Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Manfaat P2P Lending bagi Bisnis?
1. Dana Usaha
2. Proses Pinjaman Dana Mudah dan Cepat
3. Diawasi OJK sehingga Aman
Apa Saja Sumber Pendanaan Bisnis Selain P2P Lending?
1. Bank
2. Bantuan Pemerintah
3. JULO

3 Manfaat P2P Lending bagi Sektor Bisnis serta Masyarakat

manfaat p2p lending

JULOvers, P2P lending merupakan suatu proses menghimpun uang lewat platform atau perusahaan fintech yang nantinya akan diberikan kepada usaha sebagai pinjaman. Usaha yang menerima pendanaan ini bisa berskala kecil maupun  besar.  Manfaat P2P lending juga sangat besar.

Jenis investasi yang sedang naik daun dan terkenal di kalangan generasi milenial ini sebenarnya mengusung konsep peminjaman yang sama seperti menabung uang di bank. Bank bertindak sebagai pihak yang menyalurkan uang tabungan ke dalam kredit, seperti KPR, KTA, kartu kredit, kredit ke perusahaan, dan lain-lain. Lantas, apa manfaat P2P lending untuk pengembangan bisnis? Yuk, simak di sini penjelasannya!

Apa Manfaat P2P Lending bagi Bisnis?

Apa Manfaat P2P Lending bagi Bisnis

Bisnis dapat memanfaatkan pinjaman P2P lending yang tersedia secara online untuk pengembangan usaha. Berikut beberapa manfaat P2P lending bagi bisnis:

1. Dana Usaha

Dana Usaha

JULOvers, salah satu manfaat P2P lending bagi pengembangan bisnis adalah sebagai pendanaan usaha. Dana usaha sendiri merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya bagi mereka yang tidak mempunyai akses pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lainnya.

Baca Juga: 8 Jenis Peer to Peer Lending Terlengkap 2022!

Untuk memahami sistem P2P lending, bayangkan platform ini sebagai marketplace untuk jual-beli online. Sementara marketplace menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara pembeli dengan penjual, P2P lending menyediakan tempat pertemuan antara pemberi dan penerima pinjaman. Dengan kata lain, P2P lending juga bisa disebut sebagai marketplace untuk kegiatan pinjam-meminjam uang.

2. Proses Pinjaman Dana Mudah dan Cepat

Proses Pinjaman Dana Mudah dan Cepat

Bisnis juga dapat memanfaatkan P2P lending untuk mengembangkan usaha karena platform ini menawarkan proses peminjaman dana yang terbilang lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan proses pinjaman lewat lembaga resmi seperti bank. Pasalnya, P2P lending memungkinkan bisnis mengajukan pinjaman tanpa syarat-syarat yang sulit.

Contohnya, peminjam yang mempunyai reputasi buruk soal pinjaman keuangannya tetap bisa melakukan negosiasi dengan perusahaan penyedia layanan P2P lending agar pengajuan pinjaman diterima. Caranya adalah dengan menjelaskan alasan yang menyebabkan reputasi buruk tersebut. Ada juga bahkan sejumlah penyedia layanan P2P lending yang memperbolehkan peminjam mengajukan pinjaman tanpa agunan.kredit digital Julo

3. Diawasi OJK sehingga Aman

Diawasi OJK sehingga Aman

Manfaat P2P Lending terakhir yang tidak kalah penting adalah keamanan. Di samping menawarkan proses pengajuan pinjaman yang mudah dan cepat (bisa dilakukan hanya melalui ponsel atau komputer), P2P lending juga terbukti aman layaknya lembaga keuangan resmi lainnya karena sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), JULOvers.

Dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, P2P lending diatur secara resmi dan diawasi oleh OJK. Di dalam peraturan tersebut juga terdapat panduan dalam pelaksanaan bisnis P2P yang meliputi pengaturan terkait kegiatan usaha, mitigasi risiko, pelaporan, pendaftaran perizinan, serta tata kelola sistem teknologi informasi.

Apa Saja Sumber Pendanaan Bisnis Selain P2P Lending?

Apa Saja Sumber Pendanaan Bisnis Selain P2P Lending

Selain P2P lending, ada pula beberapa sumber pendanaan bisnis lain yang menjadi salah satu bukti kemajuan financial technology (fintech). Berikut beberapa opsi pinjaman yang bisa jadi sumber pendanaan bisnis.

1. Bank

Bank

JULOvers, jika ingin mengajukan pinjaman melalui perbankan, kamu perlu memenuhi salah satu syarat utamanya, yaitu memiliki agunan berupa fixed asset. Bentuk fixed asset beragam, ada aset dengan nilai yang bisa menyusut seperti bangunan, mesin, kendaraan, dan laptop; aset dengan nilai yang bisa mengalami kondisi deplesi; serta aset yang tidak mengalami kondisi deflasi maupun penyusutan.

Baca Juga: Lagi Butuh Uang, Bagaimana Cara Pinjam Uang di Bank?

Memenuhi syarat ini mungkin agak memberatkan bagi sektor UMKM. Sebab, pebisnis kecil biasanya tidak memiliki banyak aset yang bisa dijadikan sebagai jaminan. Namun, perbankan saat ini juga sudah menyediakan opsi kredit tanpa agunan (KTA) yang lebih mudah diakses oleh masyarakat, khususnya UMKM. Minus-nya adalah suku bunganya yang cukup besar. Jadi, ada baiknya kamu mempertimbangkan secara matang-matang sebelum memutuskan mengajukan pinjaman perbankan.

2. Bantuan Pemerintah

Bantuan Pemerintah

UMKM mengalami dampak yang cukup serius akibat pandemi virus Covid-19 selama dua tahun belakangan ini. Sebagai upaya untuk membangkitkan kembali produktivitas para pelaku UMKM di tanah air, pemerintah sejak 24 Agustus 2020 menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM atau Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro (BPUM). 

Nilai BLT UMKM pada tahun 2021 adalah Rp1.200.000 per penerima manfaat yang ditargetkan sebanyak 12 juta UMKM. Pada tahun 2022 ini, pemerintah memberikan BLT UMKM sebesar Rp600.000 bagi para pelaku usaha yang telah dianggap memenuhi syarat dan kriteria yang telah ditentukan.

3. JULO

JULO

JULO adalah salah satu platform kredit digital di Indonesia yang telah mengantongi izin dan mendapat pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga sudah pasti aman. Dengan JULO Kredit Digital, JULOvers bisa pakai aplikasi paylater yang cepat cair. Kamu juga bisa manfaatkan promo siap melesat berupa cashback biar makin cuan. 

Selain itu, nikmati juga mudahnya proses pengajuan tarik dan kirim dana pinjaman online. Proses tarik dan kirim dana lewat aplikasi JULO bersifat cepat cair, sehingga semakin memudahkanmu. 

Agar semakin yakin untuk ajukan pinjaman uang sekarang, simak beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah limit kredit maksimal hingga Rp15 juta, tenor yang panjang dan fleksibel, lalu suku bunga rendah dari 0,1% per hari.

Terakhir, transaksinya aman dan tepercaya. Tidak perlu khawatir mengajukan dana pinjaman online di JULO karena seluruh aktivitas pinjam-meminjam uang berbasis teknologi di aplikasi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. JULO juga sudah punya sertifikasi ISO 27001 Full Scope yang membuat informasi data pribadi semakin terjaga.

Nah, demikian penjelasan mengenai manfaat P2P lending untuk pengembangan bisnis, JULOvers. Kalau butuh dana untuk mengembangkan usaha, kamu bisa memanfaatkan berbagai produk pinjaman JULO. JULO menawarkan proses pengajuan yang mudah dan pencairan dana pinjaman yang cepat. Bersama JULO, yuk, kembangkan bisnismu!

Artikel Lainnya