Daftar Isi
4 Ide Kursus Online yang Bisa Kamu Coba
1. Kursus Online Bahasa Asing
2. Kursus Online Digital Marketing
3. Kursus Online Desain Grafis
4. Kursus Online Edit Foto dan Video
4 Ide Kursus Offline yang Bisa Kamu Coba
1. Kursus Baking dan Menghias Kue
2. Kursus Makeup Artist dan Hair Do
3. Kursus Barista
4. Kursus Instruktur Olahraga
Daftar Isi
4 Ide Kursus Online yang Bisa Kamu Coba
1. Kursus Online Bahasa Asing
2. Kursus Online Digital Marketing
3. Kursus Online Desain Grafis
4. Kursus Online Edit Foto dan Video
4 Ide Kursus Offline yang Bisa Kamu Coba
1. Kursus Baking dan Menghias Kue
2. Kursus Makeup Artist dan Hair Do
3. Kursus Barista
4. Kursus Instruktur Olahraga

8 Kursus Online dan Offline untuk Nambah Skill dan Income!

kredit-online

Menjadi mandiri dari segi finansial merupakan salah satu impian yang banyak orang inginkan dalam hidup. Kebebasan finansial, atau yang biasa disebut dengan financial freedom, bisa kita capai melalui berbagai cara. Selain merencanakan keuangan dengan matang, menabung dan berinvestasi, serta menerapkan gaya hidup yang sederhana, kamu juga bisa mencari income tambahan di sela-sela kesibukanmu. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, kamu tidak harus langsung terjun ke dunia bisnis dan membuka usaha besar-besaran, kok. Kamu pun bisa menghasilkan pendapatan tambahan di kala masih bekerja sebagai pegawai tetap, lho! Namun untuk bisa melakukannya, kamu harus memiliki skill dan keterampilan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Setelah mengasah kemampuan secara bertahap di bidang tertentu, maka selanjutnya kamu bisa mulai mendapatkan income tambahan melalui pekerjaan sampingan yang kamu tekuni. Nah, kamu bisa mempertajam skill yang kamu miliki dengan mengikuti kursus. Ada banyak pilihan kursus online dan offline yang bisa kamu coba saat ini. Kira-kira apa saja, ya? Simak 8 rekomendasi kursus online dan offline dari JULO yang bisa kamu ikuti untuk menambah skill dan penghasilanmu!

Baca Juga: Temukan Ide Usaha Sampingan Karyawan Sibuk yang Menguntungkan Berikut Ini

4 Ide Kursus Online yang Bisa Kamu Coba

kursus-online

Source: Pexels

Di era digital saat ini, kamu bisa belajar banyak hal dengan mudah. Salah satu cara belajar yang sedang populer sekarang adalah dengan mengikuti kursus online. Berikut ini adalah 4 rekomendasi kursus online yang bisa kamu ikuti:

1. Kursus Online Bahasa Asing

kursus-online

Source: Pexels

Sekarang ini, kemampuan berbahasa asing adalah salah satu faktor penting yang bisa jadi nilai tambahmu dalam menghasilkan pendapatan. Jika kamu mampu berbicara menggunakan bahasa asing dengan fasih, banyak peluang akan terbuka untukmu. Tidak hanya pekerjaan kantoran saja; kamu juga bisa membuka kelas bahasa sendiri sebagai penghasilan tambahan nantinya. Maka dari itu, kamu bisa mengikuti kursus online untuk belajar dan mengasah skill bahasa asing yang kamu miliki. Ada banyak pilihan bahasa asing yang bisa kamu pelajari, mulai dari bahasa inggris, mandarin, korea, jerman, hingga jepang. Pilihlah kursus online bahasa asing yang sesuai dengan minat, bakat, dan budget yang kamu punya.

2. Kursus Online Digital Marketing

kursus-online

Source: Pexels

Apakah kamu tertarik dengan peluang kerja freelance? Jika ya, kursus online yang satu ini cocok untukmu! Seiring dengan semakin bertambahnya kesempatan kerja di dunia teknologi, kebutuhan akan talenta digital juga semakin meningkat; salah satunya di bidang digital marketing. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan belajar ilmu digital marketing melalui kursus online. Kamu akan mendapatkan banyak ilmu terkait dengan media sosial, periklanan, dan SEO (Search Engine Optimization). Dengan kemampuan yang sudah kamu asah melalui kursus online digital marketing tersebut, kamu pun bisa menjadi freelancer yang menyediakan jasa manajemen media sosial, periklanan, maupun SEO bagi klienmu nantinya.

Baca Juga: Ingin Jadi Seorang Freelance? Pahami Dulu Kekurangan dan Kelebihannya di Sini!

3. Kursus Online Desain Grafis

kursus-online

Source: Pexels

Kursus online desain grafis sangat cocok bagi kamu yang berjiwa kreatif dan suka membuat beragam jenis gambar dan desain. Jika kamu tidak memiliki latar belakang kuliah di bidang desain grafis namun tetap ingin mencoba mempelajari bidang ini, jangan ragu! Banyak pilihan kursus online desain grafis yang menawarkan bimbingan belajar dari nol, sehingga bisa dipastikan kamu dapat mengasah skill desainmu secara bertahap hingga ke tahap mahir. Selesai mengikuti kursus online desain grafis, kamu pun bisa membuka jasa pembuatan desain untuk beragam kebutuhan; seperti logo bisnis hingga packaging produknya.

4. Kursus Online Edit Foto dan Video

kursus-online

Source: Pexels

Bidang fotografi dan videografi terus berkembang di era sekarang ini. Tak bisa dipungkiri bahwa banyak industri membutuhkan jasa editor untuk foto dan video; dari wedding industry hingga industri content creation. Hal ini bisa kamu jadikan pertimbangan untuk mengikuti kursus online edit foto dan video dan mengasah kemampuanmu agar bisa jadi lebih baik lagi. Kamu akan belajar beragam teknik editing serta cara menggunakan macam-macam tool untuk edit foto dan video. Setelah mengikuti kursus online ini, kamu bisa menyusun portfolio yang berisi hasil karyamu dan kamu bisa mulai mencari projek sampingan sebagai editor foto dan video.

kursus-online

4 Ide Kursus Offline yang Bisa Kamu Coba

kursus-online

Source: Pexels

Walaupun saat ini dunia teknologi sedang maju pesat dan banyak proses digitalisasi dilakukan di berbagai industri, metode belajar mengajar tatap muka di dalam kelas nyatanya masih dibutuhkan lho, JULOvers. Banyak orang masih berminat untuk ikut kursus offline karena dinilai lebih efektif dan kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan mentor serta berdiskusi dengan pelajar lainnya. Ada kursus offline apa saja ya, yang bisa kamu jadikan pilihan? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

1. Kursus Baking dan Menghias Kue

kursus-online

Source: Pexels

Jika di bagian sebelumnya kita membahas tentang berbagai pilihan kursus online, sekarang saatnya kita simak ide kursus offline yang bisa kamu coba juga. Ya, kursus baking dan menghias kue salah satunya! Bagi kamu yang tertarik dengan dunia kuliner, kamu bisa coba mengikuti kursus offline ini untuk mengasah keterampilan dalam membuat kue. Setelah selesai mengikuti kursus tersebut, kamu bisa membuka usaha kue sebagai sumber penghasilan sampingan.

2. Kursus Makeup Artist dan Hair Do

kursus-online

Source: Pexels

Jika kamu tertarik dengan dunia kecantikan, maka kursus offline yang satu ini sesuai untukmu. Ada sangat banyak pilihan kursus makeup dan juga hair do yang bisa kamu coba ikuti untuk mengasah kemampuanmu. Untuk belajar makeup dan hair do sebaiknya kamu mencoba kelas offline dibandingkan kursus online, agar proses pembelajaran bisa berlangsung lebih efektif melalui kelas tatap muka. Setelah mengikuti kursus makeup artist dan hair do, kamu bisa mulai mengumpulkan portfolio dan membuka jasa makeup dan hair do untuk berbagai acara, mulai dari wisuda hingga pernikahan.

3. Kursus Barista

kursus-online

Source: Pexels

Buat kamu yang suka minum kopi dan ingin belajar lebih lanjut tentang minuman yang satu ini, kursus barista bisa kamu jadikan pilihan. Sama halnya dengan kursus makeup; kamu sebaiknya mengikuti pelatihan offline dibandingkan dengan kursus online, supaya proses belajar mengajar bisa berjalan lebih maksimal. Melalui kursus barista, kamu bisa belajar lebih jauh mengenai jenis-jenis kopi serta teknik pembuatan masing-masing minuman kopi. Setelah mengikuti kursus ini, kamu bisa membuka usaha sampingan seperti coffee shop kecil-kecilan atau sekedar membuka pesanan kopi melalui media online.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memulai Usaha Sampingan!

4. Kursus Instruktur Olahraga

kursus-online

Source: Pexels

Untuk kamu yang aktif dan hobi berolahraga, kamu bisa menghasilkan income tambahan dengan menjadi seorang fitness instructor, lho! Ada banyak pilihan kursus yang bisa kamu coba; mulai dari senam aerobik, zumba, yoga, pilates, hingga beragam program bersertifikat internasional seperti les mills. Jika di beberapa tahun sebelumnya pelatihan harus diadakan dalam bentuk kursus online karena banyak tempat gym yang dilarang beroperasi, maka sekarang sudah mulai banyak kursus offline yang kembali dijalankan seiring dengan meredanya pandemi. Kamu dapat memilih kursus instruktur olahraga yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu, dan setelah lulus serta mendapatkan sertifikatnya maka kamu pun bisa menjadi instruktur part time di gym yang kamu pilih, atau membuka usaha kelas olahraga sendiri.

kursus-online

JULOvers, itulah 8 kursus online dan offline yang bisa kamu coba ikuti untuk mengasah skill yang kamu miliki. Dengan meningkatnya keterampilan dan kemampuan dalam melakukan sesuatu, maka peluang untuk memperoleh penghasilan tambahan akan semakin terbuka lebar dan pada akhirnya bisa membantu kamu dalam mencapai kebebasan finansial di masa depan.

Jika kamu membutuhkan tambahan dana untuk biaya kursus online ataupun offline yang ingin kamu ikuti, kami bisa mengajukan pinjaman dana online lewat aplikasi JULO Kredit Digital. Kamu dapat mengajukan pinjaman dana online untuk kebutuhan pendidikan dengan limit kredit sampai dengan Rp15.000.000, durasi tenor yang fleksibel sampai dengan 9 bulan, serta suku bunga yang rendah dimulai dari 0,1% per harinya. Segera nikmati kemudahan pinjam dana tunai untuk kursus online dan offline dan #SIAPMELESAT penuhi kebutuhan pendidikanmu bersama JULO Kredit Digital!

kursus-online

Yuk Dapatkan Pinjaman Dana dari JULO

Proses Tarik dan Kirim Dana Jadi Semakin Mudah!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan