bagaimana cara melakukan promosi produk

Pahami Bagaimana Cara Melakukan Promosi Produk dan Usaha

Dalam menjalankan usaha, JULOvers pasti memerlukan promosi produk bukan? Lewat promosi ini kamu bisa meningkatkan target penjualan usaha. Terdapat berbagai strategi promosi yang dapat kamu susun agar sesuai dengan harapan penjualan. Mengenai bagaimana cara melakukan promosi produk tersebut, salah satunya kamu bisa memanfaatkan media sosial.

Melakukan promosi lewat media sosial memang sedang digandrungi para pemilik usaha. Mengingat saat ini eranya bisnis digital. Hampir semua jenis usaha mempromosikan produknya secara online. Lalu, mengapa kamu perlu melakukan promosi produk? Juga, bagaimana cara melakukan promosi produk agar tepat sasaran? Mari simak jawabannya di bawah ini. 

Mengapa Kamu Harus Melakukan Promosi Produk?

Mengapa Kamu Harus Melakukan Promosi Produk?
Sumber: Pexels

Terdapat berbagai alasan mengapa kamu harus melakukan promosi, salah satu yang sudah pasti yaitu untuk meningkatkan jumlah penjualan dan pendapatan. Jika tidak dipromosikan, khususnya secara online, orang-orang tidak akan mengenal produk usaha yang sedang kamu jalankan. Maka dari itu, bagaimana cara melakukan promosi produk bisa dikatakan wajib hukumnya bagi setiap pemilik usaha.

Baca Juga: Beragam Tips Strategi Pemasaran Produk Kerajinan untuk Pemula

Lalu, seberapa penting promosi ini dilakukan? Jawabannya tentu sangat penting, karena promosi adalah bagian dari proses usaha atau bisnis yang bisa mendatangkan pelanggan atau klien baru. Tanpa promosi, produk tidak akan bertahan lama di pasaran. 

Apalagi pesaing bisnis makin hari makin banyak. Untuk itu, jangan sampai kamu hanya diam saja tidak melakukan promosi. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara melakukan promosi produk dapat kamu simak jawabannya di bawah ini.  

1. Untuk Memberikan Informasi Produk 

 Untuk Memberikan Informasi Produk 
Sumber: Pexels

Bagaimana cara melakukan promosi produk ini dapat membantu mengedukasi pelanggan dengan memberikan informasi seputar produk, seperti komposisinya, manfaat, keunggulan, kelebihan, hingga harganya. Kamu bisa mempromosikannya melalui berbagai perantara. Bisa berupa gambar, video, teks, bahkan bisa bertatap muka.

Memberikan informasi produk kepada pelanggan artinya kamu sedang memberikan mereka pengetahuan bagaimana cara melakukan promosi produk yang menonjolkan banyak keunggulan dan manfaat. Informasi inilah yang memang para pelanggan sedang cari. 

Ketika kamu mempromosikan informasi produk ini secara tepat sasaran, pelanggan pasti dengan cepat akan segera membeli produk tersebut.

2. Menjangkau Konsumen yang Lebih Luas

Menjangkau Konsumen yang Lebih Luas
Sumber: Pexels

Melakukan promosi secara online menggunakan sistem digital marketing dapat membantu kamu menjangkau pelanggan jadi lebih luas lagi. Bagaimana cara melakukan promosi produk secara online ini memiliki tahapan. Tahapan promosi dalam digital marketing akan memudahkan kamu menemukan pelanggan yang tepat sasaran. Bahkan pengenalan produk menjadi lebih efektif.

Bagaimana cara melakukan promosi produk bisa berdampak pada konsumen yang lebih luas? Ketika lebih banyak orang mengetahui informasi produk kamu, maka peluang closing pun makin besar. Apalagi produk yang dipromosikan itu memiliki kualitas bagus dan sesuai dengan ekspektasi para pelanggan. Jadi jangan ragu untuk terus melakukan promosi demi mendapat keuntungan yang kamu targetkan.

3. Mendatangkan Pembeli Baru

Mendatangkan Pembeli Baru
Sumber: Pexels

Pentingnya bagaimana cara melakukan promosi produk dalam usaha yaitu untuk mendatangkan pembeli baru atau bahkan mempertahankan loyalitas pelanggan sebelumnya. Kegiatan promosi ini dilakukan untuk memengaruhi persepsi calon pembeli produk. Juga promosi ini bisa dikatakan sebagai cara para pelaku usaha dalam mengelola pelanggan setianya. 

Untuk itu, aktivitas promosi ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlu ada konsep yang disesuaikan dengan target pasar. Ketika sudah sesuai dengan target, maka pelanggan pun akan datang dengan sendirinya. Upayakan untuk selalu memahami bagaimana cara melakukan promosi produk dengan memerhatikan behaviour pelanggan agar mereka kembali membeli produk yang kamu promosikan. 

4. Membangun Brand Awareness

Membangun Brand Awareness
Sumber: Pexels

Bagaimana cara melakukan promosi produk yang tepat saat membangun brand awareness? Penting untuk calon pelanggan mengetahui hal unik dari merek produk yang kamu tawarkan. Hal-hal unik ini bisa kamu sampaikan saat menginformasikan keunggulan atau manfaat produk.

Proses membangun brand awareness ini bisa dikatakan mudah bisa juga tidak, tergantung dengan gaya promosi yang kamu lakukan. Biasanya calon pembeli ini membeli produk karena memiliki permasalahan tertentu yang berkaitan dengan produk yang kamu tawarkan. 

Maka dari itu, kamu bisa mendekati calon pembeli lewat permasalahan atau kebutuhan mereka. Untuk itulah kamu harus tahu bagaimana cara melakukan promosi produk dengan benar.

5. Membangun Loyalitas Konsumen

Membangun Loyalitas Konsumen
Sumber: Pexels

Kualitas produk akan memengaruhi loyalitas konsumen. Biasanya, jika mereka merasa puas dengan produk yang digunakan, mereka akan terus menggunakannya. Bagaimana cara melakukan promosi produk ini dapat berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen. Jika mereka kecewa, mereka akan menceritakan pengalaman kekecewaannya kepada orang lain dan kamu sebagai pemilik usaha akan merugi.

Untuk itu, penting untuk membangun loyalitas pelanggan dengan memberikan program promosi yang menarik. Misalnya dengan memberikan paket hadiah, door prize, dan lain sebagainya. Di sisi lain, kegiatan promosi ini bisa dikatakan juga sebagai sarana mengikat konsumen agar tetap menggunakan produk yang  ditawarkan.

 

kredit digital Julo

 

Bagaimana Cara Melakukan Promosi Produk dengan Baik?

Bagaimana Cara Melakukan Promosi Produk dengan Baik?
Sumber: Pexels

Untuk bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan para pengusaha, maka kamu perlu memasarkan produk dengan efektif dan tepat sasaran. Bagaimana cara melakukan promosi produk dengan strategi pemasaran yang tepat? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Kenali Siapa Pelanggan Kamu

Kenali Siapa Pelanggan Kamu
Sumber: Pexels

Kamu harus benar-benar mengetahui dan memahami siapa pelanggan yang akan menjadi target penjualan produk. Pada intinya, produk harus dipasarkan tepat sasaran. Makin baik kamu mengenal pelanggan kamu, maka makin mudah untuk melakukan promosi. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Strategi Pemasaran yang Bisa Dicoba

Mengenali pelanggan sampai hal yang mereka sukai seperti makanan, lagu, hingga hobi akan lebih mempermudah bagaimana cara melakukan promosi produk yang akan dilakukan. 

2. Buat Anggaran yang Realistis

Buat Anggaran yang Realistis
Sumber: Pexels

Bagaimana cara melakukan promosi produk dengan membangun strategi pemasaran tidak dilakukan secara gratis. Sebab itu, kamu perlu menyiapkan anggaran dengan perhitungan yang realistis. Jangan sampai karena kamu terlalu bersemangat untuk promosi, malah membuang cuma-cuma. Bukan menjadi bertahan lama, usaha kamu bisa tutup dengan segera.

3. Lakukan Pemasaran yang Efektif

Lakukan Pemasaran yang Efektif
Sumber: Pexels

Strategi pemasaran yang kamu lakukan harus lebih dari satu agar promosi yang dilakukan efektif. Kamu bisa memanfaatkan beragam platform online, seperti marketplace dan sosial media.

Baca Juga: Langkah-Langkah Strategi Pemasaran Online untuk Bisnis Baru

Kamu juga bisa dengan menggandeng brand ambassador dan bekerja sama dengan influencer. Bagaimana cara melakukan promosi produk ini akan membuat usaha kamu akan lebih lebih cepat dikenal banyak orang. 

4. Memaksimalkan Kinerja Media Sosial

Memaksimalkan Kinerja Media Sosial
Sumber: Pexels

Media sosial yang dapat kamu gunakan untuk promosi terdiri dari Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, dan Telegram. Setiap media memiliki ciri khas masing-masing. Misalnya Instagram yang lebih fokus pada visual dibandingkan dengan teks. Berbeda dengan Twitter yang lebih menonjolkan teks.

Baca Juga: Manfaatkan Media Sosial Instagram Untuk Memasarkan Usahamu dengan Cara Berikut Ini!

Bagaimana cara melakukan promosi produk di media sosial ini dapat kamu manfaatkan semaksimal mungkin, hanya saja tidak semuanya perlu kamu aktivasi. Pilih beberapa saja yang menurut kamu efektif.

5. Bangun Toko Online

Bangun Toko Online
Sumber: Pexels

Jika memungkinkan, sebaiknya kamu membangun toko online agar terkesan profesional dan tepercaya. Kamu bisa membuat blog atau website sebagai media promosi kepada para pelanggan.

Jangan lupa untuk selalu menghadirkan foto di setiap produk yang kamu tawarkan. Memiliki website termasuk salah satu bagaimana cara melakukan promosi produk ini dapat dikenal lebih banyak orang melalui proses pencarian di internet. 

6. Bangun Usaha di Tempat yang Tepat

Bangun Usaha di Tempat yang Tepat
Sumber: Pexels

Lokasi di mana kamu membuka usaha akan sangat berpengaruh terhadap hasil penjualan. Pilihlah lokasi usaha yang banyak dikunjungi atau dilewati orang. Kamu juga bisa memodifikasi tempat usaha dengan lebih instagramable misalnya.

Sehingga pelanggan yang datang tidak hanya tertarik dengan produk yang kamu tawarkan, melainkan ingin menikmati keindahan dan kenyamanan tempatnya.  

Demikianlah bagaimana cara melakukan promosi produk yang disesuaikan dengan target pelanggan. Nah, untuk memulai promosi produk dan memperluas jangkauan pelanggan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi kredit digital JULO untuk tambahan modal promosi. 

Proses pencairannya pun cepat dan aman. Yuk download aplikasinya sekarang juga, agar JULOvers bisa segera mempromosikan produk kepada calon pelanggan baru.

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…