jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak mengetahui bahwa berjalan dengan cepat adalah tahap awal yang baik untuk memulai kebiasaan rutin berolahraga. Jika, JULOvers hendak memulai pola hidup sehat yang berfokus pada kebugaran tubuh, maka jalan cepat dapat menjadi pilihan untuk mengawali latihan kamu.  Bukan hanya bagi pemula, olahraga ini juga dapat diterapkan untuk JULOvers yang sudah memiliki jam terbang olahraga tinggi, misalnya sebagai pelari maraton berpengalaman.

Jalan cepat dapat dikategorikan sebagai olahraga low impact yaitu olahraga dimana kedua atau salah satu kaki masih menempel di lantai sepanjang sesi olahraga. Selain disarankan bagi para pemula, olahraga ini juga disarankan bagi orang yang memiliki berat badan lebih atau obesitas, ibu hamil, atau sedang mengalami cedera saraf atau tulang. Berkaitan dengan istilah dan maknanya,  olahraga ini mungkin mengundang tanda tanya bagi JULOvers.

“Apakah jalan cepat adalah kegiatan berjalan sehari-hari yang dilakukan dengan tempo lebih cepat?” Atau “Apakah olahraga ini merupakan aktivitas yang memiliki teknik khusus?”

Untuk menjawab pertanyaan JULOVers, kali ini JULO akan menyajikan rangkuman informasi menarik seputar jalan bagi. Jika JULOvers penasaran, mari simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Simak 4 Kelebihan Cicil Belanja E-commerce di JULO!

Apa Itu Jalan Cepat?

jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

JULOvers, tahukah kamu bahwa jalan cepat termasuk salah satu cabang olahraga atletik? Olahraga ini bisa diartikan sebagai gerakan ke depan tanpa mengalami hubungan terputus dengan tanah. Jarak tempuh olahraga ini adalah 5 km, 10 km, 20 km, dan 50 km yang sebagian telapak kakinya harus menyentuh tanah. Jalan cepat atau race walking atau speed walking adalah salah satu kegiatan olahraga kardio yang termasuk kategori low impact. Meskipun terdengar hampir serupa dengan kegiatan berjalan pada bisanya, olahraga ini memerlukan teknik tertentu untuk melakukannya agar memberikan hasil yang optimal. 

Jalan cepat juga berbeda dengan berlari. Perbedaan keduanya terletak pada gerakan dan letak telapak kaki saat melakukannya. Umumnya, gerakan kaki pada olahraga ini salah satu kakinya selalu menyentuh atau menapak ke tanah. Sementara pada lari, terdapat momen ketika kedua kaki melambung di atas tanah.  Dikarenakan kegiatan ini merupakan salah satu cabang olahraga, maka jalan cepat berada di bawah naungan induk organisasi atletik dunia yaitu Asosiasi Federasi Atletik Internasional (IAAF). Menarik bukan?

Jika dilihat dari pengertiannya, secara teknis jalan cepat dapat dikatakan kegiatan olahraga yang  mencakup apa pun yang lebih cepat dari kecepatan berjalan rata-rata, tetapi lebih rendah dari lari. Meskipun mengusung istilah "berjalan" dalam namanya, hal tersebut bukan berarti olahraga ini  tidak seefektif berlari. Saat JULOvers melakukan jenis latihan ini, ada banyak gerakan pinggul yang terlibat lho!  Itu artinya saat JULOvers melakukannya secara langsung melatih lingkar pinggang. JULOvers jugo dapat menambah gerakan lengan untuk memberikan bonus manfaat sembari melakukan olahraga jalan cepat.

Aturan Jalan Cepat

jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

Seperti yang disebutkan pada penjelasan sebelumnya, jalan cepat bukan sekedar kegiatan yang dilakukan tanpa teknik. Menurut Situs Web Internasional Speed ​​Walking ada beberapa aturan yang harus diperhatikan dalam melakukan olahraga ini yang membedakannya dengan kegiatan berlari. Berdasarkan situs tersebut, aturannya mencakup hal berikut.

  • Saat berjalan dengan cepat, pastikan JULOvers berjalan dengan lurus. Pastikan juga posisi badan lurus dan agak condong ke depan. JULOvers juga perlu memposisikan kedua tangan di sisi tubuh dalam kondisi rileks. Usahakan agar berat badan JULOVers ditumpukan ke kaki bagian depan.
  • Saat melakukan olahraga ini dan melakukan gerak melangkah ke depan, pastikan kaki JULOvers bersentuhan dengan tanah. Perlu diperhatikan bahwa, posisi lutut kaki yang benar saat melakukan gerakan topang depan pada jalan cepat adalah diluruskan. Singkat kata, langkah kaki yang dilakukan adalah dengan menjaga ayunan kaki sembari menekuk lutut sesuai langkah yang diambil. Selain itu, bagian tumit kaki harus mendarat terlebih dahulu guna menjaga kepastian posisi kaki tetap ada yang berpijak di atas tanah.
  • Pada saat melakukan olahraga ini, JULOvers tidak disarankan  memutar pinggul secara berlebihan saat berjalan.

Baca Juga: 5 Manfaat Pinjaman Online Yang Dapat Dirasakan

Manfaat dari Olahraga Ini

jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

  • Mudah dilakukan bagi para pemula karena merupakan olahraga low impact yang tidak terlalu melelahkan.
  • Mampu membakar kalori sebanyak yang JULOvers bisa dengan jogging jika dilakukan dengan benar. Sempurnakan teknik jalan cepat JULOvers, dan JULOvers akan dapat mencapai kondisi prima.
  • Memiliki potensi cedera jauh lebih kecil daripada berlari. Jadi, jika JULOvers baru pulih dari cedera, ini adalah latihan yang tepat untuk JULOvers.
  • Merupakan olahraga yang efsian dalam hal waktu dan biaya. Olahraga ini adalah salah satu latihan yang paling mudah diakses di luar sana. JULOvers, tidak perlu kettlebell mewah atau mesin berat di saat melakukan jalan cepat. JULOvers cukup menyiapkan sepasang sepatu yang bagus dan pengetahuan yang tepat.
  • Mengurangi risiko masalah jantung. Menurut penelitian, terdapat korelasi antara jalan kaki teratur dan penurunan risiko kardiovaskular.
  • Membuat pikiran JULOvers tetap tajam. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga ini secara teratur meningkatkan fungsi kognitif JULOvers secara keseluruhan. Penelitian tersebut juga merekomendasikan JULOvers untuk menggabungkan olahraga ini dengan Tai Chi untuk manfaat kesehatan mental yang optimal.
  • Memberikan banyak manfaat pada pola hidup harian JULOvers, seperti tidur yang lebih berkualitas, stres yang lebih rendah, suasana hati yang lebih baik, energi yang meningkat.

​​​​​​​​​​​​​​Motor Mogok: Tenang, Ini Solusinya​​​​​​​

​​​​​​​Cara Memulai Jalan Cepat

jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

Jika JULOvers hendak mencoba olahraga jalan cepat, maka simaklah tips berikut ini agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

Ayunan Lengan

jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

JULOvers dapat membakar 5-10% lebih banyak kalori dengan gerakan yang tepat. Caranya adalah dengan menekuk siku hingga 90 derajat dan buat kepalan tangan yang rileks. Posisikan siku di masing-masing sisi tubuh JULOvers. Saat JULOvers menggerakkan lengan, pastikan lengan berayun ke depan tidak lebih tinggi dari tulang dada dan tidak dalam gerakan diagonal. JULOvers bahkan dapat menambahkan bobot jika JULOvers ingin meningkatkan intensitasnya.

Postur Tubuh yang Baik

jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

Fokus pada posisi berdiri tegak, dengan kepala tegak dan bahu ke belakang. Tarik perut JULOvers dengan kencang dan busungkan dada JULOvers

Rotasi Pinggul

jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

Gerakan pinggul dengan santai. Pastikan untuk tidak memutarnya secara berlebihan untuk menghindari cedera.

Langkah Kaki

jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

Olahraga iniharus dilakukan dengan kaki depan menginjak tanah saat kaki bagian belakang diangkat untuk melangkah.

Baca Juga: Berapa Biaya Operasi Caesar ? Simak Lengkapnya Disini

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Jalan Cepat?

jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

Agar dapat memaksimalkan sesi olahraga kita, perlu diketahui apa saja yang harus dilakukan sebelum kita melakukan olahraga ini.

Pemanasan

jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

Jangan langsung mulai dengan kecepatan penuh. Lakukan dengan kecepatan yang rendah, hingga tubuh JULOvers terbiasa  untuk bergerak lagi Lakukan ini selama sekitar lima menit.

Stretching

jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

Penting untuk tidak melewatkan ini! Pastikan JULOvers melakukan peregangan tubuh sebelum melakukan sesuatu yang berat. Fokus pada betis dan kaki, arahkan dan regangkan sampai otot JULOvers terasa kendur dan JULOvers siap untuk memulai kegiatan lari cepat.

Lacak Jarak Langkah dan Sesuaikan

jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

Jika JULOvers pernah mendengar tentang Aturan Sepuluh Persen, nah peraturan itu berlaku baik di sini! Gunakan Aturan Sepuluh Persen setiap kali melakukan latihan. Naikkan hanya sepuluh persen dari minggu sebelumnya setiap kali JULOvers ingin menantang diri kamu. Jadi, jangan menggandakan jarak yang JULOvers tempuh dalam sehari sekaligus karena bisa menyebabkan kelelahan.

Lakukan Interval

jalan-cepat-beri-segudang-manfaat

Interval merupakan merupakan aktivitas yang dilakukan dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat, sekitar 30 detik, kemudian diselingi oleh latihan intensitas rendah dalam waktu yang lebih lama atau sekitar 1-2 menit. JULOvers dalam menerapkan interval saat melakukan olahraga jalan cepat. Aturlah interval kecepatan untuk membantu latihan kamu.

Motor Mogok: Tenang, Ini Solusinya

Kalau JULOvers belum punya sepatu lari, tenang saja! Sekarang JULO punya fitur E-Commerce yang bisa bikin kamu beli sepatu sekarang juga, bayarnya kapan kapan. Tentunya JULOvers tidak perlu merasa khawatir jika memilih JULO Kredit Digital. Selain berizin OJK, JULOvers bisa mendapatkan limit sampai dengan 15 juta rupiah dengan bunga rendah dari 0,1% per harinya. Tidak hanya tenor cicilan yang fleksibel sampai 9 bulan, tanggal pengembalian dapat disesuaikan dengan tanggal gajian sehingga mempermudah JULOvers dapat mengatur arus keuangan dan dapat terhindar dari risiko telat bayar. Praktis banget ya, JULOvers!

Jadi tunggu apalagi? Ayo #SiapMelesat bersama JULO Kredit Digital!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…