Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Jadi, Jurusan Apa yang Tepat Untuk Saya?
1. Kenali Diri Sendiri
2. Riset Jurusan Kuliah
3. Gunakan Tes Minat dan Bakat
4. Pertimbangkan Peluang Karier
5. Konsultasikan dengan Orang Terdekat
6. Ikuti Open House atau Seminar Pendidikan
7. Magang atau Kerja Paruh Waktu
8. Pertimbangkan Biaya Kuliah
9. Buat Rencana Jangka Panjang
10. Jangan Terburu-buru dan Yakin dengan Diri Sendiri
Bayar Biaya Sekolah Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital!

Strategi Jitu Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Berdasarkan Minat dan Bakat

memilih jurusan kuliah

Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu keputusan terpenting dalam hidup. Keputusan ini akan menentukan arah karir dan masa depanmu. Oleh karena itu, penting untuk memilih jurusan yang tepat sesuai dengan minat dan bakatmu.

Banyak orang merasa kebingungan saat memilih jurusan kuliah. Terdapat begitu banyak pilihan dan terkadang sulit untuk mengetahui mana yang paling cocok untukmu.

Namun, jangan khawatir! Dengan strategi yang tepat, kamu dapat menemukan jurusan yang ideal dan membantumu meraih masa depan gemilang.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Jadi, Jurusan Apa yang Tepat Untuk Saya?

"Saya kira-kira lebih cocok masuk jurusan apa ya?",

"Jurusan mana yang seharusnya saya ambil?

Pertanyaan seperti itu, pastinya cukup sering muncul di kepala kalian yang akan memasuki perguruan tinggi, ngaku deh! Duh, memilih jurusan kuliah aja bisa bikin overthinking.

Eitss.. tapi tenang, melalui artikel JULO ini, kita akan memberikanmu strategi jitu untuk membantu kamu menentukan jurusan kuliah yang tepat, disimak baik-baik ya, JULOvers.

Baca juga: Perbedaan UKT dan Uang Pangkal yang Wajib Kamu Ketahui!

1. Kenali Diri Sendiri

Langkah pertama yang paling penting adalah mengenali diri sendiri. Apa yang kamu suka lakukan? Apa yang membuatmu semangat? Apa yang ingin kamu capai dalam hidup?

Coba tulis daftar hobi, minat, dan bakatmu. Dengan mengenali apa yang benar-benar kamu sukai, kamu akan lebih mudah mengidentifikasi jurusan yang sesuai.

2. Riset Jurusan Kuliah

Lakukan riset mendalam tentang berbagai jurusan kuliah yang tersedia. Cari tahu apa yang dipelajari di jurusan tersebut, prospek kerja setelah lulus, dan peluang karirnya.

Kamu dapat mencari informasi di internet, buku panduan jurusan, atau bertanya kepada alumni jurusan tersebut.

3. Gunakan Tes Minat dan Bakat

Banyak alat tes minat dan bakat yang bisa membantumu mengetahui bidang apa yang cocok dengan kepribadian dan kemampuanmu.

Tes-tes ini biasanya memberikan gambaran tentang jurusan-jurusan yang mungkin cocok untukmu. Beberapa tes yang terkenal di antaranya adalah MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) dan Holland Code.

4. Pertimbangkan Peluang Karier

Minat dan bakat memang penting, tapi jangan lupakan peluang karier. Cari tahu apakah jurusan yang kamu minati memiliki prospek kerja yang baik di masa depan.

Tanyakan pada alumni atau profesional di bidang tersebut tentang pengalaman mereka dan bagaimana prospek pekerjaan di bidang tersebut.

5. Konsultasikan dengan Orang Terdekat

Minta saran dan masukan dari orang-orang terdekat, seperti orang tua, guru, kakak, atau teman yang sudah kuliah. Mereka dapat memberikan perspektif yang berbeda dan membantumu mempertimbangkan berbagai aspek yang penting.

6. Ikuti Open House atau Seminar Pendidikan

Banyak universitas mengadakan open house atau seminar pendidikan yang bisa memberikanmu gambaran lebih jelas tentang jurusan-jurusan yang mereka tawarkan.

Kamu bisa bertanya langsung kepada dosen dan mahasiswa tentang pengalaman mereka.

7. Magang atau Kerja Paruh Waktu

Jika memungkinkan, coba ikuti magang atau kerja paruh waktu di bidang yang kamu minati. Pengalaman ini akan memberikanmu gambaran nyata tentang pekerjaan di bidang tersebut dan apakah kamu benar-benar menyukainya.

8. Pertimbangkan Biaya Kuliah

Biaya kuliah merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Pastikan kamu memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Kamu dapat mencari informasi tentang beasiswa atau program bantuan keuangan lainnya.

Ambil promo: Dapatkan Cashback 1 Juta dengan Promo SAPUBERSIH di JULO!

9. Buat Rencana Jangka Panjang

Pikirkan tentang rencana jangka panjangmu. Di mana kamu melihat dirimu 5 atau 10 tahun ke depan? Apakah jurusan yang kamu pilih bisa membantumu mencapai tujuan tersebut? Buatlah peta karier yang jelas dan pastikan jurusan yang kamu pilih mendukung rencana tersebut.

10. Jangan Terburu-buru dan Yakin dengan Diri Sendiri

Memilih jurusan kuliah adalah keputusan yang penting, dan tidak perlu terburu-buru. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan semua aspek yang penting sebelum mengambil keputusan.

Setelah kamu yakin dengan pilihanmu, percayalah pada diri sendiri. Yakinlah bahwa kamu mampu menyelesaikan studi di jurusan tersebut dan meraih kesuksesan di masa depan.

Perlu diingat, memilih jurusan kuliah yang tepat adalah investasi untuk masa depanmu. Dengan mengikuti strategi-strategi di atas, kamu dapat memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu serta membantu untuk mencapai cita-citamu.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Bayar Biaya Sekolah Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital!

Perlu bayar tagihan biaya pendidikan tanpa takut terlambat? Pakai JULO sekarang, bayarnya pas gajian! Berikut cara bayar tagihan SPP:

  1. Klik fitur 'Biaya Pendidikan’ pada aplikasi JULO.
  2. Tambahkan detail sekolah tujuan dengan mengisi form nama sekolah, rekening, nama siswa, dan nomor induk siswa.
  3. Masukkan nominal pembayaran dan pilih tenornya.
  4. Terakhir, konfirmasi pembayaran biaya pendidikan online dengan PIN dan Tanda Tangan Elektronik.


Selain aman dan terpercaya JULO Kredit Digital juga memiliki limit tinggi sampai dengan 15 juta rupiah, JULOvers dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel 9 bulan.


Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Limit JULO Tinggi, Sampai Rp 50 Juta!

Yuk, segera penuhi berbagai kebutuhan dana pendidikan yang kamu punya bersama JULO Paylater!

Artikel Lainnya