Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Cara Mengatur Gaji 4 untuk Keuangan Rumah Tangga dengan Baik?
1. Kurangi Makan di Luar
2. Alokasikan Cicilan Tidak Lebih dari 20%
3. Gunakan Transportasi yang Lebih Hemat
4. Alokasikan Dana 10% untuk Belanja Keperluan Rumah Tangga
5. Selalu Sediakan Uang untuk Ditabung
6. Alokasikan Uang untuk Liburan
7. Jangan Lupakan Asuransi

Langkah dan Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 4 Juta

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta

Mengatur keuangan dengan cermat merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh semua orang. Bukan perihal jumlah, tetapi soal bagaimana kamu bisa mengelola pendapatan agar cukup untuk memenuhi semua kebutuhan selama terutama kamu yang punya pendapatan 4 juta per bulannya. JULOvers tidak perlu khawatir karena cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta tidak begitu sulit. 

Asalkan kamu disiplin dalam mengatur pengeluaran, maka kamu tidak akan kesusahan di akhir bulan. Tanpa pengaturan yang cermat, akan sulit bagi kamu bisa menabung untuk masa depan dan akan berakhir dengan kehabisan uang setiap bulan. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengikuti beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta berikut ini.

Bagaimana Cara Mengatur Gaji 4 untuk Keuangan Rumah Tangga dengan Baik?

Bagaimana Cara Mengatur Gaji 4 untuk Keuangan Rumah Tangga dengan Baik

Dengan gaji 4 juta, kamu perlu membuat alokasi dana yang tepat untuk setiap kebutuhan, perkirakan berapa pengeluaran yang diperlukan dan tentukan budget bulanan kamu. Pastikan setiap pengeluaran dan pemasukan tercatat rapi agar bisa dievaluasi setiap bulan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta yang Tepat

Kamu juga harus disiplin dalam membayar tagihan rutin dengan tepat waktu. Pada awal bulan ketika baru gajian, pastikan semua biaya listrik, air, serta BPJS dibayar agar tidak terkena denda. 

Agar lebih mudah, kamu juga bisa melakukan pembayaran berbagai tagihan melalui aplikasi JULO, langsung dari dalam satu tempat.  Untuk langkah lainnya simak penjelasan detail di bawah ini.

1. Kurangi Makan di Luar

Kurangi Makan di Luar

Langkah awal yang paling sederhana untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta adalah dengan mengurangi makan di luar. Usahakan untuk memasak sendiri agar lebih hemat, mulai dari sarapan, bekal makan siang, hingga makan malam.

Ketika makan di luar, mungkin semuanya terasa standar sampai kamu sadar kalau ternyata masak sendiri jauh lebih hemat. Bahan makanan mentah jauh lebih murah dibandingkan yang sudah diolah. Karenanya, kamu perlu meluangkan waktu setiap hari untuk memasak makanan agar pengeluaran tidak membengkak.

2. Alokasikan Cicilan Tidak Lebih dari 20%

Alokasikan Cicilan Tidak Lebih dari 20%

Keuangan yang sehat adalah ketika jumlah cicilan kamu tidak lebih dari 20% gaji setiap bulannya. Ketika mengambil cicilan, selalu ingat kalau ini akan mengurangi alokasi dana kamu setiap bulan. Alih-alih meringankan, salah perhitungan bisa membuat cicilan kamu menjadi beban.

Baca Juga: 4 Cara Kredit Laptop Online dengan Mudah

 

Jika sudah punya cicilan, pastikan kalau kamu membayarnya tepat waktu karena denda seharusnya tidak ada dalam alokasi pengeluaran bulanan. Nah, dengan gaji 4 juta per bulan, artinya kamu memiliki jatah Rp800.000 untuk membayar cicilan.bayar tagihan online Julo

3. Gunakan Transportasi yang Lebih Hemat

Gunakan Transportasi yang Lebih Hemat

Kendaraan memang menjadi kebutuhan yang sangat penting, Namun, kamu juga harus ingat kalau memiliki kendaraan, maka akan ada biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan, mulai dari perawatan hingga bensin. Jika jarak yang ditempuh dari rumah tidak terlalu jauh, maka kamu bisa menggunakan transportasi umum alih-alih membawa kendaraan pribadi.

Kamu juga harus bisa menahan diri untuk tidak mengambil cicilan kendaraan yang terlalu mahal. Motor, misalnya, sudah cukup untuk rumah tangga dengan gaji 4 juta. Seiring dengan kenaikan gaji, baru nanti kamu bisa upgrade kendaraan.

4. Alokasikan Dana 10% untuk Belanja Keperluan Rumah Tangga

Alokasikan Dana 10% untuk Belanja Keperluan Rumah Tangga

Setiap bulan, kamu tentu harus membeli berbagai keperluan rumah tangga seperti sabun mandi, sabun cuci, pulsa, dan berbagai kebutuhan lainnya. Agar tidak mengganggu pos pengeluaran yang lain, kamu bisa mengalokasikan 10% gaji untuk belanja bulanan.

Agar cukup, biasakan untuk mencatat semua daftar belanja ketika pergi ke supermarket dan disiplin dengan semua kebutuhan tersebut. Karena terkadang jika tidak membawa catatan, kita justru membeli barang yang tidak diperlukan dan kebutuhan yang ada justru lupa untuk dibeli.

5. Selalu Sediakan Uang untuk Ditabung

Selalu Sediakan Uang untuk Ditabung

Meskipun penghasilan terbilang pas-pasan, jangan lupa untuk menyediakan uang tabungan. Ubah pola pikir bahwa tabungan adalah sisa gaji, justru tabungan harus menjadi alokasi wajib setiap bulan. Tidak perlu terlalu besar, kamu bisa mulai dengan mengalokasikan 10% gaji atau Rp400.000 setiap bulannya. 

Agar tidak tercampur, kamu juga bisa menyimpannya di rekening yang berbeda dari uang untuk pengeluaran rutin setiap bulan. Tabungan ini nantinya akan sangat berguna sebagai dana darurat jika ada pengeluaran tak terduga. Dengan adanya tabungan, kamu tidak akan kelimpungan jika sewaktu-waktu kehabisan uang bulanan sebelum gajian datang. 

6. Alokasikan Uang untuk Liburan

Alokasikan Uang untuk Liburan

Hidup hemat bukan berarti melupakan liburan. Jangan sampai tujuan hidup hemat kamu justru membuat stres karena lupa refreshing. Tidak ada salahnya untuk kamu menganggarkan bujet liburan setiap bulan. Tidak perlu terlalu besar, 5-10% gaji sudah cukup, kok.

Untuk penggunaannya agar liburan menjadi lebih berkesan, kamu bisa menabung dana liburan selama beberapa bulan terlebih dahulu sebelum menggunakannya, atau jika ternyata belum ada jatah libur, kamu bisa menggunakan tabungan ini sebagai dana darurat.

7. Jangan Lupakan Asuransi

Jangan Lupakan Asuransi

Tanpa asuransi, rencana keuangan kamu bisa langsung berantakan jika tiba-tiba terjadi hal yang tidak diinginkan. Kita tidak bisa memprediksi risiko yang akan terjadi di masa depan, entah itu jatuh sakit, kecelakaan, dan lain sebagainya. Asuransi akan berfungsi sebagai perlindungan dari risiko yang tidak diinginkan. Dengan begitu, tabungan kamu tidak akan langsung habis dan rencana keuangan tetap bisa dijalankan.

Sekarang sudah banyak, kok, asuransi dengan harga terjangkau yang bisa men-cover berbagai risiko tersebut. Kamu bisa menyisihkan 5-10% penghasilan untuk bisa mendapatkan asuransi yang sesuai.

Ternyata cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta sangat mungkin dilakukan! Tapi kalau ternyata pengeluaran bulanan kamu masih lebih besar dari gaji dan perlu dana cepat, tenang saja, kamu bisa pinjam dana online di aplikasi JULO dengan bunga yang sangat ringan, hanya 0,1% per hari! Tanggal tagihannya juga bisa disesuaikan dengan tanggal gajian kamu, lho!

Jangan lupa juga ikutan promo siap melesat untuk mendapatkan cashback khusus dan berbagai hadiah menarik lainnya. Dengan aplikasi JULO, keuangan bulanan kamu dijamin aman, deh!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Tips Berpetualang Solo Traveling di Indonesia Agar Tetap Seru!
Gaya Hidup
 Biaya Perpanjangan SIM C: Semua yang Perlu Kamu Tahu
29 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza