pinjaman-online-pribadi

Pinjaman Online Pribadi: Ekspektasi vs Realita

Pinjaman online pribadi kembali marak di Indonesia. Keadaan tersebut juga pada akhirnya menjadi pemicu menjamurnya pinjaman online pribadi yang ilegal. Dengan masyarakat Indonesia yang konsumtif, pinjaman online menjadi suatu kebutuhan yang sulit untuk tidak dihiraukan. Ditambah lagi dengan adanya kondisi pandemi di seluruh dunia, yang tentu saja berakibat fatal terhadap perekonomian negara kita. 

Pinjaman online pribadi  yang legal maupun yang ilegal akhirnya semakin menjadi gemuk. Dengan iming-iming pinjaman yang manis, masyarakat pun menjadi semakin membutuhkan pinjaman online pribadi sebagai basis kasual kehidupan keuangannya. Namun, terkadang pada prosesnya ekspektasi tidak sesuai dengan realita karena keputusan yang tergesa-gesa justru berujung bencana..

Sulit jadinya ketika masyarakat yang terjerat kemiskinan maupun masyarakat yang membutuhkan dana darurat untuk bisa membedakan pinjaman online pribadi yang benar-benar aman. Apa lagi dengan semakin banyaknya pinjaman online ilegal yang memberikan janji janji manis tanpa dasar aturan yang jelas. 

Dari fenomena ini  juga, JULOvers harus berhati-hati ketika memutuskan untuk mendapatkan pinjaman online pribadi. Sebab tentu saja ada banyak oknum tidak bertanggung jawab yang berusaha untuk merugikan JULOvers sebagai nasabah. Berikut ini JULO sudah rangkum 5 ciri-ciri pinjaman online  pribadi ilegal berkedok janji manis agar ekspektasimu bisa sesuai dengan realita.

5 Ciri-Ciri Pinjaman Pribadi Ilegal

 pinjaman-online-pribadi
Source: Pexels.com

Enak memang dirasakan mendapatkan uang, apalagi menikmati uang pinjaman tanpa jaminan. Bisa dikatakan, seperti mendapatkan berkah dari Yang Maha Kuasa. Setelah pinjaman mulai jatuh tempo, penderitaan mulai dirasakan. Pada akhirnya penyesalan pun datang belakangan. Tentunya dari JULOvers tidak mau mengalaminya. Banyak cara yang bisa JULOvers lakukan untuk membalikan keadaan dan membuat ekspektasi pinjaman online pribadi menjadi sesuai dengan realita. Salah satunya, JULOvers harus cermat dalam mengenal ciri-ciri pinjaman online pribadi ilegal yang bisa membutakan akal sehat. Inilah ciri-cirinya:

1. Tidak Terdaftar di OJK

 pinjaman-online-pribadi
Source: wikipedia.org

Ciri-ciri pinjaman online pribadi ilegal yang pertama adalah tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Apabila JULOvers mendapat tawaran pinjaman atau hendak meminjam uang ke pinjaman online, pastikan instansi tersebut terdaftar di OJK.

Baca Juga: Pinjaman Online, Kenali 5 Pembeda Antara Legal & Ilegal

JULOvers juga bisa meminta bukti sertifikat langsung ke orang yang menawarkan pinjaman, atau melakukan cek di internet.

2. Memberikan Kontak

 pinjaman-online-pribadi
Source: Pexels.com

Pelaku pinjaman online pribadi Ilegal biasanya akan mendekati korban secara personal dengan memberikan nomor kontak. Tujuannya, agar pelaku bisa mencari kelemahan korban dan memanfaatkannya untuk menghasut agar korban mau melakukan pinjaman.

Pinjaman-Online-Pribadi

3. Memberikan Penawaran Langsung Melalui Nomor Handphone

 pinjaman-online-pribadi
Source: Pexels.com

Pinjaman online pribadi ilegal biasanya langsung memberikan penawaran pinjaman uang ke nomor kontak calon Korban. Biasanya, calon korban mendapat SMS atau pesan WhatsApp dari nomor tidak dikenal, yang menawarkan pinjaman uang.

Apabila pesan tersebut dibalas atau direspon, pelaku pinjaman online ilegal akan terus menghubungi nomor korban seperti meneror. Pastinya, JULOver tidak mau bukan dihantui teror pinjaman pribadi online?

4. Janji Manis Seperti Buaya Darat

 pinjaman-online-pribadi
Source: Pexels.com

Pelaku pinjaman online pribadi ilegal pasti selalu mengimingi korban dengan banyak tawaran menarik mulai dari proses yang sangat singkat hingga pinjaman online pribadi yang nyaris tanpa syarat. Bak janji manis buaya darat, pelaku menggoda korban dengan tawaran yang menggiurkan tersebut hingga masuk ke dalam perangkap. Setelah terjebak, pelaku akan menikmati hasilnya dari bunga pinjaman online pribadi berjumlah besar yang mencekik si peminjam. Tentu saja keadaan ini tidak semanis yang LOVErs kira

5. Menawarkan Take Over Pinjaman

 pinjaman-online-pribadi

Istilah take over digunakan ketika terjadi pengalihan pinjaman atau kredit dari satu pihak kepada pihak lain. Pengalihan ini bisa terjadi untuk pengalihan pembayaran dari satu instansi pinjaman ke instansi pinjaman lain, atau pengalihan kepemilikan kredit dari satu nasabah ke nasabah lain. Biasanya, pinjaman online pribadi ilegal akan menawarkan take over pinjaman agar JULOvers mau beralih membayar kredit ke instansi pelaku. 

Tips Menghindari Pinjaman Online Pribadi Ilegal

 pinjaman-online-pribadi
Source: Pexels.com

Layanan pinjaman online memang sudah menarik minat banyak orang. Selain proses yang relatif lebih mudah, JULOvers juga tidak perlu ribet mendatangi lokasi tempat pemberian pinjaman. Semua transaksi bisa langsung dilakukan secara digital, baik lewat PC maupun ponsel.

Sayangnya, banyak oknum tak bertanggung jawab yang kemudian ikut mendirikan pinjaman online ilegal. Namun, tidak perlu takut. Ada banyak cara untuk menghindari jebakan dari mereka. Berikut tips menghindari pinjaman online pribadi ilegal:

1. Periksa Legalitas Serta Rekam Jejak Digital Pinjaman Online

 pinjaman-online-pribadi
Source: Pexels.com

Pastikan identitas pemilik dan alamat kantor layanan pinjaman online pribadi tersebut jelas. Selain itu, cek juga rekam jejak digital mereka. JULOvers bisa melakukannya dengan membaca ulasan para pengguna pinjaman online yang bersangkutan. Banyaknya ulasan (review) positif seputar pinjaman online tersebut bisa menjadi indikator keamanan saat menggunakannya.

 

Pinjaman-Online-Pribadi

2. Hindari Pinjaman dengan Nominal yang Besar

 pinjaman-online-pribadi
Source: Pexels.com

Penyedia jasa pinjaman online pribadi suka memberikan tawaran menarik bagi kalian yang ingin meminjam dana dengan nominal yang besar. Banyak orang yang tergiur dengan tawaran menarik ini, apalagi proses cairnya dana pinjaman memang cukup mudah dan terbilang cepat.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah dan Cepat

Bagi kalian yang ingin melakukan pinjaman online, alangkah baiknya kalian menghindari pinjaman dengan nominal yang besar. Kalian juga harus teliti dan menghindari pinjaman dengan bunga besar yang akan membebani kalian di kemudian hari.

3. Waspada Terhadap Pencurian Data Pribadi

 pinjaman-online-pribadi
Source: Pexels.com

Untuk melakukan pinjaman online pribadi, kalian akan diminta untuk mengisi data diri pribadi yang berhubungan dengan pinjaman. Bagi kalian yang ingin melakukan pinjaman, sebaiknya kalian menghindari persyaratan pinjaman online pribadi yang meminta izin untuk mengakses device kalian, meminta foto kartu atm, sampai foto selfie dengan memegang kartu identitas.

Kenyataannya, pinjaman online menawarkan kemudahan dalam melakukan pinjaman. Akan tetapi, kalian harus tetap waspada pada jebakan kemudahan dalam melakukan pinjaman.

4. Cek Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan

Pinjaman-Online-Pribadi
Pexels.com

Penyedia jasa pinjaman online pribadi ilegal biasa melakukan pemerasan secara tidak langsung. Sebelum kalian melakukan pinjaman, kalian harus cek dan baca terlebih dahulu syarat, ketentuan serta kebijakan si penyedia jasa pinjaman online terlebih dahulu

Periksa dengan teliti syarat, ketentuan serta kebijakan dari penyedia jasa pinjaman online.

Apabila penyedia jasa pinjaman online meminta data pribadi yang tidak berhubungan dengan pinjaman, kalian harus mengurungkan niat dan menghindari penyedia jasa pinjaman online tersebut.

JULO Kredit Digital Solusinya

7 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online

(source: JULO)

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Di tengah peliknya keadaan, JULO pun hadir sebagai jawaban dan solusi keuangan bagi para JULOvers. Kini, JULOvers tak perlu ragu atau cemas lagi menggunakan layanan kredit digital karena JULO sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Baca Juga: Jenis-Jenis Strategi Pemasaran yang Bisa Dicoba

Selain aman dan terpercaya JULO Kredit Digital juga memiliki limit tinggi sampai dengan 15 juta rupiah, JULOvers dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel 9 bulan. Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Sehingga kamu tidak perlu takut dengan tambahan biaya dadakan serta tidak jelas yang membengkak! Selain praktik penagihan yang manusiawi serta tersertifikasi, di JULO juga bisa menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajian kamu. Dengan begitu, kamu bisa membayar cicilan dengan lebih mudah.

Jadi tunggu apalagi? Ayo #SiapMelesat bersama JULO Kredit Digital!

 

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…