Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Sumber Uang Saat Butuh Pinjaman Uang Mendesak?
1. Menggadaikan Barang Berharga
2. Menjual Barang 
3. Meminjam Uang dari Kerabat atau Keluarga
4. Pinjaman Online
Bagaimana Cara Memilih Pinjaman Online yang Aman?
1. Terdaftar Pada OJK 
2. Memiliki Sistem Pinjaman yang Wajar
3. Memberikan Informasi yang Transparan
4. Terdapat Situs dan Kontak Resmi 

4 Solusi Saat Butuh Uang Pinjaman Mendesak yang Aman

butuh uang pinjaman mendesak

Pada dasarnya kebutuhan setiap manusia pasti berbeda-beda. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, JULOvers pasti telah memiliki rencana anggaran yang tertata dan terbagi sesuai dengan kebutuhan. 

Namun, kondisi yang tak terencana mungkin saja terjadi. Lalu, bagaimana jika JULOvers butuh pinjaman uang mendesak? Kemajuan teknologi tidak hanya mengembangkan kemampuan ponsel untuk melakukan panggilan video atau bertukar pesan dengan mudah dan cepat. 

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Tetapi juga pada kemudahan penyediaan dana melalui aplikasi kredit digital atau dikenal dengan pinjaman online. Dalam artikel kali ini, JULO akan memberikan informasi mengenai solusi yang tepat untuk JULOvers saat membutuhkan dana mendadak dengan cepat.

Apa Saja Sumber Uang Saat Butuh Pinjaman Uang Mendesak?

Apa Saja Sumber Uang Saat Butuh Pinjaman Uang Mendesak

Tidak hanya pinjaman online, terdapat beberapa sumber uang yang bisa JULOvers andalkan saat membutuhkan dana darurat. Untuk mengetahui apa saja sumber uang tersebut, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1. Menggadaikan Barang Berharga

Menggadaikan Barang Berharga

Sumber uang yang dapat membantu kamu saat butuh pinjaman uang mendesak adalah menggadaikan barang berharga, seperti surat tanah, kendaraan, laptop, emas, dan lain sebagainya. Menggadaikan barang dapat dilakukan pada perseorangan atau lembaga keuangan non-bank.

Baca Juga: Pinjaman Cepat, Ini Dia 4 Sumber yang Bisa Kamu Coba!

Mekanismenya, JULOvers dapat membawa barang berharga atau surat terkait pada lokasi gadai untuk kemudian ditukarkan dengan sejumlah uang sesuai kebutuhan. Untuk mengambil kembali barang tersebut, JULOvers dapat membayar cicilan selama jangka waktu yang telah disepakati kedua belah pihak. 

2. Menjual Barang 

Menjual Barang 

Jika memiliki banyak barang yang tidak lagi terpakai atau tidak terlalu banyak digunakan, menjual barang-barang tersebut dapat menjadi solusi butuh uang pinjaman mendadak. Tanpa kamu sadari, ada banyak sekali barang yang tidak lagi efektif digunakan dan hanya berfungsi sebagai aksesoris rumah. Maka dari itu, menjual barang tersebut saat kondisi mendesak dapat menjadi pilihan yang tepat dan bijak. 

3. Meminjam Uang dari Kerabat atau Keluarga

Meminjam Uang dari Kerabat atau Keluarga

Mungkin, mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lainnya membutuhkan beberapa waktu untuk memeriksa data dan lain sebagainya. Maka jika membutuhkan dana yang cepat, meminjam uang dari kerabat atau keluarga dapat menjadi jalan keluar terdekat. 

Pastikan kamu meminjam uang pada kerabat atau keluarga yang memiliki kondisi finansial stabil. JULOvers tidak perlu mempersiapkan segala persyaratan yang rumit dan tanpa bunga. Tetapi kamu tidak bisa meminjam dalam jumlah besar mengingat setiap orang memiliki kebutuhan biaya bulanan yang berbeda-beda. 

Namun perlu diingat pula bahwa JULOvers harus membayar utang tepat waktu sesuai persetujuan sebab menyepelekan pinjaman dari orang terdekat dapat menghilangkan kepercayaan dan menjauhkan hubungan pertemanan maupun persaudaraan. 

4. Pinjaman Online

Pinjaman Online

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pinjaman online adalah cara cepat penyediaan dana darurat dalam jumlah kecil maupun besar. Umumnya, melakukan pinjaman online tidak dibutuhkan agungan seperti saat melakukan peminjaman pada bank, sehingga akan lebih memudahkan JULOvers untuk mendapatkan dana mendesak.

Baca Juga: 6 Syarat Pinjaman Online Yang Kamu Penuhi Agar Pinjaman Cair

Saat ini, tercatat 106 aplikasi pinjaman online yang legal dan terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Pastikan kamu menggunakan aplikasi legal yang termasuk pada daftar yang diterbitkan oleh OJK, seperti JULO. 

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Hal ini dikarenakan, pinjaman online legal memiliki tenor dan bunga yang wajar sedangkan pinjaman online ilegal memiliki jumlah bunga yang sangat tinggi dengan tenor yang singkat. Sehingga jumlah tagihan yang harus dibayarkan nantinya akan berkembang menjadi lebih besar, jauh dari jumlah pinjaman sebelumnya. 

Bagaimana Cara Memilih Pinjaman Online yang Aman?

Bagaimana Cara Memilih Pinjaman Online yang Aman

Ketika dalam kondisi mendesak, mengenal informasi mendasar dari aplikasi pinjaman online yang akan digunakan harus tetap dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mencegah transaksi pinjaman online pada platform ilegal. Ikuti cara berikut ini untuk mengetahui cara memilih pinjaman online yang aman:

1. Terdaftar Pada OJK 

Terdaftar Pada OJK 

Cara pertama yang dapat JULOvers lakukan saat memilih pinjaman online yang aman adalah mengecek apakah perusahaan financial technology tersebut terdaftar atau tidak. Terdapat 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk pengecekan ini, pertama melalui website OJK dan kedua melalui WhatsApp resmi OJK. 

2. Memiliki Sistem Pinjaman yang Wajar

Memiliki Sistem Pinjaman yang Wajar

Sebuah aplikasi pinjaman online legal umumnya memiliki sistem proses yang cepat namun tetap dengan prosedur yang tersedia. Biasanya ada beberapa syarat dan ketentuan tertentu yang ditetapkan saat mengajukan pinjaman.

Baca Juga: Penting! Kenali 5 Perbedaan Pinjaman Online Legal & Ilegal 

Sedangkan pinjaman online yang ilegal akan memberikan kemudahan pendaftaran tanpa syarat dan ketentuan apa pun. Hal ini dilakukan untuk menarik nasabah yang belum mengetahui prosedur pengajuan limit pinjaman yang sesuai dengan ketetapan lembaga keuangan. 

3. Memberikan Informasi yang Transparan

Memberikan Informasi yang Transparan

Pinjaman online yang aman biasanya akan memberikan transparansi bagi para calon nasabah. Informasi yang diberikan umumnya berupa rincian biaya, bunga, jangka waktu, dan aturan tambahan dari aplikasi pinjaman online tertentu. Saat ini OJK telah menetapkan bunga maksimal yang boleh diberikan oleh aplikasi yaitu sebesar 0,3% hingga 0,4%. 

4. Terdapat Situs dan Kontak Resmi 

Terdapat Situs dan Kontak Resmi 

Ciri pinjaman online yang aman dan legal terakhir adalah memiliki situs dan kontak resmi yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan nasabah. Situs ini juga digunakan untuk menyediakan berbagai informasi dan platform iklan sehingga dapat dilihat lebih banyak calon nasabah. 

Jadi, saat mengalami kesulitan dalam memproses aplikasi pinjaman dan kebingungan terhadap prosedur atau permasalahan pinjaman lainnya, kamu dapat segera menghubungi kontak resmi yang tertera di berbagai platform pinjaman online terkait. 

Demikian tadi merupakan informasi mengenai berbagai solusi saat butuh uang pinjaman mendesak. Apabila JULOvers berencana mengajukan pinjaman online, JULO dapat menjadi platform yang aman dan tepercaya. JULO menyediakan limit pinjaman hingga 15 juta dalam satu kali pengajuan. 

Segera penuhi kebutuhan dana darurat JULOvers dengan JULO dan nikmati kemudahan fitur lainnya dengan download aplikasinya sekarang juga.

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Tips Berpetualang Solo Traveling di Indonesia Agar Tetap Seru!
Gaya Hidup
 Biaya Perpanjangan SIM C: Semua yang Perlu Kamu Tahu
29 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza