Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Yang Dimaksud Dengan SIGAP?
SIGAP 6: Penipuan Account Takeover Dengan Modus Kode Referral dan Penghapusan Data Nasabah
Detail Penipuan
Apa yang Bisa Kamu Lakukan Jika Menghadapi Modus Serupa?
1. Jangan Memberikan Data Pribadi dan Informasi Dirimu ke Orang Lain
2. Hubungi CS JULO Resmi Jika Kamu Memiliki Pertanyaan dan Keluhan Seputar Akun JULOmu
3. Laporkan Modus-Modus Penipuan yang Kamu Temui Kepada Pihak JULO

SIAGA PENIPUAN 6: Penipuan Berkedok JULO Lewat Modus Penghapusan Data

siaga-penipuan-enam

Hai JULOvers! Apa kabarnya nih? Semoga di tahun yang baru ini kamu berada dalam keadaan baik, ya.

Saat ini, ada beragam modus penipuan yang kerap kali dilakukan oleh para oknum penipu yang menggunakan nama fintech yang legal serta berizin OJK - JULO Kredit Digital misalnya. Oleh sebab itu, JULO pun membuat rubrik SIAGA PENIPUAN (SIGAP) yang dapat kamu jadikan panduan dalam mempelajari berbagai modus penipuan yang sedang marak terjadi serta sering dilakukan oleh para oknum jahat di luar sana. Yuk, kita simak penjelasan selengkapnya mengenai modus penipuan di artikel berikut ini, JULOvers!

Apa Yang Dimaksud Dengan SIGAP?

Seperti yang sudah JULO jelaskan di artikel-artikel sebelumnya, rubrik SIGAP memuat informasi terperinci tentang berbagai modus penipuan berkedok JULO yang sering dilakukan oleh para penipu di luar sana. Dengan adanya rubrik ini, JULO harap kamu dan semua JULOvers lainnya dapat memperoleh pemahaman mendalam mengenai informasi yang berhubungan dengan beragam modus penipuan yang terjadi - lengkap dengan kumpulan bukti screenshot penipuannya dan juga tips untuk menanggulangi penipuan yang terjadi. Rubrik ini JULO adakan setiap dua mingguan di dalam blog resmi JULO Kredit Digital - so, jangan sampai kelewatan infonya, ya!

Selain itu, rubrik SIGAP ini juga JULO buat sebagai bentuk kepedulian JULO dalam membasmi berbagai modus penipuan yang sering kali terjadi di industri fintech belakangan ini. Dengan adanya rubrik ini, JULO sangat berharap kamu dan JULOvers lainnya dapat terlindungi dari berbagai bentuk penipuan yang bisa merugikan nantinya. Remember: each one of you is indeed really special to JULO! :)

Jika di rubrik SIGAP kelima kita sudah mengupas tuntas modus penipuan berkedok JULO lewat akun sosial media yang bodong, kali ini kita akan membahas modus penipuan yang berkedok program kode referral serta tawaran penghapusan data nasabah. Penasaran? Yuk langsung aja kita masuk ke kronologi SIAGA PENIPUAN keenam, JULOvers!

SIGAP 6: Penipuan Account Takeover Dengan Modus Kode Referral dan Penghapusan Data Nasabah

Detail Penipuan

Para penipu sangat cerdik dalam menemukan celah yang bisa mereka tembus demi melakukan modus penipuannya, salah satunya dengan memanfaatkan beragam program yang sedang diadakan seperti program kode referral. Hal ini pastinya sangat bisa merugikan kamu serta JULOvers lain yang sering berpartisipasi mengikuti program-program menarik yang sering diadakan JULO. Nah, bagaimana nih detail modus penipuannya?

Awalnya, korban mendapatkan info pekerjaan untuk mendaftar JULO dengan menggunakan kode refferal yang oknum berikan. Oknum mencoba meyakinkan si korban kalau JULO merupakan aplikasi terpercaya dan jika korban bersedia untuk mendaftarkan data dirinya, maka oknum akan membantu proses hapus data setelah korban mendapatkan limit. Tak tanggung-tanggung; oknum pun menjanjikan kalau akan ada surat penghapusan data yang resmi dan akan dikeluarkan oleh JULO nantinya. Korban pun tergiur dengan iming-iming uang yang bisa ia dapatkan, sehingga korban memberikan informasi data dirinya kepada oknum yang mengajaknya untuk daftar JULO. Setelah selesai melakukan pendaftaran di aplikasi JULO dan menggunakan kode referral yang diberikan oleh pihak oknum, korban pun mendapatkan sejumlah uang sebagai bentuk komisi dari oknum tersebut.

Kemudian, oknum pun menawarkan jasa untuk melakukan penghapusan data korban secara cuma-cuma dari aplikasi JULO dengan cara meminta kode OTP yang dikirimkan melalui SMS dan juga email. Tak tanggung-tanggung, oknum pun juga sekaligus meminta nomor handphone dan PIN akun si korban. Oknum meminta korban untuk logout dari aplikasi JULO dan menghapus aplikasinya; maka oknum menjanjikan akan membantu proses penghapusan data selama 1x24 jam sampai surat penghapusan datanya diterbitkan. Setelah korban mengikuti prosedur yang diperintahkan, oknum pun kemudian memberitahu pihak korban bahwa datanya telah berhasil dihapus dari sistem JULO, dan oknum juga menunjukkan surat penghapusan data yang palsu untuk membuat korban percaya dengan modusnya.

siaga-penipuan-enam

Setelah tiga hari berlalu, korban kemudian mendapatkan telepon yang menanyakan apakah korban mau membayar tagihan JULO yang akan jatuh tempo pada tanggal yang telah ditentukan - penelepon pun menjelaskan lebih lanjut kepada korban bahwa korban telah melakukan transaksi pinjam dana di JULO dengan tenor selama 5 bulan. Hal ini tentu saja membuat pihak korban kaget, karena terdapat transaksi pinjaman yang dilakukan atas namanya tanpa sepengetahuan si korban.

Kebingungan dengan informasi yang baru saja ia dapat via telepon, akhirnya korban pun sadar bahwa ia telah terkena modus penipuan. Korban pun langsung mencoba login kembali ke aplikasi JULO, namun ternyata korban sudah tidak bisa lagi masuk ke akunnya. Lalu ketika korban mencoba untuk mengganti PIN dengan kode OTP, ternyata kode pun juga sudah tidak terkirim ke nomor korban lagi. 

Hal ini tentunya sangat merugikan pihak korban, karena ia sudah tidak bisa mengakses akun JULOnya, namun terdapat transaksi pencairan dana yang terjadi tanpa ia ketahui dan ditagihkan terhadap pihak korban. Hal ini dikarenakan oknum penipu telah berhasil mendapatkan data pribadi sang korban, sehingga sang penipu pun bisa login ke akun JULO korban dengan mudahnya.

Apa yang Bisa Kamu Lakukan Jika Menghadapi Modus Serupa?

1. Jangan Memberikan Data Pribadi dan Informasi Dirimu ke Orang Lain

siaga-penipuan-enam

Jika ada oknum yang meminta data dirimu seperti nomor telepon, PIN akun JULO, serta kode OTP yang dikirimkan via SMS dan email, jangan berikan ya JULOvers! Sudah bisa dipastikan bahwa oknum tersebut merupakan seorang penipu yang ingin menjebol masuk ke akun JULOmu.

2. Hubungi CS JULO Resmi Jika Kamu Memiliki Pertanyaan dan Keluhan Seputar Akun JULOmu

siaga-penipuan-enam

Jika kamu memiliki pertanyaan dan keluhan terkait akun JULOmu ataupun kendala saat melakukan transaksi dengan fitur JULO, segera hubungi pihak CS JULO resmi, di call center 021 5091 9034 / 021 5091 9035 dan juga e-mail cs@julo.co.id

Jangan mencari bantuan dari oknum yang baru saja kamu kenal di luar aplikasi JULO (misalnya melalui nomor WhatsApp atau grup Telegram) - apalagi jika oknum tersebut sampai menawarkan jasa bantuan namun memintamu untuk memberikan data dirimu yang terdaftar di akun JULO - jangan dituruti, ya! Selalu sampaikan masalahmu hanya kepada kontak CS JULO yang resmi, JULOvers.

3. Laporkan Modus-Modus Penipuan yang Kamu Temui Kepada Pihak JULO

siaga-penipuan-enam

Jika kamu baru saja terkena modus penipuan atau menemukan aktivitas yang kamu rasa mencurigakan serta berkedok nama JULO Kredit Digital, segera laporkan modus penipuan lewat kontak CS JULO resmi. Pihak JULO akan senantiasa membantumu dalam menyelidiki setiap laporan yang telah kamu dan para JULOvers lain telah laporkan. 

Selain itu, kamu juga dapat mencari tahu beragam detail modus penipuan lain yang berkedok nama JULO di halaman ini: https://www.julo.co.id/fraud_awareness.

JULOvers, itulah rincian modus penipuan yang berkedok JULO dan memanfaatkan program kode referral dan surat penghapusan data yang bodong sebagai sarana penipuannya. Ikuti terus update SIAGA PENIPUAN yang selanjutnya di dua minggu yang akan datang, ya!

Tetaplah berhati-hati dalam melakukan segala bentuk aktivitas dan transaksi keuangan dalam keseharianmu, karena mencegah tentunya akan jauh lebih baik daripada mengobati. Stay safe, JULOvers! :)

siaga-penipuan-enam

Pinjam Dana Online Tentunya Aman di JULO!

Proses kilat dan transaksi dijamin aman dan terjaga!

Artikel Lainnya