana? Mudah dan cepat, bukan?

2. Bayar Tagihan Listrik

Bayar Tagihan Listrik

Tak hanya token listrik, JULO juga memberikanmu fasilitas membayar tagihan listrik pascabayar. Cara bayar listrik lewat HP adalah dengan klik fitur ‘Listrik PLN’ di aplikasi JULO. Jika sudah, klik fitur ‘Tagihan’ dan masukkan ID pelanggan atau nomor meter listrik di rumahmu. 

Selanjutnya, pilihlah tenor jangka waktu atau berapa lama kamu akan melakukan kredit. Jika sudah, konfirmasi proses pembayaran listrik online ini dengan memasukkan PIN dan tanda tangan. Proses pun selesai.

Itu tadi berbagai informasi seputar bayar listrik online dengan HP, mulai dari bagaimana mengecek tagihan melalui aplikasi, website, SMS, hingga email. Tidak ketinggalan informasi soal cara bayar listrik lewat HP memakai aplikasi JULO yang menghadirkan solusi membayar dengan mudah dan cepat memakai JULO Paylater. 

Tak hanya cepat, kamu juga bisa membayar di awal dan melunasinya ketika gajian nanti. Jadi, kamu tak perlu khawatir tak bisa bayar listrik. Selain itu, JULO juga hadir dengan promo siap melesat yang bisa memberikan kamu untung lebih. Yuk, download JULO sekarang juga!

Artikel Lainnya