Daftar Isi
Bagaimana Tips Agar Kita Tidak Tertipu Ketika Berbelanja Online?
1. Lihat Gambar Produk
2. Cek Deskripsi pada Keterangan Barang
3. Lakukan Riset pada Barang
4. Simak Review Pembeli Sebelumnya
5. Perhatikan Harga Barang
6. Periksa Syarat dan Ketentuan
7. Pilih Metode Bayar yang Tepat
8. Simpan Bukti Pembayaran
9. Pastikan Toko Online Terpercaya
Daftar Isi
Bagaimana Tips Agar Kita Tidak Tertipu Ketika Berbelanja Online?
1. Lihat Gambar Produk
2. Cek Deskripsi pada Keterangan Barang
3. Lakukan Riset pada Barang
4. Simak Review Pembeli Sebelumnya
5. Perhatikan Harga Barang
6. Periksa Syarat dan Ketentuan
7. Pilih Metode Bayar yang Tepat
8. Simpan Bukti Pembayaran
9. Pastikan Toko Online Terpercaya

9 Tips Belanja Online dengan Bijak dan Aman

tips belanja online

Di zaman yang serba maju ini, berbagai hal semakin mudah dilakukan. Salah satunya dalam bertransaksi barang, JULOvers. Jika dulu kita harus datang ke toko untuk berbelanja, kini kita bisa memesan barang yang ingin dibeli hanya bermodalkan gadget. Berkembangnya jual beli online ini akhirnya membuat tips belanja online banyak dicari.

Pasalnya, meski saat ini semua barang bisa dibeli secara online, tetap ada saja oknum jahat yang melakukan penipuan. Banyak penipuan akhirnya terjadi saat kita akan bertransaksi, misalnya barang tidak sampai ke tujuan, barang yang dikirim rusak, dan masih banyak lagi contohnya. 

Karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana berbelanja online secara aman agar tidak mudah tertipu ataupun dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab.

Bagaimana Tips Agar Kita Tidak Tertipu Ketika Berbelanja Online?

Bagaimana Tips Agar Kita Tidak Tertipu Ketika Berbelanja Online

Sumber: Pexels

Siapa pun tentu tidak akan ingin tertipu ketika sedang berbelanja online. Hal satu ini bisa terjadi kepada siapa saja tanpa pandang bulu. Asalkan kamu lengah sedikit, maka barang pesanan bisa raib begitu saja. Pahami beberapa tips berbelanja online berikut ini agar kamu tidak mudah tertipu.

1. Lihat Gambar Produk

Lihat Gambar Produk

Sumber: Pixabay

Salah satu tips belanja online adalah lihat gambar produk. Cek apakah gambar tersebut asli atau terlihat seperti editan. Pastikan juga kalau gambar tersebut bukan hasil curian atau ambil dari toko lain, kecuali jika toko tersebut memang toko reseller, biasanya toko akan mengunggah foto yang sama dengan official store tempat toko tersebut mengambil barang. Tanyakan dengan detail kepada toko apakah gambar tersebut sesuai dengan barang atau tidak.

2. Cek Deskripsi pada Keterangan Barang

Cek Deskripsi pada Keterangan Barang

Sumber: Pixabay

Tips kedua yang juga penting diperhatikan adalah selalu membaca deskripsi pada keterangan foto produk. Kebanyakan orang terlalu malas membaca deskripsi sehingga mudah tertipu. Nah, untuk JULOvers, jangan pernah malas membaca deskripsi, ya.

Baca Juga: 4 Cara Kredit Laptop Online dengan Mudah

Pastikan membaca deskripsi secara perlahan, mulai dari ukuran barang, warna barang, hingga bahannya. Jangan sampai apa yang tertulis di deskripsi berbeda dari apa yang ada di foto.

3. Lakukan Riset pada Barang

Lakukan Riset pada Barang

Sumber: Pixabay

Tips ketiga ialah jangan lupa lakukan riset barang. Riset menjadi penting untuk mencegah terjadinya penipuan. Selalu bandingkan barang tersebut dari toko satu ke toko lain sehingga kamu tahu jika ada sesuatu yang aneh. Selain dari toko satu ke toko lain, kamu juga bisa melakukan riset di berbagai marketplace. Dengan melakukan riset ini, JULOvers akan tahu perbandingan harganya sehingga bisa memilih mana yang paling baik.bayar tagihan online Julo

4. Simak Review Pembeli Sebelumnya

Simak Review Pembeli Sebelumnya

Sumber: Pixabay

Tips keempat adalah selalu baca dan lihat review dari pembeli sebelumnya. Biasanya, di bagian bawah katalog produk, akan ada review dari pembeli. Di situ, kamu bisa melihat foto-foto barang yang sudah dikirimkan, apakah sesuai dengan foto yang dipajang atau tidak. Tak hanya itu, pembeli lain juga akan menjelaskan bagaimana kualitas barang. Jika banyak review baik, berarti barang di toko tersebut memang layak untuk dibeli.

Baca Juga: 5 Cara Kredit HP dengan Bijak

Namun, jika review yang ada justru banyak kritik bahkan penuh komplain, kamu wajib waspada. Bisa jadi toko tersebut telah melakukan penipuan pada pembeli. Review barang ini juga bisa dilihat dari jumlah bintang yang didapat toko tersebut. 

Semakin banyak bintang yang didapat, tentu semakin bagus pula barang yang dijual. Kamu perlu waspada dengan barang-barang yang mendapat bintang di bawah tiga. Walau begitu, review yang terlalu berlebihan juga perlu diwaspadai, ya. Pasalnya, bisa jadi ulasan tersebut palsu dan memang sengaja disematkan agar produk terlihat baik dan berkualitas.

5. Perhatikan Harga Barang

Perhatikan Harga Barang

Sumber: Freepik

Tak kalah penting, perhatikan soal harga barang, ya, JULOvers. Jangan pernah termakan rayuan harga murah saja. Memang, mendapatkan harga murah adalah kebahagiaan bagi pembeli. Namun, hal itu juga harus dilihat dari barang yang dijual. Pasalnya, ungkapan ada uang ada barang memang benar adanya. Barang dengan kualitas baik pasti memiliki bahan yang baik pula. 

Karenanya, membeli barang berkualitas dengan harga terlalu murah juga bisa jadi ciri-ciri penipuan. Kamu harus curiga jika ada toko yang menjual barang branded atau bermerek, namun dengan harga yang terlalu jatuh dari toko aslinya. Bisa jadi itu adalah barang KW atau barang tiruan. Pilihlah toko dengan harga murah namun masih masuk akal saat dibandingkan dengan harga toko, ya.

6. Periksa Syarat dan Ketentuan

Periksa Syarat dan Ketentuan

Sumber: Unsplash

Salah satu hal yang sering terabaikan dalam transaksi online adalah syarat dan ketentuan. Padahal, kedua hal tersebut sangat penting untuk kamu perhatikan.

Setiap toko tentunya memiliki kebijakan masing-masing tentang garansi, syarat pengembalian, dan lain-lain. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kamu dapat berbelanja lebih aman dan nyaman lagi karena kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan ketika misalnya ingin mengembalikan atau mengaktifkan garansi dari barang tersebut.

7. Pilih Metode Bayar yang Tepat

Pilih Metode Bayar yang Tepat

Sumber: Freepik

Jika sudah yakin dengan barang yang hendak dibeli, tips belanja online selanjutnya adalah memilih metode bayar yang tepat. Pilih metode bayar yang jelas ada di marketplace dan hindari untuk membayar langsung ke penjual. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penipuan. Ketika membeli barang di marketplace, jika barang tidak sampai, maka uangmu akan kembali. 

Saat ini juga ada metode lain yang populer, yakni COD atau Cash on Delivery, di mana kamu bisa membayar barang saat barang tersebut diantar ke tempat kamu.bayar tagihan online Julo

8. Simpan Bukti Pembayaran

Simpan Bukti Pembayaran

Sumber: Freepik

Tak kalah penting, selalu simpan bukti pembayaran, ya, JULOvers, baik membayar lewat mobile banking, internet banking, atau dengan metode lain yang tersedia. Dengan menyimpan bukti ini, kamu bisa mencegah adanya penipuan karena kamu memiliki bukti yang kuat.

9. Pastikan Toko Online Terpercaya

Pastikan Toko Online Terpercaya

Sumber: Freepik

Tips belanja online terakhir, pilihlah toko online yang memang terpercaya. Kamu bisa memilih official store dari produk tersebut atau memilih toko yang sudah memiliki kredibilitas yang tinggi. Jika berbelanja di e-commerce, biasanya kualitas toko dibuktikan dengan adanya label-label khusus seperti Merchant Pro atau Star Seller.

Itu dia beberapa tips belanja online yang bisa JULOvers terapkan agar tidak mudah tertipu saat berbelanja. Berbelanja menjadi aman dan tentu saja mudah hanya dengan memakai gadget. Tak hanya itu, saat ini ada aplikasi paylater JULO yang semakin memudahkanmu dalam berbelanja. 

Pasalnya, dengan aplikasi ini, kamu bisa membeli barang secara kredit dan membayarnya secara bertahap. Ada juga promo siap melesat yang bisa kamu dapat jika memakai aplikasi JULO. Jadi, tunggu apa lagi, manfaatkan sekarang juga!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan