Daftar Isi
10 Makanan Khas Indonesia yang Bisa Bikin Ngiler
1. Soto
2. Rendang
3. Papeda
4. Pempek
5. Gudeg
6. Rawon
7. Nasi Liwet
8. Ayam Betutu
9. Bakso
10. Gado Gado
Ayo Kulineran Bersama JULO!
Daftar Isi
10 Makanan Khas Indonesia yang Bisa Bikin Ngiler
1. Soto
2. Rendang
3. Papeda
4. Pempek
5. Gudeg
6. Rawon
7. Nasi Liwet
8. Ayam Betutu
9. Bakso
10. Gado Gado
Ayo Kulineran Bersama JULO!

10 Makanan Khas Indonesia Terenak Yang Wajib Kamu Coba!

Makanan-Khas-Indonesia

Makanan khas Indonesia memiliki segudang cita rasa yang berbeda, bahkan tiap daerahnya memiliki ciri khasnya masing masing. Ketika JULOvers keluar negeri, hanya dengan mencium aromanya dari kejauhan pun JULOvers sudah tau kalau aroma yang dicium merupakan makanan Indonesia. Karena makanan khas Indonesia memiliki segudang rempah rempah yang berbeda dari negara  negara lain. Saking suburnya tanah kita, berbagai macam tumbuhan untuk bahan masakan pun tumbuh dengan berlimpah ruah. Sehingga Makanan khas Indonesia memiliki variasi makanan yang hampir tidak terhitung banyaknya.

Makanan khas Indonesia memang patut dibanggakan. Kuliner Indonesia merupakan salah satu masakan terlezat di dunia dengan bumbu rempah-rempah yang begitu lengkap. Ragam masakan Indonesia pun begitu banyak dan rata-rata membuatmu menelan ludah hanya dengan melihat gambar masakannya saja.

Baca Juga: Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Indonesia sudah sejak lama terkenal dengan makanan khas yang beragam dan enak. Bahkan di setiap daerah memiliki makanan khas yang berbeda-beda. Hal ini menjadikaan Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata kuliner yang banyak dikunjungi wisatawan dari manca negara. Untuk kamu yang doyan kulineran, pasti sudah mencoba banyak menu masakan yang bermacam macam. Tapi juga jangan lupa, bahwa makanan khas Indonesia juga beragam jenisnya dan macamnya. Sudahkah kamu mencoba semuanya? Berikut ini JULO rangkum 10 Makanan Khas Indonesia yang bisa jadi opsi untuk kamu cicipi, JULOvers!

10 Makanan Khas Indonesia yang Bisa Bikin Ngiler

Makanan-Khas-Indonesia

Source: Unsplash

Makanan khas Indonesia sangat beragam, lezat, dan beberapa di antaranya terkenal hingga luar negeri. Tak hanya menyimpan destinasi-destinasi nan indah, Indonesia juga memiliki ragam kuliner khas yang tentunya tidak asing lagi bagi JULOvers. Bebeberapa makanan khas Indonesia itu pastinya juga favorit JULOvers kan? Apa saja makanan khas indonesia tersebut, simak detailnya disini. Siapa tahu ada makanan favorit kamu JULOvers!

1. Soto

Makanan-Khas-Indonesia

Source: Unsplash

Makanan khas Indonesia yang pertama adalah soto. Walau banyak variasinya, soto pada umumnya adalah hidangan berkuah seperti sup yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda, misalnya soto Madura, soto Kediri, soto Pemalang, soto Lamongan, soto Jepara, soto Semarang, soto Kudus, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, sroto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, hingga coto Makassar.

2. Rendang

Makanan-Khas-Indonesia

Source: Unsplash

Makanan khas Indonesia berikutnya adalah rendang, hampir dari semua JULOvers pasti sudah pernah mencobanya. Rendang merupakan menu berbahan dasar daging yang diolah dengan aneka rempah seperti ketumbar, kunyit dan aneka bumbu dapur lainnya. Rendang adalah menu khas Padang yang kaya rasa dan sangat legit. Rasanya memang cenderung asin, dengan kuah pekat yang menempel karena bumbu yang digunakan juga banyak. Biasanya dagingnya lembut dan meninggalkan rasa lezat di lidah saat disantap dengan nasi hangat.

3. Papeda

Makanan-Khas-Indonesia

Source: Flickr

Kalau JULOvers bekunjung ke Indonesia bagian Timur, maka jangan lewatkan untuk mencoba rasa asli dari papeda (bubur sagu). Salah satu makanan khas Indonesia pokok yang digemari penduduk Papua ini berbahan utama sagu dan cukup terkenal di Indonesia. Tekstur dari jajanan tradisional khas Indonesia timur ini kenyal dan lengket dengan rasa yang tawar biasanya dikonsumsi dengan ikan kuah kuning yang gurih.

wisata-indonesia

4. Pempek

Makanan-Khas-Indonesia

Source: Flickr

Pempek adalah menu khas dari Palembang. Pempek dibuat dari bahan dasar ikan yang diolah dengan tepung dengan aneka bentuk unik. Ada yang disebut kapal selam, lenjer, dan lainnya. Biasanya pempek ini akan disantap dengan kuah encer yang terbuat dari saus cuka dan gula. Selain itu, ada tambahan mie dan acar di dalamnya. Saat disantap, lidah JULOvers akan betul-betul dimanja karena ada rasa gurih, manis, asam dan asin sekaligus.

5. Gudeg

Makanan-Khas-Indonesia

Source: Flickr

Makanan khas Indonesia dari Yogyakarta ini memiliki cita rasa manis dan berhasil memikat banyak masyarakat internasional. Bahkan kini sudah banyak pelaku bisnis yang mengekspor makanan khas Indonesia ini dalam bentuk kalengan. 

Baca Juga: 10 Motif Batik Indonesia yang Cocok Dipakai Setiap Hari

Gudeg adalah olahan sayur yang terdiri dari nangka muda mentah. Buah nangka muda ini kemudian diparut dan direbus dengan gula aren dan santan dengan api kecil selama beberapa jam. Bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, lengkuas, daun salam, dan daun jati ditambahkan ke dalam adonan yang memberi warna cokelat kemerahan pada hidangan. Makanan khas Indonesia ini pun akan terasa lebih nikmat jika dimasak dalam panci tanah di atas tungku.

6. Rawon

Makanan-Khas-Indonesia

Source: Flickr

Rawon merupakan makanan khas Indonesia dari Surabaya yang menyerupai sup daging dengan kuah berwarna hitam. Walaupun dihidangkan menyerupai sup, namun kuah rawon berbeda dengan sup daging pada umumnya. Kuah rawon berwarna hitam karena dibuat dengan tambahan kluwek. Tak hanya memberikan warna yang unik, penggunaan kluwek juga membuat rasa rawon semakin khas dan nikmat. Rawon biasanya disajikan dengan tambahan telur asin dan tauge rebus. Ada juga yang menambahkan perasan jeruk nipis dan sambal, sehingga membuat rasanya semakin kaya.

7. Nasi Liwet

Makanan-Khas-Indonesia

Source: Flickr

Makanan khas Indonesia ini berasal dari Solo, Jawa Tengah. Nasi liwet banyak ditemukan di berbagai sudut Kota Solo terutama ketika masih pagi. Namun ketika malam, nasi liwet juga bisa ditemukan di pinggir jalan sembari menikmati suasana Kota Solo. Nasi liwet berisi nasi yang dimasak dengan santan dan kaldu ayam, serta ditambahkan serai dan daun salam agar semakin harum dan sedap. Nasi liwet biasa disajikan dengan potongan ayam, telur, dan sambal goreng. Gurih santan yang meresap ke nasi dan pedasnya sambal goreng mampu menggugah selera.

wisata-indonesia

8. Ayam Betutu

Makanan-Khas-Indonesia

Source: Flickr

Ayam betutu merupakan makanan khas Indonesia berasal dari Bali, berbahan baku utama daging ayam ataupun bebek. Hidangan berwarna kuning kemerahan ini dimasak menggunakan bumbu genep (rempah khas Bali), cabai, merica hitam dan putih, cengkeh, pala, ketumbar, tabiabun dan bangle.

9. Bakso

Makanan-Khas-Indonesia

Source: Flickr

Bakso adalah salah satu makanan khas Indonesia yang akan menggoyang lidah JULOvers ketika mencicipinya. Walaupun di negara-negara lain pun ada menu bakso yang terkenal dengan sebutan meatball, namun cara penyajiannya tentu saja berbeda-beda. Bakso yang hanya ada di Indonesia adalah bakso Malang dan bakso bakar. Siapa yang tidak kenal dengan bakso Malang? Bakso Malang ini disajikan dengan kuah kaldu panas, bisa disertai dengan mie atau bihun, pangsit, gorengan, dan sayur yang juga disediakan beragam, mulai dari kol, sawi, atau selada. Selain bakso Malang, bakso  bakar juga merupakan salah satu makanan khas kota Malang. Bakso bakar ini diolah dengan cara dibakar di atas arang dan disiram bumbu spesial.

10. Gado Gado

Makanan-Khas-Indonesia

Source: Flickr

Gado-gado adalah semacam salad sayuran khas Indonesia yang terdiri dari sayuran seperti kubis, wortel, kangkung, bayam, dan pare yang mana semua sayuran itu telah direbus. Setelah itu sayuran tersebut dihidangkan bersama dengan tahu goreng dan tempe kemudian lontong atau ketupat.

Hidangan tersebut lalu disiram dengan saus kacang pedas manis. Gado-gado juga hadir dalam berbagai variasi, sesuai dengan pilihan sayuran yang digunakan.

Ayo Kulineran Bersama JULO!

Makanan-Khas-Indonesia

Begitu banyak kuliner makanan khas Indonesia, tapi makanan di rumah itu itu aja? Kalau bosan dengan makanan yang itu itu saja, pakai saja jasa antar jemput makanan menggunakan ojek online favorit kamu. Nah kalau mau isi ulang dompet digitalnya pakai dong JULO! Karena sekarang dengan  JULO kamu bisa isi ulang dompet digital kamu menggunakan fitur Top Up Dompet Digital dari JULO Kredit DigitalJULO Kredit Digital menjadi rekomendasi utama untuk kamu yang sedang mencari layanan aplikasi kredit digital bulanan langsung cair terpercaya dan terdaftar di OJK.

Baca Juga: 8 Museum Indonesia yang Unik dan Seru Untuk Dikunjungi

Dengan limit tinggi sampai dengan 15 juta rupiah, JULOvers dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel 9 bulan. Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Sehingga kamu tidak perlu takut dengan tambahan biaya dadakan serta tidak jelas yang membengkak! Selain praktik penagihan yang manusiawi serta tersertifikasiJULO juga bisa menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajian kamu. Dengan begitu, kamu bisa membayar cicilan dengan lebih mudah.

Lalu tunggu apalagi? Ayo #SIAPMELESAT bersama JULO Kredit Digital!

Mau Isi Saldo GoPay Sekarang, Bayarnya Dicicil?

Yuk Isi Saldo Semua Dompet Digital Pakai JULO

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan