Kartu Kredit Konvensional vs. Digital. Pilih yang Mana?

Kartu Kredit Konvensional vs. Digital. Pilih yang Mana?

Kartu kredit. Rasanya instrumen pembayaran yang satu ini sudah cukup familiar di benak banyak orang. Bahkan bagi beberapa orang, instrumen yang satu ini kerap dipandang sebagai alat penanda status ekonomi sosial seseorang. Semakin besar limit dan nama bank asalnya maka dianggap semakin tinggi status pemiliknya.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, kepemilikan kartu kredit sudah tidak terlalu dianggap sebagai simbol kemewahan melainkan sebatas alternatif alat pembayaran. Ditambah lagi, sekarang ini sudah muncul berbagai macam penyedia layanan kredit digital yang praktis seperti JULO Kredit Digital dengan limit tinggi sampai 15 juta rupiah.

Baca Juga: Paylater, Bisa Beli Sekarang Bayar Nanti Pakai Fitur JULO

Daftar BPJS Kesehatan, 6 Alasan Utama Harus Punya BPJS!

Kartu Kredit Konvensional vs. Kredit Digital?

Kartu Kredit (source: Pexels)
Kartu Kredit (source: Pexels)

Dihadapkan pada dua pilihan seperti demikian, pastinya banyak di antara JULOvers yang bertanya-tanya harus pakai yang mana – kredit konvensional atau kredit digital. Sesungguhnya tidak ada jawaban yang benar mengenai harus pakai yang mana karena semuanya kembali ke kebutuhan dan pendapat pribadi nasabah.

Beberapa orang ada yang tetap merasa lebih nyaman menggunakan layanan konvensional karena mungkin tingkat bunga yang rendah dan lebih percaya dengan institusi perbankan. Akan tetapi, tetap tidak bisa ditampik bahwa kredit digital juga menawarkan banyak kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan layanan konvensional.

Lantas, apa saja nih kelebihan kredit digital dibanding layanan konvensional? Berikut ini dia 4 kelebihan kredit digital yang perlu JULOvers ketahui:

1. Tidak Tergantung pada Fisik Kartu Kredit

Kartu Kredit (source: Pexels)
Kartu Kredit (source: Pexels)

Jika membicarakan kredit konvensional, pastinya banyak di antara JULOvers yang langsung membayangkan bentuk kartu kredit. Walaupun beberapa penyedia kredit konvensional belakangan ini sudah mulai merambah ke bentuk digital, banyak di antara layanan tersebut yang masih memerlukan kehadiran fisik kartu seperti informasi CVV. Belum lagi, adanya risiko kartu terselip atau hilang yang membuat layanan kredit konvensional belum praktis secara sepenuhnya.

Beda dengan layanan kredit digital seperti JULO Kredit Digital. Limit kredit maksimal 15 juta yang didapat nasabah tetap dapat digunakan tanpa adanya kehadiran fisik kartu. Dengan bunga dari 0,1% per hari, JULOvers bisa bebas menggunakan limit kredit hanya dengan membawa smartphone dengan aplikasi JULO Kredit Digital. Pastinya lebih praktis dan risiko hilang terselip bisa lebih diminimalisir.

2. Penggunaan Lebih Fleksibel

Kartu Kredit (source: Shutterstock)
Kartu Kredit (source: Shutterstock)

Penggunaan kredit konvensional bisa dibilang belum terlalu fleksibel seperti layanan kredit digital. Limit kredit konvensional yang didapat baru bisa digunakan di merchant dan layanan lainnya jika membawa fisik kartu. Walau sekarang ini kredit konvensional sudah bisa digunakan sebagai opsi isi ulang dompet digital, seringkali JULOvers tetap perlu mengisi data kartu ke beragam platform dompet digital berbeda. Tentunya hal ini bisa menjadi nilai minus bagi pengguna yang tidak nyaman untuk menaruh data kartu di banyak tempat.

Dengan menggunakan layanan kredit digital seperti JULO Kredit Digital, hal seperti ini bisa dihindari karena kamu hanya perlu memasukkan informasi nomor ke dalam aplikasi JULO dan dompet digital-mu bisa langsung terisi. Dari OVO, Gopay, Dana, LinkAja sampai Shopeepay – semua bisa diisi hanya dengan sentuhan jari. Selain itu, JULO Kredit Digital juga bisa digunakan untuk beragam keperluan seperti bayar e-commerce, tagihan listrik, BPJS sampai isi pulsa sehingga jauh lebih fleksibel.

Baca Juga: JULO Kredit Digital, Yuk Kenal Lebih Jauh dengan Produknya!

3. Pengajuan Lebih Mudah

Kartu Kredit (source: Pexels)
Kartu Kredit (source: Pexels)

Pengajuan kredit konvensional bisa dibilang cukup sulit karena tidak banyak institusi perbankan yang ingin mengambil risiko untuk menerima sembarang nasabah. Dengan demikian, pengajuan seringkali memerlukan dokumen persyaratan yang cukup berlapis – dari KTP, slip gaji sampai bukti rekening tabungan. Ditambah lagi, banyak yang masih menerapkan prosedur offline sehingga harus tatap muka dan kurang praktis.

Hal ini tentunya berbeda dengan layanan kredit digital seperti JULO Kredit Digital. Untuk prosedur mendapatkan limit kredit digital, JULOvers hanya perlu mengunggah KTP, selfie dengan KTP dan informasi pribadi yang bisa diisi secara online. Dengan demikian, pengajuan bisa dilakukan di manapun dan tidak perlu tatap muka sehingga jauh lebih praktis.

4. Persetujuan Lebih Cepat

Kartu Kredit (source: Pexels)
Kartu Kredit (source: Pexels)

Persetujuan pengajuan kredit konvensional juga dinilai cukup lama karena pihak bank harus melakukan pengecekan dokumen persyaratan yang cukup berlapis. Belum lagi adanya BI Checking yang menambah lama karena penelurusan riwayat nasabah yang harus diperiksa. Kerapkali pengajuan ini bisa memakan waktu mingguan bahkan sampai bulanan untuk beberapa institusi perbankan tertentu.

Sedangkan persetujuan untuk pengajuan kredit digital seperti JULO Kredit Digital dinilai lebih cepat dan paling lambat hanya memakan waktu harian. Ditambah dengan pengecekan dokumen yang disusun secara sistematis, JULO Kredit Digital juga memeriksa kelayakan nasabah dari credit scoring berbasis Artificial Intelligence (AI). Dengan demikian, JULOvers tidak perlu terkendala BI Checking ketika mengajukan limit kredit digital ke JULO.

Baca Juga: JULO Kredit Digital, Simak 4 Kelebihan Mengajukan di Sini!

Itu dia beberapa kelebihan kredit digital jika dibandingkan dengan layanan konvensional. Walau berbeda, kedua instrumen keuangan ini sama-sama bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup JULOvers jika digunakan secara bijak. Seperti JULO Kredit Digital yang memberikan bunga rendah dari 0,1% per hari dan tenor fleksibel sampai 9 bulan sehingga sangat sesuai untuk digunakan untuk keperluan produktif.

Yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital dan juga layanan kartu kredit!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Yudhistira
A digital marketer 'in the making' with some experiences in copywriting and beverage craft as Barista. Loves to travel and write some tips & lifestyle updates on JULO blog.

Artikel Lainnya

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

Temukan ide bisnis sederhana, seperti menjual kaos, paket data dan pulsa, hingga parcel atau hampers, untuk menambah…

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Makanan Online yang Laris di Pasaran

Temukan ide bisnis makanan online yang laris di pasaran, seperti seblak, makarani goreng, aneka keripik, dan salad buah…