Daftar Isi
Biaya Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Modal Coffee Shop?
1. Biaya Sewa Tempat
2. Peralatan Coffee Shop
3. Bahan-Bahan
4. Gaji Karyawan
5. Pemasaran
Daftar Isi
Biaya Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Modal Coffee Shop?
1. Biaya Sewa Tempat
2. Peralatan Coffee Shop
3. Bahan-Bahan
4. Gaji Karyawan
5. Pemasaran

Rincian Modal Usaha Coffee Shop dan Langkah Membukanya

rincian modal usaha coffee shop

Membuka usaha coffee shop bisa sangat menguntungkan dengan rencana pemasaran yang tepat dan merek yang kuat, JULOvers. Kopi adalah produk yang mudah didapat dan digemari banyak orang. Meskipun persaingannya ketat, potensi keuntungan dari produk komoditas tinggi seperti kopi termasuk menjanjikan, terlebih dengan jumlah pelanggan yang tinggi. Penasaran dengan rincian modal usaha coffee shop dan langkah mendirikannya?  Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Biaya Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Modal Coffee Shop?

Biaya Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Modal Coffee Shop
Sumber: Pexels

Sebelum menyiapkan modal untuk membuka usaha coffee shop, pastikan kamu sudah memiliki business plan (rencana bisnis) yang mantap. Pada intinya, rencana bisnis coffee shop adalah dokumen yang menjelaskan ide bisnis dan cara merealisasikannya. 

Business plan menjawab pertanyaan seperti berapa biaya untuk mendirikan coffee shop, dari mana biaya tersebut berasal, dan berapa banyak uang yang kamu harapkan sebagai keuntungan. Nah, setelah itu, baru kamu dapat menyiapkan rincian modal usaha coffee shop berikut ini.

1. Biaya Sewa Tempat

Biaya Sewa Tempat
Sumber: Pexels

Biaya sewa tempat adalah salah satu modal utama dan yang paling besar saat kamu ingin membuka coffee shop. Besaran rincian modal usaha coffee shop ini bervariasi, bergantung pada skala bisnis, lokasi, desain tempat, dan lain-lain.

Baca Juga: Kenali Macam-Macam Modal Usaha untuk Kebutuhan Bisnis!

Untuk lokasi, pastikan kamu menyesuaikannya dengan target market. Contohnya, jika kamu menargetkan karyawan dalam perjalanan ke tempat kerja, membuka coffee shop di pusat perbelanjaan yang cocok untuk keluarga bisa menyebabkan bisnis kesulitan dalam penjualan meskipun lokasi tersebut ramai. 

Akan lebih baik jika kamu membuka coffee shop di area yang dekat dengan taman kantor atau di kawasan bisnis. Jika punya modal besar, kamu bisa hire ahli arsitek untuk mendesain coffee shop persis seperti keinginan di lokasi paling strategis yang bisa kamu temukan. 

Jika modalmu masih minim, tidak perlu khawatir. Ada banyak, kok, tempat yang bisa kamu sewa dengan biaya mulai dari Rp5.000.000/bulan. Agar dapat banyak pilihan, kamu bisa akses platform online yang menyediakan informasi seputar bangunan yang disewakan. 

2. Peralatan Coffee Shop

Peralatan Coffee Shop
Sumber: Pexels

Selain biaya sewa tempat, biaya peralatan coffee shop adalah salah satu rincian modal usaha coffee shop yang paling besar, JULOvers. Sebaiknya belilah peralatan terbaik karena akan sangat berpengaruh terhadap bisnismu ke depannya. Berikut daftar peralatan coffee shop yang wajib kamu miliki beserta estimasi harganya:

  • Automatic drip coffee makers (pembuat kopi tetes otomatis) mulai dari Rp8.000.000
  • Mesin espresso mulai dari Rp15.000.000
  • Coffee grinder (penggiling kopi) sekitar Rp1.500.000
  • Aplikasi Point of Sale (POS) dan website sekitar Rp300.000/bulan
  • Blender mulai dari Rp1.000.000
  • Oven sekitar Rp3.000.000
  • Pemanggang roti sekitar Rp500.000
  • Kulkas sekitar Rp3.500.000
  • Rak sekitar Rp1.500.000
  • Sistem keamanan sekitar Rp2.000.000

Jadi, rincian modal usaha coffee shop untuk peralatan saja mencapai Rp36.000.000. Belum lagi berbagai peralatan tambahan lainnya yang juga perlu kamu siapkan sesuai keperluan. Jika butuh bantuan modal untuk membeli peralatan coffee shop, kamu bisa mengajukan pinjaman online dari platform pemberi pinjaman online yang aman seperti JULO Kredit Digital.

 

JULO merupakan platform kredit digital yang aman di Indonesia karena telah mendapatkan izin dan berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan JULO Kredit Digital, JULOvers bisa pinjam dana online yang cepat cair untuk beli peralatan coffee shop. Kamu juga bisa manfaatkan promo siap melesat biar makin cuan!kredit digital Julo

3. Bahan-Bahan

Bahan-Bahan
Sumber: Pexels

Setelah menyiapkan peralatan, kamu juga perlu membeli bahan-bahan. Ada banyak bahan coffee shop yang harus kamu beli, seperti cup, kopi bubuk, susu cair, gula, dan sebagainya. Usahakan untuk memilih bahan-bahan terbaik agar kualitas kopimu juga semakin baik.

Sementara bahan-bahan basah seperti kopi dan susu mungkin harus di-stock terus secara rutin setiap bulan, bahan-bahan seperti cup, sedotan, plastik, dan sebagainya bisa kamu stok banyak di awal. Berikut estimasi harga untuk bahan-bahan coffee shop:

  • Cup kertas kopi tahan panas sekitar Rp15.000 (50 pcs)
  • 1 kg kopi bubuk sekitar Rp100.000
  • 1 liter susu cair full cream sekitar Rp30.000
  • 1 kg gula pasir sekitar Rp50.000

4. Gaji Karyawan

Gaji Karyawan
Sumber: Pexels

Akan sulit untuk menjalankan coffee shop sendiri, itulah mengapa kamu perlu meng-hire karyawan dan menyiapkan bujet untuk gaji. Berikut rincian gaji karyawan coffee shop yang umum:

  • Barista mulai dari Rp3.200.000
  • Kasir mulai dari Rp2.800.000
  • Chef mulai dari Rp3.500.000
  • Office boy mulai dari Rp1.800.000
  • Waiters mulai dari Rp2.600.000

Total biaya yang dihabiskan untuk membayar gaji karyawan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, jika kamu memegang peran sebagai kasir, kamu bisa mengurangi biaya untuk kasir.

5. Pemasaran

Pemasaran
Sumber: Pexels

Pemasaran penting karena dapat membangun kesadaran dan koneksi dengan konsumen kamu, JULOvers. Lewat berbagai kegiatan promosi, kamu bisa menarik lebih banyak konsumen. Berikut beberapa alasan mengapa pemasaran penting untuk usaha coffee shop kamu:

  • Memberi tahu audiens apa yang kamu tawarkan.
  • Membantu mengenal audiens target.
  • Membantu audiens target mengenal bisnis yang kamu jalankan.
  • Membantu bisnis membangun kepercayaan pelanggan.
  • Membantu mengembangkan bisnis.

Caranya gampang, kok, kamu bisa gunakan platform media sosial seperti Facebook atau Instagram. Pastikan saja konten yang kamu buat menarik dan berkualitas. Jika ingin menjangkau lebih banyak audiens, kamu juga bisa pasang iklan di Instagram Ads atau Facebook Ads. Kisaran harga Instagram Ads per 1.000 tayangan adalah Rp95.000. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan target audiens, ya.

Nah, demikian penjelasan mengenai rincian modal usaha coffee shop dan langkah membukanya, JULOvers. Jangan lupa, jika kamu ingin mengembangkan usaha tapi masih butuh modal, kamu bisa mengajukan pinjaman melalui berbagai produk pinjaman JULO. JULO menawarkan proses pengajuan yang mudah dan pencairan dana pinjaman yang cepat, sehingga JULOvers bisa segera mengembangkan coffee shop milik kamu ke tingkat selanjutnya. Good luck, ya!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan