Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Tips Hemat Belanja Bulanan Agar Keuangan Aman?
1. Tulis Semua Daftar Belanjaan
2. Tentukan Budget Belanja
3. Kontrol Penggunaan Kartu Kredit dan Paylater
4. Manfaatkan Berbagai Promo yang Ditawarkan
5. Belanja Bahan Pangan di Pasar Tradisional
6. Pisahkan Belanja Kebutuhan dan Keinginan
7. Jangan Mudah Tergiur dengan Merek
8. Jangan Lupa Makan Sebelum Belanja
9. Catat dan Evaluasi Pengeluaran Belanja Bulanan Kamu

9 Tips Hemat Belanja Bulanan dengan Tepat

tips hemat belanja bulanan

Mengatur keuangan bulanan dengan cermat merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh semua orang. Kamu harus jeli untuk mengatur pos-pos pengeluaran agar gaji yang didapat cukup untuk memenuhi semua kebutuhan hidup dan masih ada sisa uang untuk ditabung. Siapkan juga  tips hemat belanja bulanan.

Kenyataannya, mengatur uang memang tidak mudah. Oleh karena itu, selain cermat, kamu juga perlu mengikuti langkah-langkah cerdas agar semua pengeluaran kamu menjadi lebih efisien. Beberapa tips hemat belanja bulanan berikut ini bisa kamu contek dan terapkan agar kondisi keuangan kamu tetap sehat!

Apa Saja Tips Hemat Belanja Bulanan Agar Keuangan Aman?

Apa Saja Tips Hemat Belanja Bulanan Agar Keuangan Aman

Dengan menghemat gaji bulanan, JULOvers tidak akan kelimpungan di tengah bulan karena uang habis sebelum gajian. Teknik pengelolaan yang tepat juga bisa membuat kamu mencapai semua tujuan finansial. Caranya gampang, kok, kamu bisa memulainya dengan mengikuti tujuh tips hemat belanja bulanan berikut ini:

1. Tulis Semua Daftar Belanjaan

Tulis Semua Daftar Belanjaan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum pergi berbelanja adalah menulis semua daftar barang yang perlu dibeli. Tujuannya jelas, ini akan sangat membantu kamu untuk menahan pembelian barang-barang yang tidak diperlukan.

Sering kali kita kalap ketika sampai di supermarket, apalagi jika melihat berbagai promo dan potongan harga. Meskipun terkesan murah, nyatanya promo-promo yang ada justru bisa mendorong kamu untuk membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Usahakan mencatat daftar belanjaan dari barang-barang yang paling penting terlebih dahulu seperti sembako, makanan instan, dan sebagainya. Setelah itu, baru kamu bisa mencatat kebutuhan pendukung seperti vitamin, masker, dan hand sanitizer. Untuk barang-barang lain di luar catatan, kamu bisa membelinya lain kali saja.

Dengan pencatatan yang rapi, kamu bisa mengambil barang-barang secara urut sesuai daftar belanjaan agar barang-barang inti bisa terbeli semua.

2. Tentukan Budget Belanja

Tentukan Budget Belanja

Ukur kemampuan keuangan kamu sesuai dengan penghasilan bulanan. Setelah itu, kamu perlu membaginya ke beberapa pos pengeluaran, termasuk belanja rutin bulanan. Ketahui dengan pasti berapa nominal uang yang kamu alokasikan untuk belanja pokok bulanan, jajan, hingga liburan.

Baca Juga: 8 Tips Belanja Online dengan Bijak dan Aman

Tujuan dari budgeting ini supaya kamu bisa fokus dan mengetahui batas uang yang bisa dibelanjakan. Dengan begitu, kamu akan menjadi tidak mudah tergoda untuk membeli barang lain yang tidak dibutuhkan.

3. Kontrol Penggunaan Kartu Kredit dan Paylater

Kontrol Penggunaan Kartu Kredit dan Paylater

Untuk menarik pengguna agar berbelanja lebih banyak, biasanya kartu kredit menawarkan berbagai promo rutin setiap bulan. Godaan ini sering kali tidak disadari dan justru bisa mengganggu kondisi keuangan bulanan kamu.

Baca Juga: Paylater: Pengertian, Cara Pakai, dan Contoh

Biasakan hindari penggunaan kartu kredit dan pay later untuk pengeluaran yang tidak terlalu mendesak seperti belanja bulanan. Dengan begitu, nantinya kamu hanya akan membeli barang sesuai dengan jumlah uang yang dimiliki saja dan tidak akan membebani kondisi keuangan kamu di bulan selanjutnya.

4. Manfaatkan Berbagai Promo yang Ditawarkan

Manfaatkan Berbagai Promo yang Ditawarkan

Setelah menentukan barang apa saja yang harus dibeli, kamu bisa memanfaatkan berbagai promo yang ada untuk kategori barang tersebut. Setiap bulan, pasti ada promo menarik di supermarket kesayangan kamu, jadi kamu bisa mencari produk dengan harga terbaik saat berbelanja bulanan.

Tidak hanya terbatas di supermarket dan toko offline, kamu juga bisa berburu promo menarik di e-commerce yang secara rutin mengadakan event belanja setiap bulan. Tidak perlu terburu-buru, silakan periksa satu per satu platform untuk menemukan harga terbaik dari barang yang kamu butuhkan.bayar tagihan online Julo

5. Belanja Bahan Pangan di Pasar Tradisional

Belanja Bahan Pangan di Pasar Tradisional

Tidak harus selalu berbelanja di supermarket ternama, tips hemat belanja bulanan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membeli bahan pangan di pasar tradisional. Karena tidak dikenakan pajak dan ditempeli berbagai merek, bahan pangan di pasar tradisional memiliki harga yang jauh lebih murah daripada yang bisa kamu temukan di supermarket.

Kamu juga tidak akan banyak digoda dengan barang-barang yang tidak diperlukan. Dengan begitu, belanja bulanan kamu jadi makin hemat dan efisien, deh.

6. Pisahkan Belanja Kebutuhan dan Keinginan

Pisahkan Belanja Kebutuhan dan Keinginan

Kunci dari tips hemat belanja bulanan sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika kamu bisa disiplin dan mengetahui mana barang kebutuhan dan keinginan, maka pengeluaran kamu akan menjadi lebih efisien. Biasakan untuk tertib berbelanja sesuai dengan daftar yang sudah kamu buat sebelum berangkat. Tidak perlu berlama-lama, kamu juga bisa langsung pulang jika semua barang belanjaan sudah didapatkan.

Kalau kamu terpikir untuk membeli barang yang tidak begitu dibutuhkan, jangan terburu-buru, coba pikirkan selama 1-2 hari sebelum kamu memutuskan membeli barang tersebut.

7. Jangan Mudah Tergiur dengan Merek

Jangan Mudah Tergiur dengan Merek

Salah satu cara menghemat uang belanja yang cukup mudah adalah dengan tidak mudah tergiur dengan merek. Walaupun merek tertentu memang menawarkan kualitasnya sendiri, namun bukan berarti kamu tidak bisa menemukan penggantinya.

Jika kamu menemukan barang atau bahan pangan tanpa merek sekalipun namun tetap dapat memenuhi kebutuhan kamu, maka ada baiknya kamu memilih yang tanpa merek.

8. Jangan Lupa Makan Sebelum Belanja

Jangan Lupa Makan Sebelum Belanja

Kegiatan belanja kadang dapat menguras energi. Karena itu, tidak jarang kamu akan mengeluarkan uang untuk membeli kudapan atau makanan ringan untuk menemani aktivitas belanja.

Agar dapat menghemat pengeluaran dengan lebih maksimal, akan lebih baik jika kamu makan di rumah sebelum pergi untuk belanja. Dengan begitu, uang yang bisa kamu keluarkan untuk membeli makanan ringan tadi bisa kamu simpan atau gunakan untuk membeli keperluan yang memang kamu butuhkan.

9. Catat dan Evaluasi Pengeluaran Belanja Bulanan Kamu

Catat dan Evaluasi Pengeluaran Belanja Bulanan Kamu

Sumber: Pexels

Setelah selesai belanja bulanan, biasakan untuk mencatat semua pengeluaran dan segera mengevaluasinya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui berapa pengeluaranmu dan apakah semua kebutuhan sudah terpenuhi atau justru sebaliknya. Kamu juga bisa membandingkan beberapa tempat belanja serupa untuk menemukan harga terbaik dari barang yang kamu cari.

Jangan lupa untuk rutin memeriksa harga barang, baik secara online maupun offline, serta manfaatkan berbagai promo, diskon, cashback, dan gratis ongkir agar belanja kamu jadi semakin hemat.

Belanja bulanan kamu bisa jauh lebih hemat lagi dengan menggunakan promo siap melesat dari aplikasi JULO. Berbagai cashback dan hadiah menarik bisa kamu dapatkan dengan menggunakan promo ini! Untuk kamu yang perlu belanja bulanan sebelum gaji datang, tenang saja karena JULO menawarkan layanan aplikasi paylater yang memudahkan kamu untuk beli barang sekarang dan bayar nanti saat gajian.

Menawarkan bunga yang sangat ringan, hanya 0,1% per hari, kamu bisa menikmati paylater dengan limit Rp15 juta dan tenor panjang hingga 9 bulan. Tunggu apa lagi? Checkout wishlist kamu sekarang dan cicil bersama JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya