Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah?
1. Pempek
2. Kue Pukis
3. Cilok
4. Serabi/Surabi
5. Gado-gado
Apa Saja Tips Meningkatkan Usaha Kuliner Kamu?

Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah, Patutkah Dicoba?

ide dan peluang usaha makanan khas daerah

Makanan khas daerah dapat menjadi peluang usaha yang menarik untuk dijalankan dan tentu saja menguntungkan. Apa saja ide dan peluang usaha makanan khas daerah yang dapat JULOvers coba?

Melalui artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi lengkap seputar berbagai peluang usaha makanan khas daerah dengan konsep kekinian yang mampu menarik perhatian masyarakat luas. Sebagai informasi tambahan, ada juga tips untuk meningkatkan penjualan kamu yang dapat langsung disimak pada pembahasan di bawah.

Apa Saja Ide dan Peluang Usaha Makanan Khas Daerah?

Anda pasti tahu beberapa franchise makanan khas daerah kekinian yang didirikan oleh kedua presiden kita Jokowi yaitu Goola yang didirikan oleh Gibran dan juga Sang Pisang yang didirikan oleh Kaesang. Kedua franchise tersebut mengambil konsep makanan khas daerah yang dapat menjadi contoh bagi kamu dalam menjalankan bisnis kuliner di bidang ini.

Selain itu, ada juga berbagai peluang usaha makanan khas daerah lainnya sebagai berikut:

1. Pempek

pempek dengan aneka sayur

Makanan khas Palembang yaitu pempek tidak akan pernah luput dari perhatian masyarakat Indonesia. Kamu pasti sudah pernah memakan pempek sebelumnya, bukan? Jenis pempek apa saja yang menjadi favorit kamu?

Pempek memiliki berbagai macam jenis berdasarkan bentuknya. Ada pempek yang berbentuk bulat seperti bakso, lalu ada yang bulat keriting, panjang kecil, panjang besar, hingga yang paling unik adalah pempek kapal selam. Pempek tersebut kemudian digoreng dan disajikan dengan kuah asam, manis, pedas, dan sebagai pelengkap dapat diberikan potongan timun kecil serta bihun.

Makanan khas Palembang ini dapat menjadi peluang usaha yang dapat kamu coba. Tentu saja, kamu tidak harus menjadi warga Palembang untuk dapat membuat pempek. Pempek ini juga menjadi ide usaha makanan khas daerah yang bisa kamu jual tanpa perlu melakukan kreasi apa pun, namun tetap dapat menarik perhatian masyarakat luas. 

Baca Juga: 5 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

2. Kue Pukis

tumpukan kue pukis siap dijual

Kue pukis merupakan makanan khas daerah Jawa Tengah yang tentu sering ditemukan di berbagai jajanan pasar. Kue ini memiliki cita rasa yang manis dan tekstur yang empuk. Masyarakat Indonesia sangat menyukai kue pukis karena makanan ini dapat disantap sebagai camilan atau makanan pendamping untuk minum teh.

Saat ini, ada banyak orang yang mulai membuat berbagai kreasi kue pukis kekinian dan antusiasme masyarakat Indonesia terhadap kreasi ini sangatlah besar. Kamu bisa mencoba peluang usaha kue pukis ini dengan membuat berbagai kreasi yang unik serta menarik seperti memadukan kue pukis dengan cita rasa makanan Jepang yaitu green tea atau matcha.

kredit digital Julo

3. Cilok

gerobak cilok sedang berkeliling

Siapa yang menyangka bahwa makanan yang sering ditemukan di pedagang gerobak kaki lima ini ternyata termasuk ke dalam makanan khas daerah? Cilok atau yang kepanjangannya adalah aci dicolok, merupakan makanan khas Sunda. Kata aci saja sudah termasuk ke dalam bahasa Sunda.

Baca Juga: Usaha Kuliner, Usaha Menjanjikan yang Dapat Kamu Coba

Cilok biasanya dihidangkan dengan saus kacang atau bahkan saus sambal begitu saja, mirip seperti siomay. Namun, kamu dapat memainkan kreasi cilok ini dengan membuat berbagai pilihan saus yang menarik seperti saus asam manis, saus BBQ, dan saus lainnya yang cocok untuk disajikan dengan cilok.

4. Serabi/Surabi

surabi dengan bungkus daun

Serabi atau surabi merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras dan disajikan bersamaan dengan santan kental serta parutan kelapa di bagian atasnya. Kue ini menempati hati banyak orang dari setiap kalangan, baik tua maupun muda. Maka dari itu, kamu dapat menjadikan kue serabi sebagai peluang usaha makanan khas daerah yang patut untuk dicoba.

Sama halnya seperti kue pukis, serabi juga dapat dikreasikan dengan menggabungkan cita rasa khas Indonesia dengan cita rasa luar. Contohnya, kamu dapat menggunakan selai stroberi, cokelat, hingga parutan keju dan kental manis untuk menyajikan kue serabi ini.

Ada juga pedagang kaki lima yang menciptakan inovasi terbaru dari makanan khas daerah yang satu ini. Mereka menyajikan kue serabi dengan topping seperti telur, daging ayam, dan lainnya. Terdengar menarik dan mengenyangkan, bukan?

5. Gado-gado

gado gado dengan sayur dan saus kacang

Akhirnya, kita sampai di makanan khas daerah dari ibukota Indonesia yaitu gado-gado. Gado-gado ini bahkan mempunyai sebutan dalam bahasa Inggris yang terdengar keren yaitu javanese salad with peanut sauce. Tentu saja, seperti yang dibilang oleh kebanyakan orang, setiap menu makanan khas Indonesia yang diubah ke dalam bahasa Inggris akan memiliki harga yang jauh lebih tinggi.

Gado-gado memiliki sebutan dalam bahasa Inggris bukan hanya untuk terlihat keren saja. Akan tetapi, makanan khas Indonesia ini sudah terkenal di mancanegara. Gado-gado sudah menempati hati para vegetarian dan banyak orang luar negeri yang termasuk ke dalam vegetarian. Oleh karenanya, gado-gado merupakan peluang usaha makanan khas daerah yang sangat menarik untuk kamu coba.

Apa Saja Tips Meningkatkan Usaha Kuliner Kamu?

seseorang sedang memotret makanan

Apakah kamu sudah memilih ingin membuka usaha makanan khas daerah yang mana dari kelima pilihan di atas? Apa pun pilihannya, kamu juga harus melakukan berbagai macam hal untuk dapat meningkatkan bisnis yang dijalankan nantinya.

Berikut ini, ada setidaknya 3 tips penting yang perlu kamu pahami dalam menjalankan bisnis, yaitu:

  • Berperan aktif dalam melakukan kegiatan pemasaran. Kamu juga dapat memanfaatkan pemasaran digital untuk menarik perhatian lebih banyak customer.
  • Buatlah franchise atau cabang untuk memperluas cakupan customer kamu. Semakin banyak cabang yang dibuat, maka akan semakin besar pula keuntungan yang kamu dapatkan.
  • Terus kembangkan ide kreatif dan inovatif untuk membuat berbagai macam kreasi makanan khas daerah yang mampu menarik perhatian banyak orang.

Untuk dapat mengembangkan usaha, kamu akan membutuhkan tambahan modal. Jika sewaktu-waktu atau bahkan saat ini kamu membutuhkan tambahan modal usaha dalam jumlah yang besar, silakan hubungi JULO.

JULO merupakan aplikasi kredit digital yang menyediakan pinjaman modal yang dikhususkan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan bisnisnya, termasuk JULOvers. Kamu bisa langsung mengajukan pinjaman modal tersebut kapanpun dibutuhkan. 

JULO saat ini juga menyediakan promo siap melesat yang dapat dinikmati JULOvers saat mengajukan pinjaman modal. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat langsung menghubungi customer service JULO atau unduh aplikasi kami sekarang juga.

Artikel Lainnya