Daftar Isi
Berapa Biaya Servis Laptop untuk Berbagai Jenis Kerusakan?
1. Sistem Operasional
2. LCD 
3. Flash Bios
4. Speaker
5. RAM
6. Hardisk
7. DVD
8. Motherboard
9. Baterai Laptop
10. Kipas
11. Engsel Layar
12. Kabel Fleksibel Laptop
13. IC Power 
14. Chipset
15. Keyboard
16. Thermal Paste
Daftar Isi
Berapa Biaya Servis Laptop untuk Berbagai Jenis Kerusakan?
1. Sistem Operasional
2. LCD 
3. Flash Bios
4. Speaker
5. RAM
6. Hardisk
7. DVD
8. Motherboard
9. Baterai Laptop
10. Kipas
11. Engsel Layar
12. Kabel Fleksibel Laptop
13. IC Power 
14. Chipset
15. Keyboard
16. Thermal Paste

Detail Biaya Servis Laptop Menurut Jenis Kerusakan yang Kamu Alami

biaya servis laptop

Sama seperti barang elektronik lainnya, laptop JULOvers perlu diservis berkala agar pemakaiannya dapat bertahan lama. Perawatan berkala sudah pasti akan menghindari laptop dari kerusakan fatal yang sering tidak disadari. 

Jangan sampai JULOvers jadi harus mengeluarkan biaya yang sangat besar hanya karena tindakan sepele yang sebenarnya bisa dihindari. Apabila sudah telanjur rusak maka laptop harus dibawa ke tempat servis resmi agar bisa diperbaiki oleh teknisi ahli. 

Kamu tentu bisa memperbaikinya sendiri, tetapi hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan karena kemungkinan kerusakannya akan jauh lebih besar. Sebelum akhirnya memutuskan pilihan apa yang lebih baik, coba simak biaya servis laptop selengkapnya di bawah ini. 

Berapa Biaya Servis Laptop untuk Berbagai Jenis Kerusakan?

Berapa Biaya Servis Laptop untuk Berbagai Jenis Kerusakan
Sumber: Pexels

Untuk setiap kasusnya, biasa servis laptop tidak bisa dipukul rata begitu saja. Jika kerusakannya sangat ringan maka biayanya cukup terjangkau yakni mulai dari Rp50.000.

Baca Juga: 4 Cara Kredit Laptop Online dengan Mudah

Tetapi akan jadi cerita yang berbeda saat laptop kamu memiliki tingkat kerusakan yang cukup parah. Harganya bisa melonjak jauh hingga jutaan rupiah. Coba perhatikan beberapa kasus kerusakannya berikut ini. 

1. Sistem Operasional

Sistem Operasional
Sumber: Pexels

Kerusakan pada sistem operasional laptop memiliki tingkatannya masing-masing. Jika masih sangat ringan maka kamu hanya perlu melakukan install ulang sistem laptop. Ketika sistem operasionalnya sudah baik maka aktivitas yang biasa dilakukan bisa kembali berjalan normal. Re-install seperti ini akan memakan biaya sebesar Rp50.000 sampai Rp100.000. 

2. LCD 

LCD
Sumber: Pexels

Kerusakan pada LCD umumnya sudah terbilang sangat parah. Ada berbagai penyebab mengapa LCD laptop bisa rusak, contohnya seperti tertimpa barang berat, terbanting, terendam air, dan masih banyak lagi.

Ketika sudah rusak hingga mengganggu aktivitas maka LCD perlu diganti dengan yang baru ke tempat servis resmi. Perlu diingat bahwa kerusakan LCD akan memakan biaya yang cukup besar. 

Hal ini cukup wajar mengingat LCD termasuk ke dalam komponen utama yang dibutuhkan oleh laptop untuk dapat bekerja. Biaya penggantiannya bahkan bisa mencapai lebih dari Rp1.500.000. Itu sebabnya kamu perlu berhati-hati ketika menggunakan laptop supaya tidak perlu mengeluarkan biaya jutaan rupiah untuk mengganti LCD. 

3. Flash Bios

Flash Bios
Sumber: Pexels

Flash bios adalah aktivitas pembaruan sistem dalam komponen motherboard. Tindakan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas kinerja dari laptop itu sendiri. Namun secara khusus flash bios juga dilakukan untuk mengatasi masalah error atau bug yang mungkin terjadi pada sistem di versi sebelumnya. Biaya untuk melakukan flash bios dipatok dengan harga Rp100.000 sampai Rp300.000.

4. Speaker

Speaker
Sumber: Pexels

Meski jarang terjadi, speaker laptop juga bisa rusak karena debu yang menumpuk atau akibat komponen yang sudah digunakan terlalu lama. Kerusakan seperti ini wajar saja terjadi dan memang perlu diganti agar suara yang dikeluarkan menjadi jernih seperti sediakala. Setidaknya kamu perlu menyiapkan biaya servis laptop sebesar Rp300.000 untuk menggantinya dengan yang baru.

5. RAM

RAM
Sumber: Peakpx

RAM atau Random Access Memory menjadi salah satu komponen penting dalam setiap perangkat elektronik. Komponen satu ini bertugas untuk menjalankan sistem serta software yang dibuka ketika melakukan berbagai aktivitas seperti menulis, memutar video, dan lain sebagainya. 

Ketika RAM rusak tentu kamu jadi tidak bisa melakukan pekerjaan atau membuka aplikasi. Jika sudah rusak maka kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp250.000 - Rp400.000. 

6. Hardisk

Hardisk
Sumber: Pxhere

Penggantian hardisk yang rusak juga membutuhkan biaya sekitar Rp.200.000 - Rp400.000. Tetapi biaya tersebut hanya untuk hardisk bekas yang masih bisa digunakan. Apabila kamu memilih mengganti hardisk yang baru maka harganya naik menjadi Rp800.000 tergantung dari kualitas serta merek yang dipilih. 

7. DVD

DVD
Sumber: Envato

Tempat DVD atau DVD writer bertugas untuk membaca file yang tersimpan dalam CD atau DVD. Bentuk filenya pun beragam, mulai dari gambar, teks, suara, sampai video. Kerusakan komponen satu ini bisa menghabiskan biaya servis laptop sampai Rp250.000. 

8. Motherboard

Motherboard
Sumber: Envato

Motherboard menjadi komponen utama yang keadaannya harus dijaga baik-baik. Ibarat jantung yang memompa oksigen ke seluruh bagian tubuh manusia, motherboard bertugas mentransfer seluruh data dari dan ke berbagai perangkat laptop. Tentu kamu bisa menebak berapa harga motherboard yang baru hanya dari memahami fungsinya, bukan? Benar! Harganya terbilang sangat mahal yakni bisa lebih dari Rp3.000.000.bayar tagihan online Julo

9. Baterai Laptop

Baterai Laptop
Sumber: Envato

Kerusakan baterai juga sering terjadi pada orang-orang yang tidak memperhatikan laptopnya dengan baik. Apabila kamu sering tidur sambil mengisi baterai maka jangan heran apabila komponen satu ini rusak. 

Jangan salah, penggantian baterai bisa sangat mahal tergantung jenis dan tipe laptop yang kamu gunakan. Kamu harus rela mengeluarkan biaya servis laptop sebanyak Rp500.000 sampai Rp1.500.000. 

10. Kipas

Kipas
Sumber: Envato

Kipas dalam laptop berguna untuk memastikan suhu mesin-mesin yang bekerja di dalamnya tetap normal. Keberadaan kipas sangat penting mengingat mesin yang ada tidak boleh sampai kepanasan. 

Alasannya karena laptop bisa mati secara tiba-tiba apabila kerja mesin terlalu keras hingga menciptakan suhu yang sangat panas. Kipas harus segera diganti saat rusak agar kinerja laptop tidak terganggu dengan suhu tersebut. Setidaknya kamu perlu menyiapkan biaya servis laptop sebesar Rp300.000 - Rp500.000 untuk membayar jasa sekaligus komponen kipas yang baru. 

11. Engsel Layar

Engsel Layar
Sumber: Pexels

Engsel layar umumnya berguna untuk membuka tutup LCD ketika ingin menggunakannya. Engsel bisa rusak apabila ada debu dan kotoran yang menumpuk di dalamnya. Penggantian engsel yang rusak tidak terlalu mahal yakni hanya berkisar antara Rp100.000 - Rp200.000.

12. Kabel Fleksibel Laptop

Kabel Fleksibel Laptop
Sumber: Pexels

Kabel fleksibel laptop sering kali bermasalah karena pemasangannya kendur atau terlepas dari tempat yang seharusnya. Apabila masalahnya ringan seperti membetulkan kabel yang kendur maka biaya yang dibutuhkan tidak besar. Uang sebanyak Rp150.000 sebenarnya sudah cukup untuk membayar jasa servis tersebut. 

13. IC Power 

IC Power 
Sumber: Pexels

Komponen satu ini tidak boleh sampai rusak. Sebab fungsinya untuk menghubungkan arus listrik ke berbagai komponen laptop akan terganggu. Bukan tidak mungkin laptop kamu tidak bisa dinyalakan karena IC power sudah rusak. Apabila rusak maka kamu harus langsung membawanya ke tempat servis laptop resmi dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp200.000.

14. Chipset

Chipset
Sumber: Pexels

Chipset yang telanjur rusak perlu langsung diganti agar kinerja laptop dapat bekerja dengan baik. Biaya penggantian chipset ini cukup mahal mengingat fungsinya yang sangat krusial. Setidaknya kamu perlu menyiapkan biaya servis laptop dari Rp500.000 hingga Rp700.000 agar chipset bisa diganti dengan yang baru. 

15. Keyboard

Keyboard
Sumber: Pexels

Masalah keyboard yang rusak pasti menyusahkan. Kamu jadi tidak bisa beraktivitas seperti biasanya. Pekerjaan atau tugas pun harus menunggu sampai keyboard diperbaiki dengan baik. Oleh karena itu kamu perlu langsung membawanya ke tempat servis resmi dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp80.000 - Rp150.000. 

16. Thermal Paste

Thermal Paste
Sumber: Pexels

Penggantian thermal paste diperlukan sesuai dengan periode waktu tertentu supaya kinerja laptop tetap baik. Thermal paste sendiri bertugas menghantarkan panas ke kipas untuk mencegah overheat

Biaya yang diperlukan untuk menggantinya di tempat servis resmi ialah Rp150.000. Penggantiannya juga tidak memakan waktu berhari-hari. Kamu bahkan bisa menunggunya selama beberapa jam apabila tidak ada antrean yang panjang. 

Nah itu dia informasi mengenai keseluruhan biaya servis laptop apabila terjadi kerusakan pada berbagai komponen. Pastikan JULOvers memeriksakan laptop ke tempat servis resmi agar kerusakan atau error yang terjadi bisa diselesaikan langsung ke akarnya. 

Jika biaya servis laptop yang diperlukan terlalu besar namun dana yang tersedia tidak banyak maka kamu bisa mengajukan pinjaman dana online di JULO Kredit Digital. Terdapat fitur Dana Tunai yang bisa kamu gunakan dengan mudah ketika pengajuan kredit diterima.

Limit kredit sebesar Rp15.000.000 juga bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan lain seperti berbelanja dan membayar tagihan per bulannya. Bagaimana? Sangat praktis, bukan? Segera download aplikasi JULO Kredit Digital dan #HidupkanHidupmu sekarang juga!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan