Daftar Isi
Apa Saja Rincian Biaya Nikah 20 Juta?
1. Biaya Seserahan
2. Tempat Resepsi dan Dekorasi
3. Undangan dan Suvenir Pernikahan
4. Katering
5. MUA dan Gaun Pengantin
6. Dokumentasi
7. Mahar
8. Pemandu dan Pengisi Acara
9. Cincin Pernikahan
Daftar Isi
Apa Saja Rincian Biaya Nikah 20 Juta?
1. Biaya Seserahan
2. Tempat Resepsi dan Dekorasi
3. Undangan dan Suvenir Pernikahan
4. Katering
5. MUA dan Gaun Pengantin
6. Dokumentasi
7. Mahar
8. Pemandu dan Pengisi Acara
9. Cincin Pernikahan

Rincian Biaya Nikah 20 Juta yang Sederhana

rincian biaya nikah 20 juta

Apakah JULOvers berencana menikah tahun ini? Jika iya, maka kamu harus segera mempersiapkan berbagai keperluannya, termasuk persoalan biaya. Mengenai biaya pernikahan, kamu bisa memaksimalkan dana Rp20.000.000 untuk semua keperluan. Rincian biaya nikah 20 juta ini bisa kamu tulis secara rinci untuk dibagi ke dalam berbagai keperluan. 

Nah, supaya kamu mendapat gambaran mengenai rincian biaya tersebut, simak perhitungan biaya di bawah ini untuk dijadikan referensi pernikahan dengan konsep yang sederhana. 

Apa Saja Rincian Biaya Nikah 20 Juta?

Apa Saja Rincian Biaya Nikah 20 Juta
Sumber: Pixabay

Pernikahan menjadi momen paling berharga untuk setiap pasangan, sehingga persiapannya harus dilakukan dengan matang, terutama rincian biaya nikah. Dana Rp20.000.000 yang kamu miliki bisa dimaksimalkan untuk berbagai keperluan pernikahan di bawah ini.

1. Biaya Seserahan

Biaya Seserahan
Sumber: Unsplash

Seserahan atau hantaran merupakan merupakan proses pra-pernikahan sebagai simbol bahwa pihak pengantin laki-laki sanggup mencukupi kebutuhan perempuan yang akan menjadi istrinya. Barang-barang dalam seserahan biasanya terdiri dari seperangkat alat salat, perhiasan, pakaian, make up dan skincare, sepatu atau sandal, tas, buah-buahan, cincin pernikahan, dan daun sirih. 

Persiapan untuk seserahan ini memang banyak, tetapi JULOvers tidak perlu khawatir soal biaya. Saat ini sudah banyak jasa penyedia paket hantaran dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp1.000.000.

2. Tempat Resepsi dan Dekorasi

Tempat Resepsi dan Dekorasi
Sumber: Pexels

Salah satu biaya pernikahan yang paling menyedot anggaran yaitu tempat resepsi dan dekorasi. Untuk tempat resepsi ini sebenarnya tidak harus selalu di hotel, gedung, dan tempat-tempat estetik lainnya.

Baca Juga: Rincian Biaya Tunangan di 2022 dan Apa yang Harus Dipersiapkan

Supaya sesuai dengan rencana rincian biaya nikah 20 juta, JULOvers perlu mencari alternatif lain dengan harga yang lebih rendah. Jika memungkinkan, kamu bisa menggelar pernikahan di depan rumah, sehingga kamu hanya perlu menyewa dekorasi saja. 

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membuat pesta pernikahan di taman terbuka dengan mengusung konsep garden party. Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan konsep adat, misalnya Jawa dan Sunda, untuk dekorasi pernikahan tersebut. Untuk anggaran dekorasi ini bisa kamu alokasikan sebesar Rp4.000.0000.

3. Undangan dan Suvenir Pernikahan

Undangan dan Suvenir Pernikahan
Sumber: Freepik

Untuk undangan pernikahan, JULOvers bisa memanfaatkan perkembangan teknologi digital dengan membuat dan menyebar undangan secara digital. Kamu bisa juga mencetak beberapa undangan khusus untuk orang-orang yang awam dengan teknologi. Harga cetak undangan beragam, ada yang Rp1.500 hingga Rp3.000 untuk satu lembarnya.

Baca Juga: Intimate Wedding, Apa Itu dan Kenali 5 Kelebihannya 

Sementara itu, untuk suvenir kamu bisa mendapatkan harga yang terjangkau dengan membelinya di toko grosir. Harga suvenir ini beragam, bahkan ada yang Rp.1000 saja. JULOvers bisa membeli suvenir ini secara online maupun offline. Biaya cetak undangan dan suvernir ini bisa JULOvers alokasikan sebanyak Rp500.000. 

4. Katering

Katering
Sumber: Pixabay

Menghitung biaya katering sebenarnya perlu disesuaikan dengan jumlah tamu undangan. Jika kamu mengundang 200 orang tamu, JULOvers bisa mengalokasikan dana Rp4.000.000. Untuk meminimalisir biaya, kamu bisa mencari katering yang menyediakan program promo atau potongan. 

 

Selain itu, kamu tidak perlu menyediakan jenis makanan secara lengkap, seperti makanan pembuka, makanan utama, hingga makanan penutup. JULOvers bisa mengeliminasi salah satunya dengan tetap memperhatikan kualitas makanan tersebut.bayar tagihan online Julo

5. MUA dan Gaun Pengantin

MUA dan Gaun Pengantin
Sumber: Pixabay

Biaya ini bisa kamu minimalisir dengan menyewa jasa MUA dan gaun pengantin. Biasanya, sewa gaun pengantin ini dibanderol dengan harga Rp1.000.000. Namun, sebaiknya kamu menyewa MUA sekaligus dengan gaun pengantin, artinya tidak disewa secara terpisah untuk memaksimalkan anggaran pernikahan.

Adapun harga sewa kedua kebutuhan ini dipatok dengan rentang harga mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp7.000.000. JULOvers bisa mengambil nilai terendah terlebih dahulu yaitu Rp2.000.000 untuk menghemat anggaran.

6. Dokumentasi

Dokumentasi
Sumber: Pixabay

Momen berharga ini penting untuk didokumentasikan, sehingga kamu perlu menyewa jasa fotografer. Saat ini, banyak jasa dokumentasi pengantin yang menawarkan harga yang cukup terjangkau. JULOvers bisa mengestimasikan anggaran dokumentasi sebesar Rp1.000.000.

Namun, kalau kamu memiliki teman atau kerabat yang jago dokumentasi, kamu bisa meminta tolong mereka. Tentunya tetap dibayar secara profesional. Setidaknya kamu sudah mengetahui kualitas foto teman atau kerabat kamu daripada menggunakan jasa atau vendor lain. 

7. Mahar

Mahar
Sumber: Unsplash

Mahar merupakan aspek yang paling dari sebuah pernikahan. Untuk biayanya sendiri tidak ada patokan khusus. Menentukan mahar ini bisa JULOvers bicarakan terlebih dahulu bersama pasangan. 

Apabila melihat di e-commerce, biaya untuk mahar ini dipatok dengan harga mulai dari Rp85.000 hingga tidak terbatas. Untuk memenuhi anggaran rincian biaya nikah 20 juta, JULOvers bisa mengestimasikan biaya untuk mahar sebesar Rp500.000. 

8. Pemandu dan Pengisi Acara

Pemandu dan Pengisi Acara
Sumber: Freepik

Keberadaan pemandu acara dalam pernikahan sangat penting, lantaran akan membawa suasana dari awal hingga akhir. Biaya untuk membayar jasa pemandu acara beragam dan tergantung dari jam terbang mereka. Harga yang biasanya menjadi patokan yaitu sebesar Rp1.000.000.

Kemudian untuk pengisi acara, harga yang ditawarkan untuk sewa sound system dan penyanyi biasanya masing-masing Rp1.000.000. Jadi, total biaya yang JULOvers perlukan untuk membayar pemandu dan pengisi acara adalah Rp3.000.000.

9. Cincin Pernikahan

Cincin Pernikahan
Sumber: Pexels

Tidak lengkap rasanya kalau pernikahan tidak ada prosesi tukar cincin. Nah, kamu bersama pasangan bisa berdiskusi terlebih dahulu ingin menggunakan model cincin seperti apa. Selain itu, kamu perlu menentukan apakah jenis cincin tersebut dari perak, emas, atau palladium.

Di luar dari model dan jenis cincin yang hendak digunakan, ada beberapa toko perhiasan baik itu online maupun offline yang menyediakan cincin pernikahan dengan harga yang relatif terjangkau, yaitu mulai dari Rp2.000.000. JULOvers bisa mengestimasikan biaya untuk cincin pernikahan ini sebesar Rp2.000.000.

Dari rincian biaya nikah 20 juta di atas, apabila dijumlahkan, JULOvers membutuhkan biaya sebesar Rp18.000.000. Biaya ini belum termasuk dengan biaya darurat atau tambahan. Kamu perlu mengecek ulang rincian biaya tersebut dan memastikan harga aktualnya. 

Apabila ada biaya yang perlu ditambah, maka sisa Rp2.000.000 tadi bisa ditambahkan untuk keperluan tersebut. Jika semua anggaran sudah pas, sisa Rp2.000.000 tersebut bisa digunakan sebagai dana darurat.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan biaya nikah Rp20.000.000 tersebut? JULOvers bisa melakukan investasi sedini mungkin atau melakukan pinjaman online di JULO Kredit Digital. Melalui layanan pinjaman JULO, kamu bisa mendapatkan pinjaman maksimal Rp15.000.000 dalam sekali pengajuan. Cukup dengan isi form, KTP, email dan pribadi, semuanya langsung beres.

Untuk membayar biaya cicilannya pun makin mudah dengan tenor fleksibel hingga 9 bulan. Sisa limit kredit digital juga bisa JULOvers gunakan tanpa harus melunasi pinjaman yang sebelumnya. Unduh aplikasi JULO sekarang juga dan masukkan promo siap melesat untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik dari JULO.

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan