ide bisnis online untuk pemula

6 Ide Bisnis Online Untuk Pemula yang Layak Dicoba

Ada banyak sekali ide bisnis online untuk pemula yang dapat dijalankan dengan mudah. Di zaman yang sudah serba digital, ada banyak sekali peluang usaha yang dapat JULOvers manfaatkan di dunia bisnis online ini. Selain itu, ada beberapa ide bisnis online tanpa modal yang dapat JULOvers jalankan juga lho.

Penasaran apa saja ide bisnis online untuk pemula yang dapat JULOvers jalankan? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Ide Bisnis Online Apa Yang Ramah Pemula?

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis online untuk pemula yang layak untuk JULOvers coba:

1. Membuka Toko Online

kardus kecil di atas laptop bertuliskan online shopping

(Sumber: Pixabay)

Ide bisnis online untuk pemula pertama yang layak untuk JULOvers coba adalah dengan membuka toko online. Berbeda dengan toko offline yang harus memiliki toko fisik, untuk membuka toko online hanya dibutuhkan internet saja.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis Online Di Sini!

Sudah ada banyak sekali platform e-commerce yang dapat JULOvers manfaatkan untuk membuka toko online. Di luar negeri seperti Amerika Serikat ada Amazon dan Wish yang sangat terkenal, lalu di China pun ada Alibaba yang jangkauan pasarnya sudah mendunia. Untuk Indonesia sendiri, ada berbagai platform yang dapat digunakan seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan masih banyak lagi.

Barang yang diperdagangkan di dalam toko online tersebut pun dapat beragam, mulai dari barang baru seperti produk kerajinan tangan hingga barang bekas milik pribadi yang sudah tidak terpakai. JULOvers hanya perlu mengetahui platform e-commerce mana saja yang cocok untuk menjual setiap barang tersebut.

Sebagai contoh, Shopee lebih banyak digunakan untuk memperdagangkan produk-produk fashion dan sejenisnya. Sedangkan Tokopedia lebih banyak digunakan untuk memperdagangkan produk-produk elektronik seperti handphone, laptop, dan lain sebagainya. Lakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memutuskan ingin menggunakan platform e-commerce yang mana.

2. Dropship

dua orang berjabat tangan melalui layar laptop

(Sumber: Pixabay)

Jika ingin membuka toko online tetapi tidak memiliki produk yang dapat dijual, maka JULOvers dapat memulai bisnis dropship saja. Berbeda dengan toko online yang harus berurusan dengan pengadaan dan pengelolaan barang, bisnis dropshipping hanya membutuhkan kesediaan JULOvers untuk membuat situs e-commerce saja.

Baca Juga: 5 Inspirasi Usaha Modal Kecil dari Rumah

Dalam bisnis dropship, JULOvers hanya perlu bekerja sama dengan pemasok dari produk yang ingin dijual. Bahkan, produk tersebut dapat JULOvers ganti namanya dengan brand milik sendiri. Namun pastikan bahwa JULOvers dan pemasok sudah melakukan kesepakatan akan hal tersebut, ya.

Bisnis dropship ini bahkan tidak memerlukan modal sepeser pun, hanya laptop dan akses internet saja. Selain tidak membutuhkan modal, JULOvers juga bisa menghemat biaya lain seperti penyediaan gudang, perawatan barang, dan lain sebagainya. Benar-benar dapat dilakukan sepenuhnya dari rumah.

Cara kerjanya juga mudah, jika ada pelanggan yang berminat untuk membeli sebuah produk, mereka hanya perlu mentransfer uang pembelian ke dropshipper. Kemudian, dropshipper akan meneruskan uang pembelian (yang telah dipotong dari keuntungan dropshipper) beserta informasi kontak pembeli kepada pemasok. Terakhir, pemasok akan mengirimkan produk tersebut ke alamat pembeli. Sangat mudah bukan?

3. Affiliate Marketing

seorang pria memainkan tablet sambil tersenyum

(Sumber: Pixabay)

Affiliate marketing merupakan salah satu ide bisnis online untuk pemula yang baru-baru ini sedang menjadi tren. Cara kerjanya hampir mirip dengan dropshipper, tetapi elemen yang ditonjolkan adalah JULOvers seolah-olah menjadi micro-influencer dari produk yang akan dipromosikan tersebut.

Baca Juga: Ikuti 5 Cara Berbisnis Bagi Pemula

Setelah mempromosikan suatu produk, kinerja dari JULOvers akan dihitung sesuai dengan berapa banyak produk tersebut yang terjual dari promosi yang telah dilakukan. Setelah itu, perusahaan terkait akan memberikan komisi sesuai target produk yang dihasilkan. Komisi itu sendiri tergantung pada kesepakatan antara JULOvers dengan pihak penjual produk. Menarik bukan?

 

kredit digital Julo

4. Menjual Makanan Secara Online

seorang pria bersepeda mengantar pesanan makanan online

(Sumber: Pixabay)

Jika JULOvers memiliki hobi memasak seperti masakan tradisional atau bahkan kue dan ingin mendapatkan uang tambahan, maka ide bisnis online untuk pemula yang satu ini sangat cocok untuk dijalankan. JULOvers dapat memasarkan produk makanan yang ingin dijual melalui media sosial untuk menarik pelanggan.

Baca Juga: 10 Ide Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil

Selain itu, JULOvers juga dapat bekerja sama dengan aplikasi-aplikasi penyedia layanan ojek online untuk mengirimkan makanannya ke daerah sekitar. Nah, jika JULOvers memiliki pelanggan dari luar kota, pastikan makanan yang dijual itu dapat dijadikan frozen food agar ketika sampai ke pelanggan makanan tersebut tetap segar dan enak untuk dinikmati.

5. Menjual Pulsa, Kuota, dan Token

seseorang menggunakan handphone di depan laptop

(Sumber: Pixabay)

Ide bisnis online untuk pemula yang satu ini sangat mudah untuk dijalankan. JULOvers hanya perlu memberitahu orang-orang, baik itu melalui media sosial atau secara mulut ke mulut, bahkan JULOvers menyediakan jasa pengisian pulsa,  kuota, dan token saja.

Baca Juga: Manfaatkan Media Sosial Instagram Untuk Memasarkan Usahamu dengan Cara Berikut Ini!

Nantinya, jika ada pelanggan yang tertarik untuk membelinya, JULOvers hanya perlu meminta nomor telepon atau nomor listrik dari pelanggan tersebut saja dan mengisi pulsa atau kuota sesuai yang mereka minta. JULOvers dapat mendapatkan keuntungan dengan cara menambahkan harga dari saldo pulsa atau token sebenarnya. Sebagai contoh, jika pelanggan ingin membeli saldo pulsa atau token senilai 20.000, maka JULOvers dapat menjualnya dengan harga 22.500 atau disesuaikan saja.

6. Freelance

seorang wanita di layar laptop menjelaskan pendapatan masa depan

(Sumber: Pixabay)

Ide bisnis online untuk pemula yang selanjutnya adalah menjadi freelancer. JULOvers bisa 'menjual' kemampuan yang dimiliki menjadi jasa seperti penulisan, desain grafis, mengajar, dan laijn sebagainya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dari pasar yang ingin diikuti.

Baca Juga: Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Memulai Usaha Sampingan!

Untuk menjadi freelancer, JULOvers dapat melakukannya dengan dua cara. Pertama, JULOvers dapat menawarkan jasa dengan mendaftarkan diri melalui situs freelance. Saat ini sudah banyak situs freelance yang bisa digunakan, baik dari lokal maupun luar negeri.

Selanjutnya, JULOvers bisa menjadi freelancer yang independen atau mandiri. Artinya, JULOvers memasarkan jasa freelance dengan strategi sendiri, baik itu melalui media sosial atau memasang iklan digital, dan lain sebagainya.

Demikian ide bisnis online untuk pemula yang layak untuk dicoba. Jika JULOvers membutuhkan modal untuk memulai bisnis online tersebut, ada pinjaman paylater dari JULO yang dapat dicoba. Semoga ide bisnis online untuk pemula yang kami sampaikan di artikel ini dapat membantu JULOvers, ya!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…