Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Cara Hemat Kuota Internet, Dijamin Nggak Boncos!
1. Matikan Autoplay di Aplikasi Streaming Video
2. Atur Kualitas Video
3. Gunakan Mode Hemat Data
4. Atur Penggunaan Aplikasi Media Sosial
5. Periksa Penggunaan Data Aplikasi
6. Unduh Konten Secara Offline
7. Gunakan Fitur Cache
8. Cari Paket Internet yang Sesuai
Isi Pulsa & Data Paling Mudah Lewat JULO!

8 Cara Hemat Kuota Internet Paling Ampuh: Tips dan Trik

8 Cara Hemat Kuota Internet Paling Ampuh: Tips dan Trik

Di era digital seperti sekarang ini, kuota internet telah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi pengguna smartphone di Indonesia. Sayangnya, penggunaan kuota internet seringkali dapat menjadi boros, terutama ketika digunakan untuk streaming video, browsing, atau bermain game online sehingga harus berulang kali isi pulsa dan data. 

Bagi pengguna smartphone di Indonesia, seperti Telkomsel, XL, dan Indosat, mengetahui cara hemat kuota internet adalah langkah penting untuk menghindari pengeluaran ekstra dan menjaga konektivitas tanpa khawatir tentang kuota boros. 

Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara hemat kuota internet yang paling ampuh untuk digunakan sehari-hari. Dengan mengikuti tips dan trik ini, kamu dapat menghindari "boncos" kuota internet dan tetap menikmati koneksi yang lancar tanpa harus sering-sering beli kuota tambahan.

Beli Pulsa dan Data Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bebas internetan dengan fitur isi pulsa dan kuota hanya di JULO

Cara Hemat Kuota Internet, Dijamin Nggak Boncos!

1. Matikan Autoplay di Aplikasi Streaming Video

Salah satu cara hemat kuota yang paling efektif adalah dengan mematikan fitur autoplay pada aplikasi video seperti YouTube dan Netflix. Autoplay seringkali memutar video secara otomatis setelah video sebelumnya selesai, yang dapat membuat kuota internet terkuras tanpa disadari.

Selain menghemat kuota, dengan mematikan fitur Autoplay kamu juga dapat membatasi penggunaan smartphone setiap harinya. Pastikan kamu tidak menggunakan ponsel lebih dari 9 jam sehari. 

2. Atur Kualitas Video

Cara Hemat Kuota - Atur Kualitas Video

Pada aplikasi streaming video, kamu bisa mengatur kualitas video menjadi yang lebih rendah sebagai cara hemat kuota. Misalnya, jika kamu sedang menonton video di YouTube, pilih opsi kualitas video 360p atau 480p. Ini akan membantu mengurangi penggunaan data.

Meskipun menonton video atau film lebih nyaman menggunakan kualitas video di atas 1080p atau HD namun kuota internet tersedot terlalu banyak dalam pengaturan ini. Jika dirasa sulit, gunakan kualitas video rendah hanya pada video berdurasi panjang sebagai cara hemat kuota yang ampuh.

Baca Juga: Paket OMG Telkomsel: Kuota Melimpah, Harga Terjangkau

3. Gunakan Mode Hemat Data

Banyak smartphone modern memiliki fitur "Mode Hemat Data" yang dapat diaktifkan. Mode ini akan mengoptimalkan penggunaan data di latar belakang atau background dan membatasi pembaruan aplikasi serta sinkronisasi yang tidak perlu. 

Dengan mengaktifkan mode ini, kamu dapat menghindari penggunaan kuota yang tidak terkendali saat kamu tidak sedang menggunakan handphone beli pulsa & data. Kesehatan baterai kamu juga lebih terjaga dengan cara hemat kuota yang satu ini.

4. Atur Penggunaan Aplikasi Media Sosial

Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, maupun TikTok adalah penyumbang besar dalam penggunaan kuota. Namun, kamu dapat mengatur aplikasi-aplikasi ini agar tidak menghabiskan terlalu banyak kuota. 

Selain itu, banyak aplikasi media sosial juga memiliki fitur penghemat data. Kamu bisa mengaktifkannya melalui pengaturan aplikasi, yang akan mengurangi kualitas gambar dan video yang dimuat dalam feed, sehingga menghemat kuota internet.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

5. Periksa Penggunaan Data Aplikasi

Cek secara rutin penggunaan data oleh aplikasi di smartphone kamu sebagai salah satu cara hemat kuota internet. Beberapa aplikasi mungkin menghabiskan kuota lebih banyak daripada yang kamu duga. 

Beberapa aplikasi memiliki versi lite atau dapat diakses melalui browser web. Menggunakan versi ini dapat menghemat kuota karena ukuran file yang lebih kecil dan penggunaan data yang lebih efisien.

6. Unduh Konten Secara Offline

Cara Hemat Kuota - Unduh Konten Secara Offline

Jika kamu memiliki rencana untuk menonton film di Netflix atau mendengarkan musik di Spotify, coba unduh saat kamu terhubung ke Wi-Fi. Dengan begitu, kamu tidak perlu streaming dan tentunya menjadi salah satu cara hemat kuota internet.
 

Pastikan storage dalam smartphone-mu cukup untuk mengunduh konten. Buka menu “Downloads” pada aplikasi favoritmu untuk melihat video atau musik apa saja yang sudah kamu download. Hapus secara berkala konten yang sudah kamu nikmati.

7. Gunakan Fitur Cache

Aplikasi-aplikasi seperti browser web, platform media sosial, dan aplikasi streaming sering menggunakan fitur cache. Fitur ini memungkinkan aplikasi untuk menyimpan sebagian konten yang pernah diunduh sebelumnya. Cara hemat kuota yang satu ini masih belum banyak diaplikasikan.

Sebagai contoh, gambar atau video yang pernah kamu lihat sebelumnya tidak perlu diunduh ulang, menghemat penggunaan kuota. Pastikan kamu tidak menghapus cache terlalu sering agar manfaatnya tetap terasa.

8. Cari Paket Internet yang Sesuai

Tidak semua paket data internet diciptakan sama. Beberapa provider seperti Telkomsel dan XL menyediakan paket khusus yang memungkinkan kamu untuk mengakses platform tertentu dengan harga yang lebih murah. Sebagai contoh, ada paket khusus kuota internet Telkomsel untuk YouTube atau kuota internet XL untuk Netflix yang lebih hemat.

Memang terkadang kita tergoda untuk membeli kuota besar karena harganya lebih ekonomis. Namun, jika kamu tidak memerlukannya, lebih baik beli paket sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak terbuang di akhir bulan agar cara hemat kuota yang kamu lakukan berhasil.

Baca Juga: Bingung Cek Kuota XL? Ikuti 4 Langkah Praktis Berikut Ini!

Beli Pulsa dan Data Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bebas internetan dengan fitur isi pulsa dan kuota hanya di JULO

Isi Pulsa & Data Paling Mudah Lewat JULO!

Isi Pulsa dan Data Pakai JULO!

Dengan menerapkan beberapa tips dan trik cara hemat kuota internet di atas, kamu dapat menghindari penggunaan kuota yang boros dan mengontrol pengeluaran beli kuota tambahan. Mudah, kan?

Ada yang nggak kalah mudah nih, isi pulsa dan data lewat JULO! Kuota sudah mau habis padahal gajian belum cair? Pakai JULO Paylater bisa tetap isi pulsa dan beli data!
Gimana caranya? Cukup dengan tiga langkah mudah! Berikut langkah-langkah mengisi pulsa dengan JULO:

  1. Klik fitur ‘Pulsa dan Data’ di aplikasi JULO.
  2. Pilih ‘Pulsa’ dan masukkan nomor HP.
  3. Pilih nominal pulsa dan tenor jangka waktu. Terakhir, konfirmasi pembayaran pulsa dengan PIN dan tanda tangan.

Tenang, JULO sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan AFPI jadi seluruh produk, fitur, dan prosedur pelaksanaan pada JULO pasti sudah sesuai dengan peraturan lembaga pengawasan keuangan di Indonesia. 

Untuk keamanan data, JULO telah memiliki sertifikat ISO/IEC 27001 yang mengatur Sistem Manajemen Keamanan Informasi sehingga dijamin aman! Isi pulsa sekarang, bayarnya bisa nanti dengan JULO Paylater! 

Hidupkan Hidupmu dengan JULO Kredit Digital!

 

Isi Pulsa & Data Makin Mudah dengan JULO!

Isi pulsa sekarang, bayarnya bisa nanti dengan JULO Paylater! 

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
cara-bayar-denda-bpjs-kesehatan
belanja
belanja online
belanja online di bulan ramadan
diskon belanja online
bulan ramadan
hampers ramadan
belanja online