ide bisnis milenial

7 Ide Bisnis Milenial yang Wajib Dicoba

Generasi milenial atau gen Z merupakan orang-orang yang lahir dari tahun 1995 sampai 2010. Generasi ini memiliki karakteristik yang terbuka pada budaya dan selalu mengikuti tren terkini. Berbicara soal gen Z ada beberapa bisnis yang melekat seperti influencer dan content creator. Keduanya menjadi ide bisnis milenial yang mencuri banyak perhatian. 

Kedua bisnis tersebut terdengar menyenangkan dan menguntungkan. Siapa yang tidak mau menjadikan kesenangan sebagai pekerjaan? Tentu JULOvers salah satunya, bukan? Jika kamu sedang mencari ide-ide bisnis lainnya coba perhatikan informasi berikut ini. 

Usaha apa yang cocok untuk milenial?

seorang wanita milenial sedang bekerja sambil menelpon
Sumber: Pexels

Generasi milenial sangat dekat dengan teknologi dan internet. Apalagi saat ini perkembangan keduanya semakin pesat. Bahkan bisnis-bisnis juga terus berevolusi mengikuti kecanggihan teknologi dan internet. Iklan di jalan mulai beralih ke dunia digital, begitu juga metode penjualan yang ada. Hal ini menjadi peluang usaha baru yang bisa dimanfaatkan oleh generasi milenial. Berikut beberapa contohnya:

1. Fashion

deretan pakaian yang sedang digantung
Sumber: Pexels

Generasi milenial memiliki ketertarikan yang sangat besar terhadap desain-desain unik. Fashion yang dimaksudkan di sini tidak hanya soal baju melainkan termasuk celana, rok, terusan, aksesoris, sepatu, dan tas. Bahkan tidak sedikit orang yang akhirnya membuka clothing line mereka sendiri. Memang tidak mudah membangun bisnis pakaian dari nol.

Tetapi kamu pasti bisa membangun bisnis yang sukses seperti milenial lainnya yang sudah berhasil. Kamu bisa mulai dengan memilih jenis fashion apa yang ingin ditekuni. Apakah itu baju, tas atau aksesoris. Kemudian coba buat desain sesuai preferensi. 

Jika sudah ada desain yang final maka ini saatnya untuk mulai memproduksi produk tersebut. Ketika hasilnya sudah memuaskan dan memiliki kualitas yang baik kamu bisa langsung menjualnya ke media sosial. 

2. Jasa Pembuatan Konten

seseorang sedang menulis konten di laptop
Sumber: Pexels

Suka menulis dan butuh platform menuangkan semua ide pemikiran? Kamu bisa membuka jasa pembuatan konten. Sekarang media sosial menjadi salah satu platform penting untuk digunakan ketika akan berbisnis. Namun masih ada banyak bisnis yang kesulitan beradaptasi sehingga konten yang dibuat tidak banyak atau tidak menarik. Dari sini kamu bisa menawarkan jasa pembuatan konten sesuai keinginan klien. 

Baca Juga: Manfaatkan Media Sosial Instagram Untuk Memasarkan Usahamu dengan Cara Berikut Ini!

Kamu bisa menyediakan isi kontennya saja atau sekaligus membuat desain yang siap untuk diunggah. Dua kemampuan ini sangat menguntungkan karena ke depannya seluruh bisnis harus dapat bersaing menawarkan produk sambil memberikan konten kreatif yang menarik. Usaha ini tidak perlu mengeluarkan dana sebagai modal usaha. Sebagai gantinya kemampuan menulis, mendesain serta kreativitas kamu yang menjadi modal penting. 

3. Thrift Shop

seorang wanita sedang duduk di sebelah gantungan baju
Sumber: Pexels

Thrift shop juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang memiliki banyak barang bagus tetapi tidak pernah digunakan lagi. Daripada langsung dibuang kamu bisa membuatnya menjadi uang tunai. Mulai pisahkan barang-barang yang tidak ingin digunakan dan bersihkan supaya terlihat seperti baru. Barang yang bisa dijual sebenarnya tidak terbatas.

Baca Juga: 4 Tips Berbisnis dengan Modal Kecil

Kamu bisa menjual baju, celana, rok, terusan, tas, atau barang elektronik lainnya. Selama kualitas barang tersebut masih bagus maka kamu bisa menjualnya. Jangan lupa gunakan seluruh kanal yang ada seperti media sosial, marketplace, dan website untuk melakukan pemasaran.

 

kredit digital Julo

4. Event Organizer

seorang wanita dan pria event organizer sedang memantau acara
Sumber: Pexels

Selanjutnya ada usaha perencanaan acara atau yang biasa disebut Event Organizer (EO). Membuat usaha event organizer cocok buat kamu yang suka mengatur alur acara dan memiliki banyak ide untuk membuatnya menyenangkan.

Membuka usaha EO tentu membutuhkan banyak orang dan kemampuan seperti halnya kemampuan berkomunikasi, membawa acara, mengatur alur acara, berpikir kreatif tentang games, dan masih banyak lagi. Tetapi usaha ini cukup menjanjikan dan bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Kamu bisa mulai mengumpulkan portofolio hasil acara yang sudah pernah dibuat. Kemudian barulah buat EO bersama teman-teman yang dapat diajak bekerja sama. 

5. DIY

seorang wanita sedang membuat hiasan DIY
Sumber: Pexels

Usaha DIY atau kerajinan tangan menjadi pilihan yang cukup banyak dipilih oleh generasi milenial. Generasi ini sangat pintar dalam memanfaatkan fitur-fitur menarik yang ada di media sosial. Pasalnya dengan berbekal kemampuan mengoperasikan media sosial kamu sudah bisa membuat usaha DIY menjadi sukses. Membangun usaha DIY ini tidak serumit yang dibayangkan.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Kreatif dan Unik dengan Modal Kecil

Kamu hanya perlu membuat produk berdasarkan hobi dan kesukaaan lalu menjualnya menjadi produk yang menarik. Ada banyak barang yang bisa dijual contohnya lilin aromaterapi, rajutan, produk resin, hand lettering, stiker, aksesoris, dan masih banyak lagi. Semakin unik dan menarik produk yang dihasilkan semakin banyak pula orang yang akan membelinya. 

6. Makeup Artist

seorang makeup artist sedang melayani pelanggan
Sumber: Pexels

Usaha makeup artist bisa menjadi usaha yang menjanjikan buat kamu yang sudah lama tertarik dengan produk kecantikan. Kamu bisa mulai mendandani orang-orang terdekat ketika mereka memiliki acara kondangan atau sweet seventeen

Sebagai awal memberikan layanan secara gratis merupakan strategi untuk mengumpulkan portofolio dan membuat kamu semakin dikenal. Jika mereka puas maka tinggal tunggu waktu saja jasa makeup kamu akan kembali digunakan. Sambil menunggu kamu bisa terus belajar makeup dari internet atau mengambil kursus pribadi. Terus asah kemampuan hingga akhirnya kamu bisa menjadi makeup artist yang sukses. 

7. Jastip

seorang wanita membawa tas belanja hasil jastip
Sumber: Pexels

Usaha jastip juga patut kamu coba. Usaha ini hanya memerlukan ponsel pintar untuk mengambil gambar barang-barang ketika kamu sedang liburan. Mari andaikan bahwa kamu sedang liburan ke Eropa. Coba ambil beberapa gambar barang yang terkenal dan khas dari negara tersebut kemudian unggah ke media sosial. 

Tanyakan apakah follower kamu ingin melakukan pembelian barang tersebut dengan harga yang sudah disesuaikan. Jika ada pesanan barang-barang tersebut kamu bisa mulai melakukan pembelian. Tetapi ingat jangan langsung membeli kalau tidak ada pesanan. Pastikan juga uang untuk membeli barang tersebut sudah masuk ke dalam rekening supaya kamu tidak berbelanja dengan uang pribadi.

Jadi ide bisnis milenial mana yang ingin kamu coba? Semua ide bisnis ini memiliki peluang yang besar saat dijalankan. Jika kamu memerlukan modal awal untuk membangun bisnis tersebut JULO bisa jadi tempat yang tepat. JULO merupakan kredit digital yang menyediakan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan. 

Kamu bisa menarik dana tunai ke rekening untuk membeli barang-barang kebutuhan usaha. Atau langsung saja berbelanja di berbagai e-commerce kesayangan dengan aplikasi JULO alias menggunakan pinjaman paylater. JULO Kredit Digital sudah terbukti aman dan tepercaya karena memiliki izin OJK. Proses pengajuan pinjaman JULO juga sangat cepat dan mudah. Jadi tunggu apalagi? Yuk #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital.

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…