Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Persyaratan Kredit Motor Bekas?
Bagaimana Cara Mengajukan Motor Bekas Yang Tepat & Aman?
1. Cek Kondisi Motor Bekas Yang Kamu Pilih
2. Lakukan Riset Terhadap Harga Kredit Motor Bekas Serta Bunga Cicilannya
3. Lakukan Riset Terhadap Asuransi Motor Yang Tepat & Sesuai
4. Cari Tahu Lembaga Kredit Motor Bekas Yang Aman & Terpercaya
5. Cek Kelengkapan Surat-Surat Kredit Motor Bekas
6. Baca Dengan Seksama Sebelum Tanda Tangan Kontrak

6 Cara Kredit Motor Bekas Terlengkap 2023

kredit-motor-bekas

Dalam beraktivitas sehari-hari, seperti berangkat ke kantor, mengantar anak ke kampus, maupun menjalankan kegiatan operasional sebuah bisnis, kita memerlukan kendaraan yang terjangkau dan dapat digunakan dengan mudah dalam rangka membantu kita menjalankan berbagai aktivitas harian. Salah satu opsi kendaraan yang dapat dipilih adalah motor. Selain jenis dan merek motor yang beragam, harga jualnya pun disesuaikan dengan target pasar yang tersedia. Mulai dari harga yang murah, hingga harga yang tinggi dapat kamu pilih saat hendak membeli motor.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Nah, selain motor baru, ada juga opsi untuk membeli motor bekas. Hal ini menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati masyarakat, karena harganya yang lebih terjangkau, cicilan per bulannya yang lebih ringan, pajak yang lebih murah, serta bisa langsung kamu kendarai.

Banyak metode pembayaran yang dapat dipilih, salah satunya kredit motor bekas. Metode ini dapat jadi solusimu yang ingin membeli motor namun memiliki dana yang terbatas. Maka dari itu, penting untuk memahami cara kredit motor bekas yang tepat agar kamu dapat mengajukan kredit motor bekas dengan lancar. Yuk, pelajari persyaratan dan cara kredit motor bekas yang cerdas di artikel ini!

Apa Saja Persyaratan Kredit Motor Bekas?

kredit-motor-bekas

Untuk dapat mengajukan kredit motor bekas, kamu harus memenuhi 3 syarat utama berikut ini:

  • Kamu merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang juga berdomisili di Indonesia.
  • Usia kamu adalah minimum 21 tahun, dan maksimum 55 tahun pada saat kredit lunas .
  • Kamu memiliki pekerjaan serta penghasilan tetap setiap bulannya (kebijakan ini bisa berbeda di setiap daerah).

Jika kamu telah memenuhi 3 syarat di atas, maka tahap kredit motor bekas yang selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen yang diperlukan. Berikut adalah daftar dokumen yang perlu kamu persiapkan:

  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi kartu keluarga.
  • Bukti pembayaran rekening listrik atau telepon selama 3 bulan terakhir.
  • Slip gaji ataupun bukti mutasi rekening selama 3 bulan terakhir.
  • Uang muka sebesar 20-30%.

Bagaimana Cara Mengajukan Motor Bekas Yang Tepat & Aman?

kredit-motor-bekas

Sebelum kamu memutuskan untuk kredit motor bekas, kamu harus memahami cara mengajukan kredit motor bekas yang benar terlebih dahulu. Kamu bisa terapkan 6 langkah mengajukan kredit motor bekas di bawah ini:

1. Cek Kondisi Motor Bekas Yang Kamu Pilih

Pertama, kamu harus mengecek kondisi motor bekas yang kamu pilih agar kamu dapat memeriksa kondisi motor tersebut jika terdapat kekurangan atau cacat pada body atau mesinnya. Jika diperlukan, kamu juga dapat mengetes kondisi motor bekas dengan mengendarainya secara langsung. Hal ini penting untuk dilakukan sebelum kamu memutuskan untuk kredit motor bekas.

2. Lakukan Riset Terhadap Harga Kredit Motor Bekas Serta Bunga Cicilannya

Selanjutnya, kamu perlu melakukan riset terhadap harga motor bekas dan juga bunga angsurannya. Pastikan kamu akan membeli kredit motor bekas di tempat yang menawarkan suku bunga yang tetap agar kamu dapat memahami berapa jumlah besaran cicilan yang harus kamu bayar per bulannya.

Selain itu, kamu juga harus memilih kredit motor bekas dengan bijak sesuai kemampuan finansialmu. Hal ini penting dilakukan, karena jika kamu tidak mampu melunasi angsurannya, maka motor bekas tersebut akan disita. Oleh karena itu, pilihlah harga kredit motor bekas yang sesuai dengan kantong serta kebutuhanmu.

3. Lakukan Riset Terhadap Asuransi Motor Yang Tepat & Sesuai

Karena kredit motor bekas tidak menawarkan asuransi dealer, maka kamu perlu melakukan riset dan memilih asuransi motor sendiri agar kamu dapat memiliki jaminan. Pilih asuransi motor yang cocok agar tidak merugikan di masa depan.

4. Cari Tahu Lembaga Kredit Motor Bekas Yang Aman & Terpercaya

Lalu, kamu harus mencari tahu dan memilih lembaga kredit motor bekas yang terjamin. Jangan gampang tergoda dengan berbagai penawaran seperti DP 0%. Banyak lembaga kredit yang menyediakan promo tersebut, tapi bunga angsurannya sangat tinggi, sehingga dapat merugikanmu.

Apabila kamu tertarik dengan penawaran DP 0% ataupun promo lainnya yang serupa, tanyakan dahulu rincian syarat dan ketentuannya. Kumpulkan informasi selengkap-lengkapnya dan jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kemampuan finansialmu.

Baca Juga: Pinjol Mudah Cair 2023: Ini Dia 12 Rekomendasi untuk Kamu!

5. Cek Kelengkapan Surat-Surat Kredit Motor Bekas

Selanjutnya, kamu perlu mengecek kelengkapan serta memastikan bahwa surat-surat kredit motor bekas yang tersedia adalah surat yang asli. Surat-surat yang perlu kamu periksa meliputi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan juga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Selain itu, kamu harus memastikan bahwa KTP dari nama yang tertera di BPKB masih berlaku. Jika BPKB dan STNK sedang dijaminkan atau tidak ada, kamu harus mencari motor bekas yang lain supaya kamu tidak terkena masalah di masa mendatang.

6. Baca Dengan Seksama Sebelum Tanda Tangan Kontrak

kredit-motor-bekas

Terakhir, kamu harus baca dengan teliti semua syarat & ketentuan yang tertera di dalam kontrak perjanjian kredit motor bekas sebelum menandatanganinya. Hal ini perlu dilakukan agar kamu dapat menghindari masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari. Kamu juga harus memastikan bahwa perjanjian kontrak kredit motor bekas tersebut juga turut melindungi kamu sebagai pihak debitur. Jika diperlukan, kamu dapat bertanya kepada kerabatmu yang mengerti tentang masalah hukum.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Nah, itulah 6 tips mudah dalam mengajukan kredit motor bekas yang dapat kamu ikuti sebelum memutuskan untuk membeli motor tersebut. Butuh tambahan dana untuk kredit motor bekas? Pakai JULO Kredit Digital! Kamu bisa melakukan tarik dana pinjaman dengan mudah dan cepat - bayarnya nanti atau pas gajian! Tunggu apa lagi? Nikmati kemudahan kredit motor bekas dengan tambahan dana dari JULO dan #SiapMelesat penuhi berbagai kebutuhan finansialmu bersama JULO Kredit Digital!

kredit-motor-bekas

Butuh Tambahan Dana? Pakai JULO!

Proses kilat, bayarnya belakangan!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
cara-bayar-denda-bpjs-kesehatan
belanja
belanja online
belanja online di bulan ramadan
diskon belanja online
bulan ramadan
hampers ramadan
belanja online