Manfaat-Lari-Pagi-Untuk-Kesehatan-Simak-Kiatnya

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Mental, Simak Kiatnya!

Manfaat lari pagi untuk kesehatan mental sangatlah penting untuk diketahui oleh JULOvers. Pasalnya masyarakat Indonesia banyak yang mengalami gejala-gejala kesehatan, tidak hanya fisik akan tetapi mental juga. Semua orang tahu bahwa olahraga membuat badan tetap sehat dan kuat, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu kamu lebih cepat pulih dari luka batin.

Selain mendapatkan kesehatan secara fisik, latihan kardiovaskular seperti lari, juga memiliki manfaat kesehatan mental. Banyak pelari menemukan bahwa latihan mereka membantu meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres. Latihan fisik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan mental.

Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Mental

Saat Anda berolahraga, endorfin dan serotonin, yang merupakan zat kimia untuk meningkatkan suasana hati, dilepaskan di dalam tubuh. Begitu juga ketika Anda sedang olahraga lari pagi ketika udara masih sangat segar, maka tubuh pun akan merespon dengan mengeluarkan endorfin dan serotonin didalam tubuh yang menyenangkan hati pula. 

Waktu pagi juga relatif lebih senggang dibandingkan siang atau sore yang biasanya diisi dengan aktivitas penting lain seperti sekolah atau bekerja. Lantas, apa saja manfaat lari pagi untuk kesehatan mental?

Baca Juga: JULO Raih Sertifikasi ISO 27001 Full Scope, Bukti Nyata Keamanan Data Nasabah

5 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Mental

Manfaat-Lari-Pagi-Untuk-Kesehatan-Mental
Source: Pexels

Udara pagi yang sejuk ditambah dengan suasana yang tenang kerap kali dimanfaatkan segelintir orang untuk berolahraga. Salah satu jenis olahraga yang banyak dilakukan di pagi hari yaitu lari atau jogging. Selain nyaman, manfaat lari pagi ternyata memberikan banyak manfaat untuk mental. Olahraga jenis ini siapapun bisa melakukan. Sebab, lari pagi sangat mudah dan murah. Jadi, kenakan sepatu olahraga Anda dan mulai melakukan lari pagi untuk kesehatan tubuh dan mental.
 

Karena banyaknya JULO ingin memberikan yang terbaik kepada JULOvers, oleh karena itu kami buatkan daftar manfaat lari pagi untuk kesehatan mental para JULOvers. Berikut adalah daftar manfaat lari pagi yang telah JULO kumpulkan untuk JULOvers:

1. Mengurangi Depresi

Manfaat-Lari-Pagi-Untuk-Kesehatan-Mental
Source: Pexels

Banyaknya masalah dapat menyebabkan depresi, akan tetapi yang kita tidak tahu bahwa meyehatkan tubuh juga dapat menyehatkan mental kita.

Manfaat olahraga lari bagi kesehatan mental yang pertama adalah dapat mengurangi Depresi. Setelah Anda berlari, endocannabinoid, yang merupakan zat biokimia yang mirip dengan cannabis, dilepaskan di tubuh. Bahan kimia yang diproduksi secara alami dalam tubuh membanjiri aliran darah dan bergerak ke otak. Ini memberikan perasaan jangka pendek yang dapat meredakan stres dan meraih ketenangan.

2. Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat-Lari-Pagi-Untuk-Kesehatan-Mental
Source: Pexels

Tidak hanya tubuh yang menjadi sehat akan tetapi tidur pun lelap dan hasilnya energi badan pun terjaga dengan baik.

Baca Juga: Kartu Kredit Konvensional vs. Digital. Pilih yang Mana?

Lari pagi juga ternyata bisa membuat tidur lebih berkualitas. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa penderita insomnia yang rutin lari pagi diketahui berhasil bisa tidur 17 menit lebih cepat dari sebelumnya. Penderita insomnia juga merasa tidur lebih nyenyak dari biasanya. Maka dari itu, kebiasaan lari pagi dapat menjadi solusi ketika Anda sulit tidur.

3. Mengurangi Kecemasan

Manfaat-Lari-Pagi-Untuk-Kesehatan-Mental
Source: Pexels

Salah satu olahraga yang dinilai dapat membantu mengurangi rasa cemas dan depresi adalah lari. Mengapa lari?

Pada saat Anda mulai berlari, tubuh akan mengalami masa peralihan. Napas menjadi lebih berat dan mungkin detak jantung terasa lebih cepat karena mengalirkan darah berisi oksigen ke otak dan otot Anda.

Setelah itu, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang juga disebut sebagai runner’s high, yaitu sensasi yang dirasakan setelah berolahraga. Runner’s high adalah luapan perasaan euforia yang intens yang dirasakan oleh pelari selama atau setelah olahraga yang berat. Saking intensnya, luapan euforia ini kerap dibandingkan dengan perasaan ‘high’ yang timbul karena dipicu oleh obat-obatan terlarang. Bagi beberapa orang, ini adalah perasan bahagia yang intens. Bagi yang lain, bahkan sampai bisa membuat menangis. Kerap kali, ini dipandang sebagai cerminan perasaan puas atau lega saat pelari berhasil finish saat race.

4. Meningkatkan Percaya Diri

Manfaat-Lari-Pagi-Untuk-Kesehatan-Mental
Source: Pexels

Tubuh yang lemas dan loyo adalah sebab kamu kurang berolahraga. Kalau sudah begini, konsentrasi pun akan berkurang dan akibatnya pekerjaan jadi lama selesai. Lari pagi bisa juga mengatasi masalah tersebut dan buat JULOvers lebih sigap dalam menyesaikan segala pekerjaan.

Rutinnya lari pagi juga akan buat kamu bersemangat di antara kolega kerja. Dengan begitu, JULOvers bisa lebih siap untuk memberikan masukan kepada mereka, bahkan atasan kamu. Intinya kesiapan yang dimiliki oleh orang yang rutin berlari pagi akan menimbulkan perasaan Percaya Diri yang tinggi juga.

5. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat-Lari-Pagi-Untuk-Kesehatan-Mental
Source: Pexels

Manfaat olahraga lari bagi kesehatan mental yang terakhir yaitu meningkatkan kreativitas. Saat Anda lari pagi, meningkatnya hormon endorfin dalam tubuh akan sejalan dengan menurunnya kadar kortisol yang merupakan hormon stres. Rasa nyaman yang timbul saat kadar kortisol menurun inilah yang akan membantu otak dalam meningkatkan kreativitas dan fungsi kognitif otak. Lari akan memompa jantung dan dinilai dapat meningkatkan kreativitas hingga dua jam setelahnya. Alih-alih menatap dengan pandangan kosong menunggu ide luar biasa, gerakkan kaki dan segarkan tubuh dan otak pada saat yang bersamaan dengan berlari.

Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Mental

Itu tadi beberapa manfaat lari pagi yang bisa kamu dapatkan apabila kamu teratur melakukannya. Jangan berlebihan, jangan juga sampai kurang. Penelitian tentang olahraga dan kesehatan mental itu kompleks, tetapi sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan olahraga ringan memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Segera dapatkan manfaat lari pagi untuk kesehatan tubuh dan mental kamu. Karena kesehatan tubuh dan mental itu mahal, maka dari itu kesehatan sebaiknya dijaga dengan baik. 

Baca Juga: Begini Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online yang Aman

Apabila sudah berusaha agar dapat menjaga kesehatan mental, akan tetapi tidak membaik. Kami dari JULO sangat menyarankan untuk berkonsultasi ke Dokter yang memiliki spesialis di bidangnya.

Saat ini JULO dapat memberikan pinjaman dengan limit sampai 15 Juta, dan memiliki bunga rendah dari 0.1% per hari yang bisa di cicil sampai dengan 9 bulan. Bahkan limit pinjaman tetap bisa dipakai tanpa perlu menunggu untuk pelunasan terlebih dahulu. Yang lebih menyenangkan lagi, tanggal bayar cicilan bisa disesuaikan dengan tanggal gajian. Maka dari itu, tunggu apa lagi? Segera gunakan JULO Kredit DIgital sebagai sarana pembayaranmu! Yuk #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit DIgital !

Klik untuk Download JULO Kredit Digital

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…