Daftar Isi
Bagaimana Cara Kredit HP Agar Tidak Rugi?
1. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial
2. Cari yang Termurah dengan Bandingkan Harga
3. Gunakan Aplikasi yang Menyediakan Layanan Kredit HP
4. Cara Promo 
5. Jangan Telat Bayar Cicilan
Apakah Bisa Kredit HP Tanpa Menggunakan Kartu Kredit?
Daftar Isi
Bagaimana Cara Kredit HP Agar Tidak Rugi?
1. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial
2. Cari yang Termurah dengan Bandingkan Harga
3. Gunakan Aplikasi yang Menyediakan Layanan Kredit HP
4. Cara Promo 
5. Jangan Telat Bayar Cicilan
Apakah Bisa Kredit HP Tanpa Menggunakan Kartu Kredit?

5 Cara Kredit HP dengan Bijak

cara kredit hp

Membeli HP dengan cara kredit dipertimbangkan oleh banyak orang karena lebih meringankan secara finansial. Namun, sebaiknya kamu benar-benar mempertimbangkan sebelum membeli HP dengan cara kredit. Sebab, jangan sampai cicilannya justru memberatkanmu. Jika kredit HP tanpa pertimbangan yang matang, bisa-bisa kamu nantinya terlilit utang, JULOvers. Tak perlu bingung, kamu bisa cari tahu cara kredit HP secara bijak berikut ini!

Bagaimana Cara Kredit HP Agar Tidak Rugi?

Bagaimana Cara Kredit HP Agar Tidak Rugi

Sumber: Pexels

Tidak ada salahnya jika kamu membeli HP secara kredit untuk mendukung produktivitas. Misalnya, kamu saat ini bekerja sebagai digital content creator. Agar hasil kontenmu lebih bagus, kamu mungkin butuh HP dengan spesifikasi yang lebih tinggi daripada yang kamu miliki saat ini. Jika demikian, biaya yang dikeluarkan untuk beli HP baru secara kredit nantinya bisa ditutupi dengan keuntungan yang dihasilkan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa cara kredit HP dengan bijak agar tidak rugi.

1. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Sumber: Pexels

Salah satu cara kredit HP dengan bijak adalah dengan memilih HP sesuai kemampuan finansial. Jangan memaksakan diri untuk membeli HP yang besaran cicilan per bulannya melebihi dari apa yang mampu kamu bayar. Pastikan cicilan tersebut per bulannya tidak melebihi 30% dari total pendapatan atau gajimu setiap bulan.

Bukan hanya untuk cicilan HP, 30% dari gaji ini merupakan biaya untuk seluruh tagihan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Jadi, jangan lupa untuk dikurangi juga dengan biaya listrik, air, paket data, dan sebagainya. Misalnya, jika gaji per bulan yang kamu terima adalah Rp6.000.000, maka usahakan biaya maksimal untuk tagihan tidak lebih dari Rp1.800.000. 

Jika dikurangi tagihan listrik, air, dan paket data dengan total sekitar Rp500.000, maka batas maksimal cicilan HP per bulan adalah Rp1.300.000. Memperhatikan limit seperti ini sangat penting karena kamu tentunya tidak ingin cash flow terganggu hanya karena beli HP kredit, kan? 

Setelah mengetahui batas maksimal cicilan per bulan yang mampu kamu bayar, baru kamu bisa mulai mencari opsi HP yang masuk bujet.  

2. Cari yang Termurah dengan Bandingkan Harga

Cari yang Termurah dengan Bandingkan Harga

Sumber: Pexels

Tidak hanya di offline official store, sekarang kamu bisa beli HP secara kredit dari banyak tempat, termasuk platform online seperti e-commerce. Banyaknya opsi bisa kamu manfaatkan dengan cara membandingkan harga. Jadi, kamu bisa menemukan harga yang paling worth it.

Setelah menentukan HP apa yang ingin kamu beli, coba cari di berbagai e-commerce yang menjual produk tersebut. Jangan remehkan perbedaan harga meskipun hanya sedikit jika semua spesifikasinya sama saja. Masing-masing toko online biasanya menawarkan berbagai promo yang bisa kamu manfaatkan agar makin untung.

Kamu hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk membandingkan harga jual di berbagai toko. Cara kredit HP ini akan membantumu terhindar dari kerugian. Sebab, semakin murah harga beli HP kredit, maka cicilan per bulannya pun akan semakin kecil.

3. Gunakan Aplikasi yang Menyediakan Layanan Kredit HP

Gunakan Aplikasi yang Menyediakan Layanan Kredit HP

Sumber: Pexels

Saat ini, ada beragam aplikasi yang menyediakan layanan kredit HP tanpa uang muka. Kamu hanya perlu cerdas dalam memilih aplikasi yang paling menguntungkan. Salah satu aplikasi yang layak kamu pertimbangkan adalah JULO Kredit Digital.

JULO merupakan platform kredit digital di Indonesia yang aman karena telah mengantongi izin dan berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan JULO Kredit Digital, JULOvers bisa bayar tagihan e-commerce anti ribet dengan aplikasi paylater. Kamu juga bisa manfaatkan promo siap melesat dengan cashback hingga Rp50.000 biar makin cuan!

Melalui aplikasi paylater JULO, kamu bisa kredit HP di beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Berikut beberapa kemudahan pakai paylater di JULO:

  • Limit hingga Rp15.000.000 - JULOvers bisa menikmati limit kredit digital hingga Rp15.000.000 dalam sekali pengajuan. Sisa limit kredit pun bisa tetap dipakai tanpa harus menunggu pelunasan.
  • Tenor Panjang - Pinjaman di JULO bisa kamu cicil sampai 9 bulan. Dengan begitu, bayar cicilan pun jadi semakin mudah dan ringan.
  • Banyak Platform - Seperti yang disebutkan sebelumnya, kamu bisa bayar tagihan Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Pembayaran kredit HP jadi mudah hanya lewat satu aplikasi JULO Kredit Digital.

bayar tagihan online Julo

4. Cara Promo 

Cara Promo

Sumber: Pexels

Cara kredit HP yang selanjutnya adalah menggunakan promo dengan maksimal. Biasanya, promo besar-besaran ditawarkan pada momen-momen perayaan seperti 17 Agustus-an, tahun baru, Natal, Lebaran, dan lainnya. Selain itu, sekarang sudah banyak, kok, e-commerce yang memberikan promo spesial tanggal cantik seperti 11.11 atau 12.12. Jadi, kamu hanya perlu siap siaga dan mencari berbagai promo menarik yang ditawarkan pada tanggal-tanggal tersebut.

5. Jangan Telat Bayar Cicilan

Jangan Telat Bayar Cicilan

Sumber: Pexels

Salah satu alasan utama mengapa kamu harus kredit HP dengan harga yang sesuai dengan kemampuan finansial adalah agar kamu tidak kesulitan membayar cicilan. Telat bayar cicilan kredit HP berpotensi merugikan karena adanya denda yang harus kamu bayar. Masing-masing platform menetapkan denda yang berbeda, berkisar antara Rp25.000 - Rp150.000.

Baca Juga: Kenapa Harus Membayar Cicilan Tepat Waktu?

Jika telat membayar cicilan, kamu akan rugi saat dilakukan BI Checking (catatan lancar atau macetnya pembayaran kredit). Kalau kamu berencana mengajukan KPR ke bank untuk beli rumah, misalnya, BI Checking yang jelek akan menyulitkanmu. Jadi, pastikan kamu selalu bayar cicilan kredit HP tepat waktu, ya.

bayar tagihan online Julo

Apakah Bisa Kredit HP Tanpa Menggunakan Kartu Kredit?

person holding black and white electronic device

Sumber: Unsplash

Istilah kredit barang identik dengan penggunaan kartu kredit itu sendiri. Padahal, kamu sudah bisa mengajukan kredit tanpa harus memiliki kartu kredit. Hal ini dibantu dengan tumbuhnya teknologi fintech, pinjaman online, yang memunculkan banyak aplikasi kredit.

Kamu tinggal mendownload aplikasi seperti JULO untuk mulai pengajuan kredit yang bisa kamu gunakan untuk membeli HP. Tidak seperti kartu kredit pada umumnya, syarat pengajuan kredit melalui aplikasi pinjaman online lebih ringan dan cepat.

Baca Juga: 6 Syarat Pinjaman Online Yang Kamu Penuhi Agar Pinjaman Cair

Umumnya, kamu membutuhkan syarat seperti fotokopi KTP, slip gaji, memiliki rekening bank dan NPWP, dan dokumen pendukung lainnya untuk bisa segara melakukan pengajuan kredit HP. Kamu tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Selama kamu memilih pinjaman online yang diawasi oleh OJK, data pribadi kamu akan aman serta besaran bunga yang akan kamu dapat tidak akan terlalu besar.

Nah, demikian penjelasan mengenai cara kredit HP dengan bijak, JULOvers. Jangan lupa, jika kamu butuh dana lebih untuk beli HP atau keperluan lainnya, kamu bisa mengajukan pinjaman melalui berbagai produk pinjaman JULO. JULO menawarkan proses pengajuan yang mudah dan pencairan dana pinjaman relatif cepat, jadi JULOvers bisa segera kredit HP dengan bijak. Semoga kamu segera mendapatkan HP impianmu, ya!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan