ide usaha modal kecil

6 Ide Usaha Modal Kecil yang Kreatif

Setelah lulus dari universitas kamu memiliki banyak waktu untuk dihabiskan? Sudah melamar di berbagai tempat namun belum juga menerima panggilan? Mengapa tidak coba membuka usaha JULOvers sendiri? Saat ini ada begitu banyak ide usaha modal kecil yang kreatif dan bisa dilakukan. Modal kecil tidak perlu menjadi hambatan atau batasan bagi JULOvers untuk berbisnis. 

Nyatanya berapa pun jumlah uang yang kamu punya, berbagai bisnis bisa langsung dimulai. Tidak perlu kuliah bisnis terlebih dahulu supaya usaha kamu bisa berhasil. Beberapa pembelajaran dari internet dan buku sudah bisa membuat kamu sukses membuka bisnis yang baru saja dirintis. Kalau begitu tanpa berlama-lama lagi mari mencari tahu berbagai ide usaha yang bisa kamu coba di bawah ini. 

Apa Saja Ide Usaha Modal Kecil Yang Menguntungkan?

seorang wanita dan pria membahas ide usaha modal kecil
Sumber: Pexels

Kreativitas memang menjadi kekayaan tidak terlihat namun paling berharga yang bisa dimiliki oleh seseorang. Kreativitas membuat kamu bisa melakukan banyak hal yang sebelumnya tidak pernah dipikirkan orang lain. Tetapi tidak hanya kemampuan berpikir di luar batasan, kreativitas berbicara tentang bagaimana kamu bisa melangkah di saat orang lain diam dan tidak melakukan apa-apa. 

Membuka bisnis sendiri tentu menakutkan tetapi kamu hanya perlu mulai melangkah dan menjalankannya. Melangkah dalam arti mulai merencanakan dan mengeksekusi semua perencanaan yang dibuat. Siap untuk mulai melangkah? Berikut ide-ide yang bisa kamu jalankan. 

1. Clothing Line

seorang wanita sedang menjahit baju
Sumber: Pexels

Memiliki ketertarikan pada fashion tertentu namun tidak banyak yang menjualnya di Indonesia? Ini adalah kesempatan kamu untuk membuka bisnis clothing line! Bisnis clothing line bisa sangat menguntungkan sekaligus menyenangkan. Kamu bisa menghabiskan waktu melakukan hobi dan menghasilkan uang pada waktu bersamaan. 

Jika sudah terbiasa melakukan “mix and match” pakaian harusnya tidak sulit untuk membuka clothing line kamu sendiri. Justru hal ini jadi kesempatan yang bagus untuk membebaskan diri dan mendesain baju sesuai preferensi. 

Memang benar banyak yang harus dipikirkan seperti desain baju, pemasaran, proses produksi, logo, pengemasan, dan lain-lain. Tetapi membuka clothing line merupakan langkah awal yang baik untuk mengasah skill bisnis dan kepemimpinan. Jadi apakah kamu tertarik membuka bisnis clothing line?

2. Kursus Online

seorang wanita sedang mengajar kursus online
Sumber: Pexels

Usaha yang satu ini bisa dibilang tidak memerlukan modal sama sekali. Modal yang kamu punya bisa disimpan atau dibuat bisnis lain selagi menjalankan usaha kursus online. Jika kamu pintar dalam satu atau beberapa bidang akademis maka gunakan kepintaran tersebut untuk membuka kursus online. Kedatangan pandemi nyatanya memiliki sisi positif di mana kamu bisa melakukan semua pekerjaan dari rumah.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis Online Di Sini!

Kamu tidak perlu menghabiskan waktu di jalan karena macet. Langsung saja lakukan pemasaran terkait kursus yang kamu buka dan tunggu sampai ada yang menghubungi. Saat ini kursus online bahasa menjadi yang paling banyak dicari. Meskipun tidak memiliki pengalaman atau jam terbang yang tinggi kamu memiliki peluang besar dalam kursus online ini. 

3. Jastip

seseorang membawa tas belanja hasil jastip
Sumber: Pexels

Jastip atau jasa titip adalah salah satu ide kreatif untuk mendatangkan uang. Sering bepergian atau merupakan anak rantau? Hal ini bisa kamu jadikan peluang untuk meraih keuntungan. Jika kamu tinggal di Medan dan harus merantau ke Jakarta, coba pasarkan barang atau makanan khas di media sosial.

Kamu bisa membuka PO khusus selama berada di Medan dan membawanya ketika kembali ke Jakarta. Usaha jastip ini bahkan tidak mengeluarkan biaya. Kamu hanya perlu memasarkan lewat media sosial dan membeli barang atau makanan yang dipesan setelah mereka membayar. Mudah, bukan?

kredit digital Julo

4. Kerajinan Tangan atau DIY

dua orang sedang membuat kerajinan tangan dari benang
Sumber: Pexels

Kata kreatif identik dengan produk yang dibuat sendiri oleh tangan. Benar, saat ini usaha kerajinan tangan atau DIY menjadi tren yang banyak dicoba. Semua akibat keberadaan fitur-fitur media sosial yang memampukan berbagai orang untuk membagikan hobi yang mereka punya. Mulai dari sekadar membuat konten tentang aktivitas kesukaan kini menjadi produk yang bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. 

5. Makanan

seseorang memotret makanan menggunakan handphone
Sumber: Pexels

Bisnis makanan jadi salah satu usaha yang tidak pernah mati. Apa pun makanannya orang-orang pasti akan mencoba membelinya. Jika kamu tertarik membuka bisnis makanan ada baiknya melihat tren di media sosial dan mencari peluang yang tepat. Beberapa bisnis makanan yang bisa coba dibuat contohnya kue ulang tahun, kue ala Korea, dessert box, mentai, sushi, dan masih banyak lagi. 

Modal yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini tidak besar karena kamu hanya perlu membuat makanan sesuai pesanan. Sebagai awal kamu hanya perlu membuat satu makanan untuk setiap jenis yang ada sebagai objek pemotretan. Kemudian tinggal unggah semua gambar produk tersebut ke media sosial. 

6. Florist

seorang florist sedang merangkai bunga
Sumber: Pexels

JULOvers pasti sudah tidak asing dengan usaha yang satu ini. Kamu bisa membuka bisnis florist dan membuatnya menjadi besar. Apalagi kalau di daerah tempat kamu tinggal tidak banyak yang menjual rangkaian bunga. 

Hal ini bisa menjadi peluang yang sangat menguntungkan. Modal dari usaha ini cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membeli bunga, pita, dan kertas wrapping khusus bunga. Setelah itu foto hasil rangkaian dan unggah ke media sosial. Buat juga konten-konten menarik agar masyarakat tertarik dengan bouquet yang kamu jual. 

Ide usaha modal kecil mana yang menarik dan ingin kamu buat? Pilih satu bisnis dan buatlah perencanaan yang baik supaya kamu berhasil. Jika membutuhkan dana lebih untuk membuat bisnis berjalan kamu bisa mengajukan pinjaman di JULO Kredit Digital. JULO menyediakan fitur dana tunai yang bisa digunakan untuk menarik uang langsung ke rekening pribadi. 

Nominal pinjaman dan tenor pengembalian bisa kamu atur sesuai kebutuhan. JULO juga sangat aman dan bisa kamu percaya karena sudah memiliki izin operasi oleh OJK. Tunggu apalagi? Yuk #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital.

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…