Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Jenis Jenis Visa Online Berdasarkan Kebutuhannya
1. Bebas Visa
2. Visa Turis - Visa Online
3. Visa Transit - Visa Online
4. Visa on Arrival
5. Visa Kerja - Visa Online
6. Visa Bisnis
7. Visa Belajar
8. Visa Diplomatik
9. Visa Pertukaran Pelajar - Visa Online
Dokumen Untuk Mengurus Visa Online
Langkah Langkah Membuat Visa Online
1. Registrasi
2. Cara Mengajukan Visa Online
3. Proses Verifikasi Data
4. Proses Wawancara
5. Pengambilan Visa
Jalan Jalan Bareng JULO Kredit Digital!

Urus Visa Online Makin Mudah: Liburan Makin Gampang!

visa-online

Ketika merencanakan perjalanan ke luar negeri, Visa menjadi salah satu dokumen yang sangat penting dan wajib dimiliki. Visa berfungsi sebagai izin resmi yang memungkinkan seseorang untuk memasuki dan tinggal di wilayah negara lain. Sebelumnya, untuk mendapatkan visa, orang harus secara fisik pergi ke kantor imigrasi dan melalui proses yang memakan waktu serta melelahkan. Namun, dengan adanya kemajuan teknologi dan digitalisasi, cara mengurus visa online telah mengalami perubahan signifikan.

Baca Juga: Jakarta Fair 2023: Informasi Lengkap Sebelum Kamu Berkunjung

Saat ini, ada banyak negara yang telah mengadopsi sistem pengajuan visa online yang memudahkan para pelancong untuk mengurus visa online mereka dari kenyamanan rumah mereka sendiri. Proses ini melibatkan pengisian formulir online, mengunggah dokumen yang diperlukan, dan melakukan pembayaran secara elektronik. Dengan menggunakan platform online ini, proses pengajuan visa online menjadi lebih cepat, efisien, dan mudah diakses. Hal ini memberikan kemudahan bagi para calon pelancong yang sibuk atau yang tinggal jauh dari kantor imigrasi untuk mengurus visa mereka tanpa harus menghadiri pertemuan fisik.

Buat kamu yang tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor imigrasi, yuk simak cara mengurus visa online yang sudah di tulis oleh JULO Kredit Digital!

Jenis Jenis Visa Online Berdasarkan Kebutuhannya

visa-online

Tidak semua negara mengharuskan pengunjungnya untuk memiliki visa online sebelum memasuki wilayah mereka. Berikut ini adalah jenis jenis visa yang bisa digolongkan berdasarkan kebutuhan dan waktu mendapatkannya.

1. Bebas Visa

Negara negara berikut ini tidak mensyaratkan adanya dokumen ini ketika kamu berkunjung. Kamu hanya perlu berbekal paspor dan identitas diri lain. Namun tak menutup kemungkinan begara tujuan meminta dokumen tambahan seperti menunjukan tiket pulang pergi.

Baca Juga: Ini Dia Jadwal Lengkap War Tiket Coldplay Asia Tenggara!

Meskipun bebas visa online, tetap ada batasan waktu tinggal maksimal yang berlaku di setiap negara. Jadi, jangan berencana untuk tinggal terlalu lama di sana.

2. Visa Turis - Visa Online

Jenis visa online ini digunakan oleh para pelancong, wisatawan, dan turis yang ingin mengunjungi negara lain untuk berlibur. Biasanya, durasi kunjungan tidak melebihi 15 hari.

3. Visa Transit - Visa Online

Visa online ini diperlukan saat kamu hendak melakukan perjalanan ke suatu negara, tetapi harus singgah terlebih dahulu di negara lain. Durasi visa transit ini tidak lebih dari 24 jam.

7-rekomendasi-aplikasi-pinjaman-online-cepat-cair-terdaftar-ojk

4. Visa on Arrival

Jenis visa ini khusus untuk warga negara asing yang ingin mengunjungi Indonesia untuk keperluan sosial budaya, pariwisata, tugas pemerintah, atau kunjungan bisnis. Visa on arrival dapat diperoleh di pintu masuk Indonesia.

5. Visa Kerja - Visa Online

Visa online ini ditujukan bagi mereka yang ingin bekerja dan tinggal di negara tersebut. Jenis visa kerja dapat diperpanjang dengan mengajukannya di negara asal.

6. Visa Bisnis

Visa online bisnis memiliki durasi yang lebih panjang. Biasanya digunakan oleh pengusaha yang ingin membuka bisnis di negara tujuan.

7. Visa Belajar

Visa online belajar khusus untuk pelajar atau mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri. Visa belajar berlaku selama masa studi.

8. Visa Diplomatik

Visa online ini umumnya digunakan oleh para utusan negara atau dalam hubungan diplomatik antarnegara.

9. Visa Pertukaran Pelajar - Visa Online

Jenis visa online ini diperuntukkan bagi siswa atau mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar. Seperti visa belajar, visa online pertukaran pelajar berlaku selama masa studi.

Dokumen Untuk Mengurus Visa Online

visa-online

Sebelum mempelajari langkah-langkah untuk mengajukan visa online, ada beberapa dokumen penting yang harus disiapkan oleh setiap pemohon. Dokumen-dokumen ini akan diunggah saat proses pengajuan visa online. Berikut adalah daftar lengkap dokumen yang diperlukan:

  1. Paspor: Pastikan paspor JULOvers masih berlaku dan memiliki masa berlaku yang cukup untuk perjalanan yang direncanakan.

  2. Pas foto: Sediakan pas foto terbaru dengan persyaratan yang sesuai, seperti ukuran dan latar belakang yang ditentukan.

  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP): Lampirkan salinan KTP yang masih berlaku sebagai bukti identitas diri.

  4. Surat keterangan sponsor: Jika kamu memiliki sponsor atau tuan rumah di negara tujuan, persiapkan surat keterangan sponsor dari mereka yang menjelaskan hubungan dan dukungan mereka.

  5. Surat keterangan kerja: Jika kamu bekerja, sediakan surat keterangan kerja dari perusahaan tempat kamu bekerja yang mencantumkan jabatan, gaji, dan lamanya kamu bekerja di sana.

  6. Surat keterangan sehat: Dapatkan surat keterangan dari dokter yang menyatakan bahwa kamu dalam kondisi sehat untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

  7. Bukti pembayaran visa: Persiapkan bukti pembayaran visa yang menunjukkan bahwa JULOvers telah membayar biaya yang diperlukan untuk pengajuan visa.

  8. Rekening koran atau slip gaji terakhir: Lampirkan salinan rekening koran atau slip gaji terakhir sebagai bukti keuangan kamu.

  9. Jadwal perjalanan dan durasi tinggal di luar negeri: Buatlah jadwal perjalanan yang jelas dan lampirkan informasi mengenai durasi tinggal kamu di luar negeri.

Pastikan JULOvers telah menyiapkan semua dokumen tersebut dengan lengkap dan siap diunggah saat mengajukan visa online.

7-rekomendasi-aplikasi-pinjaman-online-cepat-cair-terdaftar-ojk

Langkah Langkah Membuat Visa Online

visa-online

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembuatan visa online yang dapat kamu lakukan sebagai JULOvers. Pastikan kamu mengikuti petunjuk di bawah ini:

1. Registrasi

Langkah pertama dalam pembuatan visa online adalah melakukan registrasi:

  • Buka browser dan kunjungi https://visa-online.imigrasi.go.id
  • Pilih jenis visa online yang ingin kamu ajukan
  • Isi data yang diminta dan unggah dokumen-dokumen yang diperlukan
  • Tunggu proses verifikasi dan validasi
  • Jika pendaftaranmu disetujui, kamu akan menerima notifikasi yang berisi username, password, dan kartu penjamin. Namun, jika pendaftaranmu ditolak, kamu akan diberikan alasan penolakan.
  • Setelah proses registrasi selesai, kamu dapat melanjutkan untuk mengajukan visa.

2. Cara Mengajukan Visa Online

Berikut ini langkah-langkah selanjutnya dalam mengajukan visa online sebagai JULOvers:

  • Buka browser dan kunjungi https://visa-online.imigrasi.go.id.
  • Setelah itu, pilih menu Masuk dan masukkan username dan password yang telah diberikan sebelumnya.
  • Klik pada opsi Buat Permohonan.
  • Pilih jenis visa yang kamu inginkan dan kegiatan yang akan dilakukan di negara tujuan, serta isi beberapa data terkait lainnya.
  • Selanjutnya, pilih metode pembayaran visa yang tersedia.
  • Jika permohonanmu sudah dianggap lengkap, kamu bisa mengirimkannya.
transfer-pulsa

3. Proses Verifikasi Data

Pihak kedutaan akan melakukan verifikasi terhadap data yang kamu ajukan. Setelah proses verifikasi selesai, kamu akan diminta untuk datang guna melanjutkan proses wawancara.

4. Proses Wawancara

Kamu akan diminta untuk menjalani proses wawancara sebagai bagian dari pengajuan visa online. Pihak kedutaan akan menanyakan mengenai rencana dan kegiatanmu di negara tujuan.

5. Pengambilan Visa

Biasanya, proses pengajuan visa online memakan waktu sekitar 2 minggu atau bahkan lebih. Jika visa kamu disetujui, kamu akan menerima pemberitahuan melalui email untuk mengambil visa tersebut.

Itulah langkah-langkah dalam membuat visa online yang dapat kamu lakukan sebagai JULOvers. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu!

Jalan Jalan Bareng JULO Kredit Digital!

 

remote-work

Mau liburan keluar negeri tapi dananya masih kurang? Pakai aja JULO Kredit Digital! Telah mengantongi izin usaha penyelenggara layanan sesuai keputusan OJKJULO Kredit Digital menjadi rekomendasi utama untuk kamu yang sedang mencari layanan kredit digital terpercaya dan terdaftar di OJK. Dengan limit tinggi sampai dengan 15 juta rupiah, JULOvers dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel sampai dengan 9 bulan. Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Sehingga kamu tidak perlu takut dengan tambahan biaya dadakan serta tidak jelas yang membengkak! Selain praktik penagihan yang manusiawi serta tersertifikasi, JULO juga bisa menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajian kamu. Dengan begitu, kamu bisa membayar cicilan dengan lebih mudah.

Lalu tunggu apalagi? Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat bersama JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Tips Berpetualang Solo Traveling di Indonesia Agar Tetap Seru!
Gaya Hidup
 Biaya Perpanjangan SIM C: Semua yang Perlu Kamu Tahu
29 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza