Daftar Isi chevron down
Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta Rupiah dengan Tepat?
1. Miliki Mindset Keuangan yang Benar
2. Tentukan Tujuan Keuangan
3. Rencanakan Anggaran Bulanan
4. Jangan Lupa Siapkan Dana Darurat
5. Membeli Sesuai Kebutuhan Bukan Keinginan
6. Catat Pengeluaran Secara Detail
7. Jangan Tunda Bayar Utang
8. Hindari Penggunaan Kredit
9. Memanfaatkan Promo
10. Dapatkan Penghasilan Tambahan
11. Mulailah Berinvestasi
12. Evaluasi Keuangan Secara Berkala
Daftar Isi
Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta Rupiah dengan Tepat?
1. Miliki Mindset Keuangan yang Benar
2. Tentukan Tujuan Keuangan
3. Rencanakan Anggaran Bulanan
4. Jangan Lupa Siapkan Dana Darurat
5. Membeli Sesuai Kebutuhan Bukan Keinginan
6. Catat Pengeluaran Secara Detail
7. Jangan Tunda Bayar Utang
8. Hindari Penggunaan Kredit
9. Memanfaatkan Promo
10. Dapatkan Penghasilan Tambahan
11. Mulailah Berinvestasi
12. Evaluasi Keuangan Secara Berkala

12 Tips dan Trik Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta Rupiah dengan Tepat

mengatur keuangan gaji 3 juta

Punya pendapatan terbatas? Takut uang yang ada tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari? Tenang JULOvers! Pada kesempatan kali ini kamu akan diajak melihat tips dan trik mengatur keuangan gaji 3 juta rupiah. 

Meski terdengar mustahil tetapi dengan tips yang akan dijelaskan di bawah ini kamu akan bisa memaksimalkan keuangan. Pastinya ada beberapa barang yang pembeliannya harus ditunda supaya uang yang ada cukup. 

Tetapi hal ini tidak buruk karena yang paling penting kebutuhan tercukupi dan kamu tidak memiliki kewajiban membayar utang besar. Sisanya tinggal bagaimana strategi kamu dalam mengatur keuangan dengan baik. 

Oleh karena itu jangan merasa berkecil hati atau berasumsi dari awal bahwa Rp3 juta kurang. Masih penasaran bagaimana cara mengatur keuangan gaji 3 juta rupiah? Langsung saja baca informasinya di bawah ini!

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta Rupiah dengan Tepat?

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta Rupiah dengan Tepat

Mengatur keuangan menjadi kata kunci apabila kamu ingin memenuhi semua kebutuhan meskipun gaji tidak besar. Gaya hidup dan cara kamu mengelola adalah penentu utama apakah gaji Rp3 juta cukup atau tidak. Jika selama ini kamu masih kekurangan dengan dana yang terbatas, coba lakukan cara mengatur keuangan gaji 3 juta rupiah berikut ini. 

1. Miliki Mindset Keuangan yang Benar

Miliki Mindset Keuangan yang Benar

Sering kali mindset keuangan masyarakat bergantung pada banyaknya uang yang mereka punya. Masyarakat merasa bahwa mereka baru akan hidup berkecukupan ketika memiliki uang puluhan atau ratusan juta rupiah. 

Padahal sebenarnya mereka sudah bisa hidup cukup dengan uang Rp3 juta. Kamu juga sudah melihat banyak orang tua yang bekerja sebagai OB tetapi bisa menyekolahkan anak mereka sampai ke perguruan tinggi. 

Bahkan ada dari mereka yang tetap menyisihkan sejumlah uang untuk donasi. Itu berarti cukup atau tidaknya uang yang kamu punya bukan dilihat berdasarkan jumlah tetapi cara pengelolaannya. 

Kamu harus mengetahui mana yang prioritas dan mana yang bisa ditunda. Kamu juga perlu memiliki penguasaan diri untuk menahan berbagai godaan pembelian impulsif yang sering dialami oleh masyarakat. 

2. Tentukan Tujuan Keuangan

Tentukan Tujuan Keuangan

Memiliki tujuan keuangan akan membantu kamu berpikir dua kali saat ingin membelanjakan uang untuk barang-barang keinginan. Sebagai contoh kamu memiliki target bahwa jumlah tabungan di akhir tahun harus sebesar Rp10 juta atau ingin membeli laptop untuk menunjang pekerjaan. Ketika kamu memiliki tujuan keuangan maka anggaran yang nantinya akan dibuat juga bisa lebih detail dan ketat.

3. Rencanakan Anggaran Bulanan

Rencanakan Anggaran Bulanan

Setiap kali gaji masuk, jangan langsung gunakan untuk membayar berbagai kebutuhan melainkan buat rencana anggaran terlebih dahulu. Buat daftar apa saja yang perlu kamu bayar. Kamu bisa membaginya menjadi beberapa kelompok seperti kebutuhan pokok bulanan, utang, dana darurat, dan tabungan.

Jika kamu masih kebingungan, coba bagi Rp3 juta dengan cara 50%, 30%, dan 20%. Jadi 50% dari gaji akan dialokasikan untuk semua kebutuhan pokok seperti makan, listrik, air, internet, transportasi, dan kos-kosan. Kemudian 30% untuk keinginan pribadi termasuk cicilan atau utang. Terakhir 20% untuk tabungan, investasi, serta dana darurat. 

4. Jangan Lupa Siapkan Dana Darurat

Jangan Lupa Siapkan Dana Darurat

Cara mengatur keuangan gaji 3 juta rupiah yang selanjutnya ialah menyiapkan dana darurat. Dana darurat mengacu kepada uang simpanan yang digunakan pada waktu-waktu mendesak. Supaya kamu siap menghadapi semua kemungkinan yang akan datang maka menyisihkan sejumlah uang merupakan tindakan bijaksana.

Banyak orang masih belum menyadari pentingnya dana darurat sehingga ketika krisis datang mereka akan collapse. Contohnya saat kamu terkena PHK karena perekonomian perusahaan yang sedang menurun. 

Jika kamu tidak memiliki dana darurat maka bagaimana caranya membayar kebutuhan pokok bulan? Bagi kamu yang masih single, setidaknya jumlah dana darurat yang harus dimiliki ialah sebesar 3x pengeluaran bulanan. 

Untuk yang sudah menikah, kamu perlu menyimpan uang sebesar 6x pengeluaran bulanan. Jadi saat tidak ada pemasukan, kamu masih punya waktu selama 3 bulan untuk bisa membayar kebutuhan pokok. 

5. Membeli Sesuai Kebutuhan Bukan Keinginan

Membeli Sesuai Kebutuhan Bukan Keinginan

Membeli barang sesuai kebutuhan dan bukan keinginan sangat penting dalam pengelolaan keuangan. Mulailah pahami apa saja yang menjadi kebutuhanmu yang paling utama. Jika memang kebutuhan, coba cari alternatif yang memiliki harga lebih terjangkau.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran dengan 8 Tips Belanja Hemat Mingguan yang Efektif

 

Temukan kualitas barang yang hampir sama namun memiliki harga yang jauh lebih rendah. Menggunakan cara ini akan membuat kamu hidup lebih hemat, karena tetap mendapatkan kualitas namun dengan harga yang lebih rendah.bayar tagihan online Julo 

 

6. Catat Pengeluaran Secara Detail

Catat Pengeluaran Secara Detail

Catat semua pengeluaran secara detail supaya kamu tahu ke mana saja perginya uang. Coba catat selama 1 bulan penuh lalu bandingkan dengan pengeluaran bulan sebelumnya. Kemudian cari anggaran yang sebenarnya tidak terlalu penting dan bisa dipotong. Sebagai contoh, andaikan kamu minum kopi bermerek setiap hari 1 gelas dengan harga Rp50.000. 

Bayangkan sudah berapa banyak uang yang kamu habiskan hanya untuk membeli kopi? Jika kamu membelinya selama 1 bulan penuh maka uang sebesar Rp1,5 juta sudah hilang begitu saja. Padahal sebenarnya kamu bisa membuat kopi sendiri di rumah dengan membeli biji kopi seharga Rp200.000. 

Bukankah kamu jadi bisa menghemat Rp1,3 juta per bulan? Inilah pentingnya mencatat pengeluaran, kamu jadi bisa melihat apa saja yang bisa diganti dengan alternatif lain dan mana yang tidak. 

7. Jangan Tunda Bayar Utang

Jangan Tunda Bayar Utang

Satu lagi kesalahan banyak orang dalam mengatur keuangan gaji 3 juta rupiah yaitu mereka menunda membayar utang sampai dana untuk melunaskan terkumpul.

Baca Juga: Cara Membayar BPJS dengan Mudah

Hal ini sudah pasti salah karena makin lama menunda, makin besar juga utang yang harus kamu bayarkan. Pastikan kamu selalu membayar cicilan tepat waktu supaya beban per bulan tidak berat.

8. Hindari Penggunaan Kredit

Hindari Penggunaan Kredit

Perlu diketahui bahwa kartu kredit ada baiknya hanya digunakan dalam keadaan mendesak saja. Ketika kamu selalu menggunakan kartu kredit untuk membayar kebutuhan pokok maka lama kelamaan utang makin banyak. Tidak heran akhirnya kamu jadi terjebak dalam utang. 

9. Memanfaatkan Promo

Memanfaatkan Promo

Belanja berbagai kebutuhan di e-commerce tidak hanya soal efisien waktu dan tenaga tetapi juga uang. Banyak perusahaan e-commerce menyediakan promo-promo menarik serta menguntungkan. 

Beberapa contohnya seperti promo gratis ongkir (ongkos kirim), potongan 25%, cashback 35%, dan lain sebagainya. Bahkan ada juga yang memberikan promosi besar pada tanggal tertentu seperti 1 Januari, 2 Februari, dan seterusnya. 

10. Dapatkan Penghasilan Tambahan

Dapatkan Penghasilan Tambahan

Mengatur keuangan gaji 3 juta rupiah per bulan dengan baik mungkin bisa mencukupi kehidupan selama beberapa waktu. Tetapi adanya inflasi yang terus terjadi membuat kamu harus meningkatkan pendapatan per bulan.

Baca Juga: 12 Peluang Usaha Sampingan Karyawan yang Bisa Kamu Coba!

Bagaimana caranya? Kamu bisa mencoba membuka bisnis online sampingan seperti dropship, reseller, menjadi youtuber, membuka kursus, dan lain-lain. 

11. Mulailah Berinvestasi

Mulailah Berinvestasi

Investasi juga menjadi cara menambahkan penghasilan tambahan. Investasi yang kamu lakukan secara rutin bisa memberikan keuntungan ganda dalam beberapa tahun mendatang. 

Tetapi tentunya kamu perlu memahami cara kerja masing-masing instrumen serta strategi mengelola risiko kerugian. Kalau kamu sudah memahaminya dengan baik maka berinvestasi menjadi jawaban untuk meningkatkan pendapatan.

12. Evaluasi Keuangan Secara Berkala

Evaluasi Keuangan Secara Berkala

Jangan lupa melakukan evaluasi keuangan setiap akhir bulan untuk melihat apakah anggaran yang dibuat sudah efisien atau belum. Melakukan evaluasi akan membantu kamu memahami kondisi keuangan pribadi. Nantinya kamu jadi bisa tahu apa saja pengeluaran yang paling besar dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. 

JULOvers bisa coba tips dan trik mengatur keuangan gaji 3 juta rupiah per bulan ini. Bagaimana? Tidak mustahil seperti yang kamu bayangkan, bukan? Mengatur keuangan memang tricky dan membutuhkan strategi yang tepat. 

Jika kamu sudah mempertimbangkannya dengan baik, bahkan layanan kredit yang disediakan oleh berbagai lembaga keuangan bisa dimanfaatkan. Tentunya kamu perlu memilih penyedia kredit yang aman dan tepercaya seperti JULO Kredit Digital. 

Terdapat 3 produk pinjaman JULO yang bisa kamu manfaatkan yaitu dana tunai, paylater, dan tagihan online. Semuanya bisa digunakan hanya dengan 1x pengajuan dan prosesnya pun sangat cepat. Yuk download aplikasinya sekarang dan #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!

Semoga tips dan trik mengatur keuangan gaji 3 juta rupiah per bulan yang JULO bagikan dapat bermanfaat. Jika JULOvers membutuhkan lebih banyak tips bermanfaat lainnya, langsung saja kunjungi website JULO.

Artikel Lainnya