Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Peluang Usaha Sampingan Karyawan?
1. Jasa Desainer Visual Grafis
2. Jasa Pembuat Konten
3. Membuka Kursus
4. Membuka Warung Kopi atau Kafe
5. Membuka Toko Kelontong
6. Menjual Kue
7. Jasa Fotografer dan Videografer
8. Membuka Usaha Katering
9. Agen Asuransi
10. Menjual Foto
11. Menjadi Dropship/Reseller
12. Mencoba Affiliate Marketing

12 Peluang Usaha Sampingan Karyawan yang Bisa Kamu Coba!

peluang usaha sampingan karyawan

Apakah JULOvers ingin memiliki peluang usaha sampingan meskipun saat ini statusnya masih bekerja sebagai karyawan? Ada berbagai peluang usaha sampingan karyawan yang dapat kamu coba untuk menaikkan pemasukan.

Biaya kebutuhan hidup setiap tahun selalu meningkat. Peningkatan harga ini seringkali tidak seimbang dengan peningkatan gaji karyawan. Tidak heran apabila banyak karyawan yang memutuskan untuk mencari peluang usaha sampingan. Hal ini mereka lakukan demi mencukupi biaya kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, kamu dapat menyimak informasi yang akan JULO sampaikan melalui pembahasan di bawah ini mengenai peluang usaha sampingan untuk karyawan. Mungkin ada salah satu ide usaha yang menarik minat perhatian kamu.

Apa Saja Peluang Usaha Sampingan Karyawan?

Berikut ini, ada 8 peluang usaha sampingan karyawan yang dapat kamu coba.

1. Jasa Desainer Visual Grafis

layar laptop menampilkan aplikasi desain grafis

Peluang usaha sampingan untuk karyawan yang pertama adalah jasa desainer visual grafis. Apabila kamu memiliki keahlian di bidang desain grafis, cobalah untuk menawarkan jasa ini sebagai peluang usaha sampingan yang menguntungkan.

Baca Juga: 14 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil yang Patut Dicoba

Jasa desainer grafis sangat dibutuhkan oleh banyak orang, baik individu maupun perusahaan. Kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan klien dengan menawarkan jasa ini sangatlah tinggi.

2. Jasa Pembuat Konten

layar handphone yang menampilkan ikon berbagai sosial media

Hampir mirip dengan poin pembahasan pertama, ada juga jasa pembuat konten yang dapat menjadi peluang usaha sampingan bagi karyawan. Kamu hanya perlu mengikuti trend yang sedang berlangsung di internet dan menciptakan ide-ide kreatif yang dikemas dalam bentuk konten.

Saat ini, kita hidup di era digital di mana banyak perusahaan yang ingin melakukan kegiatan pemasaran dengan menggunakan digital marketing. Oleh karenanya, dibutuhkan banyak content creator untuk membantu mereka dalam membuat konten kreatif yang dapat meningkatkan penjualan.

3. Membuka Kursus

seorang sedang mengikuti kursus di laptop

Sejak memasuki masa pandemi COVID-19, seluruh masyarakat Indonesia diharuskan untuk beradaptasi dengan penggunaan media elektronik. Hampir seluruh aktivitas harus dilakukan dari rumah dan semua komunikasi dilakukan dengan jarak jauh secara online.

Situasi tersebut membawa peluang usaha baru di mana kamu dapat membuka kursus secara online. Kamu tetap akan mendapatkan pemasukan hanya dengan mengajar dengan cara virtual tanpa perlu mengadakan pertemuan tatap muka.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Online Untuk Pemula yang Layak Dicoba

Peluang usaha ini sangat cocok bagi kamu yang ingin membagikan ilmu yang dimiliki kepada lebih banyak orang ataupun jika sebelumnya pernah mengajar les privat. Kursus online yang dapat kamu lakukan juga bervariatif mulai dari kursus bahasa, kursus pelajaran sekolah, hingga kursus yang dibutuhkan oleh para profesional seperti desain grafis atau fotografi.

kredit digital Julo

4. Membuka Warung Kopi atau Kafe

menu di sebuah kafe

Lahan depan rumah kamu yang tidak terpakai dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha sampingan. Kamu bisa mengubah teras rumah menjadi sebuah kafe ataupun warung kopi. Apalagi jika kamu tinggal di daerah yang masih banyak pepohonan atau lingkungan yang asri, pastinya banyak orang ingin singgah di sana.

Warung kopi atau kafe dapat menjadi peluang usaha sampingan yang tepat untuk karyawan dengan lahan depan rumah yang luas. Rekrut juga pekerja tambahan untuk berjualan di siang hari ketika kamu sedang bekerja sebagai seorang karyawan.

5. Membuka Toko Kelontong

toko kelontong di malam hari

Masih dengan konsep memanfaatkan lahan rumah, kamu dapat membuka toko kelontong sebagai peluang usaha sampingan yang menguntungkan. Toko kelontong sangatlah cocok untuk dibuka di daerah perumahan di mana tetangga sekitar dapat mencari barang yang mereka butuhkan di sana tanpa harus berjalan jauh ke minimarket terdekat.

Di dalam toko kelontong, kamu dapat menjual berbagai kebutuhan seperti sembako, camilan, kopi, susu, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menjual sabun cuci serta segala kebutuhan rumah tangga lainnya.

6. Menjual Kue

kue kue strawberry di atas piring

Bagi kamu yang memiliki hobi di bidang baking, cobalah untuk menjual kue sebagai peluang usaha sampingan karyawan. Kamu dapat mengerjakan pesanan kue yang diterima pada malam hari setelah usai bekerja di kantor.

Baca Juga: 5 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Sebagai tips tambahan, kamu tentu akan merasa sangat lelah sekali jika harus mengerjakan kue setelah seharian beraktivitas di kantor. Maka dari itu, kamu dapat membuat sistem PO di mana kue hanya akan dikerjakan pada hari-hari atau momen tertentu saja.

7. Jasa Fotografer dan Videografer

dua buah lensa di atas tumpukan foto

Anda memiliki bakat di bidang fotografi dan videografi? Jika sebelumnya kamu hanya melakukan kedua hal tersebut sebagai hobi, maka kini saat yang tepat untuk menjadikannya sebagai peluang usaha sampingan yang menguntungkan.

Melakukan pekerjaan yang sesuai dengan hobi atau passion tentu akan sangat menyenangkan. Oleh karena itu, peluang usaha ini sangat cocok untuk dijalankan karena dapat membuat kamu menjadi lebih semangat dan juga mendapatkan pemasukan sampingan yang cukup besar.

8. Membuka Usaha Katering

kotak bekal berisi makanan sehat dan sempurna

Adakah teman atau saudara kamu yang memiliki kemampuan lebih di bidang memasak? Kamu dapat mengajak mereka untuk bekerja sama membuka usaha katering.

Usaha katering sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang berada di usia produktif bekerja dan tidak memiliki waktu untuk memasak. Kamu dapat meminta bantuan teman atau saudara untuk menjadi koki. Selanjutnya, tugas kamu adalah melakukan promosi tersebut melalui media sosial atau bekerja sama dengan mitra layanan pesan antar makanan.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Makanan Online yang Laris di Pasaran

9. Agen Asuransi

Agen Asuransi

Asuransi adalah salah satu hal yang mulai menjadi wajib dimiliki oleh para pekerja. Kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan mencoba ide usaha sampingan karyawan sebagai agen asuransi.

Untuk memulainya, kamu bisa mencari tahu kebutuhan asuransi para rekan kerja kamu. Dari sana, kamu bisa menggunakan data yang kamu miliki untuk mencari produk asuransi yang sekiranya dapat memenuhi kebutuhan yang ada.

Target pasar kamu tidak hanya akan terbatas pada rekan-rekan kerjamu. Kamu juga bisa mencari orang-orang yang membutuhkan asuransi dari koneksi yang kamu miliki.

10. Menjual Foto

Menjual Foto

Kalau kamu memiliki hobi fotografi namun tidak memiliki waktu untuk membuka studio atau jasa fotografi, kamu tetap dapat mendapatkan uang melalui hobi tersebut. Kamu bisa menjual foto sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan.

Foto apa saja yang dapat kamu jual?

Apapun! Kamu bisa mengambil gambar bangunan, suasana, atau kerumunan orang dan menjualnya di website-website penyedia gambar stok. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan juga tidak sedikit; kamu bisa mendapatkan 0.5$ atau 30% dari setiap pembelian atas foto yang kamu miliki.

Kamu bisa mengambil gambar di saat kamu sedang berjalan-jalan atau memang memiliki waktu luang untuk mencari gambar di akhir pekan. Keuntungan yang kamu dapatkan dapat terus mengalir selama ada orang yang mendownload atau membeli foto yang kamu ambil.

11. Menjadi Dropship/Reseller

Menjadi Dropship/Reseller

Dropship dan reseller merupakan salah satu ide usaha sampingan karyawan yang cocok bagi JULOvers yang tidak memiliki banyak waktu luang. Walaupun demikian, kamu tetap harus meluangkan waktu untuk mengurus kedua bisnis tersebut.

Kedua bisnis tersebut merupakan bisnis yang melibatkan jual beli barang. Perbedaan keduanya terletak pada proses penjualan.

Pada bisnis dropship, kamu tidak harus memiliki stok barang untuk dijual; kamu akan menggunakan stok dari toko online lainnya yang nanti akan dikirimkan pada pembeli.

Pada bisnis reseller, kamu harus memiliki stok barang yang kemudian akan kamu kirimkan pada pembeli. Agar lebih efektif, kamu sangat disarankan untuk membuka toko online sendiri sebagai reseller agar kamu dapat lebih mudah ditemukan oleh pelanggan.

12. Mencoba Affiliate Marketing

Mencoba Affiliate Marketing

Untuk kamu yang memiliki hobi menulis atau membuat konten, affiliate marketing dapat menjadi ide usaha sampingan yang menyenangkan.

Simpelnya, affiliate marketing bekerja seperti review sebuah barang. Kamu akan membuat konten, baik dalam bentuk tulisan atau video yang bertujuan untuk menjual barang tersebut. Selain bentuk review, kamu juga bisa membuat konten rekomendasi produk atau tips dan trik yang berkaitan dengan produk yang ingin kamu jual.

Untuk melakukannya, kamu memiliki beberapa cara. Pertama, kamu bisa membuat blog dan mulai menulis konten. Kemudian, kamu juga bisa membuat channel YouTube dan meng-upload video. Kamu juga bisa memanfaatkan platform sosial media, seperti Instagram dan TikTok, sebagai tempat untuk mengupload konten.

Jadi, peluang usaha sampingan karyawan mana yang tertarik untuk kamu coba? Kamu dapat mengumpulkan tabungan dari gaji terlebih dahulu sebagai modal untuk membuka salah satu usaha sampingan dari daftar di atas.

Apabila JULOvers membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan usaha tersebut ke depannya, silakan ajukan pinjaman modal JULO dan dapatkan promo siap melesat yang tentu sayang untuk dilewatkan.

JULO adalah aplikasi pinjaman online aman yang menyediakan pinjaman modal usaha kepada seluruh masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan bisnisnya. Hubungi JULO sekarang juga untuk informasi lebih lanjut terkait pinjaman modal maupun promo yang sedang berlangsung saat ini.

Artikel Lainnya