Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Berapa Biaya Pendidikan Anak dari TK Hingga Kuliah?
1. Biaya Masuk TK
2. Biaya Masuk SD
3. Biaya Masuk SMP 
4. Biaya Masuk SMA
5. Biaya Masuk Kuliah

Rincian Biaya Pendidikan Anak Hingga Lulus Kuliah dan Cara Mempersiapkannya

biaya pendidikan anak

Selain mempersiapkan biaya persalinan dan kebutuhan anak lainnya, tahukah kamu bahwa merencanakan biaya pendidikan anak juga penting? Sebagai orang tua maupun calon orang tua, JULOvers pasti menginginkan pendidikan yang terbaik untuk buah hati. Terlebih, sedikit banyak lingkungan sekolah akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Saat ini bukan menjadi rahasia lagi bahwa biaya pendidikan terus meningkat setiap tahunnya, baik dari jenjang TK maupun kuliah. Hal ini dapat dipengaruhi oleh biaya operasional yang semakin meningkat, fasilitas gedung yang baik, kurikulum berkualitas, tenaga pendidik yang profesional, dan masih banyak lagi.

Tidak dapat dimungkiri bahwa sebagian besar sekolah dengan harga yang cukup tinggi memang memberikan pembelajaran yang baik dan output yang berkualitas. Maka dari itu, perencanaan seputar anak bukan hanya seputar biaya melahirkan saja, tetapi juga biaya pendidikannya. Agar memiliki gambaran mengenai biaya yang dibutuhkan, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Berapa Biaya Pendidikan Anak dari TK Hingga Kuliah?

Berapa Biaya Pendidikan Anak dari TK Hingga Kuliah

Sebenarnya, setiap sekolah memiliki estimasi biaya yang berbeda tergantung dengan fasilitas sekolah, jenis sekolah seperti negeri atau swasta, dan daerah sekolah tersebut berada. Namun agar memudahkan JULOvers untuk memperkirakan biaya pendidikan, berikut biaya pendidikan anak yang harus dipersiapkan dari berbagai jenjang pada wilayah Jabodetabek:

1. Biaya Masuk TK

Biaya Masuk TK

Pada jenjang taman kanak-kanak, sebagian besar sekolah umumnya merupakan sekolah swasta. Sehingga Anda mungkin membutuhkan pengeluaran pada uang pangkal yang lebih besar. Biaya pendidikan anak TK di wilayah Jakarta berkisar pada biaya minimal 3 juta hingga lebih dari 70 juta, tergantung pada sekolah yang dipilih.

Baca Juga: 5 Tips Paling Ampuh Siapkan Dana Pendidikan Si Kecil!

Pasalnya, saat ini banyak sekolah swasta berbasis internasional yang tentunya memiliki biaya yang lebih tinggi. Setiap tahunnya, biaya pendidikan mengalami peningkatan sebesar 10%. Maka apabila anak akan masuk sekolah swasta dengan uang pangkal 3 juta pada tahun ini, kamu harus mempersiapkan sebanyak 4 juta hingga 5 juta untuk biaya pendidikan TK pada tahun depan. 

Uang pangkal tersebut bukan merupakan satu-satunya biaya yang dibayarkan. Setiap bulannya, kamu harus membayar SPP dengan besaran yang ditentukan oleh sekolah, umumnya berada pada kisaran Rp500.000 hingga lebih dari Rp5.000.000.

2. Biaya Masuk SD

Biaya Masuk SD

Berbeda dengan TK, SD memiliki lebih banyak pilihan sekolah negeri. Jika JULOvers berminat untuk menempatkan anak pada sekolah negeri untuk mendapatkan pendidikan, berdasarkan Permendikbud No. 1 Tahun 2021 menyatakan bahwa biaya masuk sekolah dan proses pendaftaran sebesar 0 rupiah atau gratis. 

Namun tentu saja terdapat syarat yang ditetapkan, salah satunya adalah usia masuk SD diatur minimal 7 tahun atau 6 tahun dengan batas usia 6 tahun pada tanggal 1 Juli. Tetapi, jika berminat pada sekolah swasta, JULOvers tidak perlu khawatir sebab pilihan sekolah swasta di berbagai daerah pun juga melimpah.

Untuk daerah Jabodetabek, rata-rata biaya masuk pendidikan sekolah swasta berkisar antara 11 juta hingga lebih dari 30 juta untuk uang pangkal. Beberapa sekolah menerapkan pembayaran per tahun, beberapa lainnya juga menerapkan pembayaran bulanan. Apabila dihitung pembagian pada setiap bulan, SPP yang perlu dibayarkan kisaran 500 ribu hingga lebih dari 3 juta. 

3. Biaya Masuk SMP 

Biaya Masuk SMP 

Sama seperti sekolah dasar, SMP juga memiliki banyak pilihan jenis sekolah baik negeri maupun swasta. Diatur dengan peraturan yang sama, SMP juga tidak memungut biaya apa pun saat proses masuk.

Baca Juga: Biaya Masuk SMP serta Tips Mempersiapkannya

Namun, kamu tetap harus membayar sejumlah uang untuk SPP setiap bulannya. Besarannya pun beragam, mulai dari 100 ribu hingga 1 juta rupiah. Besaran nilai SPP ini ditentukan oleh besar kecilnya bantuan yang dari pemerintah yang diterima oleh sekolah negeri. 

 

Sementara pada SMP swasta di daerah Jabodetabek, biaya masuk diperkirakan berkisar dari 15 juta hingga lebih dari 30 juta tergantung dari sekolah yang dipilih. Di samping itu, terdapat biaya SPP yang dibayar setiap tahun atau setiap bulan sebesar 500 ribu hingga lebih dari 3 juta. Beberapa sekolah yang memberikan fasilitas lengkap dan berbasis internasional dapat mencapai 100 juta per tahunnya.bayar tagihan online Julo

4. Biaya Masuk SMA

Biaya Masuk SMA

Pada jenjang sekolah menengah atas, kamu mungkin membutuhkan biaya yang sedikit lebih tinggi dibandingkan 3 jenjang sebelumnya, terlebih saat kamu memutuskan untuk masuk pada sekolah swasta internasional. SMA swasta berbasis internasional memang memiliki mutu kurikulum yang sangat apik, tak heran jika biaya yang dibutuhkan juga lebih tinggi. 

Saat ini, pada wilayah Jabodetabek biaya pendidikan anak SMA swasta setiap bulannya berkisar pada 8 juta hingga lebih dari 30 juta. Beberapa sekolah menerapkan pembayaran tahunan dan pembayaran setiap semesternya. Uang bulanan tersebut tentunya belum termasuk uang pangkal yang harus dibayarkan saat proses penerimaan awal. 

Bagaimana dengan SMA negeri? Biaya SPP yang dibutuhkan sekolah negeri umumnya tidak jauh berbeda dengan SMP. Estimasi biaya SPP yang harus dibayarkan setiap bulannya berkisar pada 100 ribu hingga 2 juta tanpa ada uang pangkal atau uang gedung. 

5. Biaya Masuk Kuliah

Biaya Masuk Kuliah

Meskipun sama-sama memiliki jenis kampus negeri dan swasta, besaran biaya pendidikan masuk kuliah berbeda dengan 4 jenjang sebelumnya. Baik kampus negeri maupun swasta memberlakukan adanya uang pangkal yang harus dibayarkan saat diterima. Bahkan untuk mengikuti tes masuk pun, perlu dilakukan pembayaran sebesar 250 ribu hingga 400 ribu. 

Uang pangkal setiap kampus negeri maupun swasta memiliki nilai yang berbeda tergantung pada kebijakan universitas. Beberapa universitas negeri menetapkan besaran uang pangkal berada pada kisaran 0 hingga lebih dari 50 juta. Tidak hanya itu, terdapat uang kuliah tunggal atau UKT yang harus dibayarkan per semester dengan besaran 0 hingga lebih dari 15 juta. 

Tapi JULOvers tidak perlu khawatir. Jika SD, SMP, dan SMA terdapat bantuan dana bos dari pemerintah, jenjang perkuliahan memiliki program bidik misi yang memberikan kesempatan bebas biaya kuliah dengan syarat tertentu. 

Sementara itu, universitas swasta umumnya memiliki aturan uang pangkal yang lebih besar yaitu 10 juta hingga lebih dari 100 juta. UKT yang harus dibayarkan per semester pun juga beragam, mulai dari 2 juta hingga lebih dari 50 juta. Tetapi sistem pembayaran beberapa kampus swasta menerapkan UKT tinggi pada 4 semester pertama dan menurun pada semester selanjutnya mengikuti jumlah mata kuliah yang diambil. 

Nah itu dia berbagai rincian biaya pendidikan anak mulai dari TK hingga kuliah. Perlu diingat bahwa estimasi biaya di atas belum termasuk dengan biaya tambahan keperluan seperti seragam, kegiatan ekstra, les, dan lain sebagainya. Karena memiliki banyak pilihan tersedia,  JULOvers dapat memilih sekolah sesuai dengan kemampuan dan kualitas yang diinginkan. 

Melalui gambaran besaran biaya yang dibutuhkan, sebaiknya JULOvers merencanakan anggaran dengan terperinci sejak masih usia produktif. Hal ini akan membantu meringankan beban kamu di kemudian hari dan dapat memberikan masa depan yang cemerlang untuk anak terutama dalam bidang pendidikan. 

Jangan lupa, dibanding dengan pemenuhan gaya hidup yang berlebihan, memberikan pendidikan yang terbaik adalah salah satu investasi yang lebih penting dan bermanfaat. Apabila terlambat membuat perencanaan, JULOvers tidak perlu khawatir. JULO hadir sebagai solusi pinjam dana digital dengan mudah dan cepat untuk kebutuhan biaya pendidikan anak. 

Mencemaskan durasi tenor? Jangan panik sebab JULO memberikan durasi tenor maksimal selama 9 bulan dan suku bunga yang rendah. Download JULO sekarang dan nikmati kemudahan pinjaman digital yang aman. Jangan lupa gunakan promo siap melesat untuk mendapatkan cashback sebesar 50 ribu!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Tips Berpetualang Solo Traveling di Indonesia Agar Tetap Seru!
Gaya Hidup
 Biaya Perpanjangan SIM C: Semua yang Perlu Kamu Tahu
29 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza