Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Itu Usaha Franchise?
8 Ide Usaha Franchise Modal Kecil
1. Ayam Goreng Tepung
2. Minuman Boba
3. Crepes
4. Tahu
5. Kopi
6. Kebab
7. Seblak
8. Donat

8 Ide Usaha Franchise Modal Kecil

usaha franchise modal kecil

Ada banyak sekali usaha franchise modal kecil yang bisa JULOvers coba jika tertarik untuk melakukan bisnis. Walaupun dengan modal kecil, keuntungan yang didapatkan bisa sangat besar jika kamu berhasil mengelolanya dengan baik.

Secara umum, usaha franchise atau waralaba ini bekerja dengan cara kerja sama antara pemilik sebuah merek dagang. Jadi, kamu hanya tinggal menjalankan bisnisnya saja tanpa perlu mencari peluang usaha terlebih dahulu.

Lantas, apa saja sih usaha franchise dengan modal kecil yang layak dicoba? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Usaha Franchise?

dua orang sedang berjabat tangan

Franchise, atau waralaba merupakan jenis usaha dengan cara kemitraan di mana, seseorang akan membeli sebuah merek dagang untuk bisa berjualan dengan nama dan produk dari merek dagang tersebut. Jenis usaha ini merupakan salah satu dengan peluang keberhasilan yang besar karena sudah terbukti rencana bisnisnya.

Setelah membayar royalti kepada pemilik merek dagang, kamu akan bertindak sebagai pewaralaba. Selanjutnya, kamu akan memperoleh hak untuk menggunakan merek dagang, sistem bisnis, logo, bahan baku, peralatan, menjual produknya, hingga mengikuti pelatihan dan mendapatkan dukungan dari pemilik merek dagang.

Baca Juga: Yuk, Kenali Kelebihan & Kekurangan Bisnis Waralaba!

Keuntungan yang diperoleh dari franchise yang kamu jalankan akan sepenuhnya masuk ke dalam kantong sendiri tanpa perlu adanya pembagian keuntungan dengan pemilik merek dagang. Namun, ada juga beberapa franchise yang masih menetapkan sistem bagi hasil antara pewaralaba dengan pemilik merek dagang.

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

8 Ide Usaha Franchise Modal Kecil

Jika kamu tertarik untuk membuka franchise, berikut ini beberapa ide usaha franchise modal kecil yang bisa kamu manfaatkan:

1. Ayam Goreng Tepung

ayam goreng tepung dan sayur di dalam wadah hitam

Ayam goreng tepung merupakan salah satu hidangan yang paling banyak disajikan di Indonesia, baik itu di restoran maupun di rumah. Meski sama-sama menjual ayam goreng tepung, rasa yang dihasilkan sejumlah penjual ayam goreng tepung biasanya akan berbeda.

Rasa yang khas dari setiap ayam goreng tepung ini merupakan ciri khas dari penjual atau merek dagangnya. Oleh karena itu, banyak orang yang memiliki ayam goreng tepung kesukaannya masing-masing.

Untuk membuka usaha franchise ayam goreng tepung, setiap merek dagang jelas memiliki modal usaha yang berbeda-beda. Perkiraan modal yang harus kamu keluarkan berkisar antara Rp3,000,000 hingga belasan juta rupiah.

2. Minuman Boba

seseorang sedang memegang gelas berisi boba

Hingga saat ini, minuman boba masih menjadi primadona dari minuman kekinian. Maka dari itu, tidak aneh jika ada banyak orang yang berbondong-bondong membuka usaha franchise ini. Boba sendiri bisa dicampurkan sebagai topping dari berbagai minuman seperti teh, kopi, cokelat, dan masih banyak lagi.

Untuk membuka usaha franchise minuman boba, kamu hanya perlu mengeluarkan modal yang relatif kecil. Biasanya, beberapa merek dagang mewajibkan kamu mengeluarkan modal antara Rp500,000 hingga Rp5,000,000 saja.

3. Crepes

crepes dan buah strawberry di atas piring putih

Crepes adalah panekuk tipis yang biasanya diberi topping berbahan manis, atau terkadang asin. Crepes memiliki tekstur yang renyah karena bentuknya yang kering dan tipis. Crepes juga merupakan salah satu jenis makanan yang paling populer di daratan Eropa. Rasanya yang renyah dan manis membuatnya disukai banyak orang di Indonesia juga.

Baca Juga: 5 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Ada beberapa merek dagang atau franchise crepes yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Jika kamu tertarik untuk membuka usaha franchise crepes ini, perkiraan modal yang dibutuhkan sebesar Rp7,500,000.

4. Tahu

tahu goreng di dalam sebuah wadah putih

Tahu merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak dimakan oleh orang Indonesia. Tidak hanya bisa digoreng, tahu juga bisa diolah menjadi berbagai olahan lezat lainnya seperti tahu bulat, tahu krispi, tahu gejrot, dan masih banyak lagi.

Saat ini, sudah ada banyak merek dagang yang menjual berbagai olahan tahu. Untuk bisa membuka usaha franchise tahu ini, perkiraannya adalah kamu harus mengeluarkan modal mulai dari Rp5,000,000.

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

 

5. Kopi

 

cangkir berisikan kopi

Kopi merupakan salah satu minuman paling digemari oleh orang-orang dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Saat ini, sudah ada banyak sekali jenis minuman kopi yang kekinian, membuat ada banyak sekali merek dagang kopi kekinian yang lahir dan memiliki cabang di berbagai daerah.

Untuk membuka usaha franchise kopi, kamu tidak perlu membutuhkan modal yang sangat besar. Dengan modal mulai dari Rp4,000,000 saja kamu sudah bisa membuka usaha franchise dari merek dagang kopi yang sudah terkenal.

6. Kebab

kebab dengan sayur di dalam wadah

Kebab merupakan salah satu makanan khas negara Timur Tengah yang juga sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak sekali merek dagang kebab yang sangat populer dan sudah tersebar di berbagai daerah. Untuk bisa membuka usaha franchise kebab, perkiraan modal yang harus kamu keluarkan sebesar Rp3,000,000.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Viral

7. Seblak

seblak kuah dengan sayur di dalam mangkok kecil

Seblak merupakan salah satu makanan khas dari Bandung yang sedang naik daun karena rasanya yang enak dan gurih. Tidak heran jika bisnis seblak belakangan ini sedang naik daun. Bahkan, sudah ada beberapa merek dagang seblak yang tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia. Untuk bisa membuka usaha franchise seblak, perkiraan modal yang perlu kamu keluarkan setidaknya sebesar Rp5.500.000.

8. Donat

seseorang menyodorkan donat dengan taburan meses

Donat merupakan salah satu makanan yang sangat disukai oleh banyak orang. Di Indonesia sendiri, donat bisa dengan mudah ditemukan karena sudah ada beberapa merek dagang donat yang sangat populer. Untuk bisa membuka usaha franchise donat, perkiraan modal yang harus kamu keluarkan mulai dari Rp5,000,000 hingga puluhan juta rupiah.

Demikian rekomendasi usaha franchise modal kecil yang dapat kami sampaikan. Jika JULOvers tertarik untuk menjalankan usaha franchise tetapi membutuhkan modal agar bisa mengembangkannya? Tidak perlu pusing, kamu bisa melakukan pinjaman di aplikasi pinjaman online aman JULO.

Jadi, tunggu apa lagi JULOvers? Siapkan dana usaha kamu bersama JULO dan manfaatkan promo #SiapMelesat untuk hidupkan usaha bareng JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya