Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Cara Menghitung Biaya Mengecat Kamar Tidur?
1. Survei Cat Dinding Terbaik untuk Kamar Tidur
2. Tuliskan Alat, Bahan, dan Jasa yang Dibutuhkan
3. Ukur Luas Kamar Tidur dan Volume Cat yang Dibutuhkan
4. Hitung Volume Pengerjaan yang Perlu Dilakukan
5. Mulai Hitung Biaya Pengecatan Dinding
6. Pahami Jumlah Cat yang Dibutuhkan Per Meter

Rincian Biaya Mengecat Kamar Tidur dan Tips Menghitungnya

biaya mengecat kamar tidur

Sudah mulai bosan dengan suasana kamar tidur saat ini? JULOvers bisa mencoba merencanakan pengecatan ulang kamar agar aktivitas belajar atau bekerja jadi lebih bersemangat. Jangan langsung takut dengan biaya mengecat kamar tidur yang mahal. 

Mengapa kamu tidak melakukan perhitungan terlebih dahulu untuk mendapatkan biaya pastinya? Itu sebabnya pada kesempatan kali ini JULOvers akan diajak untuk memahami cara menghitung biaya mengecat kamar tidur. Apakah JULOvers sudah siap? Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Mengecat Kamar Tidur?

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Mengecat Kamar Tidur

Membuat kamar tidur menjadi tempat yang nyaman sudah jelas sangat penting dilakukan. Apalagi kalau kamu menjadikan fungsi kamar tidur sekaligus ruang belajar atau bekerja maka suasananya perlu dibuat sangat nyaman dan estetik.

Baca Juga: Estimasi Biaya Renovasi Kamar Tidur Sederhana dan Beberapa Tipsnya

Bukan soal besar kecilnya ruangan atau tata letaknya yang menjadi masalah. Benar bahwa kedua aspek tersebut memberikan pengaruh yang cukup berdampak. Tetapi kalau warna estetikanya tidak diperbaiki maka kamar tidur kamu tetap tidak nyaman untuk beristirahat maupun beraktivitas. 

Jadi mengecat ulang kamar tidur tetap penting untuk dilakukan. Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi mari langsung saja perhatikan cara-cara menghitung biaya mengecat kamar tidur di bawah ini. 

1. Survei Cat Dinding Terbaik untuk Kamar Tidur

Survei Cat Dinding Terbaik untuk Kamar Tidur

Sebagai langkah awal, mulailah dengan melakukan survei cat dinding. Coba cari cat dinding berkualitas yang tidak mudah mengelupas serta memberikan perlindungan terhadap jamur, kuman, dan terbebas dari bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

2. Tuliskan Alat, Bahan, dan Jasa yang Dibutuhkan

Tuliskan Alat, Bahan, dan Jasa yang Dibutuhkan

Sudah menemukan cat terbaik? Sekarang saatnya untuk mencari peralatan yang dibutuhkan untuk mengecat dinding. Tuliskan semua alat dan bahan yang diperlukan sekaligus dengan perkiraan harganya sehingga kamu bisa menghitung total biaya tersebut. 

Beberapa peralatan yang dibutuhkan contohnya plamir, kertas gosok, cat dinding berwarna, dan masking tape. Apabila kamu membutuhkan seorang ahli untuk melakukan pengecatan ulang, tuliskan juga butuh berapa orang pekerja dan perkiraan harganya. 

3. Ukur Luas Kamar Tidur dan Volume Cat yang Dibutuhkan

Ukur Luas Kamar Tidur dan Volume Cat yang Dibutuhkan

Selanjutnya kamu perlu mengetahui luas kamar tidur untuk memastikan berapa volume cat yang dibutuhkan. Berikut beberapa rumus yang bisa digunakan: 

  • Rumus luas dinding = (2 x panjang x tinggi kamar) + (2 x lebar x tinggi kamar) - (luas jendela)
  • Rumus volume cat = luas dinding ÷ daya sebar cat

Apabila kamar tidur kamu memiliki jendela maka tinggal hitung luasnya berdasarkan bentuk. Jadi kalau bentuk jendela persegi maka gunakanlah rumus luas persegi. Tetapi kalau berbentuk persegi panjang maka gunakanlah rumus tepat untuk menghitung luasnya. 

Kemudian soal daya sebar cat biasanya akan tertera dalam kemasan. Beberapa rumus luas persegi dan persegi panjang ialah sebagai berikut: 

  • Rumus luas persegi = sisi x sisi 
  • Rumus luas persegi panjang = panjang x lebar

4. Hitung Volume Pengerjaan yang Perlu Dilakukan

Hitung Volume Pengerjaan yang Perlu Dilakukan

Menghitung volume pengerjaan perlu dilakukan supaya kamu mengetahui luas dinding yang perlu di cat. Itu berarti luas dinding yang tepat seharusnya sudah dikurangi dengan pintu dan jendela kamar tidur. Rumus yang digunakan ialah sebagai berikut: 

Rumus luas dinding pengerjaan = (panjang x tinggi dinding) - (lebar kosen pintu x tinggi kosen pintu) - (lebar kosen jendela x tinggi kosen jendela)

5. Mulai Hitung Biaya Pengecatan Dinding

Mulai Hitung Biaya Pengecatan Dinding

Mari coba masukkan angka-angka sesuai ukuran kamar tidur ke dalam rumus yang sudah disebutkan di poin sebelumnya. Asumsikan kamar tidur kamu memiliki spesifikasi sebagai berikut: 

  • Tinggi dinding = 3,5 m
  • Panjang dinding = 4 m 
  • Lebar dinding = 5 m
  • Ukuran pintu = 1 m x 1,5 m
  • Ukuran 1 jendela = 0,5 m x 1 m

Kemudian coba hitung luas dinding yang akan di cat dengan beberapa rumus berikut ini: 

Luas dinding (belum termasuk jendela dan pintu) = (2 x panjang x tinggi kamar) + (2 x lebar x tinggi kamar)

= ( 2 x 4 m x 3,5 m) + (2 x 5 m x 3,5 m)

= 28 m2 + 35 m2

= 63 m2

Luas pintu = panjang x lebar 

= 1 m x 1,5 m

= 1,5 m2

Luas jendela = panjang x lebar

= 0,5 m x 1 m

= 0,5 m2

Jika luas dinding dikurangi dengan luas pintu dan jendela maka hasilnya akan menjadi sebagai berikut:

Luas total dinding = luas dinding - luas jendela - luas pintu

= 63 m2 - 0,5 m2 - 1,5 m2

= 61 m2

Setelah luas total dinding kamar ditemukan maka kamu bisa mulai menghitung biaya pengecatan yang harus dikeluarkan. Apabila kamu memutuskan untuk menggunakan jasa seorang ahli maka kalikan dengan biaya tersebut. 

Asumsikan bahwa harga jasa per meternya dipatok dengan harga Rp20.000. Lalu masukkan angka tersebut ke dalam rumus berikut ini: 

Biaya cat dinding = luas total dinding x harga per meter

= 61 m2 x Rp20.000/m2

= Rp1.220.000

 

Berarti total biaya yang kamu butuhkan untuk membayar jasa ahli pengecatan tembok ialah Rp1.220.0000bayar tagihan online Julo

6. Pahami Jumlah Cat yang Dibutuhkan Per Meter

Pahami Jumlah Cat yang Dibutuhkan Per Meter

Pertanyaan selanjutnya, “Berapa perkiraan jumlah cat yang dibutuhkan untuk mengecat seluruh dinding kamar?” Sebelum menghitungnya dengan rumus, kamu perlu tahu berapa berat kalengan cat yang dijual. 

Jika kamu memutuskan membeli cat yang memiliki berat 5 kg atau 6,2 liter maka tinggal bagi dengan luas total dinding. Biasanya 1 liter cat bisa digunakan untuk mengecat dinding sepanjang 10 m2. Itu berarti 6 liter cat bisa digunakan untuk 60 m2 dari luas dinding. 

pembagiannya dengan luas total dinding akan menjadi seperti: 

Total cat = 61 m2 ÷ 60 m2 

= 1,016 

Jadi sebenarnya kamu hanya memerlukan 1 kaleng cat yang memiliki berat 5 kg. Namun untuk berjaga-jaga kamu bisa membeli 2 kaleng cat dinding berukuran 5 kg serta 1 kaleng berukuran 2,5 kg. 

Kemudian kamu tinggal mencari tahu harga 1 kaleng cat dinding dan menjumlahkannya dengan biaya jasa cat yang sudah dihitung sebelumnya. Asumsikan harga 1 kaleng cat berukuran 5 kg dijual dengan harga Rp200.000 dan 1 kaleng cat ukuran 2,5 kg memiliki harga Rp100.000. 

Total harga keseluruhan biaya mengecat kamar tidur menjadi: 

Total biaya = total harga jasa mengecat + total harga cat

= Rp1.220.000 + ((2x Rp200.000) +Rp100.000)

= Rp1.220.000 + (Rp400.000 + Rp100.000)

= Rp1.220.000 + Rp500.000

= Rp1.720.000 

Bagaimana JULOvers? Perkiraan biaya mengecat kamar tidur di atas tidak terlalu mahal, bukan? Jika JULOvers percaya diri untuk mengerjakannya sendiri maka biaya jasa mengecat bisa dihilangkan. 

Tetapi dengan jumlah perkiraan biaya tersebut sebenarnya kamu bisa melakukan cicilan menggunakan JULO Kredit Digital. Di JULO, kamu bisa menggunakan fitur Dana Tunai untuk melakukan pinjam dana online secara cepat dan mudah. 

Tenor yang diberikan juga fleksibel serta bisa disesuaikan dengan tanggal gajian JULOvers. Limit kredit yang diberikan cukup besar yakni mencapai Rp15.000.000. Langsung saja manfaatkan promo siap melesat untuk menciptakan kamar tidur impian JULOvers. Download aplikasinya sekarang dan #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya