Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa yang Dimaksud Pinjaman Lunak?
Apa Karakteristik Pinjaman Lunak?
Apa Tujuan Diberikannya Pinjaman Lunak?
Apa Fungsi Pinjaman Lunak?
1. Peningkatan Daya Guna Uang
2. Peningkatan Daya Guna Barang
3. Peningkatan Motif Usaha
4. Peningkatan Pendapatan
Apa Kelebihan dan Kekurangan dari Pinjaman Lunak?
1. Kelebihan dari Pinjaman Lunak
2. Kekurangan dari Pinjaman Lunak

Memahami Apa itu Kredit Lunak serta Jenis-jenisnya

kredit lunak adalah

Kredit lunak adalah pinjaman yang diberikan oleh pihak bank atau institusi keuangan dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah dari suku bunga pasar. Kredit lunak dikenal juga sebagai pembiayaan lunak atau pendanaan konsesional. Selain bunga yang rendah, kredit lunak memiliki jangka waktu pelunasan yang relatif panjang. Hal ini tentu memberikan keringanan pada peminjam. Untuk lebih mengenal tentang kredit lunak, simak uraiannya di bawah ini. 

Apa yang Dimaksud Pinjaman Lunak?

Apa yang Dimaksud Pinjaman Lunak

Pinjaman lunak merupakan pinjaman tanpa bunga dengan jangka waktu pelunasan mencapai 50 tahun. Pinjaman lunak biasanya hanya mewajibkan peminjam untuk membayar biaya pelayanan dan bunga. 

JULOvers bisa mendapat pinjaman lunak dari bank pembangunan multilateral dan bilateral seperti Bank Dunia. Selain itu, pinjaman lunak dapat diberikan juga oleh lembaga pemerintah yang bertujuan membiayai proyek-proyek pembangunan di negara berkembang. 

Apa Karakteristik Pinjaman Lunak?

Apa Karakteristik Pinjaman Lunak

Pinjaman lunak memiliki persyaratan pembayaran yang menguntungkan dibandingkan sumber pembiayaan tradisional. Hal ini karena pinjaman lunak memberikan jangka waktu pembayaran yang cukup lama.

Baca Juga: Apa Itu Tenor Pinjaman? Simak Pengertiannya di Sini!

Tidak hanya itu, pinjaman lunak memiliki masa tenggang yang panjang sebelum peminjam harus melakukan pembayaran. Juga, suku buka yang lebih rendah dari bank konvensional membuat pinjaman lunak dianggap memberikan keuntungan kepada peminjam. 

Namun, dalam beberapa kasus peminjam harus menggunakan uang pinjaman tersebut untuk tujuan tertentu. Misalnya, pinjaman lunak digunakan untuk memberikan bantuan kepada pengungsi investasi dalam infrastruktur, pertanian, atau teknologi informasi.

Isi Saldo Digital Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Top up GoPay, OVO, ShopeePay, dan LinkAja hingga Rp50 juta hanya di JULO

Apa Tujuan Diberikannya Pinjaman Lunak?

Apa Tujuan Diberikannya Pinjaman Lunak

Pinjaman lunak umumnya diberikan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam bentuk bunga yang diterima oleh pihak bank. Juga, pinjaman lunak dapat mendorong perkembangan usaha peminjam dalam bentuk investasi dan modal kerja.

Baca Juga: Tips dan Cara Mengembangkan Usaha Dagang Kecil Hingga Sukses

Pihak yang memberikan pinjaman lunak biasanya memiliki tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan sektor yang nantinya berdampak terhadap peningkatan ekonomi, terutama di negara berkembang.

 

kredit digital Julo

Apa Fungsi Pinjaman Lunak?

Apa Fungsi Pinjaman Lunak

Selain memiliki tujuan tertentu, pinjaman lunak memiliki beberapa fungsi yang dapat JULOvers simak di bawah ini. 

1. Peningkatan Daya Guna Uang

Peningkatan Daya Guna Uang

Salah satu fungsi pinjaman secara umum yaitu meningkatkan daya guna uang, begitu pun dengan pinjaman lunak. Penyaluran dana pinjaman yang dilakukan bisa dikatakan sebagai pengalihan dari status uang tidak aktif menjadi aktif. Dalam hal ini, peminjam bisa memenuhi kebutuhan konsumtif dan produktif dengan pinjaman tersebut.

2. Peningkatan Daya Guna Barang

Peningkatan Daya Guna Barang

Pinjaman yang diberikan dapat digunakan peminjam untuk mengelola barang supaya memiliki daya guna yang lebih tinggi. Dalam kata lain, uang pinjaman ini dapat digunakan untuk memaksimalkan penggunaan barang, sehingga memiliki nilai jual yang lebih bermanfaat.

3. Peningkatan Motif Usaha

Peningkatan Motif Usaha

Kredit lunak adalah pinjaman yang dapat membangkitkan semangat usaha peminjam untuk mendirikan sebuah usaha. Jika membutuhkan tambahan modal lagi, JULOvers dapat melakukan pinjaman dana online melalui JULO Kredit Digital, terutama untuk mengembangkan bisnis.

4. Peningkatan Pendapatan

Peningkatan Pendapatan

Pinjaman lunak yang diajukan oleh masyarakat industri atau usaha produksi dan investasi dinilai mampu meningkatkan pendapatan dan kebutuhan tenaga kerja. Mereka akan menyerap tenaga kerja baru sambil melakukan ekspansi bisnis. Oleh sebab itu, fungsi pinjaman lunak salah satunya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. 

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Apa Kelebihan dan Kekurangan dari Pinjaman Lunak?

Apa Kelebihan dan Kekurangan dari Pinjaman Lunak

Sebagaimana jenis pinjaman lainnya, pinjaman lunak memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus JULOvers ketahui. Simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

1. Kelebihan dari Pinjaman Lunak

Kelebihan dari Pinjaman Lunak

Kelebihan pinjaman lunak tidak hanya memberikan jangka waktu pinjaman yang relatif lama, tetapi juga menawarkan peluang bisnis yang menguntungan. Apabila melihat fungsi dan tujuannya, pinjaman lunak dapat memberikan peluang bisnis berupa modal usaha dan ekspansi bisnis.

2. Kekurangan dari Pinjaman Lunak

Kekurangan dari Pinjaman Lunak

Lamanya waktu yang diberikan untuk membayar kembali pinjaman tersebut menyebabkan peminjam memiliki masalah pembayaran, seperti lupa atau mengalami kredit macet. Meskipun waktu yang diberikan lama, tetapi potensi macetnya pembayaran akan tetap ada. JULOvers harus berdiskusi dengan pihak pemberi pinjaman supaya tidak mengalami masalah ini sejak awal. 

Demikian informasi mengenai pinjaman lunak, beserta dengan karakteristik, tujuan, fungsi, hingga kelebihan dan kelemahannya. Kredit lunak adalah pinjaman yang memberikan banyak keuntungan dan peluang bisnis. Hal ini karena pihak pemberi pinjaman memberikan pinjaman dana dalam jumlah yang relatif besar, tetapi dapat dikembalikan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sebagai peminjam, JULOVers harus bisa memanfaatkan situasi ini, terutama untuk mendirikan dan mengembangkan usaha. Pinjaman lunak bisa digunakan sebagai modal utama maupun modal tambahan. Intinya, JULOvers tidak perlu khawatir soal modal usaha jika mengajukan pinjaman lunak tersebut. 

Namun, mengembangkan usaha bukan hal yang mudah, baik itu dari sisi modal maupun pengelolaan. Bisa jadi JULOvers masih membutuhkan tambahan modal untuk melakukan ekspansi bisnis. Nah, JULOvers bisa mendapatkan dana tambahan dengan mengajukan pinjaman online di JULO Kredit Digital. Tenor pembayarannya pun cukup fleksibel. Download aplikasi JULO sekarang juga untuk solusi usaha kamu.

Artikel Lainnya