Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Itu SIGAP?
SIGAP 1: Penipuan Lewat E-mail Berkedok Perawatan Sistem
Detail Penipuan
Apa yang Harus Dilakukan?

SIAGA PENIPUAN 1: Penipuan Berkedok JULO Lewat E-mail

SIAGA-PENIPUAN-JULO-1

"Imitation is the sincerest form of flattery" - Oscar Wilde

Hai JULOvers!
Sekarang ini, semakin marak modus penipuan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan mengatasnamakan banyak teman-teman fintech legal dan berizin OJK - seperti JULO Kredit Digital. Dengan demikian, JULO pun tergerak untuk membuat rubrik SIAGA PENIPUAN (SIGAP) khusus sebagai panduan JULOvers dalam menghadapi modus penipuan yang banyak beredar di luar sana.

Apa Itu SIGAP?

Singkatnya, rubrik SIAGA PENIPUAN (SIGAP) akan memuat informasi tentang modus penipuan berkedok JULO yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Melalui SIGAP, JULOvers akan mendapatkan banyak informasi terkait detail modus, screenshot contoh penipuan serta cara menanggulanginya. Rubrik ini akan dimuat setiap dua minggu sekali di blog resmi JULO - jadi jangan sampai kelewatan ya, JULOvers!

Rubrik SIGAP ini sendiri juga dibuat sebagai bentuk perlawanan JULO Kredit Digital terhadap modus-modus penipuan yang menimpa industri fintech. Diharapkan dengan demikian, JULOvers dapat terhindar dari segala macam penipuan yang berpotensi merugikan ke depannya. Because each of you are indeed really special to JULO! :)

Nah, tanpa berlama-lama lagi, yuk kita langsung mulai SIAGA PENIPUAN pertama!

SIGAP 1: Penipuan Lewat E-mail Berkedok Perawatan Sistem

Detail Penipuan

Modus Penipuan JULO

 

Ketika kamu sedang membuka inbox e-mail, sekilas kamu melihat bahwa ada E-mail dari JULO. Ternyata E-mail tersebut memberikan instruksi kepada kamu bahwa sedang ada pemeliharaan sistem JULO dan kamu akan dikenakan tagihan dua kali untuk pencairan limit yang sudah didapat. Jika ingin menghindari tagihan dua kali, kamu diwajibkan untuk mengisi data pribadi seperti contoh e-mail penipuan di atas (seperti nama lengkap, nomor Whatsapp, nama bank, jumlah dana cair, nomor KTP, PIN Bank dan lainnya). Tentunya hal ini cukup membuat panik dan pastinya kamu akan segera mengisi data sesuai yang diminta.

Apa yang Harus Dilakukan?

Eits, tapi tunggu dulu!
Jangan langsung terburu-buru, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Tarik Nafas untuk Sejenak, Jangan Panik!

Modus Penipuan JULO

 

Ini menjadi hal dasar yang cukup penting tapi sering dilupakan. Tarik nafas sejenak dan jangan pernah panik jika kamu mendapat pesan yang menebar ketakutan seperti contoh e-mail di atas (contoh jika kamu tidak menjawab, kamu pasti dikenakan double tagihan). Perlu diingat, pesan yang menebar ketakutan kemungkinan besar adalah penipuan karena e-mail cenderung dikirim secara acak - seperti modus penipuan melalui SMS. Pihak fintech legal juga tidak pernah menyampaikan ketakutan melalui media apapun.

2. Cek Alamat E-mail Pengirim

Modus Penipuan JULO

 

Setelah tenang, periksa kembali alamat e-mail pengirim. Perlu diingat bahwa alamat e-mail resmi JULO selalu memiliki akhiran ...@julo.co.id seperti cs@julo.co.id. Jangan hanya melihat nama pengirim karena seringkali oknum penipu menggunakan nama yang mirip seperti PT JULO, CS JULO dan PT JULO FINANCE namun dengan alamat e-mail umum seperti gmail / outlook. Jika kamu mendapat e-mail di luar domain @julo.co.id, bisa dipastikan bahwa e-mail tersebut adalah modus penipuan.

Baca Juga: Hindari Penipuan, Terapkan 5J dari JULO!

3. Hubungi Customer Service JULO Terlebih Dahulu

Modus Penipuan JULO

 

Jika kamu masih ragu dan benar-benar ingin memastikan apakah e-mail yang kamu dapat adalah e-mail resmi, JULOvers bisa menghubungi customer service hotline resmi JULO di (021)-50919034 / 50919035 untuk informasi dan arahan lebih lanjut. Jangan pernah langsung mempercayai nomor telepon customer service yang kamu dapat di luar website / e-mail resmi JULO ya!

4. Aktifkan Fitur Filter E-mail Ke Depannya

Modus Penipuan JULO

 

Untuk menghindari e-mail yang berpotensi penipuan ke depannya, JULOvers bisa mulai mengaktifkan fitur filtrasi spam pada akun e-mail yang kamu miliki. Fitur ini akan membantu JULOvers menyaring pesan dari alamat asing atau yang tidak dikenal. Selain fitur yang terdapat pada email, JULOvers juga dapat melakukan proteksi tambahan dengan mengunduh anti-virus untuk mencegah email penipuan yang beresiko menggunakan virus untuk meretas akun dan mencuri data pribadimu.

Baca Juga: Ingin Menghubungi Customer Service JULO? Cari Tahu Caranya Di Sini!

Berikut detail modus penipuan mengatasnamakan JULO dengan kedok e-mail perawatan atau maintenance sistem pada update SIGAP kali ini. Untuk update SIGAP berikutnya, JULO akan menceritakan mengenai modus penipuan e-mail berkedok kenaikan limit dari JULO pada dua minggu mendatang. Jadi jangan sampai kelewatan ya!

Semoga JULOvers selalu waspada di manapun kalian berada ya. Stay safe! :)

modus-penipuan-julo

Tarik Dana Anti Tipu-tipu Pakai JULO!

Proses Tarik dan Kirim Dana Jadi Semakin Mudah pakai JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya