Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
10 Medali Emas Indonesia yang Diraih Para Atlet di Ajang Internasional
1. Chris John - Tinju
2. Lindswell Kwok - Wushu
3. Taufik Hidayat - Bulu Tangkis
4. Liliyana Natsir - Bulu Tangkis
5. Aero Sutan Aswar - Jetski
6. Ellyas Pical - Tinju
7. Yayuk Basuki - Tenis
8. Andakara Prastawa Dhyaksa - Basket
9. Richard Sambera - Renang
10. Robby Darwis - Sepak Bola
Beli Alat - Alat Olahraga Kamu dengan JULO!

Medali Emas Indonesia: Para Peraih Prestasi di Laga Dunia

medali-emas-indonesia

Medali emas Indonesia yang diraih para atlet dalam ajang kompetisi kancah internasional, sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Hal itu karena kini Indonesia sudah terbilang berhasil melahirkan banyak atlet yang sukses mengibarkan bendera merah putih di mata dunia. Ratusan, bahkan ribuan laga kompetisi sudah diikuti oleh para atlet kita. Saat ini, para atlet jebolan dalam negeri juga sudah sering kali berhadapan dengan atlet asal negara raksasa pencetak atlet seperti China, India, Amerika, dan Eropa lainnya untuk bersaing. Berbagai perjuangan dari para atlet kita sudah dilakukan demi mendapatkan medali emas Indonesia yang sekarang menjadi kebanggaan kita semua.

Baca Juga: Harga Sepeda Listrik Menurun Drastis! Simak 5 Keuntungan Sepeda Listrik

Berbagai atlet dari cabang-cabang olahraga sudah berhasil membawa nama baik Indonesia dalam laga Internasional. Mereka pun berhasil mendapatkan medali emas Indonesia. Tentu saja, medali emas Indonesia yang diperoleh tidak hanya olahraga rakyat saja seperti bulu tangkis atau sepak bola. Para atlet dari cabang olahraga lainnya juga banyak meraih medali emas Indonesia seperti wushu, angkat besi dan masih banyak yang lainnya. Berikut ini, 10 medali emas Indonesia yang diraih para atlet di ajang internasional yang sudah dirangkum JULO.

10 Medali Emas Indonesia yang Diraih Para Atlet di Ajang Internasional

medali-emas-indonesia

Indonesia berhasil mencetak beberapa atlet yang mengharumkan nama bangsa. Para atlet tersebut sukses mempersembahkan sejumlah medali emas Indonesia yang tercatat oleh sejarah. Tidak hanya di dalam negeri, atlet-atlet hebat asal Indonesia juga beberapa kali melenggang di kancah internasional dengan bekal kemampuannya yang mencengangkan. Saking banyaknya prestasi yang diraih, beberapa atlet tersebut juga masuk ke dalam deretan atlet legenda yang dikenang sepanjang masa. Berikut ini JULO telah merangkum informasi 10 medali emas Indonesia yang diraih para atlet di ajang internasional

1. Chris John - Tinju

medali-emas-indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Chris John? Nama Chris John masuk ke dalam jajaran atlet legendaris Indonesia. Ia berhasil mencatatkan beberapa rekor kejuaraan dunia. Chris John merupakan petinju Indonesia kelima yang berhasil meraih gelar juara dunia. Sebelumnya ada beberapa petinju lainnya, yaitu Ellyas Pical, Nico Thomas, Ajib Albaradio, dan Suwito Lagola. Berkat prestasinya, Chris John menjadi salah satu atlet yang jadi putra kebanggaan Indonesia dari cabang olahraga tinju. Pada 2003, petinju yang dijuluki Si Kurus ini berhasil meraih gelar Juara Dunia WBA dari kelas bulu melawan wakil Kolombia, Oscar Leon. Tidak hanya itu, Chris John juga berhasil mengantongi gelar Juara Dunia kelas bulu WBA sukses diraih Chris John selama 18 kali, termasuk juga gelar Super Champion. Prestasi yang diraih oleh Chris John membuahkan banyak medali emas Indonesia yang menjadi kebanggaan.

2. Lindswell Kwok - Wushu

medali-emas-indonesia

Lindswell Kwok juga adalah salah satu atlet yang pernah mempersembahkan gelar Juara Dunia untuk sektor olahraga wushu. Salah satu prestasi mendunia Lindswell adalah ketika ia memenangkan nomor Taijiquan di Kejuaraan Dunia Wushu 2017 yang berlangsung di Kazan, Rusia. Kemenangan Lindswell pada tahun 2017 tersebut berhasil membuat Lindswell sukses mengamankan gelar juara dunianya. Pada kejuaraan itu, Lindswell mengumpulkan poin tertinggi dengan catatan 9,67 dan menyabet medali emas Indonesia

medali-emas-indonesia

3. Taufik Hidayat - Bulu Tangkis

medali-emas-indonesia

Bulu tangkis atau badminton adalah cabang olahraga yang paling populer di Indonesia. Banyak atlet dari cabang olahraga ini berhasil mengumpulkan medali emas Indonesia sebagai buah dari prestasi dan jerih payahnya. Salah satu atlet yang cukup dikenal adalah Taufik Hidayat. Ia adalah pemain bulu tangkis tunggal putra Indonesia yang berasal dari klub SGS Elektrik Bandung. Pada Olimpiade Athena 2004, Taufik Hidayat berhasil meraih medali emas Indonesia dengan mengalahkan atlet dari Korea Selatan, Seung Mo Shon. Selain itu, pada Asian Games (2002, 2006), Taufik juga berhasil meraih gelar juara tunggal putra. Enam Tidak berhenti sampai di sana, prestasi Taufik Hidayat pun berlanjut dengan beberapa kali menjuarai Indonesia Terbuka, yaitu pada tahun 1999, 2000, 2002, 2003, 2004 dan 2006. Menurut beberapa sumber, ia juga menjuarai Piala Thomas (2000, 2002, 2004 dan 2006) serta Piala Sudirman (1999, 2001, 2003 dan 2005).

4. Liliyana Natsir - Bulu Tangkis

medali-emas-indonesia

Masih di cabang olahraga bulu tangkis, Liliyana Natsir juga merupakan salah satu atlet dengan segudang prestasi yang berhasil membawa pulang medali emas Indonesia. Liliyana Natsir menjadi pemain legenda di cabang bulu tangkis Indonesia, karena meraih beberapa kali gelar Juara Dunia Bulu Tangkis. Liliyana Natsir atau yang akrab dengan sapaan Butet ini berhasil meraih empat kali juara bulu tangkis, yakni pada tahun  2005, 2007, 2013 dan 2017.

Baca Juga: Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Selanjutnya, pada tahun 2005 dan 2007 Liliyana Natsir bersama rekannya Nova Widianto  juga berhasil mengantongi gelar Juara Dunia dan menambahkan isi kabinet medali emas Indonesia. Pada 2013 dan 2017 gelar serupa juga diraih oleh Liliyana bersama rekan lainnya, yaitu Tontowi Ahmad. Uniknya, pada setiap partai final Kejuaraan Dunia yang berhasil ia menangkan bersama pasangannya, Liliana Natsir selalu berhadapan dengan wakil dari negara Tiongkok, seperti Xie Zhongbo/Zhang Yawen (2005), Zheng Bo/Gao Ling (2007), Xu Zhen/Ma Jin (2013), dan Zheng Siwei/Chen Qingchen (2017).

5. Aero Sutan Aswar - Jetski

medali-emas-indonesia

Tampan, muda, dan berbakat, itulah Aero Sutan Aswar, atlet dari cabang olahraga Jetski. Prestasi atlet Jetski satu ini telah menjadi salah satu kebanggaan Indonesia. Aero Sutan Aswar meraih gelar juara dunia terakhir kali pada 2019 lalu. Tidak hanya itu, Aero juga sukses merebut podium kelas Pro Endurance Runabout Open yang berlangsung di Lake Havasu City, Arizona, Amerika Serikat. Berkat prestasinya tersebut ia mengantongi medali emas Indonesia pada cabang olahraga Jetski.

6. Ellyas Pical - Tinju

medali-emas-indonesia

Jika pada awal JULOvers kembali mengingat segudang prestasi Chris John, kini saatnya JULOvers juga kembali mengingat Ellyas Pical, Sang Juara Tinju Dunia pertama dari Indonesia, dan tiga kali juara kelas super flyweight IBF pada tahun 1985–1989. Pada 1982, Pical mendapatkan julukan "The Exocet". Julukan tersebut diberikan oleh para pers berkat pukulan tangan kirinya. The Exocet merupakan rudal buatan Prancis yang digunakan untuk melawan Royal Navy oleh Angkatan Udara Argentina selama Perang Falklands, yang terjadi pada tahun 1982 pada era Pical. Tidak hanya itu, ia juga menjadi orang kedua dari Indonesia yang memperebutkan gelar juara dunia, setelah Thomas Americo. Tentunya, prestasi Pical sukses menyumbangkan medali emas Indonesia.

 

7. Yayuk Basuki - Tenis

medali-emas-indonesia

Beralih ke cabang olahraga lainnya, pada cabang olahraga tenis tentu JULOvers pernah mendengar nama Yayuk Basuki. Ia adalah mantan pemain tenis profesional asal Indonesia. Pada tahun 1991, Yayuk  menjadi pemain Indonesia pertama yang memenangkan pertandingan tenis profesional internasional. Melalui turnamen tersebut, ia merebut gelar tunggal di Pattaya.  Yayuk juga merupakan pemain tenis dengan peringkat tertinggi dari Indonesia, setelah mencapai No. 19 di tunggal dalam peringkat WTA pada Oktober 1997.

Jejeran prestasi Yayuk lainnya adalah ketika ia memenangkan enam gelar tunggal WTA Tour selama karirnya melawan para atlet manca negara seperti Amélie Mauresmo, Mary Joe Fernández, Lindsay Davenport, Gabriela Sabatini, Magdalena Maleeva, Anke Huber, Iva Majoli, Anna Kournikova, Zina Garrison, dan Mary Pierce. Kemenangan terbesar Yayuk adalah ketika iya berkompetisi melawan Iva Majoli, mantan juara France Open. Dia juga menjadi wanita Indonesia kedua yang memenangkan medali emas Indonesia tunggal Asian Games, setelah Lita Liem Sugiarto pada tahun 1974, ketika dia mengalahkan Tamarine Tanasugarn di Bangkok pada pertandingan 1998.

 

medali-emas-indonesia

8. Andakara Prastawa Dhyaksa - Basket

medali-emas-indonesia

Andakara Prastawa Dhyaksa dikenal dengan julukan The Wonder Kid atau Si Anak Ajaib. Sejak awal debut di ajang liga profesional bola basket Indonesia, Prastawa sudah memukau. Baru-baru ini, Prastawa tergabung dalam Timnas Basket Indonesia  dan merebut medali emas Indonesia SEA Games 2021 setelah unggul 4 poin atas tim kuat Filipina. kemenangan ini merupakan yang pertama kalinya bagi Timnas Basket Indonesia merebut gelar juara di cabang olahraga basket SEA Games. Bangga bukan, kini tim basket Indonesia berhasil meraih medali emas Indonesia?

9. Richard Sambera - Renang

medali-emas-indonesia

Bagi para JULOvers pecinta cabang olahraga renang Tanah Air, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama Richard Sambera. Hal tersebut lantaran ia pernah menjadi jagoan Indonesia di ranah internasional. Ia adalah mantan perenang Indonesia, yang berspesialisasi dalam sprint dan gaya bebas jarak menengah. Richard Sambera merupakan peraih tiga kali Olimpiade (1988, 1996, dan 2000), peraih medali perunggu di Asian Games (1990), dan peraih medali emas Indonesia pada ajang SEA Games dua puluh tiga kali (individu dan estafet) sejak debutnya pada tahun 1987. Richard juga disebut-sebut sebagai legenda renang Indonesia yang punya rekor di negeri Paman Sam, Amerika.

10. Robby Darwis - Sepak Bola

medali-emas-indonesia

Mungkin JULOvers pernah mendengar nama Robby Darwis. Beliau merupakan pemain bintang Timnas Indonesia pada era akhir 1980-an hingga awal 1990-an. Robby Darwis Si Legenda Persib Bandung ini menjadi bagian Timnas Indonesia meraih medali emas Indonesia pada ajang SEA Games 1987 dan 1991. Hingga saat ini, Robby Darwis adalah satu-satunya pemain yang  menjadi peraih piala terbanyak bersama Persib. 

Beli Alat - Alat Olahraga Kamu dengan JULO!

medali-emas-indonesia

Olahraga layaknya para atlet dapat juga bisa JULOvers lakukan di keseharian kamu, lho! Apalagi kalau kamu hobi berolahraga seperti tenis, bola basket, bulu tangkis dan lainnya , maka ini saatnya kamu #SiapMelesat upgrade skill kamu dengan alat alat olahraga baru. Beragam alat olahraga yang terbaru dan kekinian memiliki fungsi yang sangat modern dan bahkan bisa membantu kamu memaksimalkan performa olahraga kamu. Semua alat olahraga yang kamu inginkan bisa dibeli dengan JULO Kredit Digital!

Baca Juga: 8 Pinjaman Online Langsung Cair Dalam Hitungan Menit Terpercaya

Telah mengantongi izin usaha penyelenggara layanan sesuai keputusan OJKJULO Kredit Digital menjadi rekomendasi utama untuk kamu yang sedang mencari layanan kredit digital terpercaya dan terdaftar di OJK. Dengan limit tinggi sampai dengan 15 juta rupiah, JULOvers dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel sampai dengan 9 bulan. Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Sehingga kamu tidak perlu takut dengan tambahan biaya dadakan serta tidak jelas yang membengkak! Selain praktik penagihan yang manusiawi serta tersertifikasi, JULO juga bisa menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajian kamu. Dengan begitu, kamu bisa membayar cicilan dengan lebih mudah.

Lalu tunggu apalagi? Ayo #SIAPMELESAT bersama JULO Kredit Digital!

Butuh Paylater untuk Beli Alat Olahraga?

Yuk Pakai Paylater JULO, Limit Besar & Bisa Digunakan di Semua E-commerce

Artikel Lainnya