Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Cara Mengatur Uang 2 Juta dalam Sebulan Agar Cukup?
1. Rencanakan Anggaran Pendapatan dan Pengeluaran
2. Buat Skala Prioritas
3. Mencatat Setiap Pengeluaran
4. Berbelanja dengan Cerdas
5. Pangkas Pengeluaran Tidak Perlu
6. Bayar Tagihan Tepat Waktu

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta yang Tepat

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta

Bagi beberapa orang, merasakan gaji Rp2 juta usai melaksanakan kerja selama satu bulan mungkin terasa kecil. Namun perlu diketahui masih ada beberapa wilayah di Indonesia yang menetapkan upah minimum di angka Rp2 juta-an, lho. Bagi sebagian besar orang yang hidup di perkotaan mungkin akan merasa berat hidup dengan gaji tersebut.  Namun, JULOvers perlu tahu kalau ada cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta. 

Bagaimana Cara Mengatur Uang 2 Juta dalam Sebulan Agar Cukup?

Bagaimana Cara Mengatur Uang 2 Juta dalam Sebulan Agar Cukup

Harga barang kebutuhan pokok terus meroket seiring berjalannya waktu. Bagi kamu yang memiliki gaji Rp2 juta, tentu akan terasa tercekik memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tak perlu panik, kamu masih bisa, kok, mengatur seluruh pendapatanmu secara efektif. Perencanaan keuangan yang tepat bakal membuatmu hidup lebih tenang meski memiliki gaji Rp2 jutaan. Berikut beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta!

1. Rencanakan Anggaran Pendapatan dan Pengeluaran

Rencanakan Anggaran Pendapatan dan Pengeluaran

Memiliki gaji Rp2 juta memang butuh perencanaan anggaran dengan tepat. Siapkan anggaran yang sesuai dengan pemasukan pengeluaranmu selama satu bulan. Pahami kebutuhan apa saja yang harus dibeli dalam satu bulan, termasuk keperluan darurat.

Merencanakan anggaran masuk dan keluar akan memberikan ketenangan dalam mengorganisir uang. Pastikan hal-hal seperti membayar sewa, pendidikan, makanan, tagihan listrik dan air, hingga keperluan seperti BPJS Kesehatan sudah masuk dalam perencanaan tersebut.

2. Buat Skala Prioritas

Buat Skala Prioritas

Buatlah skala prioritas dalam menghabiskan uang untuk satu bulan. Kamu harus menggunakan uang yang ada secara bijak, JULOvers. Usai merencanakan anggaran, buatlah skala prioritas mana saja yang memang harus dipenuhi atau dibeli. 

Idealnya, gunakan sekitar 50 persen uang dari gaji bulanan untuk keperluan pokok. Hal ini tak hanya berlaku untuk masalah makanan, namun juga biaya sewa dan tagihan wajib lainnya.

Lalu, gunakan sekitar 30 persen gajimu untuk memenuhi kebutuhan sekunder lainya seperti perawatan diri, make up, skin care, barang-barang pribadi, hiburan, atau rekreasi. Jangan lupa, ya, kebutuhan sekunder tidak harus dipenuhi seluruhnya secara langsung. 

Selalu utamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu. Lalu, 20 persen sisanya bisa kamu gunakan untuk keperluan menabung dan dana darurat keluarga jika ada sesuatu hal yang tak terduga.

3. Mencatat Setiap Pengeluaran

Mencatat Setiap Pengeluaran

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta yang cukup efektif adalah dengan mencatat seluruh pengeluaran yang ada. Buatlah sebuah laporan pemasukan dan pengeluaran dalam satu bulan. Catatlah semuanya dengan rapi, termasuk mengategorikannya dan menyebutkan pengeluarannya untuk apa, sekecil apa pun itu. Manfaatkan aplikasi catatan di handphone agar bisa dengan mudah dicek sewaktu-waktu. 

Catatan ini bisa menjadi evaluasi pengeluaran bulanan untuk menjadi lebih baik ke depannya. Misalnya, ketika ada pengeluaran yang tidak terduga seperti servis kendaraan atau pemeliharaan rumah yang mendadak, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan pada pengeluaran ke depannya. 

4. Berbelanja dengan Cerdas

Berbelanja dengan Cerdas

 

Manfaatkan uang dari gaji Rp2 juta dengan sebaik mungkin. Berbelanjalah terkait kebutuhan pokok atau kebutuhan lainnya dengan cerdas. Pilih waktu-waktu yang tepat untuk membeli barang-barang seperti promo-promo agar mendapatkan potongan harga yang lebih menarik. Memanfaatkan promo tersebut bisa membuatmu mengeluarkan uang jauh lebih sedikit dari anggaran yang seharusnya dikeluarkan. Diskon akan sangat membantumu mengatur uang.bayar tagihan online Julo

5. Pangkas Pengeluaran Tidak Perlu

Pangkas Pengeluaran Tidak Perlu

Jangan pernah mengutamakan kebutuhan sekunder. Meski sudah memiliki rencana pengeluaran dan pemasukan, tetap utamakan untuk memenuhi kebutuhan pokok dahulu selama satu bulan. Pastikan kebutuhan sekunder yang sangat jarang diakses bisa dipangkas supaya kamu bisa punya dana lebih untuk menabung. Misalnya, streaming service yang jarang digunakan akan lebih baik dihentikan langganannya untuk hemat pengeluaran.

6. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Bayarlah seluruh tagihan yang kamu miliki secara tepat waktu. Pasalnya, keterlambatan membayar tagihan bisa berujung pada sanksi denda. Tagihan listrik, misalnya, akan langsung menerapkan biaya keterlambatan kalau kamu membayar tagihan lewat dari tanggal 20 setiap bulan. Karenanya, usahakan untuk bisa langsung membayar semua tagihan pokok setelah gajian.

Tagihan pokok tersebut biasanya berupa tagihan listrik, air, hingga BPJS Kesehatan. Membayar tagihan saat gajian ini bisa meminimalisir risiko denda-denda yang muncul. Jika kamu orang yang mudah lupa, bisa juga gunakan fitur autodebet atau membayar tagihan secara otomatis yang langsung dipotong dari saldo rekening.

Baca Juga: Cara Membayar BPJS dengan Mudah

Ketika semua tagihan berhasil dilunasi tepat waktu, maka pengelolaan keuangan rumah tangga di sisa bulan akan terasa lebih mudah. Jika ternyata saat tenggat waktu tagihan kamu belum punya dana karena sempat ada kebutuhan mendadak, JULOvers bisa langsung gunakan aplikasi paylater JULO. 

JULO bisa membantumu memberikan pinjaman dengan cicilan yang ringan agar kamu tak kelewatan membayar tagihan-tagihan penting. JULO memberikan akses pembayaran ke tagihan listrik, air, BPJS Kesehatan, bahkan sampai pembayaran belanja di e-commerce pilihanmu.

Aplikasi paylater JULO dapat menjadi salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta secara efektif. Kamu bisa langsung mendapatkan limit hingga Rp15 juta dalam sekali pengajuan. 

Tenornya pun cukup panjang, bisa dicicil hingga 9 bulan! Apalagi kamu bakal dapat cashback senilai Rp50.000 dengan promo siap melesat dari JULO. Kode promo spesial ini bisa digunakan untuk membayar berbagai keperluan termasuk tagihan, lho. Siap melesat, download JULO sekarang juga!

Artikel Lainnya