E-wallet

E-wallet, Apa Saja 5 Kelebihan Utamanya?

E-wallet. Jika satu dekade lalu istilah ini masih asing di telinga banyak orang, maka tidak demikian dengan zaman sekarang. Pada era sekarang, bahkan fungsi smartphone cukup menyaingi dompet dengan adanya fitur dompet digital (e-wallet) – sehingga banyak orang yang bisa menerapkan gaya hidup cashless / tanpa uang tunai.

Pada dasarnya, e-wallet atau dompet digital adalah salah satu bentuk financial technology (fintech) yang menjadi salah satu alternatif metode pembayaran. Berbasis jaringan internet, JULOvers dapat menyimpan sejumlah uang untuk digunakan dalam transaksi online maupun offline – yang kemudian dapat digunakan untuk pembayaran berbagai kebutuhan.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak penyedia layanan e-wallet terkemuka seperti Gopay, OVO, Dana, LinkAja dan ShopeePay. Seluruh layanan ini dapat digunakan untuk berbagai hal dari memesan transportasi online, delivery online sampai dipakai untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Bagaimana jika keuangan kamu sedang darurat? JULOvers juga bisa top-up dompet digital terkemuka di atas dengan JULO Kredit Digital. Top-up sekarang, bayar nanti – pastinya memenuhi kebutuhan juga jadi semakin mudah.

Daftar BPJS Kesehatan, 6 Alasan Utama Harus Punya BPJS!

5 Kelebihan Utama Pakai E-wallet

E-wallet (source: Pexels)
E-wallet (source: Pexels)

Bukan tanpa sebab tentunya jika layanan ini semakin berkembang dan banyak digunakan masyarakat dari tahun ke tahun. Dengan menggunakan e-wallet dan menerapkan cashless, ini dia 5 kelebihan utama yang bisa JULOvers pertimbangkan:

Baca Juga: Paylater, Bisa Beli Sekarang Bayar Nanti Pakai Fitur JULO

1. Pakai E-wallet, Transaksi Lebih Aman dan Terhindar dari Uang Palsu

E-wallet (source: Pexels)
E-wallet (source: Pexels)

Di tengah masa pandemi seperti ini, tercatat berdasarkan laporan kepolisian bahwa angka kriminalitas – seperti copet dan perampokan – turut meningkat selama 2 tahun terakhir ini. Dompet termasuk di antara barang yang menjadi incaran karena adanya uang tunai serta kartu kredit yang bisa langsung digunakan. Adanya faktor ini tentunya membuat gaya hidup cashless menjadi lebih aman karena JULOvers cukup membawa smartphone untuk transaksi. Selain itu, keberadaan password serta OTP cukup membuat nominal uangmu aman tersimpan di dalam sistem.

Transaksi dengan e-wallet juga dapat mengurangi persebaran uang palsu karena semakin sedikit fisik tunai yang berpindah tangan. Dengan begitu, risiko kamu dan orang lain untuk mendapat uang palsu juga semakin kecil ke depannya. Tanpa sadar, kita juga dapat berkontribusi lho untuk pemerintah dengan rajin menggunakan dompet digital.

2. Transaksi Lebih Cepat, Praktis dan Ringkas

julo
E-wallet (source: Pexels)

Jika harus dibandingkan dengan transaksi konvensional dengan uang tunai, transaksi dengan e-wallet tentunya akan jauh lebih praktis dan ringkas karena JULOvers hanya perlu membawa smartphone. Cukup masukkan nomor handphone atau scan QR code, uang di dalam akun dompet digital akan langsung berpindah dan transaksimu langsung selesai.

Transaksi cashless juga jauh lebih cepat karena tidak perlu adanya pertukaran fisik uang tunai. Selain itu, penjual juga tidak perlu menghitung atau repot mencari uang kembalian karena setiap nominal transaksi akan pas hingga ke satuannya. Seluruh transaksi dapat terjadi semudah scan barcode.

3. Menghindari Penyebaran Virus dan Bakteri

E-wallet (source: Pexels)
E-wallet (source: Pexels)

Salah satu hal yang paling membedakan metode cashless adalah tidak adanya pertukaran fisik tunai yang biasa terjadi di transaksi konvensional. Hal ini tentunya menjadi kelebihan utama di masa pandemi seperti sekarang ini karena mengurangi persebaran virus dan bakteri. Bahkan pembayaran dengan dompet digital sudah menjadi anjuran dari pemerintah untuk mencegah kontak erat dengan orang lain.

Daftar BPJS Kesehatan, 6 Alasan Utama Harus Punya BPJS!

4. Pengaturan Keuangan Menjadi Lebih Mudah

E-wallet (source: Pexels)
E-wallet (source: Pexels)

Pernah merasakan kehabisan uang di pertengahan bulan dan bingung ke mana uangnya habis? Pastinya pertanyaan ini bisa dijawab dengan mudah kalau kamu rutin menggunakan e-wallet. Aplikasi dompet digital sekarang ini sudah pasti dilengkapi dengan fitur history yang dapat menunjukkan rekam transaksi – termasuk pengeluaran kamu. Rekam ini bisa JULOvers manfaatkan untuk mencatat alur keuangan pribadi, seperti pengeluaran dan pemasukan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengalokasikan uang untuk hiburan ke dalam dompet digital yang sering kamu pakai. Dengan begitu, JULOvers dapat memiliki kontrol yang lebih baik karena lambat laun kamu akan terbiasa untuk tidak langsung memakai uang di rekening pribadi.

Baca Juga: Kartu Kredit Konvensional vs. Digital. Pilih yang Mana?

5. Banyak Promosi yang Menguntungkan

E-wallet (source: Pexels)
E-wallet (source: Pexels)

Dibandingkan dengan transaksi tunai, transaksi dengan e-wallet atau dompet digital jauh lebih menguntungkan karena banyaknya promo cashback atau diskon yang berlaku. Belum lagi integrasi dengan delivery service seperti makanan dan antar barang yang bisa memberikan harga miring.

Tidak hanya itu, beberapa e-wallet juga memberlakukan sistem poin atau tier yang bisa kamu manfaatkan. Semakin banyak kamu menggunakannya, maka diskon dan penawaran spesial akan semakin sering kamu dapatkan. Pada akhirnya, JULOvers akan jauh lebih hemat daripada hanya bertransaksi dengan tunai.

Berikut beberapa kelebihan yang bisa JULOvers dapatkan dengan menggunakan e-wallet. Baik transaksi tunai ataupun cashless, dua-duanya bisa menjadi solusi finansial jika digunakan secara tepat – sama seperti JULO Kredit Digital.

Daftar BPJS Kesehatan, 6 Alasan Utama Harus Punya BPJS!

Dengan limit kredit maksimal sampai 15 juta rupiah dengan bunga rendah dari 0,1% per hari, JULOvers dapat mengisi ulang banyak e-wallet – dari Gopay, OVO, Dana, LinkAja dan ShopeePay. Selain itu, kamu juga dapat menikmati banyak fitur lengkap JULO Kredit Digital – seperti:

  • Tarik Dana
  • Bayar Kartu Pascabayar
  • Kirim Dana
  • Bayar Tagihan Listrik
  • Bayar Pulsa
  • Bayar e-commerce

Dilengkapi dengan tenor fleksibel sampai dengan 9 bulan dan tanggal pembayaran yang disesuaikan dengan tanggal gajian, pembayaran cicilan tentunya menjadi semakin mudah dan praktis.

Yuk sudah saatnya untuk #HidupkanHidupmu dengan JULO Kredit Digital dan barisan e-wallet!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…