fungsi paylater

5 Fungsi Paylater yang Perlu Diketahui

5 Fungsi Paylater yang Perlu Diketahui

Fungsi paylater sebenarnya ada banyak, hanya saja tidak banyak orang yang menggunakannya dengan benar. Oleh karena itulah fungsi awal dari keberadaan paylater tidak bisa dirasakan. Apakah JULOvers salah satunya? Paylater sendiri adalah suatu metode pembayaran yang disediakan oleh perusahaan penyedia layanan paylater untuk melakukan pembayaran di bulan berikutnya dari waktu transaksi dilakukan.

Dengan sistem paylater, para pengguna dimudahkan dalam berbagai macam hal. Kemudahan inilah yang akan coba kita gali lebih jauh dalam artikel ini. JULOvers siap?

Apa Yang Dimaksud PayLater?

Untuk membantu kamu memahami fungsi paylater, ada baiknya kamu memahami dengan baik apa itu paylater.

Simpelnya, memiliki paylater tidak ubahnya seperti memiliki kartu kredit. Kamu dapat membeli barang, membayar tagihan, serta melakukan transaksi lainnya dengan cepat dan efisien.

Seperti kartu kredit juga, kamu harus membayar tagihan dan cicilan saat menggunakan paylater. Proses membayar tagihan ini juga memiliki tanggal jatuh tempo atau tenor pembayaran yang wajib kamu patuhi jika tidak ingin terkena pinalti.

Sekarang kamu mungkin berpikir kalau paylater serupa dengan kartu kredit lalu apa kelebihannya?

Untuk menjawab hal tersebut, sekarang waktunya kamu memahami fungsi paylater dalam kehidupan sehari-hari berikut ini.

Apa Fungsi Paylater Dalam Kehidupan Sehari-hari?

Kehadiran dari paylater yang fleksibel dan proses aktivasinya yang cepat, sangat membantu masyarakat dalam berbagai aktivitas pembayaran. Fungsi-fungsi dari paylater yang bisa kamu rasakan adalah sebagai berikut: 

1. Memudahkan Kegiatan Transaksi

seorang wanita sedang melakukan transaksi di handphone
Sumber: Pexels

Adanya paylater membantu para pengguna untuk bertransaksi dengan sangat mudah. Apapun aktivitas transaksi yang dilakukan, apapun aplikasi dan jenis biaya yang harus dibayar, semua bisa mudah dilakukan dengan paylater.

Saat ini hampir semua perusahaan yang menyediakan paylater dapat kamu gunakan untuk melakukan pembayaran apapun. Dari membayar barang-barang kebutuhan rumah tangga, makanan, listrik, BPJS, hotel, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya memudahkan transaksi, kamu juga dapat dengan mudah mengajukan pinjaman di aplikasi paylater. Umumnya, kamu hanya harus memenuhi syarat seperti cukup umur, memiliki foto ktp dan foto selfie dengan KTP, memiliki pekerjaan, serta memiliki rekening bank pribadi.

2. Membantu Memenuhi Kebutuhan Pokok

sebuah keluarga sedang berbelanja bahan pokok
Sumber: Pexels

Kehadiran paylater juga berfungsi untuk membantu para pengguna memenuhi kebutuhan mereka. Bagaimana caranya? Dengan memberikan pinjaman pada saat ini dan dibayar pada bulan berikutnya. Cara ini membuat para pengguna yang tidak lagi memiliki saldo di tabungan jadi bisa membeli kebutuhan mereka terlebih dahulu. Pada keadaan-keadaan genting, tentu saja fungsi dari sistem pembayaran paylater ini sangat berguna.

Baca Juga: 7 Manfaat Paylater Bagi Penggunanya

bayar tagihan online Julo

3. Memberikan Bunga yang Rendah

memberikan bunga yang rendah
Sumber: Pixabay

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri telah menetapkan suku bunga yang cukup rendah bagi platform pinjaman online atau paylater. Bunga maksimal yang dapat dibebankan kepada konsumen adalah 0.8% perharinya atau maksimal 24% setiap bulannya.

Dengan begitu, kamu dapat memastikan kalau pinjaman online yang kamu dapatkan tidak akan terlalu melukai kondisi keuangan kamu ke depannya.

4. Membantu Memenuhi Kebutuhan Mendadak

ilustrasi seorang pria terkejut di depan laptop
Sumber: Pixabay

Sebagai contoh, andaikan kamu perlu membeli laptop untuk kebutuhan pekerjaan. Namun tabungan dan gaji yang ada saat ini tidak bisa digunakan untuk membayar laptop tersebut sekaligus.

Ini karena gaji per bulan yang ada perlu digunakan untuk kebutuhan makan dan akomodasi. Jika gaji tersebut langsung habis, kamu memang bisa mendapatkan laptop, tetapi tidak akan bisa makan selama satu bulan. Tentu ini bukan cara yang bijaksana, bukan?

Dengan adanya paylater, kamu jadi bisa membeli laptop dengan cicilan beberapa ratus ribu di setiap bulan dan tetap bisa membayar semua biaya keperluan per bulan. 

Sangat menguntungkan, bukan? Cicilan yang perlu dibayar juga bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Misalnya hanya tiga bulan, enam bulan atau dalam satu tahun. Dengan ini kamu jadi bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Meskipun ada bunga yang juga harus dibayar pada setiap cicilan yang ada, namun bunganya tetap rendah. 

5. Menjadi Modal Awal Usaha

tumpukan uang koin di atas uang kertas
Sumber: Pexels

Bagi kamu yang selalu bercita-cita untuk memulai usaha, modal seringkali menjadi halangan utama untuk memulai. Dengan adanya paylater, kamu kini dapat memulai usaha dengan lebih cepat.

Tidak sedikit aplikasi paylater yang menyediakan dana segar yang dapat kamu gunakan untuk modal memulai usaha. Kamu juga akan mendapatkan kemudahan lainnya dari segi proses pengajuan karena kamu dapat melakukan pengajuan secara online.

Baca Juga: Bingung Menghitung Bunga Pinjaman? Begini Caranya!

Apa Saja Tips Menggunakan Paylater?

Dibalik seluruh fungsi dan kemudahan yang ditawarkan, tidak jarang penggunaan paylater malah merusak kondisi finansial seseorang dalam jangka panjang. Agar hal tersebut tidak terjadi padamu, berikut adalah beberapa tips menggunakan paylater yang dapat kamu terapkan.

1. Sesuaikan pinjaman dengan kemampuan membayar

seseorang sedang menghitung kemampuan membayarnya dengan kalkulator
Sumber: Pixabay

Kemudahan pembayaran yang ditawarkan aplikasi paylater tidak jarang membuat seseorang ketagihan untuk berbelanja. Atau dalam kasus lain, tidak jarang orang menggunakan pinjaman paylater dalam jumlah besar untuk membeli barang keinginannya.

Kalau sudah begini, orang tersebut kadang telat sadar bahwa Ia telah mengajukan pinjaman di luar kemampuannya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa mulai dengan mengukur kemampuan finansial kamu secara detail. Tentukan berapa persen dari pemasukan kamu yang dapat kamu gunakan untuk membayar cicilan setiap bulannya. Kamu juga harus menyadari bahwa uang pinjaman yang kamu dapat harus kamu kembalikan suatu saat.

2. Membayar cicilan tepat waktu

jam weker dengan tumpukan koin di sebelahnya
Sumber: Pixabay

Salah satu hal yang sering luput dari pengguna paylater adalah tanggal jatuh tempo. Kamu bisa saja telah meminjam sesuai dengan kemampuan finansial kamu tiap bulannya. Tetapi, kalau kamu sampai telat membayar cicilan tepat waktu, ada kemungkinan kamu akan mendapatkan sanksi dalam bentuk biaya lainnya yang dapat memberatkan kamu.

Baca Juga: Kenapa Harus Membayar Cicilan Tepat Waktu?

Sebagai solusi, kamu dapat membuat notifikasi alarm sendiri pada kalender handphone yang akan mengingatkan kamu ketika tanggal jatuh tempo akan datang dan ketika hari untuk membayar cicilan datang.

3. Manfaatkan promo

seorang wanita merasa senang mendapatkan promo paylater
Sumber: Pixabay

Tidak jarang aplikasi paylater akan menawarkan promo dalam bentuk cashback atau keuntungan lainnya yang dapat membuat kamu mendapatkan lebih saat mengajukan pinjaman.

Dengan memanfaatkan promo-promo yang ada pada aplikasi pilihan, kamu dapat berhemat dan memastikan kalau kamu meminjam uang dengan besaran yang dapat kamu bayarkan nantinya.

Ituah dia penjelasan tentang fungsi paylater serta tips untuk menggunakannya. Semua fungsi paylater di atas ini bisa dirasakan oleh semua orang yang menggunakannya. Kehadiran paylater terbukti sangat bermanfaat, namun tentu saja JULOvers perlu menggunakan paylater dengan bijak. Jangan sampai menggunakan layanan paylater hanya untuk kesenangan sesaat dan menderita di kemudian hari karena terjerat utang. 

JULOvers juga perlu mewaspadai setiap perusahaan atau pihak yang menyediakan layanan pinjaman paylater ini. Sudah sangat banyak penipuan yang terjadi karena pinjaman online ilegal. Saat ingin membayar, pastikan bahwa sistem pembayaran tersebut telah berizin oleh OJK. Sebagai rekomendasi untuk JULOvers yang ingin menggunakan layanan pinjaman paylater tepercaya, JULO bisa jadi pilihan. 

JULO adalah aplikasi kredit digital yang memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai transaksi ke mana saja. Baik itu e-commerce, BPJS, pulsa, listrik, hingga tarik dana untuk keperluan lainnya. Yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…