Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Mengapa Harus Memiliki Asuransi dan Bagaimana Cara Memilih Asuransi yang Tepat?
1. Identifikasi Kebutuhan Asuransi Kamu
2. Bandingkan Berbagai Polis Asuransi
3. Pilihlah Perusahaan Asuransi yang Terpercaya
4. Konsultasikan dengan Agen Asuransi atau Perencana Keuangan
Apa yang Perlu Diperhatikan, ketika Membeli Produk Asuransi?
JULO Protect+: Perlindungan untuk Pengguna Setia dari JULO

Cara Memilih Polis Asuransi yang Tepat untuk Keluarga Kamu

memilih polis asuransi

Memilih polis asuransi yang tepat untuk keluarga merupakan langkah penting untuk memastikan keamanan dan ketenangan finansial kamu dan orang-orang tercinta. 

Dengan asuransi yang tepat, kamu dapat melindungi diri dari berbagai risiko yang mungkin terjadi, seperti kecelakaan, penyakit, kehilangan harta benda, dan lain sebagainya.

Itulah pertanyaan-pertanyaan pertama yang terlintas ketika seseorang baru mulai “sadar” asuransi. Asuransi bisa memberikan rasa aman, karena risiko kerugian yang mungkin terjadi bisa dikurangi, atau bahkan ditanggung ganti rugi secara penuh. 

Mengapa Harus Memiliki Asuransi dan Bagaimana Cara Memilih Asuransi yang Tepat?

Asuransi memiliki beberapa ketentuan saat akan menerima pengajuan pendaftaran. Misalnya, asuransi kesehatan. Kamu harus dalam kondisi sehat, karena jika diketahui kamu sudah memiliki penyakit atau yang biasa disebut pre-existing condition, kemungkinan permohonan asuransi kamu akan ditolak menjadi lebih besar atau premi menjadi lebih tinggi.

Berikut beberapa langkah dari JULO Kredit Digital, yang dapat kamu ikuti untuk memilih polis asuransi yang tepat untuk keluarga:

1. Identifikasi Kebutuhan Asuransi Kamu

Produk asuransi sangat beragam, masing-masing memiliki kelebihannya masing-masing. Nah, sebelum memilih, penting untuk mengetahui proteksi yang kamu dan keluarga butuhkan. Proteksi untuk diri sendiri tentu berbeda dengan proteksi bagi satu keluarga.

Berikut, beberapa jenis asuransi yang perlu dipertimbangkan untuk keluarga meliputi:

  • Asuransi Kesehatan: Melindungi kamu dan keluarga dari biaya medis yang tinggi akibat kecelakaan atau penyakit.
  • Asuransi Jiwa: Memberikan santunan finansial kepada keluarg, jika kamu meninggal dunia.
  • Asuransi Kecelakaan: Memberikan santunan finansial, jika kamu atau anggota keluarga mengalami kecelakaan.
  • Asuransi Pendidikan: Membantu membiayai pendidikan anak-anak kamu di masa depan.
  • Asuransi Properti: Melindungi rumah dan harta benda kamu dari kerusakan atau kehilangan.

Jika ingin membeli asuransi kesehatan, pertimbangkan penyakit bawaan yang kamu dan keluarga miliki. Lalu, pilih jenis produk asuransi yang dapat menanggung biaya pengobatan penyakit tersebut.

Selain itu, sesuaikan dengan kemampuan finansial. Kamu harus menghitung besaran premi bulanan yang harus dibayar, agar tidak mengganggu pos pengeluaran rutin lainnya.

Baca juga: Pentingnya Perlindungan Kesehatan

2. Bandingkan Berbagai Polis Asuransi

Setelah kamu mengetahui kebutuhan asuransi, langkah selanjutnya adalah membandingkan berbagai polis asuransi dari beberapa perusahaan asuransi.

Perhatikan faktor-faktor seperti:

  • Premi: Biaya yang harus Anda bayarkan setiap bulan atau tahun untuk polis asuransi.
  • Uang Pertanggungan: Jumlah uang yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi jika terjadi klaim.
  • Manfaat: Jenis dan cakupan perlindungan yang ditawarkan oleh polis asuransi.
  • Syarat dan Ketentuan: Persyaratan dan ketentuan yang harus Anda penuhi untuk mendapatkan manfaat asuransi.

Kamu juga harus tahu apa saja pengecualian pertanggungan dalam polis asuransi yang ingin dibeli.

Sehingga, kamu bisa terhindar dari penolakan klaim yang mungkin dilakukan oleh perusahaan asuransi, jika terjadi risiko tertentu di luar pertanggungan polis.

Cari tahu juga manfaat perluasan yang bisa kamu ambil sebagai nasabah. Dengan demikian, ketika kebutuhan bertambah, kamu bisa melakukan upgrade pada polis asuransi yang lama tanpa harus membeli produk asuransi baru.

3. Pilihlah Perusahaan Asuransi yang Terpercaya

Bagi para pemula, memilih produk asuransi yang tepat, bagus, dan sesuai dengan kebutuhan mungkin sering kali dianggap sebagai suatu hal yang sulit dan membingungkan. Hal tersebut cukup wajar mengingat pilihan yang tersedia di pasaran pun sangat banyak jenisnya. 

Perusahaan asuransi yang kredibel sudah pasti terdaftar di OJK. Perusahaan-perusahaan tersebut diawasi oleh OJK sebagai pihak yang berwenang.

Dengan pengawasan tersebut, perusahaan asuransi diharapkan dapat menyelenggarakan kegiatannya dengan transparan dan akuntabel.

Kamu juga bisa memilih perusahaan asuransi dengan mempertimbangkan reputasinya di mata konsumen. Cek melalui media sosial, surat kabar, atau media lainnya untuk mengetahui bagaimana mereka menangani keluhan nasabahnya.

4. Konsultasikan dengan Agen Asuransi atau Perencana Keuangan

Jika kamu merasa bingung atau membutuhkan bantuan, kamu dapat berkonsultasi dengan agen asuransi atau perencana keuangan. Mereka dapat membantu kamu memilih polis asuransi yang tepat untuk kebutuhan kamu dan keluarga.

Cara memilih asuransi bagus adalah dengan memastikan agen asuransi memiliki lisensi. Kita bisa tahu apakah agen tersebut telah memiliki lisensi atau belum dengan mengecek keanggotaannya di Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Selain AAJI, ada beberapa asosiasi asuransi lain sesuai proteksi yang diberikan. Misalnya, asuransi umum dan juga asuransi syariah.

Hal ini penting, karena agen asuransi lah yang akan membantu kamu saat melakukan klaim ke perusahaan. Agen berlisensi biasanya sudah berpengalaman dan paham tentang produk yang mereka tawarkan.

Dengan begitu, maka kamu bisa memperoleh penjelasan detail tentang produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca juga: 8 Asuransi Kesehatan Indonesia: Solusi Perlindungan Terbaik

Apa yang Perlu Diperhatikan, ketika Membeli Produk Asuransi?

polis asuransi

Dengan banyaknya produk asuransi yang ada, kamu perlu memperhitungkan manfaat yang ditawarkan. Perhatikan apa manfaat pertanggungan yang diberikan, bagaimana sistem klaimnya, dan reputasi dari perusahaan asuransi penyedianya.

Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan pertimbangkan kemampuan kita untuk membayar premi bulanan.

Misalnya saja, asuransi kesehatan yang menggunakan sistem cashless. Sehingga, saat terjadi risiko sakit atau kecelakaan, kamu bisa langsung mendapatkan perawatan, tanpa harus menyediakan dana untuk membayar rumah sakit.

Hindari asuransi yang menggunakan sistem reimburse, karena bisa jadi akan menghambat untuk mendapatkan penanganan yang maksimal.

Misalnya lagi, ketika terjadi risiko meninggal dunia pada kepala keluarga, perhatikan apakah uang pertanggungan dari perusahaan asuransi bisa menjamin hidup keluarga yang ditinggalkan.

Pilihlah perusahaan asuransi yang juga bisa menanggung biaya pendidikan anak tertanggung. Namun ingat, dengan manfaat besar seperti itu, premi yang harus kita bayarkan juga semakin mahal.

Selesaikan Tagihan Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bayar tagihan PLN, BPJS dan PDAM tepat waktu hanya di JULO

JULO Protect+: Perlindungan untuk Pengguna Setia dari JULO

JULO Protect+ adalah sebuah inisiatif istimewa dari kami, bertujuan untuk memberikan keuntungan dalam bertransaksi/ mengambil pinjaman di JULO.

Tidak hanya dalam bentuk dukungan finansial berupa akses kredit, JULO juga berinisiatif untuk melakukan perlindungan atas gadget kesayangan JULOvers serta perlindungan BPJS secara cuma-cuma.

Tanpa perlu repot, JULOvers dapat merasakan manfaat jaminan BPJS dan asuransi gadget secara gratis.

JULO Protect+ hadir untuk pelanggan setiap aplikasi JULO. Sudah coba berbagai fitur yang ada di aplikasimu? Berikut pengguna JULOvers yang dapat menggunakan layanan JULO Protect+.

  1. Asuransi Gadget JULO - Pengguna dengan perangkat Android dan sistem operasi minimal Android 9. Pengguna juga perlu melakukan transaksi Tarik Dana dengan nominal minimal Rp1 juta.
  2. BPJS Ketenagakerjaan/Kecelakaan di Tempat Kerja atau Kecelakaan Jiwa Gratis - Pelanggan tier Champion yang mempertahankan statusnya hingga bulan berikutnya.

Bayar BPJS Nggak Perlu Takut Telat dengan JULO Kredit Digital!

Tinggal pilih periode bayar dan tenor cicilan, limit kredit JULO bisa dipakai untuk aktifkan perlindungan BPJS.

Artikel Lainnya