ciri ciri penipuan pinjaman online

Inilah Ciri-ciri Penipuan Pinjaman Online

Pinjaman online saat ini menjadi pilihan masyarakat untuk bisa mendapatkan dana dalam memenuhi kebutuhan finansial mereka. Namun karena kepopulerannya, tidak heran hal ini dijadikan sebagai lahan penipuan. Ada banyak orang yang tertipu oleh hal satu ini, sehingga diperlukan edukasi mengenai ciri-ciri penipuan pinjaman online.

Seperti cara penipuan lainnya, JULOvers mampu menghindari agar tidak menjadi korban jika paham seperti apa bentuk penipuan yang paling umum terjadi. Memiliki Informasi mengenai tanda-tanda penipuan dan juga cara kerjanya bisa menjadi sebuah bentuk perlindungan dari penjahat-penjahat ini.

Yuk simak berbagai macam informasi penting mengenai penipuan pinjaman online serta cara terbaik untuk menghindarinya. Nantinya kamu tidak akan menjadi salah satu korban dari para penjahat yang tidak punya hati nurani.

 

Apa Saja Manfaat Baik Pinjaman Online?

selembar uang muncul dari dalam dompet

(Sumber: Pexels)

Sebelum kamu memahami ciri ciri pinjaman online yang illegal, kamu harus tahu mengapa banyak orang memanfaatkan pinjaman online.

Pinjaman online menawarkan banyak manfaat baik, hal inilah yang membuatnya populer dan banyak digunakan. Berikut ini beberapa bentuk manfaat dari pinjaman online untuk bisa dinikmati:

1. Mudahnya Proses Pengajuan Pinjaman

seorang wanita meminum kopi sambil memainkan laptop

(Sumber: Pexels)

Dengan bantuan teknologi, kamu hanya tinggal memilih platform yang ingin digunakan, masukkan jumlah pinjaman, lengkapi syaratnya, dilanjutkan dengan verifikasi, dan dana sudah ada di dalam rekening untuk digunakan.

2. Suku Bunga Pinjaman Ringan

tumpukan uang koin

(Sumber: Pexels)

Penawaran suku bunga pinjaman yang cukup ringan bagi para calon debitur berhasil menggaet banyak orang menggunakan pinjaman online dalam memenuhi kebutuhannya.

Baca Juga: Pinjaman Online, Bagaimana Perhitungan Biaya dan Bunganya?

Dengan kemudahan yang ditawarkan beserta manfaat baik lainnya, membuat pinjol digunakan berbagai lapisan masyarakat secara luas. Tidak hanya masyarakat dan pebisnis saja, pihak tidak bertanggung jawab pun melihat hal ini sebagai sebuah peluang yang dapat mereka manfaatkan.

Demi menghindari kejahatan berupa penipuan ini, maka perhatikanlah beberapa ciri-ciri pinjaman online yang berisiko serta harus kamu hindari.

Apa Saja Ciri-ciri Penipuan Pinjaman Online Yang Harus Diwaspadai?

kumpulan dadu bertuliskan scam di atas tumpukan uang mainan

(Sumber: Pexels)

Jika kamu mencoba untuk menghitung berapa banyak platform pinjaman online yang saat ini tersebar, jumlahnya bisa ratusan. Namun, berapa diantaranya yang resmi dan terlindungi? Dilihat secara saksama, mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak. Terdapat oknum-oknum tertentu memanfaatkan kebutuhan masyarakat akan dana dalam menyelesaikan urusan finansial mereka. Terlebih di kala pandemi yang menyulitkan berbagai pihak.

1. Persyaratan Terlalu Sedikit

seseorang memberikan formulir yang telah terisi

(Sumber: Pexels)

Sebagai cara menggoda orang-orang agar menggunakan platform pinjol abal-abal yang sudah dibuat, mereka akan menawarkan pinjaman dengan persyaratan terlalu sedikit. Jika dipikir-pikir, hal ini tentu sangat memudahkan. Banyak orang merasa tidak dapat memenuhi syarat-syarat yang umumnya diajukan. Sehingga tanpa pikir panjang mereka akan memilih pinjol ilegal ini.

Padahal, pinjol yang legal sesuai hukum akan mencoba untuk meminta data debitur selengkap mungkin sehingga dapat memastikan pinjaman yang diberikan sudah benar. Informasi mengenai identitas pribadi seperti KTP dan NPWP dibutuhkan. Bahkan proses pengecekan riwayat kredit melalui BI checking juga diperlukan. Selalu waspada di saat ada yang menawarkan pinjaman online namun syaratnya tidak jelas.

2. Meminta Uang Muka

seseorang sedang mengacak-acak tumpukan uang

(Sumber: Pexels)

Kenapa kita harus memberikan uang muka dalam jumlah besar ketika kitalah pihak yang ingin meminjam dana? Dari logika seperti ini saja, kamu harus langsung waspada terhadap pinjol yang meminta uang muka dengan jumlah tidak wajar. Biaya di awal yang diminta oleh pinjol umumnya dimanfaatkan untuk biaya administrasi, tapi jumlahnya masih wajar.

Namun pada pinjol berbau penipuan, uang muka mereka minta dengan alasan “mempercepat” proses pencairan dana. Jumlah yang diminta juga besar, jika sudah seperti ini maka kamu harus langsung waspada akan penipuan.

bayar tagihan online Julo

3. Meminta Informasi Terlalu Pribadi

seorang pria menggunakan jaket hitam memegang handphone di depan laptop

(Sumber: Pexels)

Persyaratan umum seperti data diri wajar diminta untuk kegiatan administrasi. Pinjol legal juga meminta nomor rekening dalam rangka proses pengecekan riwayat kredit serta pencairan dana.

Baca Juga: Waspadai 8 Resiko Pinjaman Online Ini!

Ketika ada pinjol yang meminta informasi lebih seperti pin atau password rekening kamu, maka jangan pernah diberikan. Hal ini sangat berbahaya karena mereka dapat mengakses tabungan kamu hingga mengosongkannya.

4. Informasi Perusahaan Tidak Kredibel

seorang pria berjas frustrasi di depan laptop

(Sumber: Pexels)

Ciri-ciri lainnya dari penipu pinjaman online adalah informasi mengenai perusahaan yang tidak kredibel sama sekali. Pinjol legal pastinya mencantumkan informasi ini pada website serta semua media sosial yang digunakan. Mereka juga menggunakan email bisnis, nomor resmi sehingga mudah dihubungi, dan memiliki media sosial yang jelas.

Bandingkan dengan informasi pada pinjol abal-abal. Informasi yang dicantumkan biasanya menggunakan email pribadi, nomor telepon pribadi juga. Kemudian informasi lainnya akan ditutup-tutupi. Alamat kantor fisiknya pun tidak jelas.

Kemudian kamu juga harus memastikan apakah pinjol tersebut sudah mendapatkan izin dari OJK. Untuk mengeceknya, kamu dapat mengakses website OJK melalui www.ojk.go.id atau klik link bit.ly/daftarfintechlendingOJK. Selain itu kamu juga bisa hubungi kontak OJK 157 melalui WhatsApp di nomor 081157157157 atau telepon di 157. Cara lainnya bisa dengan mengirimkan email ke konsumen@ojk.go.id

5. Memaksa Untuk Membuat Keputusan

seorang pria sedang marah sambil menelpon

(Sumber: Pexels)

Agar tidak kehilangan mangsanya, para penipu seringkali menekan kamu agar segera mengambil keputusan, bahkan ketika kamu belum melihat penawaran resmi. Pemberi pinjaman yang sah tidak akan pernah memaksa seseorang untuk menandatangani pinjaman sebelum melihat persyaratan. Melalui tekanan tersebut, orang-orang yang memang membutuhkan dana menjadi terpaksa mengatakan “iya” pada penipuan tersebut.

Itulah berbagai macam ciri-ciri penipuan pinjaman online, semoga informasi ini bisa membantu kamu. Jika kamu sedang membutuhkan dana untuk keperluan tertentu tapi ragu harus menggunakan platform yang mana, maka JULO siap membantu kamu. Gunakan JULO Kredit Digital untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah serta aman karena JULO sudah mendapatkan izin dari OJK. Prosesnya mudah dan tidak ribet sama sekali.

Jadi tunggu apalagi? Saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

Temukan ide bisnis sederhana, seperti menjual kaos, paket data dan pulsa, hingga parcel atau hampers, untuk menambah…

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Makanan Online yang Laris di Pasaran

Temukan ide bisnis makanan online yang laris di pasaran, seperti seblak, makarani goreng, aneka keripik, dan salad buah…