Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Itu SIGAP?
SIGAP 7: Penipuan Smishing Menggunakan Media Pesan SMS & WA
Detail Penipuan
Apa yang Dapat Kamu Lakukan Jika Mendapatkan Pesan SMS Atau WA Yang Serupa?
1. Jangan Klik Link Mencurigakan Yang Dikirim Lewat Pesan SMS Atau WA
2. Jangan Masukan Data Pribadi Ke Dalam Link Phising
3. Hubungi CS JULO Resmi & Laporkan Modus Penipuan yang Kamu Temui Kepada Pihak JULO

SIAGA PENIPUAN 7: Penipuan Berkedok JULO Lewat Pesan SMS & WA

siaga-penipuan-tujuh

Hai JULOvers! Apa kabar? Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri, ya! :)

Kembali lagi di rubrik SIAGA PENIPUAN (SIGAP) bersama JULO. Seperti yang kita tahu, ada banyak modus penipuan yang sering dilakukan para penipu dan memakai nama fintech yang legal serta berizin OJK - seperti JULO Kredit Digital salah satunya. Oleh karena itu, JULO membuat rubrik SIGAP agar kamu memiliki panduan dalam memahami macam-macam modus penipuan yang marak terjadi saat ini. Mari kita simak penjelasan selengkapnya tentang modus penipuan pada artikel kali ini, JULOvers!

Apa Itu SIGAP?

Rubrik SIGAP memuat informasi terperinci tentang beragam modus penipuan yang mengatas namakan JULO dan kerap kali dilakukan oleh para oknum penipu. Dengan adanya rubrik SIGAP ini, diharapkan kamu dan para JULOvers lainnya bisa memahami lebih jauh lagi tentang semua informasi yang berhubungan dengan berbagai modus penipuan yang sering terjadi - tentunya lengkap dengan kumpulan screenshot bukti penipuan serta cara untuk menanggulangi modus penipuan tersebut. Rubrik ini JULO bagikan setiap dua minggu sekali di blog resmi JULO Kredit Digital - jadi, jangan sampai ketinggalan, ya!

Rubrik ini juga dibuat sebagai bentuk kepedulian JULO dalam rangka membasmi semua modus penipuan yang marak terjadi di industri fintech. Dengan adanya rubrik SIGAP, JULO berharap kamu dan para JULOvers lainnya dapat terhindar dari segala macam bentuk penipuan yang berpotensi merugikanmu. Each one of you is indeed really special to JULO! :)

Jika di rubrik SIGAP keenam kita sudah membahas secara mendalam modus penipuan berkedok JULO lewat pesan WA yang menawarkan jasa hapus data, kali ini kita akan membahas modus penipuan yang juga menggunakan pesan WA atau SMS sebagai media penipuannya. Penasaran? Yuk kita masuk ke pembahasan kronologi SIAGA PENIPUAN ketujuh, JULOvers!

SIGAP 7: Penipuan Smishing Menggunakan Media Pesan SMS & WA

Detail Penipuan

Para penipu selalu menemukan celah yang bisa mereka tembus demi melancarkan aksi penipuannya, salah satunya dengan menggunakan media pesan SMS dan juga WA. Hal ini pastinya bisa merugikan kamu serta JULOvers lainnya yang sering menggunakan kedua media tersebut dalam berkomunikasi ataupun menerima informasi secara rutin via pesan SMS maupun WA. Nah, bagaimana detail modus penipuan ini?

Akhir-akhir ini, banyak orang yang menerima pesan SMS maupun WA yang mengatasnamakan 'JULO'. Perlu kamu ketahui bahwa pihak JULO sama sekali tidak pernah mengirimkan pesan SMS atau WA tersebut. Seperti apa bentuk pesan penipuan yang biasa dikirimkan ini? Pesan tersebut biasanya berisi informasi tentang pembayaran bea masuk atau pajak yang perlu dilakukan agar proses pengiriman paket dapat diproses, atau proses pengiriman paket yang terhambat karena suatu kendala. Pesan yang mencurigakan, bukan? Namun ini bisa saja menjebak kamu atau JULOvers lainnya jika kamu memang baru saja memesan suatu paket dari toko online, dimana pesanan tersebut sedang dalam proses pengiriman. Kamu bisa mengira bahwa pesan SMS atau WA ini adalah pesan yang benar dan tidak menipu.

Selain itu, di dalam pesan SMS maupun WA tersebut akan dicantumkan sebuah link phising yang tentunya akan mengundang kamu mengklik link tersebut untuk mencari tahu informasi lebih lanjut terkait dengan pesan modus penipuan yang sudah dikirimkan tersebut. Modus pesan SMS atau WA berisikan link phising ini biasa dikenal dengan sebutan smishing, yang mana merupakan sebuah taktik penipuan yang digunakan oknum penipu untuk mengelabui korban agar dapat melakukan pencurian data pribadi si korban melalui pesan SMS maupun WA. 

siaga-penipuan-tujuh

Informasi apa saja yang sekiranya diincar oknum penipu melalui teknik smishing ini? Para penipu berharap kamu akan mengklik link phising yang sudah mereka kirimkan via pesan SMS atau WA, dan kemudian mereka dapat dengan mudah mencuri data pribadimu yang berisikan nomor rekening bank, data kartu kredit, atau informasi akun personal lainnya yang mereka incar dari para korban.

Apa yang akan terjadi jika kamu mengklik link phising yang dikirimkan oknum penipu? Kamu akan diarahkan ke website bodong yang mirip dengan website asli. Hal ini bertujuan untuk mengecoh kamu agar kamu yakin bahwa website tersebut adalah asli dan resmi, sehingga kamu tidak ragu untuk memberikan informasi pribadi seperti password, PIN, atau informasi bank maupun kartu kredit yang kamu miliki.

Selain itu, link phising juga dapat menyebarkan malware (perangkat lunak yang dapat merusak sistem komputer) dan spyware (perangkat lunak yang bisa mencuri informasi personalmu) jika kamu mengklik link tersebut.  

Hal ini tentu saja berpotensi merugikanmu, karena jika oknum penipu berhasil memperoleh data pribadimu, maka oknum pun dapat menggunakan informasi personal yang didapat untuk mengakses akun JULO ataupun menyusup ke dalam akun pribadi lainnya yang kamu miliki.

Apa yang Dapat Kamu Lakukan Jika Mendapatkan Pesan SMS Atau WA Yang Serupa?

1. Jangan Klik Link Mencurigakan Yang Dikirim Lewat Pesan SMS Atau WA

siaga-penipuan-tujuh

Ingat, JULO tidak pernah mengirimkan link melalui pesan SMS atau WA. Apalagi jika isi pesan tersebut tidak memiliki makna yang jelas (tagihan bea masuk yang perlu dibayar, atau pengiriman paket yang terhambat, dan sebagainya) dan tidak berhubungan dengan fitur yang ditawarkan pada aplikasi JULO. Oleh karena itu, jika kamu mendapatkan SMS atau WA yang mengatas namakan JULO dan berisi link yang mencurigakan, jangan diklik ya! 

2. Jangan Masukan Data Pribadi Ke Dalam Link Phising

siaga-penipuan-tujuh

Jika kamu sudah terlanjur mengklik link phising yang ada pada isi pesan tersebut, dan kamu diminta untuk mengisi data dirimu ke dalam sebuah formulir seperti nomor telepon, PIN akun JULO, maupun kode OTP yang dikirimkan via SMS atau email, jangan diisi ya JULOvers! Bisa dipastikan bahwa form atau website tiruan tersebut merupakan sarana yang digunakan oknum penipu untuk menjebak kamu.

3. Hubungi CS JULO Resmi & Laporkan Modus Penipuan yang Kamu Temui Kepada Pihak JULO

siaga-penipuan-tujuh

Jika kamu punya pertanyaan terkait pesan SMS ataupun WA yang kamu terima dan mengatas namakan JULO, segera hubungi pihak CS JULO yang resmi, di call center 021 5091 9034 / 021 5091 9035 atau melalui e-mail cs@julo.co.id

Jika kamu baru saja terjebak modus penipuan serupa, atau menemukan pesan SMS maupun WA yang mencurigakan dan berkedok JULO Kredit Digital, jangan ragu untuk laporkan modus penipuan yang kamu temui kepada CS JULO yang resmi. Pihak JULO akan membantumu dalam menyelidiki setiap laporan yang telah kamu dan semua JULOvers lainnya laporkan. 

Selain itu, kamu juga dapat mencari tahu berbagai detail tentang modus penipuan lainnya yang mengatas namakan JULO di sini: https://www.julo.co.id/fraud_awareness.

Nah JULOvers, itu dia rincian modus penipuan yang menggunakan nama JULO dan memanfaatkan media SMS serta WA sebagai sarana penipuannya. Yuk, ikuti terus update seputar rubrik SIAGA PENIPUAN selanjutnya di dua minggu mendatang, ya!

Selalu waspada dan berhati-hati dalam menjalankan segala macam aktivitas dan transaksi keuangan dalam keseharianmu, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Stay safe, JULOvers! :)

siaga-penipuan-tujuh

Pinjam Dana Online Terjamin Aman Pakai JULO!

Proses cepat, aman dan mudah, lho!

Artikel Lainnya

mudah atur keuangan
mengatur keuangan
generasi milenial
milenial
tips mengatur keuangan anak milenial
mengatur keuangan
takjil
ide takjil
ide jualan takjil
ide kuliner
ide bisnis makanan
ide takjil