cara mempromosikan produk di sosmed

Pahami Cara Mempromosikan Produk di Sosmed Dengan Tepat

Kemajuan teknologi saat ini memudahkan cara mempromosikan produk di sosmed atau sosial media. Sosial media adalah platform digital yang menawarkan banyak fitur di dalamnya. Kemudahan yang ditawarkan menarik banyak pengguna untuk melakukan segala aktivitas di dalamnya. Pengguna dapat menyajikan konten berupa foto, video, atau infografis yang dapat disertai dengan keterangan.

Sosial media tidak hanya dimanfaatkan sebagai media hiburan dan berbagi informasi, tetapi juga sebagai alat promosi bagi para pelaku usaha. Cara menggunakannya pun cukup mudah, JULOvers hanya perlu membuat akun bisnis dengan menggunakan email atau nomor telepon.  

Setelah itu, buat username sesuai dengan nama produk kamu dan akun telah tersedia. Sosial media memiliki jangkauan yang luas, sehingga akan sangat menguntungkan apabila melakukan promosi produk di dalamnya.  

Namun kemajuan teknologi ini ternyata masih belum dimanfaatkan banyak pelaku usaha dikarenakan beberapa permasalahan salah satunya kurang memahami bagaimana cara mempromosikan produk di sosmed yang efektif. Maka dari itu, JULO akan memberikan penjelasan singkatnya pada artikel kali ini.

Sosial Media Apa Saja yang Dapat Digunakan Untuk Promosi? 

Sosial Media Apa Saja yang Dapat Digunakan Untuk Promosi? 
Sumber: Pixabay

Belakangan ini, banyak sosial media hadir dengan berbagai pilihan. Eksistensi dan kemudahan penggunaan fitur pada sosmed menjadikan cara mempromosikan produk di sosmed yang bagus. Berikut merupakan beberapa sosial media yang dapat digunakan untuk melakukan promosi:

1. Instagram 

Instagram
Sumber: Pixabay

Instagram adalah sosial media yang membolehkan pengguna untuk mengunggah foto, video, dan infografis dengan menyertakan caption. Selain itu, terdapat fitur live streaming yang dapat digunakan untuk melakukan siaran langsung dan insta stories untuk membagikan cerita yang bertahan selama 24 jam pada halaman Instagram kamu. 

Baca Juga: Manfaatkan Media Sosial Instagram Untuk Memasarkan Usahamu dengan Cara Berikut Ini! 

Berbagai macam fitur yang tersedia pada satu aplikasi menyebabkan Instagram berhasil menjadi favorit dari pelaku bisnis. Melalui Instagram, kamu dapat menyediakan konten menarik yang berkaitan dengan produk yang dipasarkan.  

Kamu juga bisa melakukan live shopping sebagai cara baru penjualan. Instagram memiliki layanan Instagram ads untuk pemasangan iklan dan ditayangkan pada setiap akun pengguna sesuai dengan target pasar. Gunakan Instagram dalam cara mempromosikan produk di sosmed.

2. TikTok 

TikTok
Sumber: Pixabay

Sejak hadirnya virus COVID-19, aplikasi TikTok semakin memiliki banyak pengguna. Hal ini dipicu oleh adanya aturan untuk melakukan segala aktivitas di rumah. Seiring berjalannya waktu, TikTok tidak hanya digunakan sebagai media hiburan saja, melainkan media pemasaran bagi sebuah bisnis.

TikTok merupakan aplikasi sosial media yang menyajikan konten dalam bentuk video. Umumnya digunakan untuk membuat berbagai video dengan lagu sebagai latar suaranya. TikTok memiliki sebuah halaman for you yang menyajikan video random namun disesuaikan dengan minat setiap akun pengguna.  

Hal tersebut sangat menguntungkan apabila digunakan sebagai media promosi. Untuk mendapatkan jumlah penonton yang tinggi, kamu dapat mengikuti trend yang sedang berjalan.

Baca Juga: Pahami Bagaimana Cara Melakukan Promosi Produk dan Usaha

Tiktok juga memiliki fitur tiktok ads yang dapat menjadi solusi iklan. Gunakan fitur ini agar konten kamu dilihat banyak pengguna. Selain itu, fitur live dapat kamu gunakan untuk melakukan live shopping dengan banyak penawaran yang disediakan oleh TikTok. 

Jangan ragu menggunakan TikTok sebagai sarana dalam cara mempromosikan produk di sosmed.

3. Facebook 

Facebook
Sumber: Pixabay

Facebook merupakan salah satu sosial media yang memiliki banyak pengguna dan masih bertahan hingga kini. Awalnya, Facebook hadir sebagai sosial media yang menawarkan pengguna untuk mengunggah pesan, foto, dan video.  

Seiring dengan perkembangan zaman, Facebook justru menjadi sosmed yang beralis fungsi untuk jual beli dan promosi oleh banyak pengguna. Sebagian besar pengguna facebook merupakan wanita dan pria dengan kisaran usia 15 hingga 40 tahun. 

4. Twitter 

Twitter
Sumber: Pixabay

Twitter merupakan media yang membagikan pesan terbatas dengan 140 karakter kepada khalayak. Kicauan dapat disertakan dengan foto, gif, atau lokasi. Kamu juga dapat melakukan reply, quote tweet, retweet, dan favorite pada sebuah kicauan untuk berinteraksi.

Twitter dapat digunakan sebagai media promosi dengan memberikan balasan pada sebuah tweet yang memiliki jumlah interaksi tinggi beserta foto produk. Selain itu, Twitter memiliki akun base atau pesan unggah otomatis.

Baca Juga: Langkah-Langkah Strategi Pemasaran Online untuk Bisnis Baru

Akun tersebut umumnya memiliki banyak pengikut, sehingga dapat digunakan untuk membantu mempromosikan produk kamu.

 

kredit digital Julo

Bagaimana Cara Mempromosikan Produk di Sosmed? 

Bagaimana Cara Mempromosikan Produk di Sosmed
Sumber: Pixabay

Setelah mengetahui sosial media apa saja yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis, selanjutnya pelajari cara mempromosikan produk di Sosmed yang efektif. Kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Gunakan Sosial Media yang Sesuai 

Gunakan Sosial Media yang Sesuai
Sumber: Pixabay

Sebagai cara mempromosikan produk di sosmed, kamu dapat memilih sosial media yang sesuai dengan kebutuhan promosi. Pilih sosial media yang dapat menyampaikan informasi produk sesuai dengan target pasar. Setiap sosial media memiliki pasarnya masing-masing, sehingga penting untuk menentukan target pasar kamu.  

Selain itu, tentukan apa yang menjadi tujuan promosi sehingga dapat menentukan jenis konten di dalamnya. Melihat akun sosial media kompetitor dapat digunakan sebagai evaluasi dan contoh mengenai jenis unggahan, frekuensi waktu, dan jumlah pengikut sosial media. Gunakan informasi tersebut untuk memperluas ide konten yang dibuat berdasarkan produk kamu. 

2. Buat Konten yang Menarik 

Buat Konten yang Menarik 
Sumber: Pixabay

Gunakan sosial media untuk memperkenalkan sebuah produk kepada pengguna lain dengan menyajikan konten yang menarik. Konten tidak selalu dibuat dengan konten promosi, hal seperti ini akan terasa membosankan bagi pengguna lain. Namun, buatlah konten yang mendidik atau menghibur yang disajikan secara menarik dan sesuai dengan jenis mereknya. 

Konten yang monoton justru akan mengganggu pengguna atau pengikut dan kecil kemungkinan untuk mereka untuk mengikuti akun JULOvers. Oleh karena itu, temukan ide-ide baru dalam membuat konten agar menarik orang untuk berkunjung, mengikuti, dan tertarik untuk berbelanja produk yang ditawarkan. 

Lebih dari sekadar pandai memposting foto atau gambar produk, sebuah sosial media bisnis harus mampu menjawab pertanyaan dari pelanggan dengan teliti dan kreatif. Konten yang menarik perlu didukung dengan kualitas gambar dengan resolusi yang baik. Jika konten diunggah sembarangan, dapat dipastikan memengaruhi jumlah pengguna yang berkunjung. 

3. Berikan Promo Khusus Bagi Pengikut 

Berikan Promo Khusus Bagi Pengikut 
Sumber: Pixabay

Sudah menyajikan konten secara teratur dan menarik, namun jumlah pengikut masih sedikit? Mungkin memberikan hadiah bagi pengikut dengan promo khusus dapat kamu coba sebagai cara mempromosikan produk di sosmed.  

Umumnya orang tidak akan ragu untuk mencoba suatu produk ketika diberi potongan harga. Cara ini dapat menahan pengikut untuk tidak berhenti mengikuti akun kamu setelah menerima diskon. 

Promosi selalu menjadi sarana promosi terkuat dan termurah. Ketika pelanggan puas pada produk yang ditawarkan, mereka mulai melakukan pembelian ulang serta mempromosikannya pada orang disekitarnya.  

Kamu juga dapat menawarkan program loyalitas seperti produk eksklusif atau produk gratis. Sehingga mereka akan lebih loyal dan bersemangat untuk berbagi pengalaman menggunakan produk terkait.

4. Melakukan Iklan Akun Sosial Media Bisnis  

Melakukan Iklan Akun Sosial Media Bisnis
Sumber: Pixabay

Salah satu cara melakukan promosi produk di sosmed dengan cepat adalah dengan berpromosi melalui fitur iklan yang disediakan setiap platform. Iklan akan bekerja dengan menampilan akun bisnis kamu pada halaman pengguna lain.

Baca Juga: Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

Iklan penting dilakukan untuk memberikan informasi tentang produk agar banyak calon pelanggan yang mengetahuinya.  

Cara lain yang dapat dilakukan untuk iklan yaitu bekerja sama dengan akun yang memiliki banyak pengikut. Cara tersebut dapat membantu meningkatkan brand awareness produk kamu. Dengan demikian, akun kamu dapat memiliki banyak pengunjung dan calon pelanggan baru.  

Namun, kegiatan periklanan, baik dengan alat pada sosial media terkait atau bekerja sama dengan akun besar membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan dampak yang dihasilkan pun cukup besar. Periklanan dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk memasarkan sebuah bisnis agar lebih banyak dikenal orang. 

Itulah 4 cara mempromosikan produk di sosmed yang dapat kamu coba. Meski dapat diakses secara gratis, iklan yang efektif pada sosial media tetap memerlukan biaya dalam melakukan pemasangan iklan. Namun, tidak perlu khawatir. JULO hadir untuk membantu permasalahan dana kamu.

Sebagai aplikasi pinjaman online aman dan mudah, JULO menyediakan kredit digital dengan bunga rendah dan juga promo siap melesat untuk membantu bisnis kamu untuk berkembang ke tingkat selanjutnya. Hubungi JULO sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut! 

 

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…