ide bisnis kreatif dan unik

10 Ide Bisnis Kreatif dan Unik dengan Modal Kecil

Saat ini ada begitu banyak ide bisnis kreatif dan unik dengan modal kecil yang dapat JULOvers coba. Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang pebisnis?

Perkembangan industri di Indonesia terus meningkat. Munculnya pengusaha UMKM baru memainkan peranan penting dalam memajukan perekonomian negara kita. 

Para pengusaha UMKM banyak yang memulai bisnisnya dengan modal yang sangat kecil, bahkan ada beberapa di antaranya yang tidak menggunakan modal sama sekali. Maka dari itu, kamu dapat mengintip ide mereka yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya dari nol. Yuk, langsung simak aja beberapa ide bisnis kreatif dan unik di bawah ini.

Apa Saja Ide Bisnis Kreatif dan Unik?

Berikut ini, JULOvers akan mendapatkan 10 ide untuk menjalankan bisnis dengan modal kecil, yaitu:

1. Kue Kering

kue kering dengan taburan kacang

(Sumber: Pixabay)

Ide bisnis pertama untuk JULOvers adalah kue kering. Ide bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang gemar membuat kue atau memiliki keahlian di bidang kuliner.

Baca Juga: Usaha Kuliner, Usaha Menjanjikan yang Dapat Kamu Coba

Selain karena modalnya yang kecil, kue kering memiliki peminat yang sangat tinggi di pasaran. Kamu dapat menjualnya dalam bentuk toplesan atau dijadikan sebagai hampers untuk momen penting seperti hari raya Lebaran.

2. Jasa Titip

kumpulan tas belanja yang berisi barang barang

(Sumber: Pixabay)

JULOvers pasti sering mendengar bisnis jasa titip, bukan? Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar karena pelanggan harus membayarkan DP terlebih dahulu untuk mendapatkan pesanan mereka.

Baca Juga: 7 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil yang Patut Dicoba

Singkatnya, jasa titip merupakan jasa yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk menitipkan produk yang ingin dibeli dari toko tertentu. Biasanya produk-produk tersebut berada di tempat yang sangat jauh dari area pelanggan sehingga mereka membutuhkan jasa titip.

Contohnya, kamu ingin berlibur ke negara Thailand. Thailand terkenal dengan baju-bajunya yang murah dan memiliki kualitas yang bagus. Maka dari itu, banyak orang yang akan menggunakan jasa titip untuk membeli baju yang mereka inginkan dari sana.

3. Lilin Aromaterapi

lilin aroma terapi yang telah dinyalakan

(Sumber: Pixabay)

Lilin aromaterapi menjadi salah satu produk bisnis kekinian yang unik dan kreatif untuk dijual. Proses pembuatan yang mudah dan modal kecil dapat menjadi alasan yang tepat untuk JULOvers mencoba ide bisnis yang satu ini.

4. Reseller

layar laptop yang menunjukkan gambar troli

(Sumber: Pixabay)

Bisnis yang tidak mengeluarkan modal sama sekali yang dapat JULOvers coba yaitu reseller. Kamu cukup menjual kembali produk yang sudah dijual oleh pihak pertama (produsen) dan melakukan kegiatan promosi untuk menarik minat masyarakat luas.

Untuk menjadi reseller, kamu perlu mencari supplier yang memproduksi barang sesuai dengan yang ingin kamu jual. Kemudian kamu dapat menggunakan media sosial atau bergabung ke dalam marketplace untuk menarik lebih banyak pelanggan.

5. Dropshipper

laptop dengan miniatur troli di sampingnya

(Sumber: Pixabay)

Hampir mirip dengan reseller, JULOvers juga dapat menjadi seorang dropshipper. Apa bedanya dropshipper dan reseller?

Perbedaan di antara keduanya terletak pada sistem penjualan yang dilakukan. Seorang reseller harus melalui proses pembelian barang ke supplier, lalu barang dikirimkan ke tempat usaha, dan terakhir baru dikirim kepada pelanggan. Lain halnya dengan dropshipper.

Dropshipper hanya perlu melakukan kegiatan promosi dan mencatat informasi pelanggan. Seluruh proses pengiriman barang akan langsung dilakukan oleh supplier. Jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk melakukan pengepakan dan hal lainnya.

kredit digital Julo

6. Jasa Pembuat Konten

layar handphone yang menampilkan ikon berbagai sosial media

(Sumber: Pixabay)

Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa pembuat konten untuk mengisi akun media sosial yang mereka miliki. Apabila JULOvers memiliki minat yang tinggi terhadap media sosial dan bahkan mengikuti perkembangan tren, kamu bisa menjadi seorang pembuat konten.

Baca Juga: 8 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing serta Menguntungkan

Bermodalkan gadget dan ide saja kamu sudah dapat meraih keuntungan. Jasa pembuat konten merupakan ide bisnis yang sangat kreatif dan unik, bukan?

7. Jasa Rental Peralatan

tulisan for rent yang tertulis di papan kayu yang tergantung

(Sumber: Pixabay)

JULOvers memiliki peralatan yang sudah tidak terpakai atau jarang terpakai? Rentalkan saja peralatan tersebut. Ide bisnis rental peralatan sangat mudah untuk dilakukan, bahkan kamu tidak memerlukan tenaga yang lebih dalam menjalankan bisnis ini.

Ada begitu banyak barang yang dapat direntalkan seperti peralatan elektronik. Kamu juga dapat merentalkan kendaraan yang mungkin jarang digunakan.

8. Scrapbook

scrapbook yang berisikan foto foto tua

(Sumber: Pixabay)

Pernahkah JULOvers mendengar kata scrapbook? Scrapbook merupakan kegiatan seni menempel foto dan menghiasnya di atas kertas yang kemudian dapat dijadikan sebagai sebuah frame.

Apabila kamu memiliki jiwa seni yang tinggi, mungkin kamu tertarik untuk menjalankan bisnis scrapbook. Banyak peminat scrapbook yang ingin mengabadikan momen mereka di dalam sebuah frame untuk dikenang kembali pada masa mendatang.

9. Kursus Online

seorang pria sedang mengikuti kursus online melalui laptop

(Sumber: Pixabay)

Kursus online dapat menjadi ide bisnis yang sangat mudah, kreatif, dan unik untuk dilakukan. JULOvers cukup mengajarkan ilmu yang sudah kamu miliki kepada banyak orang.

Tidak seperti zaman dahulu di mana teknologi belum dimanfaatkan seperti saat ini, kamu dapat membuka kursus secara online. Modal usaha yang kamu butuhkan juga tidak terlalu banyak. Yang kamu perlukan hanya komputer atau laptop, kemudian pengetahuan atau kemampuan yang kamu miliki.

10. Kerajinan Daur Ulang

daun daun berserakan di depan keranjang bertuliskan re-use

(Sumber: Pixabay)

Ide bisnis terakhir yang dapat JULOvers coba adalah menjual kerajinan daur ulang. Selain dapat memberikan keuntungan, kamu juga menyelamatkan bumi dari global warming dengan menjalankan bisnis ini.

Jadi, ide bisnis mana yang menarik perhatian JULOvers dari informasi di atas? Apakah kamu sudah siap untuk menjalankan bisnis sendiri?

Apabila JULOvers ingin mengembangkan bisnis dan membutuhkan tambahan modal, kamu dapat menggunakan aplikasi JULO kredit digital. JULO menawarkan kredit bagi seluruh pebisnis atau calon pebisnis yang membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha mereka.

Kamu dapat langsung menggunakan aplikasi dan mengajukan kredit digital sesuai yang dibutuhkan. Hubungi JULO sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…