Daftar Isi
Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Apa Ya?
1. Usaha Kerajinan Tangan
2. Usaha Katering
3. Usaha Dropshipper
4. Usaha Tanaman
5. Usaha Bimbingan Belajar
6. Frozen Food
7. Menjual Tanaman Rumah
8. Jasa Laundry Kiloan
9. Bumbu Siap Pakai
Daftar Isi
Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Apa Ya?
1. Usaha Kerajinan Tangan
2. Usaha Katering
3. Usaha Dropshipper
4. Usaha Tanaman
5. Usaha Bimbingan Belajar
6. Frozen Food
7. Menjual Tanaman Rumah
8. Jasa Laundry Kiloan
9. Bumbu Siap Pakai

9 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Ramah Pemula

ide bisnis ibu rumah tangga

Bosan setelah melakukan pekerjaan rumah? JULOvers yang merupakan Ibu rumah tangga juga bisa kok melakukan kegiatan lainnya, seperti membuka usaha. Tertarik melakukannya? Simak artikel ini sampai selesai, ya! Kami akan memberikan beberapa ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dicoba. Tidak perlu memulai dengan usaha yang besar, kamu bisa melakukannya perlahan yang nantinya bisa terus berkembang di kemudian hari. Kalau begitu langsung saja simak ide-idenya di bawah ini. 

Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Apa Ya?

Adapun beberapa ide bisnis untuk para ibu rumah tangga adalah sebagai berikut:

1. Usaha Kerajinan Tangan

seseorang sedang menganyam keranjang dari bambu

(Sumber: Pixabay)

Memiliki ketertarikan membuat kerajinan tangan? Kamu bisa banget membuka usaha yang satu ini. Usaha kerajinan tangan yang bisa coba dibuat sangat banyak. Misalnya rajutan, merangkai bunga, membuat lilin aroma terapi dan masih banyak lagi. 

Kamu bisa berkreasi dengan apa saja yang yang ada. Untuk memudahkan, mulailah dari hal-hal yang kamu suka. Melakukan apa yang kamu suka akan jauh lebih menyenangkan daripada melakukan apa yang tidak kamu suka. Dengan begitu hasil dari kerajinan tangan yang dibuat dapat maksimal. 

2. Usaha Katering

seorang pria dan wanita sedang mempersiapkan makanan

(Sumber: Pexels)

Usaha katering mungkin jadi pilihan yang paling banyak dipilih. Usaha makanan ini membutuhkan semua keterampilan memasak yang kamu punya untuk menghasilkan lauk pauk yang enak dan menggugah selera. Tidak punya kemampuan memasak tetapi tertarik dengan memasak? Jangan khawatir! Kamu tetap bisa melakukannya, karena ada banyak resep makanan yang ada di internet yang bisa dicoba.

Apakah kamu memiliki mimpi untuk memiliki restoran suatu hari nanti? Maka usaha ini bisa jadi langkah awal mewujudkannya. Tidak ada kata terlambat meskipun saat ini kamu sudah menjadi Ibu rumah tangga. Mulailah dari hal kecil seperti membuka usaha katering kamu sendiri. 

kredit digital Julo

3. Usaha Dropshipper

seorang pria dan wanita sedang mengemas barang bersama

(Sumber: Pexels)

Usaha dropshipper mungkin terdengar asing di telinga kamu. Sederhananya, usaha dropshipper adalah usaha yang membuat kamu berperan sebagai pihak ketiga. Kamu hanya perlu memasarkan produk dengan foto-foto produk di akun media sosial atau marketplace dan menunggu pesanan datang.

Baca Juga: Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Lakukan 6 Ide Mudah Ini!

Saat ada pesanan, kamu tinggal menyampaikannya kepada supplier. Sistem ini hampir sama seperti reseller, hanya saja dropshipper tidak perlu mengambil barang dari supplier. Semua urusan stok barang, pengemasan, dan pengiriman, semuanya akan menjadi urusan supplier. Bagaimana? Tertarik dengan usaha satu ini?

4. Usaha Tanaman

seorang pria sedang menunjukkan hasil tanamannya

(Sumber: Pexels)

Usaha tanaman cukup populer dalam beberapa tahun ke belakang. Mayoritas orang mencari hobi baru yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu selama di rumah saja. Alternatif mereka adalah dengan berkebun dan bercocok tanam. Oleh karena itu usaha tanaman bisa jadi alternatif yang tepat untuk kamu coba. Kamu bisa mulai membudidayakan beberapa tanaman kemudian menjualnya di marketplace atau media lainnya. 

5. Usaha Bimbingan Belajar

seorang wanita tegas sedang menunjuk sesuatu di papan tulis

(Sumber: Pexels)

Membuka bimbel atau bimbingan belajar juga bisa jadi pilihan yang cocok apabila kamu tertarik dengan dunia akademis. Namun sebenarnya bimbingan belajar ini tidak terbatas pada dunia akademis saja. Keterampilan kamu dalam bernyanyi atau berdansa juga bisa digunakan untuk mulai membuka bimbingan belajar. Keterampilan dan kemampuan apapun yang ada, gunakan saja untuk mendatangkan pendapatan tambahan selama di rumah

6. Frozen Food

Frozen Food
Sumber: Pexels

Menjual frozen food dapat menjadi salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang menjanjikan. JULOvers sendiri mungkin telah menyetok atau sering membeli frozen food untuk makanan di rumah.

Untuk mulai usaha rumahan satu ini, kamu tidak perlu langsung memulai dengan langkah besar; maksimalkan terlebih dahulu saja alat yang ada di rumah. Misalnya, kamu bisa menggunakan kulkas yang sudah ada untuk menyetok frozen food yang akan dijual.

Kalau misalnya harus membeli kulkas tambahan, maka kamu bisa mulai dengan box pendingin yang kecil terlebih dahulu. Ketika usaha sudah mulai membesar, baru kamu bisa mulai memikirkan untuk membeli lebih banyak perlangkapan serta mencoba lebih banyak variasi produk.

7. Menjual Tanaman Rumah

menjual tanaman rumah
Sumber: Pexels

Tanaman kian menjadi bagian penting dalam sebuah rumah, apalagi untuk rumah yang berada di tengah kota dan memiliki sedikit lahan untuk ruang hijau. Hal ini dapat kamu manfaatkan sebagai peluang usaha yang menjanjikan dengan menjalankan usaha tanaman rumah.

Salah satu jenis tanaman yang dapat kamu jual adalah tanaman hias. Kamu bisa membudidayakan tanaman hias untuk menghasilkan uang sekaligus membuat rumah kamu lebih asri dan segar. JULOvers juga dapat menjual secara eceran atau dalam jumlah besar, misalnya untuk kebutuhan kantor atau dekorasi rumah.

Untuk modalnya sendiri, kamu umumnya akan membutuhkan modal di angka 2 hingga 3 juta. Modal ini akan kamu gunakan untuk membeli alat, seperti pot atau alat berkebun lainnya, serta bibit tanaman hias.

8. Jasa Laundry Kiloan

Jasa Laundry Kiloan
Sumber: Pexels

Bagi JULOvers yang tinggal di daerah kota, khususnya daerah yang padat penduduk, membuka jasa laundry kiloan dapat menjadi ide usaha rumah tangga yang sangat menjanjikan.

Membuka usaha laundry kiloan juga dapat kamu lakukan dengan modal kecil; kamu bisa memulai usaha ini dengan hanya bermodalkan satu mesin cuci. Tentu, jumlah pelanggan yang dapat kamu layani akan sangat terbatas.

Namun, kamu dapat melakukan ekspansi ketika kamu memang melihat potensi yang jelas dengan membeli beberapa mesin cuci tambahan. Kalau kamu misalnya ingin solusi yang lebih mudah, kamu bisa bergabung dengan franchise laundry yang sudah ada. Selain mendapatkan peralatan yang dibutuhkan, kamu juga akan mendapatkan bantuan ketika ingin mencari karyawan serta materi untuk melakukan pemasaran.

9. Bumbu Siap Pakai

Bumbu Siap Pakai
Sumber: Pexels

Bumbu siap pakai semakin banyak dicari, khususnya oleh orang-orang yang memiliki kesibukan serta tidak sempat untuk mengolah bahan dapur. Bagi JULOvers yang memiliki waktu, kamu dapat memanfaatkan peluang ini dengan menjalankan usaha bumbu siap pakai.

Untuk memasarkannya, kamu bisa memanfaatkan platform pemasaran digital, khususnya sosial media. Kamu bisa membuat konten terkait kelebihan dan tips memasak atau berbagi resep-resep untuk menarik perhatian orang-orang menggunakan produk kamu.

Dari semua ide bisnis di atas, adakah yang ingin JULOvers coba? Semua ide bisnis ibu rumah tangga ini bisa kamu bandingkan dan pertimbangkan dengan matang sebelum akhirnya memulai bisnis. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha-usaha di atas juga minim, sehingga tidak apa-apa bila kamu gagal.

Sebaliknya, semua kegagalan itu bisa JULOvers jadikan pembelajaran untuk membuka usaha baru dengan persiapan yang lebih matang. Saat bisnis kamu sudah mulai stabil dan berjalan baik, itulah saatnya melangkah pada pijakan selanjutnya, yaitu dengan mengembangkannya. Apabila kamu memerlukan dana untuk mengembangkan bisnis, JULO bisa membantu. 

JULO menyediakan layanan kredit digital dengan proses yang mudah dan cepat dari smartphone. Soal bunganya, kamu tidak perlu khawatir! JULO menyediakan bunga rendah dan tentu saja aman untuk digunakan. Jadi tunggu apalagi? Yuk dapatkan segera promo siap melesat dari JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan