Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Usaha Kerajinan Tangan? 
1. Lukisan
2. Dekorasi Kotak Mahar, Cincin, Dan Kebutuhan Lainnya
3. Pembuatan Pakaian
4. Merajut
5. Lilin Aromaterapi
6. Aksesoris
 7. Vas Bunga
Bagaimana Cara Memulai Usaha Kerajinan?
1. Tentukan Target Pasar
2. Buat Strategi Pemasaran
3. Perencanaan Keuangan
4. Menyediakan Bahan Baku yang Cukup
5. Tenaga Kerja Bila Diperlukan
Bagaimana Cara Memasarkan Produk Kerajinan Tangan? 
1. Memberikan Promo
2. Mengikuti Bazar Atau Pameran
3. Penggunaan media sosial

7 Ide Usaha Kerajinan Tangan Menguntungkan

usaha kerajinan tangan

Bagi JULOvers yang gemar mengasah keterampilan tangan dengan menciptakan sebuah kerajinan, saatnya mengubah hobi tersebut menjadi sebuah ide usaha kerajinan tangan. Menekuni bisnis sesuai passion dapat menjadi solusi menarik sebagai sumber penghasilan JULOvers.

Saat ini, banyak sekali produk yang diciptakan hasil kreativitas tangan sendiri di kalangan anak muda. Untuk menemukan sebuah ide usaha kerajinan tangan yang tepat, kamu harus tahu terlebih dahulu letak minat serta bakat keterampilanmu.  

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bisnis akan lebih mudah dijalankan jika sesuai dengan kegemaran. Berikut JULO berikan beberapa ide usaha yang dapat kamu coba. 

Apa Saja Usaha Kerajinan Tangan? 

Apa Saja Usaha Kerajinan Tangan?

Bermain dengan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu produk merupakan hobi yang dapat membawa banyak keuntungan. Terdapat berbagai macam ide produk kerajinan tangan yang dapat dijadikan usaha, diantaranya yaitu: 

1. Lukisan

Lukisan

Banyak ditemukan pada berbagai opini dalam media sosial mengenai pelukis yang tidak dapat menghasilkan apa pun. Nyatanya, menciptakan sebuah lukisan dapat dijadikan ide usaha kerajinan tangan. Kamu dapat menggunakan berbagai macam media lukis untuk menciptakan sebuah potret gambar sesuai dengan permintaan pelanggan.

Tidak sedikit orang yang memilih lukisan sebagai sebuah hadiah. Sehingga akan menguntungkan bila hobi melukis ini dapat dijadikan sebagai ide usaha kerajinan tangan. Sebagai opsi, kamu dapat menentukan harga sesuai dengan tingkat kerumitan dalam melukis sebuah foto atau permintaan pelanggan. 

2. Dekorasi Kotak Mahar, Cincin, Dan Kebutuhan Lainnya

Dekorasi Kotak Mahar, Cincin, Dan Kebutuhan Lainnya

Saat ini, dekorasi pada kebutuhan pernikahan dapat menjadi salah satu ide usaha kerajinan tangan menguntungkan. Sebuah kotak dapat dikreasikan dengan berbagai ornamen sehingga menjadi lebih menarik. Hal tersebut yang menjadi keinginan para calon pengantin, kotak tempat mahar atau cincin yang indah untuk dilihat.

Terlebih, acara pernikahan dilangsungkan tanpa mengenal musim. Sehingga akan sangat menguntungkan bagi kamu yang memiliki ketelitian dan tingkat kreativitas yang tinggi dalam menghias sesuatu. 

3. Pembuatan Pakaian

Pembuatan Pakaian

Belum lama ini, sebuah trend pakaian dengan berbagai macam model mulai bermunculan. Mulai dari penggabungan beberapa motif menjadi satu, membuat model baru pada baju lama, dan membuat campuran warna dalam satu baju. Apabila kamu memiliki hobi merancang busana dan tertarik pada berbagai model unik, ide ini dapat menjadi salah satu pilihannya.

Baca Juga: 9 Cara Berbisnis Pakaian Agar Tidak Kalah Saing

Pembuatan baju dengan berbagai warna atau disebut dengan tie dye menarik perhatian banyak kalangan. Sebagian besar orang ingin mencoba menciptakan sendiri model tersebut.  

Kamu dapat menjual bahan tie dye seperti baju polos beserta beberapa pewarna pakaian dalam satu paket dan menjualnya. Namun, sediakan juga hasil kerajinan kamu sebagai produk jual siap pakai bagi pelanggan yang tertarik pada hasil produknya. 

4. Merajut

Merajut

Merajut merupakan salah satu hobi yang menarik dan diminati banyak orang. Menggunakan benang dan alat rajut serta dibarengi dengan ketekunan, berbagai macam produk dapat dihasilkan. Hobi merajut memang membutuhkan waktu dan ketelitian yang lebih untuk menciptakan sebuah produk. Namun, harga pasar yang ditawarkan pada produk rajutan juga dapat dikatakan tinggi. 

Apabila memiliki waktu yang cukup, kamu dapat menghasilkan sebuah produk besar seperti baju, cardigan, selimut, dan lain lain. Tetapi jika waktu yang dimiliki untuk menciptakan sebuah produk hanya sedikit, produk seperti aksesoris rambut, saputangan, pouch, dan barang  lainnya dapat menjadi pilihan. 

5. Lilin Aromaterapi

Lilin Aromaterapi

Tidak hanya berfungsi sebagai alat penerangan alternatif, saat ini lilin juga dapat menjadi pengharum ruangan dengan berbagai macam pilihan aroma. Keunikan tersebut dapat dimanfaatkan menjadi ide usaha.  

Produk kerajinan tangan ini banyak diminati oleh berbagai kalangan karena keunikannya yang dapat menyebarkan wangi ke seluruh penjuru ruangan hanya dengan menyalakan sebuah lilin.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan bahan wax sebagai bahan utama, pewangi dan benang sebagai sumbu lilin. Dalam penjualan lilin, perhatikan pula kemasan yang digunakan. Buatlah sebuah kemasan yang unik dan menarik agar menjadi karakteristik produk. 

6. Aksesoris

Aksesoris

Aksesoris seperti gelang, kalung, jam, dan lain sebagainya, banyak digunakan sebagai pelengkap dalam bergaya. Keberadaannya bahkan sering dianggap penting oleh sebagian orang.  

Membuat aksesoris yang unik dan menarik dapat menjadi sumber pendapatan tambahan. Apalagi bagi kamu yang memiliki tingkat estetika dan kreativitas yang tinggi, kerajinan tangan ini dapat menjadi pilihan sumber penghasilan. 

Ditambah, saat ini aksesori tidak hanya digunakan oleh kaum wanita tetapi juga pria. Dalam melakukan bisnis kerajinan tangan berupa aksesori, pilih model, bentuk, dan warna yang sedang menjadi kesukaan pelanggan. Kamu juga dapat menyediakan layanan pembuatan aksesoris sesuai keinginan mereka.

 7. Vas Bunga

menjual vas bunga

Vas bunga adalah jenis kerajinan tangan yang memiliki nilai praktis serta estetika. Kerajinan tangan satu ini dapat digunakan sebagai hiasan sekaligus tempat untuk menanam.

Oleh karena itu, ide bisnis kerajinan tangan satu ini bisa JULOvers jadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Ide bisnis ini juga memiliki banyak variasi dan peluang.

Kamu misalnya bisa membuat vas bunga dari berbagai bahan. Misalnya, kamu bisa membuat vas bunga dari bahan tanah liat atau botol plastik yang di daur ulang. Kamu juga bisa berinovasi dengan membuat berbagai macam motif pada bagian tubuh vas bunga.

kredit digital Julo

Bagaimana Cara Memulai Usaha Kerajinan?

Bagaimana Cara Memulai Usaha Kerajinan

Jika telah memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang produk kerajinan tangan yang dapat dijadikan ide usaha, langkah selanjutnya adalah memulai usaha tersebut. Berikut JULO berikan cara untuk memulai usaha kerajinan tangan: 

1. Tentukan Target Pasar

Tentukan Target Pasar

Dalam sebuah bisnis, menentukan target pasar merupakan langkah penting. Pastikan untuk memilih market sesuai dengan tingkat peminatan terhadap produk yang kamu hasilkan. Sehingga, produk dapat dikenal dan diketahui oleh peminatnya. 

2. Buat Strategi Pemasaran

Buat Strategi Pemasaran

Setelah menentukan target pasar, selanjutnya kamu dapat mulai membuat rencana pemasaran sebagai langkah pengenalan produk pada audiens.

Baca Juga: Jenis-Jenis Strategi Pemasaran yang Bisa Dicoba

Strategi pemasaran harus dibuat secara tepat agar informasi produk dapat tersampaikan sesuai dengan yang diharapkan. Iklan dapat membantu memasarkan produk kamu untuk dilihat lebih banyak orang. 

3. Perencanaan Keuangan

Perencanaan Keuangan

Segala hal yang berhubungan dengan keuangan harus dikelola sebaik mungkin untuk menghindari adanya kerugian atau banyaknya pengeluaran tidak terduga. Dalam memulai sebuah bisnis kerajinan tangan, buat rencana keuangan secara terperinci agar tidak ada pengeluaran tidak terduga terutama pada bahan. 

4. Menyediakan Bahan Baku yang Cukup

Menyediakan Bahan Baku yang Cukup

Saat membuat sebuah kerajinan tangan, pastikan seluruh bahan baku telah sesuai dengan jumlah produk yang akan dihasilkan. Disarankan untuk membuat seluruh rincian bahan yang diperlukan untuk membuat sejumlah produk. Habisnya bahan baku di tengah pembuatan dapat memperlambat kinerja dan mengulur terlalu banyak waktu. 

5. Tenaga Kerja Bila Diperlukan

Tenaga Kerja Bila Diperlukan

Apabila sebuah usaha kerajinan yang akan kamu buat memiliki skala besar, tentukan jumlah tenaga kerja dan waktu kerja serta perhitungan gaji. Besaran nominal gaji tersebut dapat disertakan dalam rencana keuangan mengingat tenaga kerja dibutuhkan secara berkala. 

Bagaimana Cara Memasarkan Produk Kerajinan Tangan? 

Bagaimana Cara Memasarkan Produk Kerajinan Tangan

Setelah mengetahui produk kerajinan tangan apa saja yang akan dihasilkan serta cara memulai sebuah usaha, maka kamu membutuhkan pemasaran produk agar lebih banyak dikenal. Berikut cara memasarkan produk yang dapat JULOvers coba: 

1. Memberikan Promo

Memberikan Promo

Memperkenalkan sebuah produk dengan memberikan promo menarik menjadi cara yang tidak mungkin gagal. Terlebih jika promo yang diberikan adalah membagikan produk secara gratis. 

Baca Juga: Beragam Tips Strategi Pemasaran Produk Kerajinan untuk Pemula

Jangan pikirkan kerugian atas produk yang dibagikan, tetapi pikirkan bagaimana orang akan menggunakan produk tersebut dan melakukan pembelian ulang. Mungkin saja, pelanggan juga akan menyebarkan informasi produk pada orang lain. 

2. Mengikuti Bazar Atau Pameran

Mengikuti Bazar Atau Pameran

Hadir pada sebuah bazar dapat menjadi salah satu cara memperkenalkan produk pada khalayak. Pastikan kamu menampilkan produk usaha kerajinan tangan pilihan yang menarik dan unik sehingga akan menarik perhatian pengunjung. Selain itu, mengikuti bazar atau pameran dapat menambah relasi bisnis yang dapat menguntungkan usaha kamu. 

3. Penggunaan media sosial

Penggunaan media sosial

Tidak dapat dihindari bahwa saat ini media sosial menjadi media iklan paling ampuh. Jumlah pengguna aktif yang tinggi merupakan peluang besar untuk menyebarkan informasi produk usaha kerajinan tangan kamu. Pilih sosial media yang memiliki pengguna sesuai dengan target pasar. 

Baca Juga: Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

Buat konten yang menarik untuk mendapatkan banyak pengunjung. Selain itu, manfaatkan alat iklan pada media sosial untuk memperkenalkan produk ke lebih banyak pengguna.   Demikian merupakan 6 ide usaha kerajinan tangan yang dapat JULOvers kembangkan. Lakukan perencanaan yang matang terutama pada bagian keuangan. 

Disarankan untuk mempersiapkan dana yang cukup untuk segala keperluan. Kesulitan dalam mendapatkan dana mengembangkan usaha? JULO Kredit Digital bisa jadi solusinya.  

Aplikasi kredit digital JULO yang aman dan diawasi OJK memiliki kemudahan transaksi dan penarikan dana. Download JULO sekarang dan dapatkan promo siap melesat yang bisa membantu bisnis menuju tingkat selanjutnya!.

Artikel Lainnya