Daftar BPJS Kesehatan, 6 Alasan Utama Harus Punya BPJS!

Daftar BPJS Kesehatan, 6 Alasan Utama Harus Punya BPJS!

Daftar BPJS Kesehatan - Dewasa ini, semakin banyak orang yang paham dengan pentingnya proteksi diri dan ikut mendaftar asuransi pribadi dengan berbagai perlindungan yang ditawarkan. Hal ini tentunya dipicu dari banyaknya risiko penyakit baru yang bermunculan. Belum lagi dengan risiko tambahan lainnya yang tidak terduga seperti kecelakaan.

Selain itu, semakin tingginya biaya rumah sakit menjadi salah satu alasan utama orang-orang rela membayar premi setiap bulannya. Tidak hanya tabungan ludes, seringkali pasien juga tidak bisa ditangani karena dana tidak mencukupi. Walaupun JULO Kredit Digital dapat senantiasa menyediakan dana tambahan darurat dengan limit maksimal sampai dengan 15 juta rupiah dan tenor pengembalian fleksibel sampai 9 bulan, tentunya pencegahan dengan proteksi akan jauh lebih baik.

Daftar BPJS Kesehatan, 6 Alasan Utama Harus Punya BPJS!

6 Alasan Daftar BPJS Kesehatan

6 Alasan Daftar BPJS Kesehatan
Daftar BPJS Kesehatan (source: Pexels)

Sudah punya asuransi pribadi, apakah masih perlu untuk daftar BPJS Kesehatan? Jawabannya: tentu masih perlu. Tidak ada salahnya bagi JULOvers untuk memanfaatkan privilege sebagai warga Indonesia dengan mendaftar BPJS dan memaksimalkan proteksi yang dimiliki. Berikut ini dia 6 alasan utama yang bisa JULOvers pertimbangkan:

1. Daftar BPJS Kesehatan untuk Seumur Hidup

Daftar BPJS Kesehatan (source: Pexels)
Daftar BPJS Kesehatan (source: Pexels)

Salah satu hal yang cukup membedakan adalah BPJS Kesehatan berlaku tanpa memandang batasan umur. Jika asuransi seringkali mengenakan premi yang lebih tinggi atau bahkan menolak nasabah lansia , tidak demikian halnya dengan BPJS. Lansia tetap dapat mendaftar proteksi di BPJS dengan standar iuran yang berlaku. Bahkan terkadang beberapa lansia dibebaskan dari kewajiban membayar iuran dengan melihat kemampuan ekonomi.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga menjanjikan proteksi seumur hidup untuk seluruh nasabahnya. Cukup berbeda dengan asuransi karena beberapa asuransi juga masih mengenakan batas umur maksimal untuk sebagian manfaat. Hal ini juga yang tentunya membuat BPJS Kesehatan sangat cocok untuk melengkapi manfaat asuransi yang sudah JULOvers punya.

Baca Juga: Paylater, Bisa Beli Sekarang Bayar Nanti Pakai Fitur JULO

2. Daftar BPJS Kesehatan, Semua Penyakit Ditanggung

Daftar BPJS Kesehatan, Semua Penyakit Ditanggung
Daftar BPJS Kesehatan (source: Pexels)

Jika membicarakan soal penyakit yang ditanggung, banyak asuransi pribadi yang masih mengelompokkan manfaat berdasarkan besaran premi. Semakin banyak penyakit yang ditanggung maka semakin besar preminya. Terkadang juga asuransi masih memiliki daftar penyakit yang dikecualikan - seperti penyakit hormonal, penyakit kanker atau penyakit jiwa.

Berbeda halnya dengan cakupan BPJS Kesehatan, di mana semua pelayanan kesehatan yang bersifat pengobatan terhadap peserta BPJS dapat ditanggung - dengan pengecualian infertilitas, estetika, alternatif dan komplementer. Selain itu, seluruh penyakit yang dikecualikan oleh pihak asuransi juga dijamin oleh BPJS sehingga JULOvers tidak perlu khawatir.

3. Mayoritas Biaya Dokter dan Rumah Sakit Ditanggung

Mayoritas Biaya Dokter dan Rumah Sakit Ditanggung
Daftar BPJS Kesehatan (source: Pexels)

Beberapa pihak asuransi masih memberikan plafon atau batasan maksimal yang dapat ditanggung mengenai biaya dokter dan rumah sakit. Hal ini tentunya cukup berbeda dengan BPJS Kesehatan, di mana BPJS dapat menanggung seluruh biaya dokter dan rumah sakit pada umumnya - dengan pengecualian beberapa obat-obatan tertentu. Bahkan, tanggungan ini juga mencakup layanan preventif seperti imunisasi dan program Keluarga Berencana.

Daftar BPJS Kesehatan (source: Pexels)

4. Tidak Melihat Kondisi Sebelumnya

Daftar BPJS Kesehatan (source: Pexels)
Daftar BPJS Kesehatan (source: Pexels)

Proses check-up asuransi terhadap kondisi nasabah seringkali menjadi momok yang cukup menegangkan bagi banyak orang - mungkin termasuk JULOvers. Jika JULOvers terdeteksi memiliki penyakit berat yang sifatnya seumur hidup - seperti gagal ginjal kronis, kanker dan penyakit jantung, siap-siap untuk menerima hitungan premi yang tinggi atau bahkan mungkin penolakan pengajuan.

Lain halnya dengan sistem yang berlaku di BPJS Kesehatan. BPJS dapat memberikan jaminan kepada seluruh peserta tanpa memandang kondisi sebelumnya dan batasan penyakit yang dimiliki. Walaupun JULOvers mengidap penyakit berat yang bersifat seumur hidup, besaran iuran BPJS tetap sama dengan nasabah lainnya karena BPJS menganut sistem gotong royong.

5. Premi per Bulannya Terjangkau

Daftar BPJS Kesehatan (source: Pexels)
Daftar BPJS Kesehatan (source: Pexels)

Untuk sebagian orang, manfaat asuransi masih menjadi suatu barang mewah dan tidak semua orang mampu mengalokasikan pendapatan yang dimiliki untuk premi bulanan. Rata-rata asuransi dapat mengenakan biaya premi di minimal Rp 500.000 sampai jutaan rupiah per bulannya. Tentunya besaran ini dinilai cukup memberatkan untuk sebagian orang.

Sementara itu, BPJS Kesehatan memberlakukan besaran premi yang cukup terjangkau. Per tahun 2022, berikut perincian premi berdasarkan kelas BPJS:

  • Kelas I : Rp 150.000 / peserta
  • Kelas II : Rp 100.000 / peserta
  • Kelas III : Rp 35.000 / peserta

Tentunya daftar harga premi ini sangat terjangkau jika dibandingkan dengan biaya premi asuransi pribadi. Lantas bagaimana jika JULOvers hanya mampu membayar iuran untuk kelas III? Tentunya tidak masalah karena tidak ada perbedaan manfaat dari sisi medis. Yang membedakan hanyalah fasilitas ruangan ketika sedang menjalani rawat inap - di mana peserta kelas III akan dirawat di ruangan massal berkapasitas 4 - 6 pasien.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

6. Pembayaran Iuran Bisa di Banyak Tempat

blog
Daftar BPJS Kesehatan

Selain premi yang terjangkau, pembayaran iuran BPJS juga bisa dilakukan di banyak platform dan tidak hanya terbatas pada pembayaran tatap muka atau via ATM. Ingin bayar iuran BPJS namun kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan? JULOvers juga bisa menggunakan JULO Kredit Digital untuk membayar iuran BPJS.

Bisa dicicil dengan tenor fleksibel sampai dengan 9 bulan, JULOvers tidak perlu takut telat bayar karena kamu bisa langsung bayar beberapa bulan sekaligus. Dengan begitu, BPJS kamu akan selalu aktif dan JULOvers bisa mendapatkan proteksi secara maksimal. Ditambah dengan bunga rendah dari 0,1% per harinya, pastinya membuat pembayaran cicilan kamu semakin mudah dan ringan.

Daftar BPJS Kesehatan

Berikut 6 kelebihan BPJS Kesehatan yang bisa kamu pertimbangkan untuk proteksi diri selain asuransi pribadi. Tidak hanya bisa dipakai untuk cicil BPJS dengan bunga rendah, JULOvers bisa menikmati beragam kemudahan fitur JULO Kredit Digital meliputi:

  • Tarik Dana
  • Bayar Kartu Pascabayar
  • Kirim Dana
  • Bayar Tagihan Listrik
  • Isi Dompet Digital
  • Bayar Pulsa
  • Bayar e-commerce

Dengan limit kredit maksimal 15 juta rupiah dan bunga rendah dari 0,1% per hari, JULOvers juga bisa membayar cicilan dengan tenor fleksibel sampai dengan 9 bulan. Tanggal pembayaran bisa disesuaikan dengan tanggal gajian, pastinya membuat bayar cicilanmu jadi semakin mudah dan semakin praktis.

Yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital, dengan daftar BPJS Kesehatan!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…