Daftar Isi
Apa Yang Dimaksud Tenor Pinjaman?
Apa Saja Jenis Tenor Pinjaman?
1. Jenis Tenor Berdasarkan Waktu
2. Jenis Tenor Berdasarkan Kredit
Daftar Isi
Apa Yang Dimaksud Tenor Pinjaman?
Apa Saja Jenis Tenor Pinjaman?
1. Jenis Tenor Berdasarkan Waktu
2. Jenis Tenor Berdasarkan Kredit

Apa Itu Tenor Pinjaman? Simak Pengertiannya di Sini!

 apa itu tenor pinjaman

Apa itu tenor pinjaman? Istilah ini biasanya akan kamu dengar ketika melakukan pinjaman di platform mana saja. Tenor adalah suatu jangka waktu pengembalian dana yang kamu pinjam. Jadi saat JULOvers mengajukan pinjaman akan ada beberapa pilihan waktu sebagai tenggat pengembalian uang tersebut. Tenor yang diberikan setiap platform pinjaman juga berbeda-beda. 

Ada yang menyediakan tenor bulanan seperti tiga bulan, enam bulan atau sembilan bulan. Ada juga platform lain yang menyediakan tenor tahunan mulai dari satu tahun hingga lima tahun. Tenor kemudian terbagi menjadi dua berdasarkan aspek waktu dan kredit. JULOvers Ingin tahu informasinya lebih lanjut? Baca di bawah ini, ya!

Apa Yang Dimaksud Tenor Pinjaman?

seseorang menyerahkan beberapa lembar uang

Sumber: Pexels

Tenor pinjaman merupakan periode waktu untuk mengembalikan dana yang telah dipinjam. Waktu ini biasanya diberikan oleh penyedia pinjaman atau tergantung pada kesepakatan awal. Tenor pinjaman bahkan bisa berbeda-beda tergantung jumlah uang yang ingin dipinjam. Semakin banyak jumlah uang yang dipinjam semakin lama juga tenor yang diberikan.

Baca Juga: Ikuti Cara Menghitung Bunga Pinjaman Yang Mudah Berikut Ini

Sebaliknya ketika jumlah uang yang dipinjam sedikit maka waktu pengembalian dana akan semakin singkat. Keberadaan tenor dalam setiap pinjaman berguna mengingatkan peminjam mengenai uang yang wajib mereka kembalikan. Tenggat waktu akan memberikan rasa tanggung jawab bagi seseorang yang ingin melakukan pinjaman. 

Tenor membuat seseorang bisa melihat kemampuan mereka terkait dana yang ingin dipinjam. Setiap orang yang ingin melakukan pinjaman perlu memahami kemampuan keuangan masing-masing. Contohnya dalam kasus pinjaman untuk modal usaha. Memang benar bahwa modal usaha membutuhkan jumlah uang yang besar. 

Tetapi jika penghasilan bulanan tidak bisa membuat kamu mengembalikan dana yang dipinjam maka pikirkan ulang untuk melakukan pinjaman. Akan jadi percuma meminjam dana yang besar tetapi tidak bisa mengembalikannya. Usaha yang sedang dirintis jadi terbebani dan di sisi lain kamu juga menderita mencari tambahan uang untuk membayar pinjaman. 

Apa Saja Jenis Tenor Pinjaman?

Adapun jenis tenor ini terbagi berdasarkan aspek waktu dan kredit. Berikut masing-masing penjelasannya: 

1. Jenis Tenor Berdasarkan Waktu

 

kalkulator di atas dokumen yang menunjukkan grafik bulanan

Sumber: Pexels

Tenor berdasarkan waktu ini ada dua jenis yaitu tenor panjang dan pendek. Kedua tenor ini mengikuti jumlah dan tipe pinjaman yang kamu ajukan. Seperti yang sudah disebutkan ketika jumlah pinjaman besar maka tenornya panjang. Jika jumlah pinjaman sedikit maka tenornya pendek. Informasi yang lebih lengkap bisa kamu baca di bawah ini. 

  • Tenor Panjang

seseorang menghitung jumlah cicilan dengan kalkulator handphone

Sumber: Pexels

Tenor panjang berarti periode waktu untuk pengembalian dana memakan waktu yang lama. Waktu yang disebut tenor panjang biasanya memakan waktu 3 tahun sampai 5 tahun atau 15 tahun sampai 20 tahun. Umumnya waktu sepanjang ini termasuk tenor dari pengajuan kredit motor dan rumah atau KPR. 

Waktu selama ini wajar-wajar saja mengingat jumlah harganya yang sangat besar. Pengajuan yang diterima juga tidak sembarangan. Pihak bank perlu melakukan proses kelayakan yang dinilai dari penghasilan, NPWP, dan kredit sebelumnya.

Baca Juga: Berniat Mengajukan Pinjaman di Bank? Pelajari Dulu Cara Menghitung Bunga Pinjamannya!

Memiliki tenor panjang dalam suatu pinjaman sebenarnya menguntungkan. Jumlah dana yang besar bisa menjadi kecil saat dibayarkan setiap bulannya. Namun perlu diingat bahwa semakin lama waktu pelunasan, semakin banyak juga biaya bunga yang harus dibayarkan. 

  • Tenor Pendek

layar tablet menunjukkan kalender

Sumber: Pexels

Sudah jelas dari namanya di mana tenor ini memakan waktu pengembalian dana yang sebentar. Periode waktu tenor pendek memiliki rentang dari 1 bulan sampai 24 bulan. Tenor pendek ini memiliki limit maksimal sebesar Rp15.000.000. Tenor yang pendek menandakan pengembalian uang setiap bulannya berjumlah besar. Namun biaya bunga yang wajib dibayar akan lebih sedikit. 

bayar tagihan online Julo

2. Jenis Tenor Berdasarkan Kredit

seseorang menandatangani pinjaman kredit

Sumber: Pexels

Kamu pasti tidak asing dengan tenor perkreditan. Tenor yang dimaksud merupakan jangka waktu berdasarkan jenis pinjaman yang kamu ajukan. Saat ini ada tiga jenis kredit yang bisa diajukan, yaitu: 

  • Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

seorang wanita mendesain denah rumah di komputer

Sumber: Pexels

Kredit pemilikan rumah diajukan khusus bagi orang-orang yang ingin membeli rumah impian. Tenor yang bisa kamu pilih terbagi menjadi dua kelompok yakni jangka waktu di bawah 20 tahun dan di atas 20 tahun. Ketika kamu memilih tenor di bawah 20 tahun maka uang muka yang harus dibayarkan lebih besar. 

Sebaliknya mengambil tenor di atas 20 tahun akan membuat uang muka yang dibayar lebih kecil. Namun tenor yang dipilih bukan hanya soal besarnya uang muka melainkan tentang jumlah biaya per bulan yang mampu kamu bayar. Pilihlah tenor yang paling sesuai dengan kemampuan supaya kamu tidak berat menjalaninya. 

  • Kredit dengan Agunan

dua orang sedang mempelajari dokumen keuangan

Sumber: Pexels

Kredit dengan agunan bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan seperti pendidikan anak atau renovasi rumah. Biaya yang dipinjam oleh peminjam juga tidak akan sebesar KPR. Tentunya tenor kredit dengan agunan atau jaminan akan lebih cepat. Rata-rata tenor yang diberikan mulai dari 3 tahun sampai 5 tahun. 

  • Kredit Tanpa Agunan (KTA)

seorang wanita mengajukan kredit tanpa agunan dari handphone

Sumber: Pexels

Terakhir ada KTA yang memiliki jangka waktu lebih pendek dari kedua pilihan kredit lainnya. KTA ditujukan untuk orang-orang yang membutuhkan dana cepat karena adanya keadaan mendesak. Limit yang diberikan tidak sebesar kredit dengan agunan sehingga tenornya pun akan lebih singkat. Umumnya pemberian tenor mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun.

Baca Juga: Cara Menaikkan Limit JULO, Yuk Simak 4 Cara Sakti Berikut!

Kini kamu sudah mengerti apa itu tenor pinjaman. Tidak hanya itu, kamu bahkan telah belajar mengenai semua jenis tenor yang ada. Sekarang kamu tidak perlu lagi bingung atau panik ketika melihat tulisan tenor tertera dalam suatu aplikasi pinjaman. Kamu hanya perlu menetapkan nominal dan memilih jangka waktu pengembalian. JULOvers sebenarnya tidak perlu pusing dengan urusan tenor. Apalagi kalau melakukan pinjaman dana di JULO. 

Dalam aplikasi JULO sudah tertera semua informasi lengkap terkait jumlah yang harus dibayar sehingga kamu tidak perlu lagi pusing melakukan perhitungan. Sangat mudah, bukan? JULO merupakan aplikasi kredit digital dengan banyak fitur yang bisa memenuhi kebutuhan kamu. Mulai dari transfer, tarik tunai, berbelanja di berbagai e-commerce hingga pembayaran tagihan. Yuk #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan