Daftar Isi
5 Tips Ampuh Siapkan Dana Pendidikan Si Kecil
1. Diskusi dengan Pasangan
2. Evaluasi Keuangan Bersama
3. Cari Info Biaya Sekolah
4. Persiapkan Dana Darurat
5. Cari Pendapatan Sampingan
Daftar Isi
5 Tips Ampuh Siapkan Dana Pendidikan Si Kecil
1. Diskusi dengan Pasangan
2. Evaluasi Keuangan Bersama
3. Cari Info Biaya Sekolah
4. Persiapkan Dana Darurat
5. Cari Pendapatan Sampingan

5 Tips Paling Ampuh Siapkan Dana Pendidikan Si Kecil!

Ini Dia 5 Tips Ampuh Siapkan Dana Pendidikan Si Kecil!

Dana pendidikan. Kata-kata sederhana yang mungkin cukup membuat banyak orang mengernyitkan dahi, terutama bagi JULOvers yang sudah berkeluarga dan mungkin hendak memiliki momongan. Tentunya cukup menjadi pikiran karena pendidikan memiliki kaitan yang erat dengan masa depan Si Kecil. Pendidikan yang baik dan terencana tentunya dapat membantu anak untuk menyambut hidup ke depannya. Dengan demikian, dana pendidikan menjadi salah satu hal yang perlu disiapkan dengan matang oleh orang tua.

Selain itu, banyak orang yang menganggap bahwa topik pendidikan anak menjadi suatu hal yang rumit karena bersifat cukup panjang sampai puluhan tahun. Walaupun memang rumit, bukan berarti topik dana pendidikan harus dihindari sehingga tidak dipersiapkan sama sekali. Ditambah lagi, sebenarnya banyak tips cara-cara yang membuat diskusi dana pendidikan menjadi momok yang cukup mencekam.

Baca Juga: Tetap Beroperasi, JULO Salurkan Pinjaman Produktif Nasabah di Masa Pandemi

 

Siap Melesat Dana Pendidikan

5 Tips Ampuh Siapkan Dana Pendidikan Si Kecil

Siap Melesat Dana Pendidikan

source: Pexels

Untuk kamu yang sedang kebingungan bagaimana cara menyiapkan dana pendidikan Si Kecil, tentunya tidak usah khawatir. Berikut ini dia 5 tips ampuh untuk menyiapkan dana pendidikan Si Kecil yang sudah JULO rangkum spesial untuk JULOvers!

1. Diskusi dengan Pasangan

Siap Melesat Dana Pendidikan

source: Pexels

Diskusi terbuka dengan pasangan menjadi salah satu langkah utama untuk mempersiapkan dana pendidikan Si Kecil. Layaknya topik lain yang biasa didiskusikan bersama, dana pendidikan merupakan suatu hal yang harusnya menjadi kesepakatan bersama sebagai orang tua. Walau terkesan sepele dan rasanya bisa digeser dari daftar prioritas, membicarakan hal ini bersama bisa cukup meringankan beban pikiran.

Lebih dari sekedar lokasi sekolah, sebenarnya banyak hal lebih dalam yang perlu dibicarakan kala diskusi bersama pasangan. Mulai dari muatan pendidikan, lingkungan sekolah sampai prasarana sekolah yang diincar, semua hal tersebut tentunya cukup mempengaruhi biaya. Bukannya tidak mungkin bila rencana persiapan dana pendidikan anak akan bergeser cukup jauh hanya dengan sekali diskusi.

2. Evaluasi Keuangan Bersama

Siap Melesat Dana Pendidikan

source: Pexels

Setelah diskusi bersama pasangan sudah dilakukan, langkah berikutnya yang bisa ditempuh adalah evaluasi keuangan bersama. Untuk persiapan dana pendidikan Si Kecil, evaluasi pengeluaran dan pemasukan sangat penting untuk ditinjau bersama. Jika memungkinkan, lakukan evaluasi keuangan setiap bulan untuk mengetahui tindakan selanjutnya - seperti pengurangan pengeluaran yang tidak penting.

Namun, sebelum memulai langkah ini, perlu diingat bahwa masing-masing pasangan berkomitmen untuk transparan dalam keuangan rumah tangga. Jangan sampai ada yang ditutupi dan pada akhirnya membuat evaluasi menjadi tidak efektif.

3. Cari Info Biaya Sekolah

Siap Melesat Dana Pendidikan

source: Pexels

Membicarakan biaya sekolah sekali lagi tidak hanya membicarakan rencana satu dua tahun namun sampai puluhan tahun ke depannya. Dengan demikian, tidak ada salahnya untuk mencari informasi biaya sekolah yang menjadi target JULOvers. Setelah mengetahui informasi tersebut, JULOvers pastinya bisa menyusun rencana dana pendidikan untuk Si Kecil lebih baik lagi ke depannya.

Ketika mencari informasi ini, JULOvers bisa kembali berdiskusi dengan pasangan dan menentukan daftar sekolah untuk Si Kecil. Pastikan bahwa biaya sekolah yang dipilih tidak melebihi kemampuan finansial, namun di saat yang bersamaan bisa memenuhi target bersama untuk masa depan anak.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

4. Persiapkan Dana Darurat

Siap Melesat Dana Pendidikan

source: Pexels

Selain diskusi dan mencari informasi, akan sangat penting bagi JULOvers untuk mengalokasikan sebagian gaji atau pendapatan untuk dana darurat. Kelak dana darurat ini bisa digunakan untuk kebutuhan biaya lebih ketika Si Kecil sudah mulai duduk di bangku sekolah. Tentunya selama puluhan tahun bersekolah, akan ada banyak biaya tidak terduga yang bisa mengganggu stabilitas finansial bila tidak direncanakan dengan matang.

Salah satu kekeliruan yang sering terjadi adalah banyak orang yang menyatukan investasi dengan dana darurat. Akan lebih bijak jika dana darurat untuk Si Kecil ini dipisahkan dari investasi dan tidak mengganggu aliran kas sehari-hari. Dengan demikian, investasi yang kamu miliki bisa tetap berjalan jika suatu saat kamu perlu menarik dana darurat.

5. Cari Pendapatan Sampingan

Siap Melesat Dana Pendidikan

source: Pexels

Walaupun saat ini JULOvers dan pasangan mungkin sudah sama-sama bekerja dan merasa sudah berkecukupan, tidak ada salahnya untuk mulai mencari sampingan. Dengan memiliki kegiatan sampingan, aliran kas JULOvers akan menjadi jauh lebih stabil dan lebih gampang menabung untuk dana pendidikan Si Kecil. Bahkan, bukan tidak mungkin bila ke depannya kegiatan sampingan kamu bisa berkembang dengan sukses dan menggantikan gaji utama.

Mencari pendapatan sampingan untuk dana pendidikan bisa dalam berbagai macam hal. Dari membuka online shop, menjalankan ojek online sampai menekuni hobi produktif - banyak hal tidak terbatas yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan pemasukan keluarga.

Siap Melesat Dana Pendidikan

Nah, berikut 5 tips ampuh yang bisa JULOvers ikuti untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Selain menjalani tips di atas, kamu juga membuat perencanaan dana pendidikan semakin kuat dengan menggunakan JULO Kredit Digital. Dengan limit maksimal 15 juta rupiah, JULO Kredit Digital bisa kamu gunakan untuk sumber dana genting alternatif kala keadaan darurat - seperti contohnya dana pendidikan. Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga bisa dicicil sampai 9 bulan dengan bunga rendah dari 0,1% per hari. Selain bisa tetap digunakan tanpa harus menunggu pelunasan terlebih dahulu, kamu bisa menikmati beragam fitur berikut dalam genggaman:

  • Tarik dan kirim dana
  • Bayar E-commerce
  • Isi Dompet Digital
  • Bayar tagihan BPJS
  • Bayar tagihan listrik
  • Bayar pulsa, data dan kartu pascabayar

Wah, pastinya bisa bikin hidup JULOvers semakin mudah dan praktis ya!

Tunggu apalagi, sudah #SiapMelesat untuk hidupkan prestasi Si Kecil bersama JULO Kredit Digital?

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan