Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Tips Renovasi Rumah Impian Anti-Gagal
1. Rencanakan Anggaran Renovasi Rumah Impian
2. Berburu Informasi Renovasi Rumah Impian
3. Ciptakan Kesan dari Bagian Paling Depan
4. Bermainlah Dengan Warna
5. Gunakan Cermin untuk Menciptakan Kesan Luas
6. Optimalkan Ruang Penyimpanan
7. Utamakan Kualitas
8. Tentukan Prioritas
9. Pilih Kontraktor yang Sesuai Untuk Renovasi Rumah Impian
10. Renovasi Rumah Impian Kamu dengan Menjaga Komunikasi 
Wujudkan Renovasi Rumah Impianmu dengan JULO Kredit Digital

10 Tips Renovasi Rumah Impian yang Bikin Kantong Aman

Renovasi Rumah Impian

Memiliki rumah indah adalah impian semua orang. Berbagai usaha perawatan tentunya sangat dibutuhkan untuk mewujudkan impian tersebut, mulai dari perawatan harian hingga tahunan. Renovasi rumah adalah salah satu bentuk perawatan tahunan atau jangka panjang yang perlu dilakukan saat kondisi rumah sudah semakin usang termakan waktu. Selain untuk memastikan bangunan tetap aman untuk penghuninya, renovasi rumah juga dilakukan untuk menciptakan suasana baru agar penghuni rumah merasa semakin nyaman berada di rumah.

Baca Juga: Resmi Naik Kelas, Fintech Lokal JULO Kini Kantongi Izin OJK

Saat hendak melakukan renovasi rumah, kamu perlu mempertimbangkan banyak hal mulai dari Anggaran hingga desain yang diinginkan. Itu artinya, renovasi rumah membutuhkan perhitungan yang matang. Jangan sampai budget renovasi rumahmu melebihi anggaran hingga membuat kamu seketika bangkrut. Kamu juga harus merencanakan pengaturan tempat tinggal sementara saat melakukan renovasi rumah. Menjawab semua kebingungan banyak orang, tips-tips renovasi pun mulai bermunculan ke permukaan. Seperti pada tulisan kali ini, kamu juga akan mendapatkan beberapa informasi tentang renovasi rumah agar tetap murah dengan hasil yang mewah. Apa saja ya tipsnya? Yuk, simak tulisan dari JULO Kredit Digital!

Tips Renovasi Rumah Impian Anti-Gagal

renovasi rumah impian

Yuk simak tipsnya! Supaya rumah impian kamu semakin mudah terwujud.

1. Rencanakan Anggaran Renovasi Rumah Impian

renovasi rumah impian

Anggaran atau biaya adalah hal utama yang harus kamu perhatikan ketika akan melakukan renovasi rumah. Dengan membuat perencanaan anggaran, kamu dapat menentukan seberapa besar renovasi rumah yang akan dilakukan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mencegah terjadinya kelebihan anggaran yang dari biaya-biaya yang tak terduga. Jadi, jka kamu ingin melakukan renovasi rumah secara ekonomis, penting sekali bagi kamu untuk menentukan total kebutuhan atau batas pengeluaran. Pastikan kamu tidak melebih-lebihkan anggaran dan juga mencatat semua hal yang dibutuhkan secara detail, dari yang membutuhkan biaya besar hingga yang paling remeh.

Baca Juga: 3 Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal

Pastikan juga anggaran yang kamu rencanakan realistis. Dengan kata lain, sebaiknya kami melakukan renovasi rumah sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai kamu tergoda dengan tren-tren yang budgetnya di luar kemampuanmu. Alih-alih renovasi rumahmu berhasil, sekedar mengikuti tren hanya membuat kamu kelabakan karena biaya yang koan membengkak.

7-rekomendasi-aplikasi-pinjaman-online-cepat-cair-terdaftar-ojk

2. Berburu Informasi Renovasi Rumah Impian

renovasi rumah impian

Selain biaya, penting bagi kamu untuk mencari sebanyak-banyak informasi tentang renovasi rumah. Mencari informasi atau sebatas melakukan riset dapat membuat rencana renovasimu semakin detil. Selain dapat membantumu menambah daftar pilihan, melakukan riset juga dapat membantu membandingkan harga barang yang sama di toko berbeda. Saat mencari informasi, kamu dapat melakukannya secara online atau offline. Sebagai contoh dengan mendatangi langsung toko-toko bangunan atau rumah-rumah dengan desain yang diinginkan sebagai rujukan atau berselancar dengan mesin mencari di internet. Nah, kira-kira sudah seberapa detil rencana renovasimu sejauh ini?

3. Ciptakan Kesan dari Bagian Paling Depan

renovasi rumah impian

Menciptakan hasil yang berkesan adalah salah satu tujuan dari renovasi rumah. Saat renovasi rumah, kesan bisa diciptakan muai dari mengubah bagian depan yang paling pertama di lihat atau dilalui penghuni atau tamu yang berdatangan, misalnya memulai perubahan dari bagian pintu. Pintu yang nampak indah akan memberikan kesan sambutan yang hangat saat memasuki rumah. Saat melakukan renovasi rumah, memberikan sedikit perbedaan pada bagian depan rumah akan memberikan kesan yang sangat berbeda bagi keseluruhan rumah. Jika tidak dapat mengubah pintu sepenuhnya atau jika pintu yang ada masih dalam kondisi baik, cobalah untuk mengecat ulang agar tercipta nuansa baru.

4. Bermainlah Dengan Warna

renovasi rumah impian

Renovasi tidak melulu tentang melakukan perombakan besar-besaran. Terkadang, renovasi bisa dimulai dengan mengubah warna untuk meciptakan perubahan nuansa yang sederhana tapi penuh makna. Pilihlah warna-warna yang akan menciptakan emosi positif dan nyaman bagi penghuninya. Usahakan juga kamu memadupadankan warna dengan cermat agar hasil akhirnya indah dan nyaman dipandang mata. Jika hanya memiliki budget terbatas, mengubah warna cat rumah bisa jadi langkah kecil yang berdampak besar, lho. Cobalah untuk memilih cat yang bisa membuat rumah terlihat terang dan sesuai dengan preferensi. Kamu juga bisa bermain dengan cat putih dan hitam jika hanya ingin melakukan renovasi dengan budget yang minim. 

7-rekomendasi-aplikasi-pinjaman-online-cepat-cair-terdaftar-ojk

5. Gunakan Cermin untuk Menciptakan Kesan Luas

renovasi rumah impian

Memiki rumah yang terkesan tampak luas tetap bisa dilakukan meskipun budgetmu terbatas. Kamu dapat menggunakan cermin sebagai salah satu trik manjur memperluas rumah dengan harga murah. Tips renovasi rumah ini cocok bagi kamu yang tidak punya budget besar, tapi ingin mengubah nuansa rumah agar terlihat lapang dan segar. Cara yang dapat kamu lakukan engan cermin ini adalah, tempatkan cermin besar di dinding, agar ruangan terlihat lebih luas dari yang sebenarnya. Penggunaan cermin ini adalah salah satu teknik yang digunakan oleh arsitek paling terkenal pada masanya, yaitu Sir John Soane, yang menggunakan cermin di ruang sarapan rumahnya di London.

6. Optimalkan Ruang Penyimpanan

renovasi rumah impian

Pengaturan ruang penyimpanan yang optimal adalah salah sat hal yang dapat dilakukan saat melakukan renovasi rumah. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat membuat rumah terlihat lebih tertata rapi dan berkelas. Sebagai contoh, kamu dapat memaksimalkan ruang penyimpanan di dapur untuk menciptakan kesan dapur yang rapi, luas, dan tertata. Kamu dapat membuat banyak kabinet atau lemari untuk menyimpan berbagai peralatan dapur. Agar tetap mnonjolkan nilai estetika, kamu juga dapat menyesuaikan warna lemari penyimpanan dengan warna cat dinding, atau sesuai preferensi. Nah jika budgetmu terbatas, kamu juga bisa mencoba cari furnitur bekas yang masih layak pakai lho! Kamu juga dapat melakukan kreasi sesuka hati.

7. Utamakan Kualitas

renovasi rumah impian

Saat melakukan renovasi rumah, usahakan kamu hanya memilih barang-barang atau bahan yang berkualitas untuk mengubah tampilan rumah. Baik itu cat atau furnitur, akan lebih baik untuk memilih yang berkualitas, meskipun harganya sedikit lebih mahal. Jangan tergoda dengan harga yang murah saja. Memilih barang yang sedikit mahal tapi berkualitas akan lebih hemat dibandingkan dengan membeli yang murah, tetapi mudah rusak.

8. Tentukan Prioritas

renovasi rumah impian

Saat melakukan renovasi rumah, kita sering dibingungkan saat menentukan “Beli Furnitur atau Dekorasi Dulu?”. Membeli furnitur yang tepat memang merupakan tips renovasi rumah yang penting. Furnitur yang menarik dan bagus tentunya akan membuat kamu semakin bersemangat untuk mendekorasi ruangan-ruangan dalam rumah. Namun, sebaiknya kamu menahan diri dan tidak membelinya terlebih dahulu, jika belum dipertimbangkan dengan matang. Agar rumah tampak indah dan fungsional, cobalah berdiskusi dengan desainer interior atau sesekali mencari informasi tentang interior yang sesuai kebutuhan. Hal tersebut dapat mencegah kamu buang-buang uang untuk membeli perabot yang bahkan tidak bisa digunakan.

7-rekomendasi-aplikasi-pinjaman-online-cepat-cair-terdaftar-ojk

9. Pilih Kontraktor yang Sesuai Untuk Renovasi Rumah Impian

renovasi rumah impian

Saat melakukan renovasi rumah dengan menggunakan jasa seorang kontraktor, pastikan kamu tidak terburu-buru mengambil keputusan. Diskusikanlah dengan banyak orang agar dapat membuat keputusan yang tepat. Cari sebanyak-banyaknya referensi dengan melihat ulasan dari klien sebelumnya untuk melihat contoh karya mereka dan memastikan keasliannya. Jangan ragu bertanya mendiskusikan cara kerja kontraktor yang terpilih, bahan yang digunakan, proses yang mereka ikuti, dan sebagainya. Ingat, merenovasi rumah tidak bisa dilakukan dengan buru-buru. Dibutuhkan waktu untuk merencanakan, melakukan setiap langkah secara menyeluruh, dan mengatasi hal-hal yang tidak terduga.

10. Renovasi Rumah Impian Kamu dengan Menjaga Komunikasi 

renovasi rumah impian

Komunikasi adalah kunci untuk banyak hal, termasuk dalam merenovasi rumah. Jalinlah komunikasi yang baik dengan pasangan, kontraktor, dan semua yang terlibat dalam renovasi rumah. Dengan melakukan komunikasi yang efektif, renovasi rumah impian pun akan terwujud sesuai rencana.

Baca Juga: Kartu Kredit Konvensional vs. Digital. Pilih yang Mana?

Nah, itulah beberapa tips renovasi rumah yang dapat kamu pertimbangkan. Semoga kamu dapat melakukan renovasi rumah sesuai dengan budget yang tersedia dan target yang direncanakan.

Wujudkan Renovasi Rumah Impianmu dengan JULO Kredit Digital

renovasi rumah impian

JULOvers tidak perlu khawatir lagi untuk membeli barang barang untuk renovasi, karena sekarang ada JULO Kredit Digital. Pembayaran barang untuk renovasi rumah impian kamu pun menjadi cepat dan hemat. Tanpa embel embel langkah yang rumit , cukup dari satu aplikasi dalam smartphone. JULOvers bisa menikmati  beragam fungsi kredit digital dalam kemudahan satu genggaman!

Tentunya JULOvers tidak perlu merasa khawatir jika memilih JULO Kredit Digital. Selain berizin OJK, JULOvers bisa mendapatkan limit sampai dengan 15 juta rupiah dengan bunga rendah dari 0,1% per harinya. Tidak hanya tenor cicilan yang fleksibel sampai 9 bulan, tanggal pengembalian dapat disesuaikan dengan tanggal gajian sehingga mempermudah JULOvers dapat mengatur arus keuangan dan dapat terhindar dari risiko telat bayar. Praktis banget ya, JULOvers!

Jadi tunggu apalagi? Ayo buat #CeritaMelesat mu bersama JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Tips Berpetualang Solo Traveling di Indonesia Agar Tetap Seru!
Gaya Hidup
 Biaya Perpanjangan SIM C: Semua yang Perlu Kamu Tahu
29 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza