Daftar Isi
Ide Bisnis Makanan Online Apa Saja Yang Laris?
1. Aneka Keripik
2. Makaroni, Baso Goreng, dan Camilan Asin Lainnya
3. Seblak
4. Salad Buah
5. Frozen Food
6. Kue Kering
7. Dessert Box
8. Sambal
9. Kue Puding
10. Rice Bowl
11. Bahan Siap Masak
12. Makanan Sehat
Apa saja strategi promosi produk makanan online?
1. Kanal Website
2. Kanal Sosial Media
3. Kanal Platform Video
Apa saja Keuntungan Bisnis Makanan Online?
1. Mudah Dikenali
2. Memiliki Banyak Variasi
3. Tidak Terbatas Lokasi Usaha
4. Inovasi yang Mudah
Daftar Isi
Ide Bisnis Makanan Online Apa Saja Yang Laris?
1. Aneka Keripik
2. Makaroni, Baso Goreng, dan Camilan Asin Lainnya
3. Seblak
4. Salad Buah
5. Frozen Food
6. Kue Kering
7. Dessert Box
8. Sambal
9. Kue Puding
10. Rice Bowl
11. Bahan Siap Masak
12. Makanan Sehat
Apa saja strategi promosi produk makanan online?
1. Kanal Website
2. Kanal Sosial Media
3. Kanal Platform Video
Apa saja Keuntungan Bisnis Makanan Online?
1. Mudah Dikenali
2. Memiliki Banyak Variasi
3. Tidak Terbatas Lokasi Usaha
4. Inovasi yang Mudah

12 Ide Bisnis Makanan Online yang Laris di Pasaran

ide bisnis makanan online

Pada zaman yang serba digital ini, sudah ada banyak sekali ide bisnis makanan online yang layak untuk dicoba. Pelanggan dari bisnis makanan online pun selalu bertambah setiap tahunnya. Hal tersebut terjadi karena kemudahan yang ditawarkan oleh sistem pembelian dari makanan online, di mana pelanggan hanya perlu menunggu di tempat dan makanan yang diinginkan akan diantarkan ke sana.

Dengan segala kemajuan teknologi, kreativitas dari seseorang akan ide bisnis makanan online pun sudah semakin meningkat. Ada berbagai jenis makanan yang bisa JULOvers jual secara online sekarang ini, mulai dari masakan khas Indonesia hingga masakan khas luar negeri. Setiap jenis makanan sudah memiliki penggemarnya masing-masing.

Lantas, apa saja sih ide bisnis makanan online yang sedang laku di pasaran sekarang ini? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Ide Bisnis Makanan Online Apa Saja Yang Laris?

Untuk membantu JULOvers menemukan inspirasi untuk membuka bisnis makanan barunya, berikut ini adalah beberapa ide bisnis makanan online yang sedang ramai di pasaran:

1. Aneka Keripik

aneka keripik

Sumber: Pixabay

Ide bisnis makanan online pertama yang layak untuk dicoba adalah menjual berbagai aneka keripik, baik itu keripik yang asin maupun yang manis. Tidak bisa dimungkiri, orang-orang Indonesia memang sangat menyukai camilan renyah yang satu ini. Teksturnya yang renyah ini sangat cocok disatukan dengan rasa asin maupun manis.

Baca Juga: Usaha Kuliner, Usaha Menjanjikan yang Dapat Kamu Coba

Dengan banyaknya jenis makanan yang sudah mulai berkembang berdasarkan kreativitas pembuatnya di Indonesia, maka variasi rasa dari keripik juga sudah sangat beraneka ragam. Jika dulu hanya ada keripik singkong atau kentang yang dan keripik pisang yang manis, sekarang sudah banyak keripik yang rasanya ditambah dengan buah-buahan, sayur-sayuran, dan masih banyak lagi.

Berkat varian rasanya yang sudah bertambah banyak, keripik ini semakin menjadi favorit orang-orang sebagai camilan untuk teman menonton atau ketika nongkrong. Jadi jangan kaget jika nanti JULOvers mendapatkan banyak sekali pelanggan yang tertarik untuk membeli keripiknya.

Untuk menjual aneka keripik ini, JULOvers bisa melakukannya sendiri atau menjadi agen penjual. JULOvers dapat menambahkan rasa atau bumbu tambahan dan dikemas ulang sesuai dengan brand milik sendiri. Sistem penjualannya juga jauh lebih praktis, dapat melalui media sosial dan e-commerce sehingga tidak perlu menyewa kios.

2. Makaroni, Baso Goreng, dan Camilan Asin Lainnya

makaroni basreng siap santap di dalam wadah

Sumber: Pixabay

Ide bisnis makanan online yang satu ini memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk menarik banyak pelanggan. Camilan asin seperti makaroni dan bakso goreng memang tidak bisa dimungkiri merupakan salah satu teman nonton film favorit terbaik yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya kita tidak bisa berhenti mengunyah begitu sudah  memakannya.

Baca Juga: 10 Ide Usaha Makanan Unik dengan Modal Kecil

Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk membuka ide bisnis makanan online camilan asin ini juga relatif kecil. Bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan kemasan juga tidak harus mewah, yang penting rapi dan tertutup rapat saja. Untuk menambah nilai jual, JULOvers dapat menciptakan cita rasa camilan asin ini dengan menambah berbagai bahan seperti keju atau menambahkan tingkat kepedasan.

Untuk memasarkannya, JULOvers bisa menggunakan platform media sosial karena pasti akan banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Cukup promosi dengan cara balas sebuah tweet di Twitter saja dan menawarkan camilannya, atau bisa juga berkomentar di unggahan Instagram artis-artis terkenal. Selanjutnya, JULOvers dapat memasukkan produknya ke dalam platform e-commerce sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengakses pilihan produk dan membelinya.

kredit digital Julo

3. Seblak

seblak dengan sayur siap santap di sebuah piring kecil

Sumber: Wikimedia

Sama seperti aneka keripik dan camilan asin, seblak sendiri merupakan salah satu makanan ringan yang sangat digemari oleh banyak orang di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, makanan khas Bandung ini sudah dapat menarik banyak sekali pelanggan berkat cita rasanya yang asin dan pedas serta teksturnya yang unik.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Viral

Ide bisnis makanan online seblak ini juga tidak membutuhkan banyak bahan dasar. JULOvers hanya membutuhkan kerupuk, mie, dan telur saja sebagai bahan dasar dari pembuatan seblak ini. Ketiga bahan tersebut lalu direbus di dalam kuah yang memiliki rasa asin dan pedas. Cocok sekali untuk menjadi teman menonton, kan?

Selain itu, untuk menambah nilai jual dan cita rasa dari seblak, JULOvers dapat menambahkan berbagai topping seperti ayam, sosis, bakso, siomay, pangsit, dan masih banyak lagi. Jangan lupa juga untuk memberikan opsi level kepedasan untuk para pelanggan, karena pasti akan ada penggemar seblak yang tidak begitu menyukai makanan pedas.

4. Salad Buah

Salad Buah

Sumber: Pixabay

Di Indonesia yang merupakan negara dengan iklim tropis, banyak orang Indonesia yang mencari makanan yang dapat memenuhi perut dan juga menyegarkan. Nah, salah satu makanan tersebut yang juga digemari oleh banyak orang adalah salad buah. Ini bisa menjadi salah satu ide bisnis makanan online yang sangat laris di pasaran.

Baca Juga: 5 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Bisnis salad buah ini sendiri memang lebih banyak dilakukan secara online daripada yang membuka toko fisik. Apalagi dengan kemudahan yang ada saat ini, JULOvers bisa menjual salad buah tersebut melalui e-commerce, media sosial, dan juga jasa pengiriman.

Agar tidak mudah busuk, pastikan kemasan yang digunakan untuk membungkus salad buah yang akan dijual itu dapat tertutup rapat dan juga rapi. Selain itu, pastikan juga buah yang digunakan sebagai bahan bakunya adalah buah yang masih segar. Jangan sampai bungkusnya saja tertutup rapat tapi buahnya tidak segar.

5. Frozen Food

Frozen Food

Sumber: Pixabay

Frozen food adalah ide bisnis kuliner yang tidak akan ada matinya. Makanan seperti nugget serta sosis telah menjadi bagian dari makanan sehari-hari orang Indonesia. Selain itu, dengan semakin banyaknya variasi frozen food, ide jualan makanan ini akan semakin terus berkembang pesat.

Untuk memulai bisnis makanan online untuk pemula satu ini, JULOvers tidak harus langsung memulai bisnis skala besar. Kamu bisa memanfaatkan pendingin kulkas rumah kamu untuk menyetok frozen food pada awal bisnis.

Atau, kamu bisa menyewa satu atau dua lemari es pendingin sebagai modal awal untuk memulai ide jualan makanan satu ini.

6. Kue Kering

Kue Kering

Sumber: Pixabay

Kue kering adalah salah satu ide jualan makanan yang telah terbukti laris. Hal ini karena makanan ini dapat dinikmati setiap saat. Kue kering dapat orang santap di saat sedang santai atau saat sedang berkumpul menjamu tamu.

Kue kering juga dapat JULOvers olah menjadi berbagai varian. Dengan begitu, kamu akan memiliki banyak pilihan ketika ingin melakukan inovasi dan memperbanyak jenis makanan yang akan dijual.

7. Dessert Box

Dessert Box

Sumber: Pixabay

Dessert box adalah salah satu ide jualan makanan yang sedang naik daun akhir-akhir ini, khususnya di kalangan anak muda. Dessert box umumnya memiliki rasa yang manis serta gurih. Dengan bentuknya yang relatif lebih kecil dari kue, makanan satu ini juga tidak jarang dikreasikan lebih agar tampilannya lebih estetik.

Sama seperti makanan kue pada umumnya, kamu dapat mengkreasikan ide jualan makanan satu ini dengan relatif mudah. Hal ini akan sangat membantu ketika kamu ingin melakukan inovasi produk untuk kelangsungan bisnis makananmu.

8. Sambal

Sambal

Sumber: Pixabay

Sudah bukan rahasia lagi kalau mayoritas orang Indonesia sangat menggemari sambal. Maka dari itu, menjual sambal bisa menjadi ide jualan makanan yang menguntungkan.

Sambal juga relatif mudah untuk JULOvers kreasikan. Dengan banyaknya aneka sambal asli Indonesia, kamu tidak usah pusing-pusing lagi memikirkan variasi rasa yang bisa dijual. Selain rasa, kamu juga bisa menambahkan variasi dari tingkat kepedasan.

Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mulai dengan mencari sambal khas daerah dekat tempat tinggal kamu. Lalu, kamu bisa memanfaatkan sosial media serta platform toko online untuk melakukan pemasaran.

9. Kue Puding

Kue Puding

Sumber: Pixabay

Puding adalah salah satu kue atau makanan penutup yang sangat digemari oleh banyak orang. Ukurannya yang kecil dan proses pembuatannya yang relatif cepat membuat sajian ini menjadi ide jualan makanan yang menguntungkan.

Selain relatif mudah dibuat, puding juga sangat mudah dikreasikan. JULOvers dapat menemukan aneka resep puding serta cara membuatnya dengan mudah di internet. Ukurannya yang kecil juga membuat kamu tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang besar yang tentunya akan menghemat biaya.

10. Rice Bowl

Rice Bowl

Sumber: Pixabay

Rice bowl adalah salah satu jenis makanan kekinian yang digemari banyak orang, khususnya anak muda. Konsep makanan ini sangat simpel dan sederhana yang kemudian membuatnya menjadi ide jualan makanan online untuk pemula yang menguntungkan.

Umumnya, menu rice bowl berisi daging dan sayur yang membuatnya sehat dan seimbang. Kamu bisa menggunakan resep ayam saus teriyaki, ayam sambal matah, udang krispi, dan lain-lain.

11. Bahan Siap Masak

Bahan Siap Masak

Sumber: Pixabay

Ide bisnis makanan satu ini kurang lebih serupa dengan frozen food. Bedanya yang kamu jual di sini bukanlah nugget atau sosis tapi bahan-bahan masakan lainnya, seperti sayur dan bumbu olahan lainnya.

Ide jualan makanan satu ini akan sangat digemari oleh orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk mengolah bahan dan bumbu masak mereka. Kamu bisa mengkreasikan produk ini dengan membuat paket atau tema bahan masak, misalnya paket sayur lengkap atau bumbu dan bahan lengkap untuk nasi goreng.

12. Makanan Sehat

Makanan Sehat

Sumber: Pixabay

Makanan sehat adalah salah satu ide jualan makanan yang menguntungkan. Mengapa demikian? Karena akan selalu ada orang-orang yang membutuhkan makanan sehat.

Target pasar dari produk ini biasanya adalah orang yang sedang berusaha untuk diet serta para pekerja yang sangat sibuk sehingga tidak dapat mengatur pola makan mereka.

Agar produk kamu memiliki nilai lebih, kamu bisa membuka konsultasi bagi para konsumen. Dari sana, kamu bisa menggunakan hasil konsultasi untuk membuat menu spesifik yang dibutuhkan oleh konsumen tersebut.

Apa saja strategi promosi produk makanan online?

Apa saja strategi promosi produk makanan online

Sumber: Pixabay

Setelah menemukan ide bisnis makanan yang ingin dicoba, sekarang saatnya JULOvers memahami strategi apa saja yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk makanan.

Setidaknya, ada tiga kanal atau saluran promosi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pemasaran; website, sosial media, dan platform video. Berikut adalah penjelasannya:

1. Kanal Website

Kanal Website

Sumber: Pexels

Website adalah salah satu media pemasaran terbesar yang dapat JULOvers andalkan. Untuk memulai pemasaran, kamu terlebih dahulu harus memiliki website.

Apa keunggulan menggunakan kanal website? Dengan memiliki website, kamu dapat membangun keberadaan online kamu lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan membuat konten yang terkait dengan produk dan bisnis makananmu.

Misalnya, jika kamu memilih untuk ide bisnis makanan sehat, kamu bisa membuat konten tentang tips hidup sehat, cara melakukan diet yang baik, beragam bahan makanan yang sehat serta fungsinya, dan lain-lain.

Kamu mungkin berpikir, "Apa bedanya dengan pemasaran media sosial? Bukankah kita bisa membuat konten serupa di sosmed?"

Walaupun betul JULOvers bisa membuat konten yang serupa pada sosial media, namun jangkauan website akan jauh lebih luas karena penggunaan mesin pencari akan lebih banyak jika dibandingkan sosial media.

2. Kanal Sosial Media

Kanal Sosial Media

Sumber: Pixabay

Sosial media adalah platform pemasaran yang sangat ramah bagi para pebisnis pemula. Berbeda dengan website yang membutuhkan modal awal, JULOvers dapat memiliki akun sosial media dengan cuma-cuma.

Untuk melakukan pemasaran di sosial media, kamu bisa mengumpulkan review dan testimoni dari pelanggan kamu yang sebelumnya. Selain itu, kamu juga bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan visibilitas bisnis makananmu.

3. Kanal Platform Video

Kanal Platform Video

Sumber: Pixabay

Platform video seperti YouTube dan TikTok juga dapat menjadi kanal pemasaran yang cocok untuk bisnis makananmu. Di platform ini, ada banyak sekali ide yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan produk makananmu.

Misalnya, kamu bisa membuat video behind the scene tentang proses pembuatan makananmu. Kamu bisa mengajak penonton untuk mengunjungi dapur kamu dan memperlihatkan bagaimana produk kamu bisa tercipta. Hal ini tidak hanya akan menarik tapi juga membuat pelanggan percaya dengan produk kamu.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan seorang influencer makanan yang akan mengulas produk makanan kamu. Di sana, kamu juga melakukan promo dengan membagikan voucher atau kode diskon untuk para pelanggan yang menonton.

Apa saja Keuntungan Bisnis Makanan Online?

Apa saja Keuntungan Bisnis Makanan Online
Sumber: Pexels

Seperti yang sudah dijelaskan, bisnis makanan online adalah salah satu bisnis yang digemari banyak orang. Apa yang membuatnya demikian?

Berikut adalah beberapa keuntungan bisnis makanan online yang membuatnya digemari oleh banyak orang:

1. Mudah Dikenali

Mudah Dikenali
Sumber: Pexels

Bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang mudah dikenali oleh orang-orang. Hal ini karena hampir setiap hari orang akan selalu mencari tempat makan, baik yang baru atau langganan. Oleh karena itu, bisnis kamu memiliki potensi untuk ditemukan setiap harinya. Kemungkinan kamu ditemukan akan lebih tinggi jika kamu menjual makanan yang populer atau sedang tren.

2. Memiliki Banyak Variasi

Memiliki Banyak Variasi
Sumber: Pexels

Kalau berbicara bisnis makanan online, kamu memiliki variasi yang tidak ada batasnya; kamu bisa menjual aneka jenis makanan. Hal ini juga berdampak pada ketatnya persaingan.

Kalau kamu tidak ingin terlalu bersaing dengan banyak orang, kamu bisa memilih makanan yang masih jarang dijual orang. Walaupun hal ini bisa berarti kamu tidak akan dilirik terlalu banyak pelanggan karena menjual makanan kurang populer, kamu bisa menjadikan bisnis makanan tersebut sebagai langkah awal yang kemudian dapat kamu kembangkan menjadi bisnis makanan lainnya.

3. Tidak Terbatas Lokasi Usaha

Tidak Terbatas Lokasi Usaha
Sumber: Pexels

Karena kamu akan berjualan secara online, kamu bisa membuka lokasi bisnis makanan online kamu dari mana saja. Kalau kamu berencana untuk berjualan di tempat yang ramai demi mencari pengunjung, kamu juga bisa mencari tempat untuk menyewa dapur.

4. Inovasi yang Mudah

Inovasi yang Mudah
Sumber: Pexels

Bisnis makanan sendiri adalah salah satu bisnis yang cukup mudah untuk dibuat inovasinya. Kamu bisa mulai dengan mengganti atau menambahkan bahan. Atau kalau kamu berbisnis makanan ringan, kamu bisa mengganti toppingnya. Untuk makanan yang menggunakan saos, kamu bisa mencoba berbagai jenis saus.

Itulah dia ide bisnis makanan online yang dapat kamu jadikan panduan. Bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Oleh karena itu, bisnis ini memiliki peluang yang besar dan menjanjikan. Selain itu, ada banyak ide jualan makanan online yang dapat kamu coba sehingga membantu kamu menemukan peluang bisnis makanan yang tepat.

Jika JULOvers ingin membuka bisnis makanan baru tetapi belum memiliki modal, tenang saja karena sekarang ada JULO Kredit Digital untuk membayar segala keperluan kamu. JULO Kredit Digital menawarkan cicilan dengan tenor fleksibel sampai dengan 9 bulan. Jadi, JULOvers tidak perlu khawatir telat bayar karena anda bisa langsung bayar beberapa bulan sekaligus. Dengan limit kredit maksimal 15 juta rupiah dan bunga rendah dari 0,1% per hari, JULOvers tidak perlu lagi khawatir dengan kebutuhan kamu berkegiatan sehari-hari. Apalagi tanggal pembayaran bisa disesuaikan dengan tanggal gajian, pastinya membuat bayar cicilanmu jadi semakin mudah dan semakin praktis.

Tidak hanya itu, JULO memiliki banyak fitur lain yang bisa kalian gunakan, seperti:

  • Tarik Dana

  • Bayar Kartu Pascabayar

  • Kirim Dana

  • Bayar Tagihan Listrik

  • Isi Dompet Digital

  • Bayar Pulsa

  • Bayar e-commerce

Lengkap sekali bukan? Jadi tunggu apalagi? Yuk segera pakai JULO untuk terus dan dapatkan promo siap melesat sekarang juga!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan