Daftar Isi
Ide Bisnis Online Apa Yang Ramah Pemula?
1. Membuka Toko Online
2. Dropship
3. Affiliate Marketing
4. Menjual Makanan Secara Online
5. Menjual Pulsa, Kuota, dan Token
6. Freelance
7. Content Creator
8. Menawarkan Jasa Pembuatan Website
9. Menjadi Podcaster
10. Membuka Jasa Titip
11. Menjadi Blogger
12. Menjadi Virtual Assistant
13. Jasa Desain Grafis
Bagaimana Cara Memilih Ide Bisnis Online untuk Pemula Yang Tepat?
1. Kenali Kemampuan Diri Kamu
2. Pertimbangkan Modal
3. Lakukan Uji Coba Terhadap Ide Bisnis Online Untuk Pemula
Daftar Isi
Ide Bisnis Online Apa Yang Ramah Pemula?
1. Membuka Toko Online
2. Dropship
3. Affiliate Marketing
4. Menjual Makanan Secara Online
5. Menjual Pulsa, Kuota, dan Token
6. Freelance
7. Content Creator
8. Menawarkan Jasa Pembuatan Website
9. Menjadi Podcaster
10. Membuka Jasa Titip
11. Menjadi Blogger
12. Menjadi Virtual Assistant
13. Jasa Desain Grafis
Bagaimana Cara Memilih Ide Bisnis Online untuk Pemula Yang Tepat?
1. Kenali Kemampuan Diri Kamu
2. Pertimbangkan Modal
3. Lakukan Uji Coba Terhadap Ide Bisnis Online Untuk Pemula

13 Ide Bisnis Online Untuk Pemula, Dijamin Cuan!

ide bisnis online untuk pemula

Ada banyak sekali ide bisnis online untuk pemula yang dapat dijalankan dengan mudah. Di zaman yang sudah serba digital, ada banyak sekali peluang usaha yang dapat JULOvers manfaatkan di dunia bisnis online ini. Selain itu, ada beberapa ide bisnis online tanpa modal yang dapat JULOvers jalankan juga lho.

Penasaran apa saja ide bisnis online untuk pemula yang dapat JULOvers jalankan? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Ide Bisnis Online Apa Yang Ramah Pemula?

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis online untuk pemula yang layak untuk JULOvers coba:

1. Membuka Toko Online

kardus kecil di atas laptop bertuliskan online shopping

(Sumber: Pixabay)

Ide bisnis online untuk pemula pertama yang layak untuk JULOvers coba adalah dengan membuka toko online. Berbeda dengan toko offline yang harus memiliki toko fisik, untuk membuka toko online hanya dibutuhkan internet saja.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis Online Di Sini!

Sudah ada banyak sekali platform e-commerce yang dapat JULOvers manfaatkan untuk membuka toko online. Di luar negeri seperti Amerika Serikat ada Amazon dan Wish yang sangat terkenal, lalu di China pun ada Alibaba yang jangkauan pasarnya sudah mendunia. Untuk Indonesia sendiri, ada berbagai platform yang dapat digunakan seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan masih banyak lagi.

Barang yang diperdagangkan di dalam toko online tersebut pun dapat beragam, mulai dari barang baru seperti produk kerajinan tangan hingga barang bekas milik pribadi yang sudah tidak terpakai. JULOvers hanya perlu mengetahui platform e-commerce mana saja yang cocok untuk menjual setiap barang tersebut.

Sebagai contoh, Shopee lebih banyak digunakan untuk memperdagangkan produk-produk fashion dan sejenisnya. Sedangkan Tokopedia lebih banyak digunakan untuk memperdagangkan produk-produk elektronik seperti handphone, laptop, dan lain sebagainya. Lakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memutuskan ingin menggunakan platform e-commerce yang mana.

2. Dropship

dua orang berjabat tangan melalui layar laptop

(Sumber: Pixabay)

Jika ingin membuka toko online tetapi tidak memiliki produk yang dapat dijual, maka JULOvers dapat memulai bisnis dropship saja. Berbeda dengan toko online yang harus berurusan dengan pengadaan dan pengelolaan barang, bisnis dropshipping hanya membutuhkan kesediaan JULOvers untuk membuat situs e-commerce saja.

Baca Juga: 5 Inspirasi Usaha Modal Kecil dari Rumah

Dalam bisnis dropship, JULOvers hanya perlu bekerja sama dengan pemasok dari produk yang ingin dijual. Bahkan, produk tersebut dapat JULOvers ganti namanya dengan brand milik sendiri. Namun pastikan bahwa JULOvers dan pemasok sudah melakukan kesepakatan akan hal tersebut, ya.

Bisnis dropship ini bahkan tidak memerlukan modal sepeser pun, hanya laptop dan akses internet saja. Selain tidak membutuhkan modal, JULOvers juga bisa menghemat biaya lain seperti penyediaan gudang, perawatan barang, dan lain sebagainya. Benar-benar dapat dilakukan sepenuhnya dari rumah.

Cara kerjanya juga mudah, jika ada pelanggan yang berminat untuk membeli sebuah produk, mereka hanya perlu mentransfer uang pembelian ke dropshipper. Kemudian, dropshipper akan meneruskan uang pembelian (yang telah dipotong dari keuntungan dropshipper) beserta informasi kontak pembeli kepada pemasok. Terakhir, pemasok akan mengirimkan produk tersebut ke alamat pembeli. Sangat mudah bukan?

3. Affiliate Marketing

seorang pria memainkan tablet sambil tersenyum

(Sumber: Pixabay)

Affiliate marketing merupakan salah satu ide bisnis online untuk pemula yang baru-baru ini sedang menjadi tren. Cara kerjanya hampir mirip dengan dropshipper, tetapi elemen yang ditonjolkan adalah JULOvers seolah-olah menjadi micro-influencer dari produk yang akan dipromosikan tersebut.

Baca Juga: Ikuti 5 Cara Berbisnis Bagi Pemula

Setelah mempromosikan suatu produk, kinerja dari JULOvers akan dihitung sesuai dengan berapa banyak produk tersebut yang terjual dari promosi yang telah dilakukan. Setelah itu, perusahaan terkait akan memberikan komisi sesuai target produk yang dihasilkan. Komisi itu sendiri tergantung pada kesepakatan antara JULOvers dengan pihak penjual produk. Menarik bukan?

kredit digital Julo

4. Menjual Makanan Secara Online

seorang pria bersepeda mengantar pesanan makanan online

(Sumber: Pixabay)

Jika JULOvers memiliki hobi memasak seperti masakan tradisional atau bahkan kue dan ingin mendapatkan uang tambahan, maka ide bisnis online untuk pemula yang satu ini sangat cocok untuk dijalankan. JULOvers dapat memasarkan produk makanan yang ingin dijual melalui media sosial untuk menarik pelanggan.

Baca Juga: 10 Ide Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil

Selain itu, JULOvers juga dapat bekerja sama dengan aplikasi-aplikasi penyedia layanan ojek online untuk mengirimkan makanannya ke daerah sekitar. Nah, jika JULOvers memiliki pelanggan dari luar kota, pastikan makanan yang dijual itu dapat dijadikan frozen food agar ketika sampai ke pelanggan makanan tersebut tetap segar dan enak untuk dinikmati.

5. Menjual Pulsa, Kuota, dan Token

seseorang menggunakan handphone di depan laptop

(Sumber: Pixabay)

Ide bisnis online untuk pemula yang satu ini sangat mudah untuk dijalankan. JULOvers hanya perlu memberitahu orang-orang, baik itu melalui media sosial atau secara mulut ke mulut, bahkan JULOvers menyediakan jasa pengisian pulsa,  kuota, dan token saja.

Baca Juga: Manfaatkan Media Sosial Instagram Untuk Memasarkan Usahamu dengan Cara Berikut Ini!

Nantinya, jika ada pelanggan yang tertarik untuk membelinya, JULOvers hanya perlu meminta nomor telepon atau nomor listrik dari pelanggan tersebut saja dan mengisi pulsa atau kuota sesuai yang mereka minta. JULOvers dapat mendapatkan keuntungan dengan cara menambahkan harga dari saldo pulsa atau token sebenarnya. Sebagai contoh, jika pelanggan ingin membeli saldo pulsa atau token senilai 20.000, maka JULOvers dapat menjualnya dengan harga 22.500 atau disesuaikan saja.

6. Freelance

seorang wanita di layar laptop menjelaskan pendapatan masa depan

(Sumber: Pixabay)

Ide bisnis online untuk pemula yang selanjutnya adalah menjadi freelancer. JULOvers bisa 'menjual' kemampuan yang dimiliki menjadi jasa seperti penulisan, desain grafis, mengajar, dan laijn sebagainya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dari pasar yang ingin diikuti.

Baca Juga: Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Memulai Usaha Sampingan!

Untuk menjadi freelancer, JULOvers dapat melakukannya dengan dua cara. Pertama, JULOvers dapat menawarkan jasa dengan mendaftarkan diri melalui situs freelance. Saat ini sudah banyak situs freelance yang bisa digunakan, baik dari lokal maupun luar negeri.

Selanjutnya, JULOvers bisa menjadi freelancer yang independen atau mandiri. Artinya, JULOvers memasarkan jasa freelance dengan strategi sendiri, baik itu melalui media sosial atau memasang iklan digital, dan lain sebagainya.

7. Content Creator

Content Creator

Sumber: Pixabay

Dengan kehadiran platform media sosial seperti TikTok, menjadi seorang content creator adalah salah satu ide bisnis online yang menjanjinkan.

Sesuai dengan namanya, seorang content creator akan bertugas untuk membuat konten yang menarik dan relevan bagi banyak orang. Lalu, bagaimana cara seorang content creator mendapatkan uang?

JULOvers yang tertarik menjadi pembuat konten dapat mendapatkan uang melalui afiliasi dengan perusahaan atau orang yang memiliki sebuah produk. Jadi, dalam konten yang kamu buat nantinya, kamu dapat melakukan review atau menjadikan produk atau jasa yang perusahaan atau orang lain miliki sebagai bagian dari konten kamu.

Misalnya, bagi JULOvers yang senang dengan dunia fashion bisa berafiliasi dengan brand-brand lokal dan membuat konten mix-and-match pakaian atau rekomendasi pakaian dengan menggunakan pakaian dari brand fashion yang bekerja sama denganmu.

Selain melalui afiliasi, JULOvers juga bisa mendapatkan penghasilan melalui monetisasi konten. Salah satu contoh yang paling populer adalah monetisasi YouTube.

Jika kanal YouTube kamu sudah memenuhi syarat, kamu bisa memasang iklan pada konten kamu untuk mendapatkan penghasilan untuk setiap orang yang menonton dan/atau mengklik iklan yang tayang.

Selain YouTube, JULOvers juga bisa membuka jasa langganan di mana orang-orang dapat membayar biaya berlangganan untuk dapat menikmati konten kamu lebih cepat atau konten-konten lainnya yang tidak kamu publikasikan luas.

8. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Sumber: Pixabay

Website telah menjadi bagian penting bagi sebuah bisnis di tengah pertumbuhan teknologi. Tidak hanya perusahaan, banyak orang atau pribadi yang membutuhkan website sebagai CV online atau portfolio.

Oleh karena itu jasa pembuatan website adalah ide bisnis online untuk pemula yang menguntungkan. Jasa pembuatan website ini juga dapat kamu gabungkan dengan jasa desain website.

Buat JULOvers yang tidak punya pengalaman atau kemampuan membuat website tidak perlu khawatir. Kamu dapat menemukan tutorial serta materi-materi pembelajaran dengan mudah di website. Jika memiliki uang, kamu bisa mengikuti kursus atau bootcamp yang dapat mengasah kemampuan kamu dengan baik dalam waktu yang relatif singkat.

9. Menjadi Podcaster

Menjadi Podcaster

Sumber: Pixabay

Podcast telah menjadi tren beberapa waktu ini. Di podcast, kamu dapat menemukan obrolan dnegan berbagai jenis topik; mulai dari yang santai hingga isu yang serius.

Buat JULOvers yang senang bercerita atau ingin membagikan pengetahuannya, kamu bisa menjadikan podcast sebagai bisnis. Bagaimana caranya kamu bisa mendapatkan uang dari sekedar berbicara?

Serupa dengan pembuat konten, seorang podcaster mendapatkan uangnya dari afiliasi dan iklan di dalam kontennya. Kamu bisa mempromosikan produk sponsor di dalam podcast atau membuat ulasan tentang produk tersebut.

Menjadi podcaster juga tidak memerlukan modal yang cukup besar. Kamu bisa mulai dengan menggunakan microphone di perangkat kamu, seperti HP atau laptop, atau membeli microphone yang banyak dijual di toko online.

Untuk platformnya, kamu bisa menggunakan Spotify atau YouTube. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan podcast kamu.

10. Membuka Jasa Titip

Membuka Jasa Titip

Sumber: Pixabay

Untuk JULOvers yang senang jalan-jalan, ide bisnis online ini bisa jadi bisnis sampingan yang cocok. Jasa titip adalah bisnis dimana kamu menawarkan produk pada orang-orang, biasanya lewat media sosial, dan membeli sejumlah produk sesuai dengan yang telah dipesan orang-orang.

Jasa titip ini biasanya dimulai dengan kamu mengambil gambar produk yang dijual dan bertanya pada teman-teman di media sosial apakah ada dari mereka yang menginginkan produk tersebut. Mereka yang menginginkan produk tersebut nantinya akan mengirimkan sejumlah uang untuk membeli produk tersebut lewat kamu dengan ditambah biaya jasa pembelian.

Dengan cara kerjanya yang simpel, kamu tidak memerlukan modal tambahan untuk melakukan bisnis online ini. Kamu bisa melakukannya ketika kamu menemukan produk yang menarik dalam perjalanan.

11. Menjadi Blogger

Menjadi Blogger

Sumber: Pixabay

Menjadi blogger memang telah dikenal sebagai ide bisnis online yang menguntungkan. Apalagi, dengan kemudahan membuat website dan blog, peluang usaha ini semakin terbuka lebar.

Tapi, bagaimana caranya kamu bisa mendapatkan uang dari kegiatan menulis blog?

Serupa dengan pembuat konten dan podcaster, seorang blogger bisa mendapatkan uang melalui afiliasi, menjual produk sendiri, dan iklan di dalam kontennya. Misalnya, kamu bisa menulis sebuah artikel yang berujung pada menjual barang. Biasanya, artikel tersebut berupa review dari produk yang dijual.

Selain menjual barang, kamu juga bisa menjadi partner sebuah agency dengan menyediakan tempat untuk content placement. Biasanya, para agency membutuhkan bantuan para blogger, khususnya blogger yang memiliki website bertraffic tinggi dan terpercaya, untuk mengulas bisnis milik klien.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan reputasi bisnis klien dan membantu website atau sosial media klien mendapatkan sorotan serta kunjungan.

Modal untuk menjadi blogger juga tidak tidak terlalu mahal. Kamu bisa menggunakan hosting kecil terlebih dahulu sekaligus membangun website serta laptop atau komputer untuk menulis artikel.

12. Menjadi Virtual Assistant

Menjadi Virtual Assistant

Sumber: Pixabay

Virtual assistant atau asisten online telah menjadi tren di komunitas freelance beberapa waktu ini. Sesuai dengan namanya, asisten online adalah seorang asisten yang bekerja secara online atau remote.

Lalu, apa yang membuat pekerjaan ini menjadi ide bisnis online yang menjanjikan?

Salah satu alasan utamanya adalah gajinya. Karena JULOvers melakukan tugas asisten secara online, maka bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan klien yang dapat membayar kamu dengan menggunakan mata uang asing, khususnya dollar.

Dengan nilai kurs yang ada, pendapatan seorang asisten online dapat melebihi pendapatan asisten pada umumnya. Apalagi, karena sistemnya online, kamu dapat bekerja pada lebih dari 1 klien pada waktu yang bersamaan yang berarti pendapatan kamu akan bertambah.

Menjadi asisten online juga tidak memerlukan banyak syarat. Syarat utama yang setidaknya harus kamu penuhi adalah memiliki pengalaman dan kemampuan untuk menjadi asisten. Untuk perangkat sendiri, kamu hanya memerlukan laptop atau komputer pada umumnya.

Tetapi, menjadi asisten online juga memiliki tantangan tersendiri. Karena kamu akan bekerja dengan klien-klien dari luar negeri, itu berarti kamu harus mengikuti jam kerja klien. Bukan tidak mungkin kamu mendapatkan klien yang memiliki jam kerja yang berbeda dan membuat kamu harus bekerja lebih lama.

13. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis

Sumber: Unsplash

Kalau membicarakan peluang bisnis online dengan modal kecil yang terpercaya, maka jasa desain grafis merupakan salah satu yang paling populer. Untuk memulai usaha jasa desain grafis ini, kamu tidak memerlukan komputer atau laptop yang harganya hingga puluhan juta.

Kamu bisa mulai dengan perangkat entry-level atau kelas menengah yang biasanya memiliki harga yang lebih ramah kantong. Kalau JULOvers sudah memiliki perangkat, maka kamu bisa meng-upgrade perangkat kamu yang tentunya akan jauh lebih murah dibanding membeli baru.

Salah satu kelebihan peluang bisnis jasa desain grafis adalah kamu dapat melakukannya sebagai sampingan. Kamu bisa mengambil 1-2 klien terlebih dahulu sehingga beban kerja kamu tidak terlalu banyak.

Selain itu, peluang bisnis jasa desain grafis juga dapat memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan mata uang asing dari klien, khususnya dollar. Dengan begitu, bisa saja suatu kamu mendapatkan bayaran yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pekerjaan kamu.kredit digital Julo

Bagaimana Cara Memilih Ide Bisnis Online untuk Pemula Yang Tepat?

Bagaimana Cara Memilih Ide Bisnis Online Yang Tepat

Sumber: Pixabay

Ada banyak sekali ide bisnis online untuk pemula yang dapat JULOvers coba. Lalu, bagaimana cara memilih ide yang tepat? Akan sangat sulit tentunya mencoba setiap ide satu demi satu hingga menemukan ide yang tepat.

Untuk membantu kamu, berikut adalah tips memilih ide bisnis online untuk pemula yang dapat kamu jadikan panduan:

1. Kenali Kemampuan Diri Kamu

Kenali Kemampuan Diri Kamu

Sumber: Pixabay

Tips pertama dan utama untuk memilih ide bisnis online adalah mengenali kemampuan diri kamu. Memulai bisnis online yang sesuai dengan kemampuan yang kamu kuasai tentunya akan semakin memudahkan usaha kamu. Setidaknya, kamu tidak harus memulai dari nol.

Tapi, tentu saja kamu tetap bisa mencoba bisnis online sekaligus mempelajari kemampuan yang dibutuhkan. Bahkan, kamu memang harus terus belajar walaupun kamu telah memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk memulai dan menjalankan bisnis.

2. Pertimbangkan Modal

Pertimbangkan Modal

Sumber: Pixabay

Mempertimbangkan modal adalah langkah penting dalam memulai segala jenis bisnis. Apa saja yang termasuk modal?

Kemampuan yang kamu kuasai termasuk modal. Lalu, kamu juga bisa mempertimbangkan aset atau perangkat yang kamu miliki. Misalnya, jika ingin menjadi podcaster, kamu harus memastikan kamu memiliki perangkat serta ruangan yang cukup kedap suara untuk merekam.

Modal yang berikutnya adalah biaya. Untuk beberapa ide bisnis online yang telah dibahas, kamu membutuhkan mengeluarkan biaya awal, seperti menjadi dropshipper. Selain modal biaya dan fisik, kamu juga harus memperhatikan waktu.

Beberapa ide bisnis online yang telah dibahas mengharuskan kamu untuk menghabiskan banyak waktu. Ada juga bisnis online yang dapat kamu jadikan sampingan.

3. Lakukan Uji Coba Terhadap Ide Bisnis Online Untuk Pemula

Lakukan Uji Coba

Sumber: Pixabay

Setelah kamu menentukan ide bisnis online yang ingin kamu coba, ada baiknya kamu tidak terjun sepenuhnya secara langsung. Kamu bisa mulai dengan melakukan uji coba.

Misalnya, jika kamu ingin mencoba jasa pembuatan website, kamu bisa membuat website kecil-kecilan terlebih dahulu yang nantinya akan jadi portfolio. Atau jika ingin menjadi blogger, kamu bisa menulis satu atau dua artikel dan melihat apakah ada orang yang tertarik untuk membaca artikel kamu atau tidak.

Demikian ide bisnis online untuk pemula yang layak untuk dicoba. Semoga ide bisnis online untuk pemula yang kami sampaikan di artikel ini dapat membantu JULOvers, ya! Tentunya JULOvers tidak perlu khawatir, karena sekarang ada bisa JULO Kredit Digital untuk membayar segala keperluan kamu.

JULO Kredit Digital menawarkan cicilan dengan tenor fleksibel sampai dengan 9 bulan. Jadi, JULOvers tidak perlu khawatir telat bayar karena anda bisa langsung bayar beberapa bulan sekaligus. Dengan limit kredit maksimal 15 juta rupiah dan bunga rendah dari 0,1% per hari, JULOvers tidak perlu lagi khawatir dengan kebutuhan kamu berkegiatan sehari-hari. Apalagi tanggal pembayaran bisa disesuaikan dengan tanggal gajian, pastinya membuat bayar cicilanmu jadi semakin mudah dan semakin praktis. Tidak hanya itu, JULO memiliki banyak fitur lain yang bisa kalian gunakan, seperti:

  • Tarik Dana

  • Bayar Kartu Pascabayar

  • Kirim Dana

  • Bayar Tagihan Listrik

  • Isi Dompet Digital

  • Bayar Pulsa

  • Bayar e-commerce

Jadi tunggu apalagi? Ayo #SiapMelesat bersama JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan