Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa itu NPWP Online
Cara Cek NPWP Online dan Cara Aksesnya
Cek NPWP Online via Website
Cek NPWP Online via Aplikasi
Daftar Aplikasi Pajak Terbaru 2023
Gunakan NPWP sebagai Syarat Pengajuan Pinjaman di JULO Kredit Digital!

Cek NPWP Online: Panduan Lengkap dan Terbaru 2023

Cara Cek NPWP Online

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor identitas yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada setiap wajib pajak yang memiliki kewajiban perpajakan di Indonesia. NPWP berfungsi sebagai alat pengenal diri atau identitas wajib pajak untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Oleh karena itu, setiap wajib pajak yang belum memiliki NPWP sebaiknya segera mendaftarkannya secara online melalui website resmi atau melalui aplikasi M-Pajak yang dapat diunduh melalui App Store atau Play Store.

Namun, bagaimana jika wajib pajak sudah memiliki NPWP tetapi lupa atau kehilangan nomornya? Apakah ada cara untuk mengecek nomor NPWP secara online tanpa harus datang ke kantor pajak?Jawabannya adalah ada. Ada beberapa cara untuk melakukan Cek NPWP Online yang akan dijelaskan lebih lengkap berikut ini.

Tarik Dana Online dengan JULO

Apa itu NPWP Online

NPWP Online adalah layanan yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memudahkan wajib pajak dalam melakukan pendaftaran, perubahan data, dan pengecekan nomor pokok wajib pajak (NPWP) secara online.

NPWP adalah nomor identitas yang diberikan oleh DJP kepada setiap wajib pajak yang memiliki kewajiban perpajakan di Indonesia. NPWP berfungsi sebagai alat pengawasan, pengendalian, dan administrasi perpajakan.

NPWP Online dapat diakses melalui situs ereg.pajak.go.id yang merupakan bagian dari portal resmi DJP pajak.go.id. Dengan menggunakan NPWP Online, wajib pajak dapat menghemat waktu dan biaya dalam mengurus perpajakan mereka. Selain itu, NPWP Online juga dapat meningkatkan kepatuhan dan kesadaran perpajakan di masyarakat.

Cara Cek NPWP Online dan Cara Aksesnya

Cara Cek NPWP Online

Salah satu fitur yang tersedia di NPWP Online adalah cek NPWP, yaitu fitur untuk mengetahui status dan data NPWP secara online. Fitur ini berguna bagi wajib pajak yang lupa nomor NPWP mereka, atau ingin memastikan bahwa NPWP mereka masih aktif dan valid. Berikut adalah cara cek NPWP online dan cara aksesnya:

Cek NPWP Online via Website

  1. Buka laman Dashboard Pendaftaran NPWP Secara Online atau Login DJP Online.
  2. Isi kolom NIK dengan nomor induk kependudukan (NIK) Anda sesuai dengan kartu tanda penduduk (KTP) Anda.
  3. Isi kolom nomor kartu keluarga (KK) dengan nomor KK Anda.
  4. Masukkan kode captcha yang muncul pada layar ke dalam kolom yang tersedia.
  5. Klik tombol Cari.
  6. Jika data yang dimasukkan valid dan terdaftar di database DJP, maka nomor NPWP akan ditampilkan pada layar. Jika tidak, maka akan muncul pesan bahwa data tidak ditemukan atau tidak sesuai.

Cek NPWP Online via Aplikasi

Selain melalui situs ereg.pajak.go.id, Anda juga dapat cek NPWP online melalui aplikasi M-Pajak yang merupakan aplikasi resmi dari DJP yang dapat diunduh melalui App Store atau Play Store. Berikut adalah cara cek NPWP online melalui aplikasi M-Pajak:

  1. Unduh dan instal aplikasi M-Pajak pada smartphone Anda.
  2. Login ke aplikasi menggunakan akun perpajakan yang telah terdaftar di situs DJP online djponline.pajak.go.id.
  3. Buka menu Informasi pada aplikasi.
  4. 4.  Pilih menu Cek NPWP.
  5. 5.  Masukkan NIK dan nomor KK Anda.
  6. 6.  Klik tombol Cari.
  7. 7.  Jika data yang dimasukkan valid dan terdaftar di database DJP, maka nomor NPWP akan ditampilkan pada layar. Jika tidak, maka akan muncul pesan bahwa data tidak ditemukan atau tidak sesuai.

Daftar Aplikasi Pajak Terbaru 2023

Tarik Dana Online dengan JULO

Selain NPWP Online dan M-Pajak, DJP juga menyediakan berbagai aplikasi perpajakan lainnya yang dapat membantu wajib pajak dalam mengurus perpajakan mereka secara online dan di bawah ini adalah daftar aplikasi pajak terbaru 2023 yang dapat diunduh melalui situs pajak.go.id/id/aplikasi-page:

  •  e-SPT Masa PPh Pasal 21 sampai 26 Versi 2.5.0.0

Aplikasi untuk pembuatan dan pelaporan SPT masa pajak penghasilan (PPh) pasal 21-26 bagi wajib pajak orang pribadi, badan, bendaharawan, dan pemotong/pemungut PPh 21/26.

  •  Aplikasi e-Faktur Desktop versi 3.2

Aplikasi untuk pembuatan dan pengelolaan faktur pajak elektronik (e-faktur) bagi wajib pajak pengusaha kena pajak (PKP).

  • e-SPT Masa PPh Pasal 4 ayat 2 versi 2.1.1

Aplikasi untuk pembuatan dan pelaporan SPT masa PPh pasal 4 (2) bagi wajib pajak yang memiliki penghasilan dari usaha atau pekerjaan bebas yang dikenakan PPh final.

  • Patch e-SPT Tahunan PPh Orang Pribadi

Patch untuk memperbarui aplikasi e-SPT tahunan PPh orang pribadi sesuai dengan peraturan perpajakan terbaru.

Selain aplikasi-aplikasi di atas, DJP juga akan terus mengembangkan dan memperbaharui aplikasi perpajakan lainnya sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan wajib pajak. Beberapa aplikasi perpajakan yang direncanakan untuk diluncurkan pada 2023 adalah:

  • Aplikasi e-SPT Tahunan PPh Badan

Aplikasi untuk pembuatan dan pelaporan SPT tahunan PPh badan bagi wajib pajak badan yang memiliki kewajiban perpajakan di Indonesia.

  • Aplikasi e-RKIP

Aplikasi untuk pembuatan dan pengelolaan rencana kebutuhan impor dan perolehan (RKIP) bagi wajib pajak yang melakukan impor barang atau jasa dari luar negeri.

  • Aplikasi FormsViewer

Aplikasi untuk melihat dan mengisi formulir perpajakan elektronik yang disediakan oleh DJP.

Pada Dasarnya NPWP Online adalah layanan perpajakan yang memungkinkan wajib pajak untuk mendaftar atau cek NPWP secara online melalui website atau aplikasi resmi dari DJP atau mitra resminya. NPWP Online memberikan kemudahan dan kepraktisan bagi wajib pajak dalam mengurus administrasi perpajakan.

Gunakan NPWP sebagai Syarat Pengajuan Pinjaman di JULO Kredit Digital!

Sudah paham cara cek NIK Online tanpa perlu melihat e-KTP? Semoga informasi yang kami rangkum berguna untuk kebutuhan sehari-harimu ya. Ada lagi nih yang berguna untuk segala kebutuhan, apalagi kalau bukan JULO Kredit Digital! 

Fitur tarik dana online dari JULO bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di Homepage JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Tarik Dana Online sekarang bayarnya bisa nanti menggunakan JULO Kredit Digital! Apalagi JULO telah memilki izin usaha penyelenggara layanan sesuai keputusan OJK, JULO Kredit Digital menjadi rekomendasi utama untuk kamu yang sedang mencari layanan kredit digital terpercaya dan terdaftar di OJK.

Dengan limit tinggi sampai dengan Rp15 juta, JULOvers dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel sampai dengan 9 bulan. Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Tarik Dana ke Rekening Makin Mudah dengan JULO!

Tarik dana untuk modal usaha paling simpel dengan JULO Kredit Digital! Cairnya cepat, limitnya besar, bunganya rendah!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Tips Berpetualang Solo Traveling di Indonesia Agar Tetap Seru!
Gaya Hidup
 Biaya Perpanjangan SIM C: Semua yang Perlu Kamu Tahu
29 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza